Panduan cara mempercepat koneksi internet ini bisa dilakukan dalam berbagai aspek, karena yang namanya internet baru bisa berfungsi kalau semua alat pendukungnya terpenuhi, demikian juga soal kecepatan aksesnya, tentunya sangat dipengaruhi dengan alat-alat tersebut. Adapun yang Caraspot maksud adalah pada paket data internet yang digunakan, modem atau koneksi internet yang dipakai (baik yang menggunakan wireless atau dengan internet kabel), jenis dan setting browsernya, baik itu pada Mozilla Firefox atau pun Google Chrome, dan yang terakhir adalah pada jenis dan spesifikasi komputer yang digunakan. Tentunya semua faktor tersebut harus dibereskan jika betul-betul ingin punya internet yang super cepat dan anti lelet. Memang tidak mudah melakukan semua ini, tapi bila kita jadwalkan satu per satu bagiannya kita benahi maka bukan tidak mungkin akan dirasakan manfaatnya dimana kita bisa menghemat banyak waktu tanpa harus menunggu loading yang lemot dan menjengkelkan.

Selain melakukan setting atau pengaturan pada semua bagian yang disebutkan di atas, terkadang untuk bisa mempercepat internet kita harus menggunakan tools atau aplikasi yang berkaitan dengan itu, dan kebetulan pada bagian pengaturan pada browser di bawah sudah disebutkan beberapa add-ons yang layak digunakan untuk bisa memiliki loading internet yang super cepat dibanding dengan tidak menggunakannya.

Masalah lain yang terkadang timbul ketika kita berselancar di dunia maya adalah ketika browser yang digunakan lelet, lambat, lemot atau apalah bahasa yang biasa dipakai para netter dalam mengungkapkan kekesalan mereka soal lambatnya aplikasi penjelajah situs yang mereka gunakan. Dan yang sering muncul biasa seperti ketika buka tab baru dan ingin buka alamat web baru kadang terdiam sejenak dan hanya menampilkan tanda loading yang berputar-putar, kadang juga kalau kita klik saat seperti itu malah berubah menjadi putih kabur halamannya dan kalau sudah begitu kadang kita harus menunggu beberapa menit baru bisa melihat halaman blog yang akan kita kunjungi. Lalu masalahnya dimana? Kalau soal ini kita tidak bisa cuma menerka karena bisa banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari terlalu banyaknya add-ons yang digunakan, bookmark halaman yang terlalu berlebih, atau mungkin karena paket data internet yang digunakan tidak cocok dengan daerah kita dan masih banyak lagi hal lainnya, untuk itu silahkan baca tuntas ulasan di bawah.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Modem, Wifi, Speedy, baik menggunakan komputer di rumah maupun di warnet

Perlu diperhatikan bahwa cara dibawah bisa untuk semua komputer tak terkecuali yang ada di warnet. Hanya saja kalau kamu cari yang khusus untuk Wifi dan Speedy maka pada nomor 3 di bagian B adalah yang paling tepat untuk dilakukan, sedang selebihnya umum untuk semua pengguna internet.

A.  Pakai Browser dengan Loading cepat

Penulis sendiri juga sudah membandingkan antara firefox dan Google Chrome, dan memang hingga saat ini Firefox Mozilla masih jauh lebih unggul. Dan mengenai cara mempercepat firefox / Mozilla sudah dibahas tuntas sebelumnya, silahkan baca. Ada 4 poin penting yang di bahas di dalam artikel tersebut, di antaranya adalah mengatur Pipelining menjadi enable karena ini sangat mempengaruhi kecepatan dan juga beberapa add-ons speed extension atau tepatnya aplikasi khusus yang di pasang dalam firefox agar lebih cepat loadingnya. Setelah memakai aplikasi tersebut anda pasti akan merasakan betapa berbedanya dengan sebelumnya yang mana waktu akses untuk tiap website atau blog yang dibuka menjadi lebih singkat dan juga jika ingin download tidak butuh waktu lama sehingga semua filenya selesai tersimpan dalam komputer.  Jadi tidak melulu harus pakai IDM, apalagi yang tidak berbayar.langkah cara mempercepat koneksi internet modem

B.  Komputer

Spesifikasi komputer juga menjadi salah satu faktor dalam cara mempercepat koneksi internet di warnet maupun di rumah. Mengapa tidak? Komputer jadul yang masih pakai pentium, versi berapa pun itu, tentu akan sangat berbeda dengan komputer PC atau pun Laptop yang sudah menggunakan Dual Core, Core2 Duo dan selainya. Ini terutama pada memory dan hardisk yang digunakan. Syarat minimal yang harus dipenuhi untuk saat ini agar internetmu bisa kencang adalah minimal menggunakan Harddisk 500 GB dan memory 2 GB, dan barulah setelah itu akan terasa bedanya. Solusinya tentu kalau bukan dengan mengganti PC yang digunakan, maka melakukan upgrade atau mengganti beberapa komponen di dalamnya adalah jalan keluar lainnya. Konsultasikan hal ini pada penjual komputer di dekat rumahmu karena mereka pasti tau. Tapi walau begitu, kadang kalau sudah terlalu jadul, cara ini tidak lagi bisa dilakukan karena antara komponen dan board / papan pemasangannya tidak lagi sesuai. Ya, solusinya harus ganti.

1. Mengubah limit bandwidth

Cara kerja untuk pengaturan ini adalah dengan mengubah limit bandwidth komputer yang tadinya 20 menjadi 0. Kok bisa pengaruh pada kecepatan internet? Ya tentu, kan kalau defaultnya 20 otomatis bandwidth untuk internet kurang banyak, sehingga ketika diubah jadi 0 untuk komputernya maka koneksi untuk internetnya otamatis akan bertambah (menjadi  100%) sehingga pada akhrinya memepengaruhi kualitas koneksinya. Adapun caranya:

  1. Klik tombol Start di layar komputer atau laptopmu, tentunya bagi pengguna Windows.
  2. Setelah itu masuk ke menu Run lalu di kolomnya kamu ketikkan kata ini :  gpedit.msc (pastikan jangan sampai salah. Nah barulah setelah itu tekan enter atau OK
  3. Setelah berhasil masuk maka mulailah dengan memilih menu Komputer Configuration lalu Administrative Templates kemudian Network dan terakhir QoS Packed Scheduler
  4. Berikutnya tinggal klik 2 kali dengan cepat pata pilihan menu “Limit Reservable Bandwidth”
  5. Lalu aktifkan dengan pilih “Enable” dan pada bagian Bandwidth Limit ganti angkanya jadi 0 , lalu klik OK
  6. Terakhir, untuk melihat hasilnya tinggal restart saja komputermu.

2. Mengubah kecepatan membaca komputer dengan setting Port

Cara kerja untuk ini adalah dengan merubah kecepatan baca komputer dari sebelumnya dengan bit per secend yang lebih kecil menjadi lebih besar. Cara ini bisa menambah kecepatan koneksimu hingga 10 persen. Adapun langkahnya adalah :

  1. Buka Control Panel Windows kamu.
  2. Pilih menu Hardware and Sound,
  3. Klik menu Device Manager
  4. Klik pada menu Port (COM & LPT)
  5. Klik 2 kali masing-masing port-nya, dan di bagian di tab Port Setting-nya ganti setting bits per second dari 115200 menjadi 128000 dan jangan lupa ganti juga Flow Control menjadi Hardware. Pastikan lakukan cara ini pada semua port yang ada.

3. Merubah DNS (bisa juga untuk internet Wifi Speedy)

Pengaturan yang dilakukan di komputer ini bisa dibilang cukup ampuh dalam menghasilkan akses internet yang super cepat, bahkan dikatakan bisa sampai 20% tambahan kecepatannya. Adapun cara kerjanya dimana kita mengaktifkan sistem dns yang ada dalam software modem yang kita gunakan yang tadinya OFF jadi ON, jadi nantinya sistem akan men-save nama host dari tiap web yang kita kunjungi. Berikut langkahnya:

  1. Pertama, biar mudah, masuk ke Control Panel Komputer Anda
  2. Berikutnya pilih menu Network and Internet (klik yang link judulnya) lalu klik lagi “Network and Sharing Center” dan setelah itu cari “Local Area Connection”
  3. Pada halaman kecil yang muncul lalu pilih tombol Properties yang ada di bawah lalu “Internet Protocol Ver. 4” lalu masuk ke menu “Properties” lagi yang ada di bawahnya.
  4. Setelah masuk ubah DNS-nya, yakni pada Prefered DNS dengan angka: 208.67.222.222 dan pada  Alternate DNS : 208.67.220.220
  5. Terakhir klik Ok

4. Mengaktifkan DNS Cache

Jika kamu masih belum puas dengan cara di atas maka bisa melakukan langkah ini juga, yakni dengan membuat file dns sendiri kemudian mengaktifkannya setiap kali ingin digunakan. Bisa dibilang ini agak ribet karena tidak bisa bekerja sendiri kecuali kita aktifkan. Dan karena saya juga kurang tertarik dengan cara ini jadi tidak disertakan dalam penjelasan kaii ini. Tapi bila mau tahu caranya masuk saja ke blog Maxmanroe lalu search kalimat “cara mempercepat koneksi internet” pasti akan langsung muncul artikelnya.

C.  Paket Internet dan Jaringan Anti Lelet

Ada banyak sekali jenis provider yang bisa dipilih, tapi sebenarnya dari sekian banyak pilihan tersebut hanya ada beberapa yang sebaiknya digunakan dan itu pun ada yang terbaik di antaranya. Yang manakah itu? Jawabnya adalah Telkomsel, secara…. saat ini telkomsel menjadi satu-satunya provider jaringan internet yang terbesar di Indonesia yang memiliki pemancar hampir di setiap kecamatan yang tentunya ini mempengaruhi kecepatan koneksi internetnya.

Sebenarnya ada 4 jenis paket internet yang disediakan telkomsel dan kalau anda bertanya mana yang paling kencang maka jawabannya sudah pasti Kartu Halo karena kecepatan aksesnya bisa mencapai 14 MBPS (megabyte per second) dibanding yang lainnya yang hanya 7 MBPS lebih. Tapi sayang menggunakan sistem pasca bayar jadi lebih sulit. Nah, alternatif kedua yang tercepat adalah Simpati (Silahkan baca selengkapnya) karena selain lebih murah juga kecepatannya sangat powerful, apalagi bagi yang tinggal di perkotaan sangat disarankan menggunakan yang ini.

D.  Gunakan Modem berkualitas

Salah memilih modem juga bisa berpengaruh pada kecepatan internet yang kita gunakan, untuk itu anda harus tahu persis yang seperti apa yang harus dipakai. Buat kamu yang tinggal di pelosok desa maka sebaiknya jangan menggunakan modem CDMA, tapi pakailah yang GSM karena jaringannya umumnya lebih kuat. Tapi bukan cuma ini pertimbangannya kalau kita mau milih modem, karena ada banyak sekali yang harus diamati sebelum memutuskan untuk membeli, di antaranya adalah:

  • Khusus untuk yang GSM, pilih modem yang minimal menggunakan teknologi HDSPA dan GPRS atau lebih baik lagi jika sudah HSPA+ karena kecepatannya lebih unggul. Sedang bila kamu memilih yang CDMA maka pastikan sudah didukung minimal dengan EVDO REV A, atau lebih baik lagi jika sudah EVDO REV B, tapi ini biasanya untuk pengguna di kota besar. Adapun untuk mengetahuinya bisa dengan melihat tempat atau kardusnya saat membeli.
  • Gunakanlah modem dengan kecepatan menerima dan transfer data hingga 7.2 Mbps atau lebih baik lagi kalau bisa dapat yang lebih karena sudah tentu lebih cepat koneksinya. Tapi biar bagaimana pun ini juga kembali pada paket internet yang digunakan, makanya disarankan memilih sesuai rekomendasi di bawah. Dan sebagai info saja, sekarang ini sudah ada yang 28,8 Mbps, kalau kamu bisa ketemu yang seperti itu akan lebih mantap lagi, tapi ya itu tadi, tergantung dengan data internet yang kamu gunakan.
  • Perhatikan mereknya. Ada baiknya pakai modem yang terkenal dan banyak digunakan orang karena biasanya jauh lebih baik. Beberapa mereka yang bagus, tahan panas dan mudah menangkap sinyal seperti Huawei yang juga penulis gunakan saat ini, ZTE, dan juga Prolink.

Ada satu hal juga yang harus diketahui ketika kita membuka suatu web atau blog, terkadang jika gambarnya terlalu banyak atau menggunakan plugin yang berlebih di halamannya maka loadingnya juga akan lambat. Nah, bagi pemilik web, terutama yang memakai WordPress disarankan menggunakan plugin khsus yang bisa menyimpan cache visitornya agar kunjungan selanjutnya jadi lebih cepat, di antara yang disarankan adalah Super Cache karena ini sudah digunakan ratusan ribu dan bahkan jutaan blogger.

Peluang bagi pengguna internet

Selain soal cara mempercepat koneksi internet, Caraspot juga ingin memberikan saran buat para teman-teman yang sering menggunakan internet, dari pada waktumu habis hanya untuk dipakai browsing yang tidak jelas, chating bersama teman untuk hal yang tidak penting, atau pun facebookan hanya untuk liat hal-hal yang tidak sewajarnya, nah mengapa kita tidak manfaatkan waktu dengan baik, yakni menghasilkan uang dari blog. Tidak perlu dana sama sekali alias tanpa modal kita bisa punya penghasilan dari blog gratisan yang kita buat karena yang dibutuhkan di sini adalah hanya ketekunan dan kerja keras. Lalu caranya bagaimana gan? Nah berikut tahapannya:

  1. Pertama Mulai dengan belajar Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot – Jika kamu masih sangat pemula tidak perlu khawatir karena hanya ada beberapa langkah untuk bisa berhasil membuatnya. Dan selain itu, setelah kamu berhasil, di halaman tersebut juga sudah dijelaskan apa saja yang dilakukan untuk bisa memiliki blog yang mudah masuk halaman pertama dan gampang menghasilkan uang, dalam artian jenis bisnis apa saja yang cocok dilakukan yang bisa mendatangkan rupiah yang halal dari hanya mengelola blog. Intinya dalam menjadi blogger (sebutan untuk orang yang punya blog dan cari uang dari sana) maka kita hanya perlu belajar menulis artikel, setelah itu, setelah pengunjungnya banyak karena artikel yang menarik yang kita sertakan di dalamnya, maka barulah daftar Google Adsense, yakni program periklanan antara Google dan pemilik blog yang mana hasil dari iklannya nanti akan dibagi 65% buat kamu dan sisanya buat mbah Google. Simple kan?
  2. Kedua, Pelajari Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Gratisan – Apa yang akan anda baca di halaman tersebut merupakan penjelasan dari langkah-langkah dalam memoneytize (menguangkan) blog. Mulai dari tahap optimasi artikel hingga bagaimana diterima oleh Google dalam program iklannya. Jadi begini, untuk bisa gabung dalam program tersebut tidaklah mudah, belum tentu kalau kamu sudah memenuhi standarnya bisa langsung diterima karena banyak sekali pengalaman orang yang walau telah melakukan pendaftaran berkali-kali tetap saja diterima. Jadi dalam ulasan tersebut kamu akan dipandu bagaimana cara mengatasi masalah seperti itu hingga bisa berhasil.

Saya rasa ini dulu beberapa cara mempercepat koneksi internet pada modem, browser, komputer dan paket data internet. Bila ada hal lain yang belum dijelaskan silahkan berikan komentarmu. Dan jangan lupa bantu kami sharing artikel ini dengan cukup klik tombol share melayang yang ada di samping artikel ini, semoga semakin banyak yang bisa belajar lewat Caraspot. Biar bagaimana pun semua langkah di atas dipengaruhi oleh teknik yang kita lakukan, kalau kita selalu mengikuti cara terbarunya tentu akan lebih baik dari pada mengikuti totorial yang sudah lama. Maka dari itu juga, kalau ada yang perlu ditambahkan di kemudian hari tentu akan kami edit tulisan ini agar lebih sempurna dan disukai banyak pembaca.

About The Author

Comments

  1. Cable Ladder Surabaya

    kalo merubah dns bisa kena bug ga gan? atau kena reportkah? takutnya kedetect dari sananya

  2. F

    Udah ngelakuin 3 cara :) alhamdulilah koneksi naik secara bertahap :D
    ada cara ato teknik lagi gg sob ?

    1. Caraspot Article Author

      Semoga internetannya makin kencang dengan cara di atas. Saat ini, baru cara itu yang kami bisa share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *