Sebelum tahu Cara Upgrade Android (Perbaharui OS Android) melalui HP langsung maka ada hal yang harus anda pastikan, yakni anda menggunakan operating system Android apa? maksudnya versinya, selain itu apakah versi yang kamu gunakan masih tersedia yang terbarunya atau mungkin sudah tidak diperbaharui lagi oleh Google Inc. yang merupakan pemilih sah brand ini saat ini, ya mungkin karena dianggap sudah jadul dan lebih memilih mengembangkan yang tipe lainnya. Sebut saja untuk type Kitkat, sekarnag ini di tahun 2015 tidak lagi disediakan upgradenya. Jika sudah melakukan identifikasi pada dua hal tersebut maka barulah bisa melakukan upgrade dengan beberapa langkah tutorial yang akan dijelaskan di bawah. Tapi sejatinya yang membuat update dari aplikasi ini dari Google sendiri hanya saja tergantung dengan vendor yang menjual HP tersebut, apakah versi terbarunya juga termasuk dalam pembelian atau tidak, jika tidak maka mungkin akan ada ketentuan lain bagi penggunanya, apakah berbayar atau gratis.

Sebelum masuk ke pembahasan, Caraspot sedikit mau memberi info soal aplikasi Android ini, ya sebenarnya awal mulanya brand ini bukan milik Google, sekalipun yang menjadi investornya yang mendanai proyek awal dan pengembangannya Google juga termasuk salah satunya, dan barulah pada tahun 2005 Google akhinya berhasil mengakuisisi perusahaan ini dan menjadikan Android sepenuhnya menjadi miliknya, baik brand maupun sistem di dalamnya. Kalau dulu mungkin kita lebih mengenal yang namanya Symbian, namun pada tahun 2010 HP yang menggunakan OS ini akhirnya bisa digeser ketenarannya. Mengapa tidak? dengan dukungan kurang lebih 700.000 aplikasi yang dibuat khusus untuk sistem operasi ini, dan terus bertambah hingga sekarang, menjadikan banyak orang lebih senang menggunakannya, apalagi sekarang orang-orang lebih senang menggunakan sistem layar sentuh dibanding yang menggunakan tombol yang memang jadi andalan handphone Android saat ini.

Oke Guys! Sesuai yang Caraspot ungkapkan di atas bahwa untuk melakukan upgrade Android ke versi terbaru tanpa PC maka haruslah diketahui dulu apa versi atau typenya. Ada hal unik dan menarik pada penamaan semua versinya yangmana menggunakan nama-nama makanan manis dan pencuci mulut. Cukup unik kan? nah berikut ragamnya yang kami sadur dari situs Wikipedia:

Versi Android

  • Android 1.0 & 1.1 (API level 1, yang paling pertama release)
  • Cupcake 1.5
  • Donut 1.6
  • Eclair 2.0 dan 2.1
  • Froyo 2.2–2.2.3
  • Gingerbread 2.3–2.3.2 dan 2.3.3–2.3.7
  • Honeycomb 3.0, 3.1, dan 3.1
  • Android Ice Cream Sandwich 4.0–4.0.2 & 4.0.3-4.0.4
  • Jelly Bean 4.1, 4.2 & 4.3
  • KitKat versi 4.4
  • Android 5.0 Lollipop

Lalu HP android yang anda pegang sekarang menggunakan versi yang mana? Kalau pakai Kitkat maka baiknya tidak usaha baca artikelnya ini, cukup belajar saja soal cara membuat blog keren dan menarik yang sudah kami ulas, siapa tahu bisa menghasilkan uang dari sana.

Proses Cara Upgrade Android ke Versi Terbaru

tips cara upgrade hp androidSebelum lanjut anda harus tahu kalau sebenarnya caranya tidak melulu harus melakukan beberapa langkah rumit yang harus dilakukan setiap saat tapi ada alternatif lain dimana kita cukup melakukan sekali pengatuan dan selanjutnya secara otomatis akan melakukan update sendiri, yang penting internet atau data selulernya selalu diaktifkan, ya pastinya paket internetnya jangan putus setiap bulannnya, kalau bisa pakai AON Tri aja kan bisa online selama setahun tanpa harus isi ulang terus. Berikut beberapa caranya:

Sekedar info, jika sudah berhasil jangan lupa cek juga : Aneka Aplikasi Android Terbaik yang Banyak Digunakan…

1.  Upgrade Otomatis

Fungsi utama melakukan cara upgrade OS Android ini agar kita tak harus selalu mengupdatenya sendiri, dan jika sudah dilakukan maka setiap kali type atau versi terbarunya keluar maka akan ada pesan untuk melakukan upgrade, tinggal klik “Ok” maka OS Androidmu pun sudah jadi yang terbaru. Umumnya yang menyediakan layanan seperti ini adalah HP Samsung dan Sony. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Aktifkan layar depan handphone-mu (jangan membuka aplikasi apa pun)
  2. Tekan di bagian kiri bawah ponselmu (bukan di layar touchscreen-nya) yang tandanya seperti ada dua garis..
  3. Jika berbahasa Indonesia, selanjutnya, klik tulisan “Pengaturan” yang icon-nya seperti roda bergerigi.
  4. Kalau misalnya kamu pakai HP Samsung Ace 3 maka setelah itu kamu klik menu “Lainnya” lalu di bagian bawah sekali klik lagi “Tentang Perangkat” atau “About” untuk yang menggunakan tampilan bahasa Inggris.
  5. Barulah tekan menu “Perbarui Perangkat Lunak” lalu centang pilihan “Perbarui Otomatis”.
  6. Tededdd…! Setelah kamu tidak perlu lagi melakukan langkah seperti di bawah, tinggal tunggu Google memperbaharui OS Android-nya dan akan disampaikan lewat HP-mu langsung bahwa kamu bisa melakukan upgrade untuk tipe versi terbarunya.

2.  Perbaharui OS Android secara Manual

Kalau cara upgrade HP android di atas kamu tak perlu repot, nah di sini kamu harus melakukan beberapa proses ringan yang walau tidak memakan waktu banyak tapi tetap harus dikontrol dan dijadwalkan agar versi OS Androidmu tidak lawas dan ketinggalan jaman sendiri di banding handphone dengan sistem operasi sama yang digunakan temanmun. Hanya saja dengan melakukan ini ada kelebihan lain yang kita dapatkan, yakni kita tidak perlu capek mengklik ‘tidak’ setiap kali ada perintah upgrade, karena biasanya kalau otomatis, selama tidak kita ikuti sarannya maka kita harus selalu memberi jawaban apakah Iya atau Tidak untuk melakukan pembaharuan, sekalipun sebenarnya ada juga pilihan untuk ini. Di samping itu, kalau misalnya kita lagi malas menggunakan internet kita bisa memilih tidak melakukan upgrade sama sekali tanpa harus ada yang mengingatkan. Adapun step-nya:

  1. Backup – Yang pertama harus dilakukan dan yang paling penting menurut Caraspot adalah dengan melakukan Backup lebih dulu, ini untuk menghindari kalau nantinya ada kesalahan dan file anda hilang akibat proses ini. Dalam hal ini kita bisa melakukan Backup dengan jalan menggunakan aplikasi backup file untuk HP Android sebagaimana telah dibahas dalam artikel “Aplikasi Android Terbaik Gratis dan Berbayar yang Terpopuler dan Banyak Digunakan” (silahkan merujuk ke sana) di sana kamu bisa belajar jenis aplikasi apa yang bagus untuk ini, tapi saya sarankan yang bisa langsung terhubung dengan akun Gmail atau Dropbox karena jauh lebih simple. Atau kalau mau dengan cara lain anda bisa menggunakan memory External yang nantinya bisa di masukkan lagi kalau prosesnya sudah selesai.
  2. Sambungan internet – Namanya upgrade secara online sudah pasti harus menggunakan internet, makanya pastikan dulu menu “Data Seluler” aktif (untuk pengguna hp Samsung). Tapi umumnya biasanya sangat disarankan pakai internet Wi-Fi karena akan terhindar dari masalah lemot dan proses upgrade putus karena koneksi internet  yang terganggu. Lebih baik lagi kalau ada yang gratisan punya teman atau kantor yang tidak melarang penggunaan internet untuk pribadi.
  3. Baterai – Cek dulu masih sisah banyakkah pemakaian baterai yang tersedia? jika sisa beberapa menit saja atau misalnya ada tanda yang terlihat dilayar kalau daya baterainya sudah mau habis maka baiknya di-charge dulu. Kenapa demikian? ya, karena kalau misalnya saat proses upgrade masih berlangsung dan HP mati karena masalah ini maka mau tidak mau anda harus mengulangnya dari awal lagi karena sudah pasti proses yang sudah berjalan beberapa langkah akan error.
  4. Space Drive – Ini juga wajib diketahui, sebelum upgrade hp androidmu karena jika tidak mencukupi untuk menggunakan versi terbarunya juga akan bermasalah. Disarankan kalau mau leluasa melakukan penginstalan maka minimal 1 GB untuk space drive yang tersisa atau kalau tidak bisa usahakan sediakan sekitar 512 MB saja. Caranya ya cukup hapus beberapa game yang tidak terpakai. Adapun kalau mau tahu berapa total kapasitas space dalam HP-mu dan sudah berapa banyak yang terpakai maka caranya yaitu dengan mengikuti seperti cara upgrade otomatis di atas hingga langkah ke-4, yaitu Layar Utama >> Kiri Bawah Ponsel >> Pengaturan >> Lainnya >> Penyimpanan, selanjutnya klik “Kapasitas Tersedia” di menu paling bawah dari Total Raung.
  5. Langkah-langkahnya – Jika 4 hal di atas sudah terpenuhi, barulah mulai melakukan update system di bawah ini:

a. Bahasa Indonesia

Halaman Depan >> Kiri Bawah Ponsel >> Pengaturan >> Lainnya >> Tentang Perangkat >> Perbarui Perangkat Lunak  >> Perbarui (selanjutnya tinggal ikuti perintah yang diminta)

b. Inggris

Home (Layar Muka) >> Settings >>More >> About Device >> Software Update >> Update

Jika pesan ini yang muncul: Unable to connect network , itu artinya internet tidak tersambung. Jadi segera aktifkan dulu internetnya. Caranya kembali ke halaman paling depan lalu tarik turun layarnya dengan menekan pelan bagian paling atas layar lalu tarik ke bawah, selanjutnya pilih “Mobile Data” untuk mengaktifkannya.

Lihat selanjutnya: Cara Install Bluestacks di Laptop dan Komputer (Aplikasi untuk menggunakan aplikasi android lewat komputer PC/Desktop)

Bagaimana? Penjelasan kami soal “Cara Upgrade Android (Perbaharui OS Android) Langsung dari HP – Otomatis dan Manual” lebih mudah dipahami dan juga lebih lengkap kan? Selanjutnya jangan lewatkan semua penjelasan soal OS di sini yang akan kita bahas tuntas semua. Tapi tolong bersabarlah karena kami belum cukup penulis untuk menuntaskan semua request pengunjung setia kami. Yang jelas, tutorial atau tips yang anda baca kali ini dibuat sendiri dan langsung menggunakan HP saya pribadi untuk mengetahui secara pasti prosesnya, dan kalau pun ada perbedaan itu sangat sedikit sekali, karena juga dipengaruhi oleh merek HP-nya, misalnya saja pakai Nokia, LG, Lenovo, Advan dan lainnya tentu tidak akan persis dengan yang kami sampaikan.

About The Author

Comments

  1. noerr hidayat

    gan kalo ace 3 samsung udah ada upgrade an resmi OS ke Kitkat belum ya. mksih

  2. Informasi Kesehatan

    mas andro saya lelet terus knapa ya? samsung galaxy V, ada aplikasi biar ga lelet ga ya?
    tolong post gan atau jawab lewat komentr juga ga apa. terimaksih atas tipsnya mas

    1. David

      Install launcher aja gan… Lebih lancar & tampilannya juga lebih oke. Saya juga pake Samsung Galaxy V. Tau cara upgrade ke lolipop gak gan?

  3. sonny

    gan minta tutornya hp evercoss AT1C cara upgrade ke kitkat dong

  4. Agus Maya

    artikelnya sangat membantu, terimakasih gan setelah baca postingan ini, sepertinya versi android saya perlu di upgarde ini sudah ketinggalan

  5. win

    Bro

    kalo xperia z gmna ya? katanya “computer required” pas dsambung ke pc gak bisa juga, malah dia masuk ke website sony, dan gak ad perubahan minta tolong tutornya
    mksh :)

  6. fikri

    Mas koq punya saya gak bisa di update sih malah ada bacaan begini “perangkat anda telah dimodifikasi,pembaruan tidak tersedia” gmna nih mas?

    1. Caraspot Article Author

      Fikri : Itu artinya OS android yang anda gunakan masih yang terbaru / uptodate jadi tidak perlu lagi diupdate. Lagian upgrade kan makan kuota internet. Jadi lebih baik dibiarin aja. Atau bisa juga karena HP yang anda pakai tidak mendukung upgrade perangkat secara gratis.

  7. awal islamay

    bagaimana gan kalo hp zte racer 2 versi android nya froyo mau di upgrade ke gingerbeard.bagaimana gan tutorialnya?

    1. Caraspot Article Author

      Biasanya tergantung dari HP yang dibeli, kalau misalnya memang menyediakan fasilitas upgrade maka pasti akan ada langkahnya, tapi sayangnya kebanyakan hanya menyediakan untuk update pada versi android yang sama dan tidak untuk upgrade

  8. deff

    gan. klo qta upgrade android apa aplikasi-aplikasi sebelumnya yg ad di hp kita jadi terhapus atau tidak

    1. Caraspot Article Author

      Tidak mas! karena yang diupdate hanya OS nya saja, gak apk nya

  9. 7810

    Gan kok tab 2 p3100 saya udah di download ada tulisan up OS ke versi diatas nya trus restar gan krna instal otomatis pas jalan 25% gagal gan mohon pencerahan ny

  10. Aditya

    Gan gimana cara upgrate ADVAN S35 Soal nya udah 10 Kali nyoba tapi nggk bisa²

    1. Caraspot Article Author

      Tergantung dengan HPnya juga mas, apa memang mendukung untuk update OS androidnya atau tidak, jika tidak memang wajar kalau tidak bisa.

      1. Ryan

        Min klo pnya saya ko, anda telah memiliki pembaruan sistem paling baru tpi pnya saya masih jellyben

  11. Ilma

    Samsung galaxy grand duos OS nya apakah bisa diganti ke lollypop ?

  12. suci marwanti

    gan hp saya mito A77 suka ke donwdlod aplikasi sendiri, udah gitu aplikasinya gk jelas. itu knp ya??

    1. Caraspot Article Author

      Lakukan pengaturan dulu mas, pasti ada tuh pilihannya biar setiap aplikasi yang akan di download harus melalui persetujuan dulu.

  13. hendri

    gan knp kok hp saya gk bisa diupdate klo diupdate malah versi android nya 4.4.2 yerus gk bisa naik naik

    1. Caraspot Article Author

      Memang tidak semua hp memberikan fasilitas update pak

  14. Ijat

    Gan samsung tab 1 bisa juga di upgrade ap ngga ya gan? ,. Pingin naikin os nya. . . TloNG bles ya gan.

    1. Caraspot Article Author

      Tergantung, apakah saat beli HPnya memang menyediakan fitur atau layanan update, jika tidak berarti yah….gitu…

  15. sunandi

    Gan minta solusinya kok hp evercoss A7G kalo di upragade kaga bisa dan ada tulisan “gagal memasang pembaruan sistem”itu gimana ya.

    1. Caraspot Article Author

      Itu artinya perangkat yang digunakan memang tidak mendukung fasilitas update pada OS androidnya

  16. royyan

    Om ,hp sya smartfren i,versi jelly bean 4.1.2,sya mau up hp sya ke versi kitkat 4.4..bsa kga om ..di pengaturan sya udah liat klo mau up hrs unduh 350 mb,tpi kga tau versi apanya tuh..apa hrs sya unduh aja

    1. Caraspot Article Author

      coba diunduh dulu, kalau memang disediakan maka prosesnya pasti bisa berjalan

  17. amin

    Gan saya mau nanya kemaren hp LG L70 dual saya udah saya upgrade pembaruan perangkat lunaknya. Versi kitkat 4.4.2 apa bisa upgrade kelolipop gan? Mohon informasinya

    1. Caraspot Article Author

      Sudah di jawab di pertanyaan sebelumnya mas kalau semua tergantung dengan HP nya saat dibeli, tapi kebanyakan hanya menyediakan untuk versi yang macamnya sama.

  18. rayindra

    SAYA mau tanya gan, hp saya samsung type GT–S7262 Versi Andorid 4.1.2, saya mau dowload salah satu aplikasi bisnis on line namun kata perangkat lunak saya tidak kompatibel dgn versi aplkasi tsb. trus saya lakukan ubgred os ke kitkat tapi masih blm bisa juga untuk dowload, ada solusi gak?

    terimah kasih

  19. rio

    Gan gimana kalo oppo neo 5 . Cara upgrade nya gimana

    1. Caraspot Article Author

      Silahakan lihat di pengaturannya, kalau ada berarti bisa

  20. alvi

    Bang, android saya kitkat 4.4.2 di pengaturan nggak ada tulisan upgrade,gimana cara upgrade ke kitkat 4.4.4?

  21. oky prabowo

    Om hp ane samsung s4 zoom pas ngikuti langkah itu kok jawabannya pembaruan terbaru telah diinstal..
    Tp tetep aj os nya di jellybean..

    1. Caraspot Article Author

      Bisa jadi upgradenya masih pada versinya yang sama, bukan ke versi lain.

  22. daiiaf

    Cara upgred samsung galaxy s4 lewat hp gmana mz

    1. Caraspot Article Author

      Lihat dulu…. saat beli apa memang ada fasilitas upgrade atau tidak…. biasanya kalau tidak ada maka tidak bisa dilakukan dan kadang juga ada yang upgrade otomatis. Karena upgrade yang nyediakan dari provider HPnya dan bukan dari android karena umumnya dengan kesepakatan antara keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *