Hosting adalah server dimana semua file website yang kita buat kita letakkan, baik itu artikel, gambar, theme, cms, pokoknya semua, baik tu database dan content-nya. Web Hosting Murah Terbaik Indonesia dan Luar Negeri sebenarnya ada banyak sekali pilihannya, hanya yang paling bagus dan bisa diandalkan untuk web yang memiliki pengunjung ribuan cuma ada beberapa saja, karenanya Caraspot ingin berbagi ilmu sekaligus pengalaman yang pernah dialami selama bergelut dalam pembuatan website. Saran kami sebaiknya gunakan hosting yang unlimited, kalau tidak bisa dengan space-nya yang unlimited, paling tidak cari yang bandwidth-nya tanpa batas. Bandwidth di sini adalah jumlah kunjungan dalam blogmu per harinya, jika ia dibatasi maka jika jumlah visitornya sudah mencapai batas yang ditetapkan maka pesan suspend akan muncul saat dikunjungi yang mana bukan lagi isi atau artikel dari webmu yang terlihat tapi hanya pesan agar kamu menghubungi penyedia hosting-nya, kan jada masalah kalau seperti ini, apalagi kalau sudah dipasangi iklan, sudah barang tentu akan mengurangi penghasilan per harinya.

Web hosting murah yang sebaiknya dipilih adalah yang memberikan layanan maksimal, terutama jika terjadi error dan sebagainya, sebaiknya pilih yang cepat tanggap jika dihubungi, baik itu lewat chat langsung atau pun via ticket yang dikirim ke Admin-nya. Pengalaman selama menggunakan jasa hosting, ada yang kadang memberikan harga murah tapi dari segi support providernya sangat sulit jika dihubungi, sehingga jika kita kurang paham banyak soal pengelolaan hosting akan mengakibatkan situs kita down. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan melihat fitur yang tertera pada paket hosting yang ditawarkan, biasanya ditampilkan bahwa layanannya 7 hari dalam seminggu dan 24 jam dalam sehari.

Beberapa Situs Penyedia Web Hosting Murah yang Terbaik

Sesuai dengan judulnya kami akan menampilkan berdasarkan lokasinya, yakni yang lokal di Indonesia dan yang luar negeri. Ini merupakan pengalaman penulis sendiri selama mengelola blog dengan hosting berbayar, jadi bisa dibilang cukup terpercaya untuk dijadikan referensi buat yang masih pemula dan baru ingin mulai membuat website sendiri tanpa menggunakan jasa.

Sebelumnya, baca : Cara Membuat Blog Gratis

A. Hosting Indonesia

Yang membedakan antara hosting luer negeri dan hosting Indonesia adalah letak penyimpanan servernya. Untuk yang Indonesia tentunya diletakkan atau berkantor di sini juga sehingga jika pengunjung blog yang anda targetkan adalah pengunjung lokal maka sangat disarankan untuk memilih ini, kecuali jika memang targetnya untuk seluruh negara yang mana situsnya menggunakan bahasa Inggris maka sudah tentu disarankan pakai produk luar saja. Terus fungsinya apa? Jadi begini…..jika servernya diletakkan di negara sendiri dan visitornya juga lokal maka kita bisa diuntungkan dengan kecepatan loading dari hostingnya. Ini sudah banyak direkomendasikan oleh penyedia hosting dan memang sangat mempengaruhi loding web yang dikelola. Nah, berikut beberapa yang layak kita pilih:layanan web hosting murah unlimited bandwidth dan space gratis

1. Qwords.com

Jika anda ingin tahu hosting apa yang digunakan dari blog Caraspot ini, maka jawabannya sudah tentu Qwords. Ada banyak pertimbangan yang dilakukan sehingga bisa memutuskan provider tersebut sebagai hosting andalan kami, di antaranya adalah karena hostingnya murah. Sebelum memilih qwords saya sudah membandingkan dengan beberapa penyedia dan ternyata ini yang paling bersaing harganya. Secara… untuk paket yang termurah dengan 500 MB pada spacenya cuma dihargai Rp. 10.000 per bulan, jadi gak nyampe 150ribu kan per tahunnya. Adapun yang untuk paket Bisnis space hingga 15 GB (bukan mega byte lho) cuma Rp. 59.500 dan kebetulan Caraspot pakai yang ini. Dan yang paling penting juga adalah karena semua disediakan unlimited untuk bandwidth-nya, itu artinya tidak ada batasan kunjungan per harinya, mau itu blogmu ramai atau tidak.

Jika masih belum paham soal SEO dan cara meningkatkan trafik blog maka disarankan pakai yang paket personal dulu karena untuk web dengan konten yang masih sedikit belum terlalu butuh hosting dengna space tinggi. Tapi kalau bisa pakai yang sedang saja, yakni dengan space 1500 MB atau 1,5 GB yang harganya cuma Rp. 19.500 per bulan dengan minimum pembayaran 6 bulan untuk tiap order. Dan untuk melengkapi pertimbangan anda kami ingin menyebutkan beberapa fitur dari layanan Qwords ini.

Fitur (catatan: semuanya tergantung paket hosting yang anda gunakan)
  • Softaculous Instant Install
  • 99,9% Uptime
  • Dapat di Downgrade
  • Dapat di Upgrade
  • .htaccess
  • Sub Domain
  • Wild Card Sub Domain
  • Website Statistics
  • RAW Access Log
  • Custom MIME
  • Custom Error Pages
  • Index Manager
  • Email Account
  • Webmail
  • POP Email
  • Forwarding
  • SMTP
  • Spam Filter
  • Autoresponder
  • Catch All Email
  • Mailing List** (khusus untuk pake bisnis ke atas)
  • Email Sub Domain
  • Email Filtering
  • SPF / Domain Authentication
  • Shared IP Address
  • Dedicated IP Address
  • Disk Space Usage
  • FTP Account
  • Secure FTP
  • FTP Sub Domain
  • File Manager
  • Secure Socket Layer
  • SSH Shell Access ***
  • Cron Jobs

Satu lagi fitur yang belum disebut di atas adalah dimana layanannya untuk semua paket disediakan backup mingguan dan bahkan harian.

2.  Ardetamedia.com

Ada yang menarik dari layanan web hosting murah dari Ardetamedia ini dimana providernya sudah berani menyediakan full unlimited untuk space dan bandwidthnya dengan harga cuma 19.000 per bulan. Mungkin ini menarik sekali kelihatannya, tapi biar bagaimana pun kita hasur mencobanya baru tahu kualitas hostingnya. Penulis pribadi belum pernah mencoba layanan apa pun di sana, hanya karena lihat harganya menarik sekali jadi saya sarankan. Tapi kalau dipikir2 memang jauh lebih murah dari semua yang ada, belum lagi fiturnya juga tidak kalah dengan yang lainnya adalah:

  1. Garansi 30 Hari – Jadi jika kamu mencoba menggunakan hosting murah yang disediakan maka akan ada jaminan uang kembali jika ternyata tidak memuaskan atau tidak sesuai dengan yang disampaikan di websitenya. Mungkin buat yang masih ragu bisa mencobanya dengan alasan fitur ini.
  2. Uptime 99.98% -
  3. Website Builder – Ini maksudnya bahwa di dalamnya sudah tersedia untuk pembuatan web instant tanpa butuh lagi jasa dan kemampuan programming, jadi begitu kita sudah pesan hosting di sana kita bisa langsung buat websitenya dalam sekejap, hanya dengan beberapa langkah saja bisa langsung online.
  4. 7/24 Livechat Support – Inilah fitur yang paling penting dari semua yang telah disebutkan di atas karena jika terjadi masalah kita tentu tidak ingin menunggu hingga hari kerja. 7 hari artinya mereka tak pernah libur sama sekali dan 24 jam pegawainya selalu stand by menunggu setiap ada keluhan dari pelanggannya.

3.  Niagahoster.co.id

Harga yang ditawarkan untuk paket personal cuma 29.500 per bulan dan itu pun semua sudah disediakan unlimited. Belum lagi soal support chat-nya yang full online dan bisa kapan saja dihubungi jika ada keluhan pada hosting yang digunakan.

  • Full unlimited – Beberapa layanan unlimited dalam semua paket hosting yang disediakan adalah Disk Space, Bandwidth, Email Accounts,  Databases, dan Addon Domains.
  • Instant Backup – Layanan backup adalah yang paling penting juga buat website yang sudah memiliki ratusan dan bahkan ribuan file di dalamnya karena jika sewaktu-waktu ada kesalahan dimana data hilang maka hasil backup tersebut bisa dijadikan sebagai cadangan untuk me-restore atau mengembalikan data yang hilang tersebut.
  • Domain Gratis Selamanya – Kalau kamu tidak mau mengeluarkan biaya pembelian dan pembayaran domain tiap harinya maka bisa memilih ini sebagai web hosting murah kamu karena secara….harga domain tiap tahunnya naik, sekarang ini sudah kurang lebih 115.000 an per tahunnya. Jadi lebih ngirit kan?
  • Support Private SSL

Selanjutnya baca : Cara Membuat Website Gratis Lengkap

B.  Hosting Luar Negeri

Kalau yang asli dari perusahaan Indonesia mungkin masih bisa dihitung jari, tapi kalau yang luar buanyaknya gak karuan…sampai-sampai kita bingung milihnya. Nah, dari pada nyari sendiri mending pinjam pengalaman saya selama ini dalam memilih hosting luar negeri yang baik karena beberapa sudah saya coba dan memang betul tidak ada tambahan biaya sama sekali dan juga yang paling penting adalah harga renewal-nya yang tetap sama saat kita pertama kali beli.

1.  M2Host.com

Saya pernah memutuskan menggunakan web hosting murah ini karena alasan biaya yang ditawarkan untuk per bulannya murah sekali, ya cuma $1 (satu dollar) saja. Dan selama menggunakan jasanya saya anggap cukup baik untuk jadi pilihan banyak blogger baik dari Indonesia sekalipun karena kualitas loading dari servernya sangat baik, belum lagi layanan dari providernya bila ada kendala kita bisa dengan mudah menghubunginya dan responnya juga cepat sekali. Hanya saja jika kamu mau mengelola lebih dari situs di dalam hosting berbayar yang kamu gunakan tersebut sebaiknya pilih web personal, jangan yang starter karena kalau starter hanya bisa untuk 1 domain sedang yang personal bisa sampai 4 web yang kita kelola di dalamnya.

Space dan Bandwidth yang ditawarkan juga sudah sangat baik karena semua tanpa batas / unlimited, jadi tak perlu lagi khawatis soal masalah suspend. Selain itu, jika kamu hanya ingin coba-coba dan belum yakin dengan penawarannya bisa dengan order dulu dan jika tidak puas minta saja uangmu dikembalikan karena dalam halaman utamanya sudah disebut bahwa “30 Day Money Back” artinya jika dalam 30 hari kamu tidak puas bisa mendapat pengembalian uang jika seandainya mau stop. Dan jika kamu masih pemula dalam cara membuat website sendiri maka ini saya kira layak dipakai karena di dalamnya untuk semua paket hosting sudah termasuk layanan website builder yang mana kita bisa bikin web hanya dalam hitungan menit saja, tinggal edit sedikit sudah bisa online.

2.  1and1.com

Kalau mau cari web hosting murah yang sudah menyediakan domain gratis sekalian maka 1and1.com adalah salah satu solusinya. Anda bisa berbangga menggunakan ini karena biaya yang harus dikeluarkan per bulannya hanya $0,99. Bayangkan, gak sampai 1 dollar per bulan sob…apalagi kalau kamu pasang adsense dalam blogmu maka bisa dibilang biayanya gratis. Hanya saja kalau kamu cari yang full unlimited pilih yang $4,99 per bulannya, karena yang paket unlimited biasa masih ada batasannya dimana databasenya hanya dibatasi hingga 20 GB dan 600 MB untuk Ram-nya.

Yang terpenting dari layanan hosting sebenarnya adalah support dari admin-nya, kalau lambat dan bahkan tidak membalas sama sekali keluhan kita, maka sebaiknya jangan digunakan, apalagi kalau kamu masih pemula dan belum tau apa-apa. Adapun dalam 1and1.com ini mereka sudah menyediakan karyawan yang siap stanby 24 jam dan 7 hari dalam seminggu tanpa pernah tidur. Selain itu di dalam cpanelnya tersedia hingga 140 aplikasi yang bisa anda gunakan gratis. Hanya saja ada kelemahan dari hosting luar ini dimana ia tidak menyertakan fitur cpanel yang jelas, seperti MYSql, phpmyadmin, Softaculous dan lain sebagainya, apakah sudah include di dalamnya atau tidak.

Alternatif hosting lainnya:
  • BlueHost – Space unlimited, domain gratis, dan money back guarantee dengan harga $4.95 per bulan.
  • Hostgator – Ada kurang lebih 4,500 template gratis untuk web instant dan bisa beriklan gratis senila $100 di Google AdWords, jaminan 45 45 hari uang kembali.
  • JustHost – Gratis domain, unlimited hosting dan support tanpa libur dengan harga$3.50 per bulan. 

 

Penting!

Penulis belum bisa merekomendasikan iPage, sekalipun banyak blogger yang menyarankan karena satu alasan yang sangat mendasar, yakni biaya renewal-nya (biaya perpanjangan)nya yang kata banyak orang yang sudah menggunakannya kelewat mahal. Memang dalam iklannya ia menggembor-gemborkan biaya bulanan yang murah, tapi ternyata untuk tahun selanjutnya kita harus merogoh kocek dalam untuk bisa terus menggunakannya.

Dari semua yang disebutkan di atas, jika dilihat dari segi harga maka yang kedua yang paling unggul, tapi kalau cari yang supportnya bagus dan semua fiturnya unlimited, saya kira yang ke tiga layak dipilih. Hanya saja kalau mau yang lebih terbukti dan sudah ada testimoni dari pelanggannya (saya sendiri) maka saya kira Qwords jawabannya. Intinya, Web Hosting Murah Terbaik Indonesia dan Luar Negeri tergantung kebutuhan kita, mau yang bagaimana tinggal lihat saja fiturnya, apakah cocok atau tidak.

About The Author

Comments

  1. Hostingan ID

    Setuju banget sama statement agan yang di paragraf terakhir “Intinya web hosting sesuai kebutuhan” Betul sekali, sebagai orang yang bergelut dalam bidang hosting saya rasa akan sangat baik memilih hosting sesuai kebutuhan kita.

    Contoh kalau buat web hanya dgn html dan gak banyak images jgn pilih space besar jadinya mubazir. Apa lagi kalau gak ada uang utk beli hosting yang mahal, cari provider yang murah tapi terjamin hehe.

    Btw bisa mampir ke tempat kami juga, Hostingan ID Solusi Layanan Web Hosting Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *