Kalau kamu bertanya apa situs web hosting Indonesia yang terbaik dan cocok untuk segala macam jenis web, terutama untuk wordpress dan bisnis online yang profesional? Mungkin saja bisa salah jawabannya kalau bertanyanya sama blogger yang baru seumur jagung pengalamannya di dunia blogging. Tapi, kalau tanya ke saya, yang sudah 7 tahun lebih jadi blogger dan sudah mencicipi berbagai ‘rasa’ layanan hosting, maka itu baru bisa benar jawabannya.

Web hosting terbaik yang saya maksud adalah Hostinger. Kenapa kok rekomendasinya hostinger, bukan yang lain? Apa memang sudah pernah pakai hostingnya?

Sabar bro, kita ulas satu per satu biar jelas dan bisa langsung ke TKP setelah baca artikel ini.

Jadi begini gan, kalau kamu mau pakai hosting maka sebenarnya jangan hanya lihat layanannya, tapi pastikan juga kamu tamu apa tujuan utama blogmu dan target pasarnya siapa saja. Ini bukan ngarang lho, tapi rekomendasi langsung dari blogger berpenghasilan 600juta (sori ini bukan pamer, biar yakin saja dengan rekomendasi saya)

Contoh seperti ini, kamu mau buat jasa buat website dan mayoritas pengunjungnya nantinya ditargetkan untuk orang Indonesia saja, maka menurut pengalaman saya selama ini, pastikan memilih hosting yang letak servernya juga di Indonesia atau paling tidak di dekat negaramu. Dan yang paling banyak dicari biasanya yang letak servernya di singapura karena cocok bukan hanya untuk lokal tapi juga untuk orang indo yang ada di seputar negara Asia.

Dan menariknya, Hostinger ini bukan perusahaan baru berdiri dan ada di satu tempat saja, tapi servernya berada hampir di semua benua dan negara besar, termasuk Amerika, Asia, dan Eropa. Dan yang lebih joss lagi… koneksi di seluruh servernya yang tersebar kecepatannya hingga 1000 Mbps, bicara kepuasan visitor webmu dan apalagi soal SEOnya, tentunya ini adalah salah satu pilihan web hosting murah terbaik karena menjamin performa dan stabilitas maksimum dari webmu.

Dan ini juga sering saya lakukan, dimana kalau mau pilih hosting selalu cek dulu apakah perusahaanya besar dan sudah lama berdiri? Kalau masih baru buka dan ‘belum punya taring’ bisanya langsung saya tinggal.

Kebetulan sekali, hostinger saat ini sudah ada 178 negara dengan total pengguna aktif hingga 29 juta lebih. Juta lho… bukan ratusan ribu. Kalau saya sih, mustahil orang sebanyak itu salah memilih hosting, karena kalau salah pasti semua sudah ramai-ramai pindah hosting.

Jadi tidak salah kalau slogan di halaman utamanya menyebutkan “Penyedia layanan web hosting murah kelas dunia”. Karena memang inilah yang terbaik dari ratusan provider hosting di dunia.

Di atas baru prolog, biar lebih paham kenapa harus pilih rajanya hosting terbaik hostinger ini, mari kita ulas satu per satu keunggulannya.

Web Hosting Indonesia Terbaik No. 1

Nah, sekarang poin demi poin akan saya jelaskan, termasuk juga efeknya sama SEO web kalau kamu pilih hostinger untuk hosting webmu.

Bisa dibilang, kalau mau pilih hosting yang betul-betul totalitas memberikan layanannya maka salah satu solusi terbaiknya adalah Hostinger. Tapi sepertinya terlalu cepat kalau langsung saya kasi kesimpulannya di sini. Kita bedah dulu aja fiturnya:

1. Hosting Murah dan Unlimited

Apa pun pertimbangannya, harga murah harus jadi yang prioritas. Kenapa? karena kita buat blog atau pun web seperti toko online sebenarnya karena mau untung.

Bagaimana bisa untung coba… kalau baru buat web aja langsung bayar hosting mahal, anggaplah 100ribu per bulan.

Belum lagi, kalau space atau kapasitas penyimpanan dan bandwidth-nya dibatasi. Bagaimana bisa tenang ngeblog dan cari uang kalau belum apa-apa sudah khawatir kena suspend karena masalah bandwith atau space-nya yang overload.

Itu beberapa alasan ringan kenapa kita harus pilih hosting murah. Tapi jangan murahan juga karena biasanya yang seperti itu fiturnya berantakan… he he!

Bedanya kalau pakai layanan web hosting terbaik dari Hostinger, duit Rp. 29.950 per bulan saja sudah bisa pakai yang unlimited, baik space maupun bandwidth-nya. Ini pun sudah paket Premium lho..!

Dan misalnya kamu bilang segitu masih mahal, ya kalau saran saya sih, berdasarkan pengalaman, mulai pakai yang paket web hosting Single saja dulu. Harganya cuma Rp. 13.850.

Berikut ini screenshot dari webnya langsung, soal paketan hosting yang tersedia:

web hosting terbaik indonesia

Jangan bilang kalau spase 10 GB itu kurang karena saya juga pernah punya blog dengan lebih dari 1000 artikel sepertiganya saja belum terisi semua.

Atau anggap saja webmu sudah ramai pengunjungnya dan bisa menghasilkan banyak dollar per harinya, maka kamu bisa upgrade lagi paketnya ke paket Bisnis. Nah, kalau yang ini kamu sudah dapat layanan yang super maksimal banget, di antaranya adalah bisa chating langsung dengan adminnya, bukan buat tiket pertanyaan lagi.

Untuk paket bisnis ini, ada fitur yang lebih menarik lagi, seperti kecepatan 4 kali lipat untuk web WordPress, backup harian, memori 2 kali lipat dari yang biasa, plus gratis SSL / HTTPS yang baik sekali untuk SEO web.

Saya pribadi menamakan Hostinger ini dengan ‘layanan hosting full unlimited’. Buktinya, lihat beberapa yang saya sebutkan di bawah ini, termasuk yang sudah saya sebutkan (space dan bandwidth), semua unlimited :

  • Database MySQL Unlimited
  • User FTP Unlimited
  • Akun Email Unlimited
  • Subdomain unlimited
  • Situs Unlimited

Luar biasa kan? Dengan modal kurang dari 30 ribu per bulan kamu sudah bisa buat web profesional dengan sujuta fitur menarik.

2. Loadingnya Cepat

Kalau kamu sudah baca artikel saya soal Cara Website Ranking Masuk Halaman Pertama Google pasti tau salah satu faktornya. Ya, apalagi kalau bukan kecepatan web itu sendiri.

Memang apa hubungannya kecepatan loading web dengan rankingnya di Google?

Web yang loadingnya lambat biasanya membuat orang malas berkunjung ke web tersebut, dan dari hasil riset memang menyebutkan demikian, dimana banyak orang meninggalkan web-web yang lambat bahkan sebelum mulai melihat artikelnya.

Selain alasan di atas, karena rata-rata durasi kunjungan juga dijadikan oleh Google sebagai faktor ranking, sehingga jika lebih banyak orang yang langsung pergi sebelum membuka halaman webmu karena loadingnya yang lambat bisa dipastikan durasi kunjungannya juga akan semakin kecil. Lagi-lagi… masalah seperti ini sangat dipengaruhi oleh kualitas hosting dari web tersebut.

Nah, bagaimana dengan Hostinger?

Di Hostinger sendiri sudah menggunakan teknologi Cloud sehingga bisa dipastikan hostingnya juga super kencang.

Kalau kamu tau 000webhost.com, nah disitulah pertama kali layanan cloud gratinya diujicobakan dan ditawarkan ke jutaan pengguna.

Ini juga salah satu tips menilai apakah perusahaan itu besar atau tidak, di antaranya adalah ia menyediakan atau minimal pernah menyediakan layanan gratis. Lihat saja Google, dia bisa menyediakan hosting gratis di blogspot karena memang dia perusahaan yang mapan dan punya aset besar. Demikian halnya dengan Hostinger, kalau bukan perusahaan besar mana bisa seperti itu.

Sebenarnya bukan cuma teknologi servernya saja yang jadi faktor kecepatan situs, penggunaan CMS juga mendukung.

Saran saya kalau mau bagus performanya gunakan WordPress. Apalagi fitur Cpanel yang ditawarkan hostinger sudah termasuk 90 lebih Software Script Auto Installer. Software ini fungsinya juga bisa untuk install wordpress dengan hanya sekali klik saja webmu bisa langsung online.

3. Jaminan Uptime 99%

Kalau kamu belum tau apa itu uptime biar saya jelaskan sedikit. Jadi, uptime ini soal waktu online servernya dalam seharian penuh.

Terkadang ada layanan hosting yang kadang uptimenya tidak masksimal, jadi tidak online terus. Kadang ada waktu offline. Untuk web yang masih baru mungkin gak terlalu berpengaruh, tapi kalau yang visitornya bisa 1000an dalam tiap menit kunjungannya bisa jadi masalah besar, karena selain mengurangi pendapatan, webmu juga akan tampak tidak profesional.

Lalu bagaimana dengan hostinger? Di hostinger sendiri sudah dijamin uptime 99%, jadi tidak perlu khawatir untuk hal seperti ini.

4. Control Panel Canggih

Jadi Control Panel, atau orang biasa menyebutnya CPanel ini, adalah semacam sistem yang berfungsi melakukan segala pengaturan dan maintenance web, mulai dari install web, buat email, mengatur script web dan lain sebagainya. Intinya, Cpanel (sebenarnya nama merek) ini berisi kumpulan aplikasi untuk manajemen web.

Yang sudah sering pakai layanan hosting pasti tau bagaiman bentuk CPanel ini. Tapi coba kamu pakai Hostinger, dijamin paling mudah penggunaanya dan paling keren.

Yang berbeda dari hostinger adalah dimana CPanelnya dibangun sendiri dan bukan seperti yang umum digunakan.

Kalau menurut saya, yang sudah lama menggunakan layanannya, desainnya lebih menarik dan mudah penggunaannya. Bahkan untuk semua level blogger bisa mudah paham cara pakainya.

Selain itu, fitur aplikasi yang tersedia di dalamnya super komplit, mulai dari File Manager, untuk instal cepat seperti Softaculous juga ada, buat email sesuai domain sendiri seperti cs@domainmu.com dan banyak lagi yang super canggih di dalamnya.

5. Tersedia Website Builder

Ada yang tau gak apa itu Website Builder? Jadi ini semacam softwaru untuk membuat website dengan cepat tanpa perlu pengetahuan programmer.

Kalau ada yang bilang buat web pakai wordpress itu mudah. Nah, Website Builder ini jauh lebih mudah lagi. Kadang ada yang hanya drag n’ drop langsung jadi seketikan. Belum lagi tersedia banyak theme gratis yang bisa langsung digunakan.

Jadi, buat kamu yang masih sangat pemula dan belum tau apa-apa soal cara membuat website maka saya sarankan pakai Hostinger karena kamu bisa membuat webmu tanpa dasar programmer sama sekali.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur ekstra dalam web hosting Indonesia terbaik ini, tapi 5 yang sudah saya sebutkan di atas sudah lebih dari cukup untuk memilih mana hosting terbaik yang layak dijadikan tempat kamu mengelola webmu.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *