Filezilla atau FTP adalah aplikasi yang lazim digunakan untuk melakukan upload file website dari komputer PC ke hosting dalam Cpanel web kita. Intinya, Filezilla ini berfungsi sebagai alat dalam membantu mentransfer data web yang telah disiapkan di komputer ke dalam hosting untuk selanjutnya dionlinekan. Untuk Cara Upload WordPress di Hosting Menggunakan Filezilla maka komputer harus terhubung dengan Internet, karena jika tidak, aplikasi ini tidak bisa berfungsi sama sekali. Selain itu, kita juga sudah harus login ke akun hosting kita agar bisa membukanya.

Bisa saja kita tidak menggunakan cara ini, karena terus terang, penulis sendiri malas melakukan cara install wordpress seperti ini karena selain ribet terkadang juga butuh waktu lama untuk menuntaskannya. Berbeda kalau kita pakai cara instant dengan bantuan Fantastico atau pun Softaculous dimana kita hanya butuh waktu kurang lebih 5 menit saja maka blog wordpress kita sudah bisa online. Belum lagi terkadang teknik seperti ini sering kali mengalami error bila ada sedikit masalah saja, entah itu koneksi internetnya atau kita yang salah meletakkan file yang akan diupload. Tapi walau demikian, situs besar terkadang membutuhkan cara seperti ini jika ingin memperbaharui situsnya tanpa harus menampilkan pesan ‘…sedang maintenance, silahkan berkunjung lagi nanti!”, namun untuk blog baru saya kira lebih baik pakai cara yang simple saja.

Proses Cara Upload WordPress di Hosting Menggunakan Filezilla

Sebelumnya saya mau berterima kasih pada Qwords yang telah lebih dulu menyediakan tutorial ini, semoga blognya lebih berkah dan makan banyak pelanggannya karena kebetulan saya salah satunya. Nah berikut langkah-langkahnya:

Sebelumnya, baca:

1.  Pertama kali yang harus dilakukan…ya sudah pasti kamu harus download dulu aplikasi Filezilla.. silahkan Disini.

2.  Jika sudah dapat aplikasinya, selanjutnya tinggal klik iconnya untuk membuka dan pastikan kamu juga login ke akun hostingmu agar bisa terhubung.

3.  Usahakan lakukan dulu pengaturan pada softwarenya dengan mengikuti langkah ini: Edit -> Setting -> Transfer , lalu atur limit for download nya masing-masing 8 – 9 , kemudian jika sudah beres tinggal klik tombol Ok saja.

4.  Berikutnya, mulai gunakan Filezilla dengan login dulu ke akun hostingmu (jika belum) lalu isi kolom yang ada di atasnya dengan pengaturan berikut:

host : Isi saja dengan nama alamat domain dimana kamu akan menginstall atau mengupload webmu

username dan password : Isi sesuai dengan username dan password saat kamu login ke cpanel hostingmu.

port : Lebih baik dikosongkan aja, lalu mulailah dengan klik menu “Quickconnect”

5.  Adapun cara melakukan upload, jika tampilannya sudah seperti gambar di bawah, yakni dengan cara menentukan dulu direktori mana kamu akan letakkan file web tersebut, yang paling umum adalah di direktori public_html. Jika sudah ditentukan, tinggal drag and drop file local yang ada di sebelah kiri ke dalam kolom sebelah kanan, dalam hal ini ke dalam hostingmu.

cara menggunakan filezilla

6.  Terakhir, tinggal ngopi untuk menunggu proses uploadnya selesai.

Catatan : Untuk file dalam jumlah banyak sebaiknya disatukan dalam folder saja kemudian di compress dalam file .rar atau .zip, dan baru setelah berhasil dimasukkan dalam hosting tinggal di ekstrak saja yang letaknya berada di cPanel->File Manager.

File Penting Lainnya soal Pembuatan Website:

Setelah berhasil melakukan upload atau install wordpress di hosting via FTP atau Filezilla kira-kira apa lagi yang harus dilakukan kalau bukan menyukseskan blogmu mencapai trafik tertingginya, kalau bisa sampai ratusan ribu dalam sehari. Nah, mengenai ini kami punya beberapa tipsnya:

  1. Cara Menulis Artikel SEO Friendly – Dalam tautan ini kamu akan belajar bagaimana membangun blog yang powerful dengan artikel yang sangat bisa diandalkan untuk bersaing dengan ribuan blogger master lainnya, mulai dari penyusunan kata hingga kalimat yang baik dan mudah terindeks oleh Google.
  2. Cara otak atik blog (warna, font, spasi dan lainnya) – Dalam tutorial ini kamu akan belajar cara mudah mengetahui letak kode atau script dalam theme wordpress agar bisa merubah angka atau pengaturan di dalamnya. Dari pada mencari secara manual mending dengan menggunakan bantuan Inspect Element.
  3. Agar website Mudah Masuk Halaman Pertama Google – Bahkan kalau kamu mau artikelmu ranking 1 di google juga bisa belajar dari artikel ini, apa saja yang harus dilakukan agar bisa sukses nongkrong di halaman 1 berbagai mesin pencari di terangkan di situ.

Mungkin itu saja dulu Cara Upload WordPress di Hosting Menggunakan Filezilla dan Cara Settingnya, semoga tutorial kali ini membantu, tapi bila tidak coba kamu share di facebook atau twitter agar ada yang bisa bantu solusinya. Sebenarnya 2 cara untuk menginstall blog di hosting, salah satunya adalah dengan bantuan Softaculous langsung dari Cpanel hosting, bahkan bisa dibilang lebih simple dan gampang diterapkan.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *