Cara memakai Jilbab segi empat, termasuk Pashmina dan Paris modern akan dijelaskan semua dalam Tutorial Hijab Segi Empat ini. Jadi, yang Caraspot share kali ini adalah teknik penggunaannya saja. Memang dalam perkembangan mode kerudung di Indonesia ketiga jenis tersebutlah yang paling banyak diminati, sehingga tutorial pemakaiannya pun yang paling ramai diperbincangkan dan dicari di Internet. Dan satu hal juga yang perlu diketahui sahabat semua bahwa saat ini Indonesia bukan saja menjadi produsen jilbab yang paling produktif tapi juga sudah menjadi kiblat banyak muslimah di dunia soal kreasi mode dan gaya berjilbab yang elegan dan modern.

Dalam ajaran Islam perintah menutup aurat atau cara berhijab segi empat dan lainnya, khususnya perempuan, jelas disebutkan dalam Surah Al-Ahzab sekalipun tidak secara eksplisit menyebutkan bahwa seorang wanita muslimah harus menggunakan hijab, tapi perintah agar perempuan atau istri-istri itu harus menutupkan penutup kepalanya hingga ke bagian dada adalah merupakan tuntunan bahwa cara pakai jilbab yang bagus pada dasarnya harus menutup hingga ke bagian dada karena pada bagian tersebutlah syahwat pria bisa terpancing. Jadi, modelnya bisa dikreasikan dalam bentuk apa saja selamat sesuai dengan tuntunan dalam ayat Al-Qur’an tersebut, yakni menutup bagian dada.

Panduan Lengkap Tutorial Hijab Segi Empat

Sedikit ya … saya tambahkan lagi sebelum mulai belajar langkah-langkahnya. Jadi, itu pula sebabnya mengapa penulis sangat tidak menganjurkan mengikuti cara menggunakan hijab dengan model ‘Turban’, selain karena cara memakai hijab ini kurang menarik dilihat, juga karena kalau kita merujuk pada ayat di atas sudah jelas-jelas bahwa cara pakai jilbab segi empat tersebut tidak Islami, dalam artian tidak ada dasarnya dalam ajaran Islam.

Mengapa demikian? Ya, karena dalam kreasi kerudung atau hijab Turban si pemakainya hanya melilitkan di bagian kepalanya saja, sedang leher dan dada sama sekali tidak tertutupi oleh jilbabnya. Dan lebih parah lagi kalau baju dan celananya semua ketat dan memperlihatkan lekuk tubuhnya.

Intermezonya sudah kelar, kita lanjut ke prakteknya….!

Cara Memakai Jilbab Segi Empat yang Simple dan Praktis, Hanya 1 Menit!

Di bawah ini adalah tutorial hijab segi empat yang cocok sekali buat wanita karir atau kerja kantoran karena tidak memakan waktu banyak untuk menyelesaikannya. Karena mengapa? Terkadang tidak setiap hari kita bisa bergaya bebas hingga sejam di depan cermin, terkadang karena kesiangan bangun atau apalah… sehingga mau tidak mau harus buru-buru berpakain dan berdanda. Jika sudah seperti itu, teknik simple jilbab segi empat berikut wajib dikuasai agar bisa tetap tampil cantik walau proses mengenakannya hanya sebentar saja.

kerudung segi empat cantik

1. Pertama pakai ciput ninja dulu. Akan lebih baik kalau menggunakan yang warna hitam agar bisa matching dengan warna hijab apa saja. Kalau contoh gambar di atas jilbabnya berwarna biru kehijauan jadi lebih elegan dan tampak dewasa.

2. Kemudian, mulai dengan meletakkan jilbab di atas kepala yang mana kedua sisi, kiri dan kanan, dibuat sama panjang.

3. Berikutnya, ambil semua sisi bagian kanan dan lewatkan di bawah leher dan rapatkan, lalu pada bagian ujungnya yang bertemu dengan sisi kiri, beri jarum pentul atau peniti agar menempel pada ciput dan tidak lepas.

4. Terakhir, tinggal lilitkan sisi jilbab sebelah kirinya ke belakang dan anda pun sudah siap berangkat kerja.

Teknik di atas adalah yang paling cepat dan simple karena hanya menggunakan 1 jarum pentul dan itu pun tidak lebih dari semenit sudah jadi.

B. Cara Pakai Jilbab Segi Empat Modern

panduan tutorial hijab segi empat simple

Berikut adalah cara menggunakan hijab yang memadukan antara gaya klasik dan modern sehingga tampak lebih cantik menawan. Kebetulan sekali warna baju yang dipilih adalah hijau kebiruan juga dengan paduan jilbab berwarna muda transparan.

Berikut 7 langkah cara pakainya dari Mbak Luckytahidayat :

langkah cara memakai jilbab segi empat praktis

1. Paling pertama dilakukan adalah dengan menggunakan ciput atau  inner jilbab ninja. Lalu kenakan jilbab segi empat Anda dengan meniru model di atas yang mana kedua sisinya dibuat sama panjang.

langkah cara memakai hijab untuk pesta

2. Selanjutnya bawa tarik kedua sisinya ke bawah dan pada bagian dua sisi yang rapat dengan dagu di beri jarum pentul agar tidak lepas. Sedangkan ujungnya dibiarkan saja, hanya perlu dipastikan kalau keduanya sama panjang.

gambar cara berjilbab segi empat yang modis

3. Tarik sisi kirinya dan bawah ke arah kepala atas yang agak ke kanan. Rapatkan dengan jarum pentul biar terlihat rapi.

cara pakai jilbab segi empat, paris, pashmina modern

4. Tinggal ambil sisi bagian belakang jilbab yang terulur. Lalu angkat ke depan / ke atas kepala  layaknya sebagai tudung. Usahakan dibuat agak kebelakang sedikit dari tutupan hiljab awalnya agar terlihat ada kreasi.

model jilbab segi 4 untuk acara perkawinan

5. Selanjutnya, agar tudung jilbab segi empatnya tidak lepas atau berubah tempat, maka disematkan lagi jarum pentul pada bagian kanan kepala dari lilitan tersebut.

cara pakai hijab paris

6. Pada sisi kiri tudung yang diletakkan di atas kepala tadi, yang terulur ke bawah, baiknya tarik ke bagian belakang kepala biar lipatannya terlihat cantik. Rapatkan dengan jarum pentul agar tampak rapi.

gambar memakai kerudung segi 4

7. Bila senang bisa dipasang aksesoris berupa bros cantik di salah satu sisinya, tepatnya di bagian yang menutupi telinga atau bisa juga berupa anting jilbab yang banyak dijual. Kebetulan gambar tutorial di atas menggunakan yang bermotif ekor burung merak yang hampir sepadan dengan warna hijab segi empatnya.

contoh gambar hijab pesta paris pashmina modern

8. Tededdd… beginilah hasil akhir dari tutorial cara memakai jilbab segi empat kita kali ini. Tampilannya terlihat lebih modern berbaur gaya klasik yang lebih variatif dan elegan. Selain bisa untuk acara resmi, seperti kuliah di kampus, pesta pernikahan, model hijab ini juga untuk kebutuhan sehari-hari di saat santai di rumah.

Tips penggunaan:

Untuk menghasilkan kreasi hijab yang menawan dalam cara memakai jilbab segi empat ini, bisa dengan menggunakan ciput ninja yang berbeda dengan jilbab digunakan. Akan lebih baik lagi kalau masih dalam warna turunannya biar tidak terlalu mencolok.

Sesuaikan ukuran dan warna bros yang dipakai agar semakin memperindah tampilan jilbabnya. Usahakan warna matching dengan pakaian yang digunakan, jika tidak pada bajunya maka tentunya dengan rok atau celana yang digunakan.

Jika ingin menggunakan make up maka lakukan sebelumnya dan sebaiknya jangan terlalu tebal dan pilih warna yang tidak jauh beda dengan warna kulit, seperti warna agak oranye yang berwana muda

Kunci utama keberhasilan dalam tutorial jilbab segi 4 adalah pada awal pasangnya. Jika dari awal tidak dibuat sama panjang pada sisinya maka sudah pasti hasilnya akan jelek dan harus diulang lagi. Ini karena bentuk rectangular hijab tidak akan baik dipandang jika tidak dibuat sama panjang.

C. Cara Berhijab Segi Empat dengan Kain Bermotif

Jika di atas hanya menggunakan jilbab segi empat dengan satu warna, kini kita beralih dengan model yang sama tapi menggunakan kain yang bermotif atau bergambar.

Kalau di atas modelnya mbak  sekarang lain lagi karena yang jadi modelnya adalah si cantik mbak Rossi Rachmadhani. Bentuk mukanya tidak bulat tapi agak lonjong jadi hasilnya pun akan tampak sedikit berbeda.

1. Seperti biasa, pakai dulu ciput ninjanya biar rambutnya tidak terlihat dan lebih rapi. Kemudian, awali dengan memasang jilbab di atas kepala yang mana posisinya juga dibuat sama panjang antara yang kiri dan kanan.

2. Kurang lebih sama dengan cara cepat di atas yang mana setelahnya tinggal disematkan peniti kecil atau di bagian bawah, tepatnya persis dibawah dagu.

3. Lalu ambil satu sisi hijab dan bawah ke bagian atas kepala yang mana sebagian melewati depan dada.

4. Tinggal rapatkan dan sematkan jarum pentul agar tak lepas dan rapi.

5. Seperti sebelumnya, ambil separuh dari sisi jilbab segi empat yang menjulur ke belakang dan bawa hingga menutup bagian kepala. Lalu, sematkan lagi dengan jarum pentul.

6. Ambil sisa hijab sebelah kiri ke arah atas kepala dan sematkan juga jarum pentul agar tak lepas dan langkah-langkahnya pun sudah selesai.

Uraian untuk kerudung bermotif di atas tidak akan lengkap dan sempurna selama tidak melihat gambarnya langsung. Untuk itu disarankan masuk ke halaman yang direkomendasikan untuk menyaksikan bagaimana peragaan modelnya dan langkah-langkah pemakaiannya.

Jadi, kesimpulannya, ada 3 jenis tutorial hijab segi empat yang dishare di artikel ini, mulai dari yang simple, yang menggunakan kain polos hingga yang bermotif. Pada dasarnya semua hampir sama, yang membedakan adalah jenis kain dan ukurannya saja. Tapi tentunya dari beda ukuran itu yang buat langkah pemakaiannya jadi beda.

Video Cara Pakai Hijab Segi Empat

Akan lebih baik kalau langsung dengan video. Kalau kata orang ‘1 gambar jauh lebih menjelaskan dibanding 1000 kata’, tapi kalau saya ‘1 video seribu kali lebih baik dari 1000 gambar’, bukan begitu? Berikut hasil kreasi dari model Vemale.com :

Video: copyright youtube.com/TheHasanVideo

Kalau dengan video di atas masih ada yang merasa kurang paham, jangan sungkan berkomentar di bawah siapa tau kami bisa bantu atau mungkin dari pengunjung lain yang sudah ahli dan pengalaman yang akan mengomentarinya.

Ulasan tambahan:

—————————

  1. Hijab Pashmina – Pashmina yang paling dikenal dan banyak dicari adalah yang dari Kashmir. Adapun pengertian Pashmina adalah salah satu bentuk hijab dengan kain yang lebih lebar, baik polos maupun bermotif. Adapun bentuknya, umumnya persegi panjang dan tidak seperti jilbab segi empat sebagaimana pada tutorial ini, kurang lebih seperti selendang, hanya saja lebih lebar. Biasanya kain ini digunakan sebagai shall / shawl atau penup leher maupun bahu. Namun, belakangan, karena bentuknya yang pas dijadikan sebagai jilbab karena ukurannya yang panjang maka muncullah istilah hijab pashmina.
  2. Kerudung Modern – Pada dasarnya semua hijab itu modern dan yang membedakannya hanya cara pakainya saja. Jika dibuat lebih variatif dengan lilitan tertentu di leher maka ia pun akan tampal lebih cantik. Tapi itu tadi, jangan sampai diluar dari yang digariskan dalam Al-Qur’an, yakni wajib menutupi bagian dada dan leher. Baik jenis jilbab segi empat, paris dan pashmina semua bisa dibentuk demikian. Dan bedanya dengan yang cara pemakaian biasa adalah pada model warna dan lekukan-lekukan yang digunakan yang mana lebih kompleks atau bahkan ada yang sangat simple dengan sekali lilitan saja seperti yang diperagakan oleh …………….. di acara Talk Show Hitam Putih Trans7
  3. Jilbab Paris – Mungkin masih banyak yang bingung apa bedanya jilbab paris dengan yang lainnya seperti pashmina dan segi empat. Pengertian dari hijab paris sendri adalah kerudung yang menggunakan kain jenis Vual Paris. Itulah sebabnya mengapa istilah jilbab paris muncul. Adapun jenis bahan dari kainnya adalah kain katun vual.

Tapi jangan salah, karena jenis dan kualitas dari kain hijab paris tersebut juga banyak sekali, mulai dari yang memiliki kualitas no. 1 hingga yang biasa-biasa saja. Di antara merek ternama yang memproduksi kerudung paris super adalah Maxtel. Merek ini disebut-sebut kualitas barangnya kw 1. Cirinya adalah adanya cap tulisan Maxtel di ujung kainnya.

Ciri lain dari produk jilbab paris Maxtel adalah kainnya tidak licin dan tidak lengket, tapi keset. Selain itu, ia memiliki kain yang agak tebal dan pancaran sinar kainnya tampak sangat berbeda dengan produk lain. Dan mengenai soal ciri pinggirannya, terdapat lubang-lubang yang tertata rapi. Hanya saja, kalau bertanya soal harga sudah pasti mahal karena barang import dan berkualitas lagi.

Selain itu, ada juga merek lain seperti Sham-san yang juga dari Jepang yang kualitasnya tidak jauh berbeda, juga ada Alfath yang bisa dibilang kualitasnya agak di bawa dari 2 yang di atas, tapi sama-sama produk dari Jepang. Dan kalau mau yang lebih murah bisa pilih buatan Malaysia dan Indonesia, tapi ya itu… banyak yang bilang kalau kainnya kaku dan kurang baik kilauannya.

Apa masih ada yang belum dimengerti dalam cara memakai jilbab segi empat di atas? Jika ya silahkan bertanya pada admin Caraspot langsung atau pun pada pengunjung lain yang mungkin lebih paham tentang berbagai cara pakai kerudung, termasuk yang model Paris, Pashmina, dan yang bergaya modern yang sekarang ini lagi trend dan banyak ditiru oleh muslimah se-Indonesia.

Akhir kata, semoga tutorial hijab segi empat ini bisa ditiru dan Anda semua bisa hidup lebih Islami dengan jilbab cantik yang menutupi auratmu!.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *