Dalam Tutorial – Belajar MS Word ini ada banyak sekali yang bisa kamu pelajari dan ketahui soal cara menggunakan Microsoft Office, mulai dari cara mengganti jenis huruf, spasi, mempertebal tulisan, memberi under line pada kalimat, membuat grafik yang disertai dengan data angka dan masih banyak lagi yang bisa kamu coba prakter dari panduan kami ini.

Ada puluhan ilmu yang harus diketahui jika ingin mahir menggunakan MS. Word, bukan hanya mengetik saja, tapi ada beragam teknik yang harus diketahui. Sebenarnya kalau kamu berani otak-atik tak perlu repot baca artikel ini, hanya saja kalau terlanjur klik tapi tidak tau mengembalikan lagi tampilannya, nah itu yang repot. Masih mending kalau bisa menemukan sendiri caranya, tapi kalau tidak kamu akan pusing tujuh keliling.

Belajar MS Word Lengkap

Pada ulasan kali ini kami akan membagi dalam 3 pembahasan utama, yakni panduan dasar yang berisi pengetahuan awal menggunakan ms office, belajar berbagai menu dan icon serta panduan tambahan yang banyak dibutuhkan para pemula dalam menggunakan software Windows paling terkenal ini. Pesan Caraspot adalah lakukan latihan berulang-ulang jika ingin lebih lancar, tak usah menghafal karena ini hanya keterampilan. Semakin sering latiah maka akan semakin ahli nantinya.

Tujuan dan Pengertian MS Office sendiri adalah salah satu program / aplikasi yang terdapan dalam sistem operasi Windows yang mana diciptakan sendiri oleh windows yang tujuanya adalah untuk mengetik dan mengolah data yang dalam bentuk tulisan atau gabungan antara tulisan dan gambar.

A. Panduan Dasar

  • Cara Menghidupkan komputer / Laptop (silahkan kunjungi dan baca panduannya)
  • Cara mengetik – Untuk mulai menulis di MS Word maka yang dilakukan adalah dengan langsung mengetik menggunakan keyboard. Bila kursor belum tampak maka cukup klik dulu dengan ‘klik kiri / biasa’ di baris paling atas halaman yang berwarna putih polos tersebut agar ketikannya mulai dari baris awal. Lebih lengkapnya baca : Panduan Lengkap Cara Mengetik Di Komputer PC dan Laptop
  • Cara Menghapus Kata atau Kalimat – Untuk melakukan ini maka cukup dengan meletakkan kursor di depan tulisan (sebelah kiri kata pertama) lalu tekan tombol “Delete” di keyboard atau bisa juga letakkan kursor di sebelah kiri (belakang kata) dari kata atau kalimat yang akan dihapus lalu tekan tombol “Backspace” di keyboard. Bisa juga dalam belajar MS word ini kita mencari jalan pintas, misalnya pada cara ini kita cukup blok dulu kalimat atau paragraf yang akan dihapus lalu tekan tombol ‘delete’.
  • Cara Membuat Paragraf Baru atau pindah ke baris selanjutnya – Misalnya saja sudah selesai menulis 1 kalimat lalu mau lanjut di baris selanjutnya maka cukup tekan tombol “Enter” di keyboard.
  • Cara Membuat Huruf besar dan kecil – Caranya tekan tombol “Caps Lock” yang ada di sebelah kiri Keyboard. Tekan sekali untuk mengaktifkan huruf Besar atau Kapitalnya dan tekan sekali lagi untuk mengembalikan jadi huruf kecil lagi.
  • Cara Copy-Paste – Seringkan dengar istilah ini. Caranya cukup Blok dulu tulisannya kemudian tekan tombol Ctrl di pojok kiri bawah dan huruf C (Ctrl + C) di keyboard (ini untuk meng-copy tulisan). Selanjutnya untuk mempaste (memunculkan tulisan di halaman lain) caranya cukup buka file ms Word yang akan menjadi tempat menyimpan (mempaste) lalu setelah itu klik dulu di baris dimana kita akan meletakkan kalimat yang kita copy, selanjutnya tinggal tekan Ctrl + V. Bisa juga dengan cara blok dulu kalimtanya lalu klik kanan di mouse lalu pilih “Copy’. Demikian juga kalau mau dipaste, diblok lalu klik kanan dan pilih menu ‘Paste’
  • Cara Blok Tulisan – Cara ini dilakukan untuk memilih kata, kalimat, atau paragraf tertentu yang akan diedit, apakah itu mengganti jenis hurufnya, memperbesar atau memperkecil tulisannya, mengcopy atau apa pun tujuannya. Yang jelas ini dilakukan untuk tujuan menentukan kata tertentu yang akan diubah atau diedit. Caranya cukup klik di bagian depan kata atau kalimatnya lalu tekan dan jangan dilepas, selanjutnya tinggal tarik kursornya hingga ke bagian akhir yang akan diblok

B. Tutorial Microsoft Office

Di sini Anda akan mulai belajar tutorial MS Office dengan penjelasan per menu Bar dan icon-icon yang ada di dalamnya. Dimulai dari menu Home yang berisi teknik dasar mengetik di microsoft word, hingga pada menu Insert dan Page Layout. Hanya saja kami tidak menjelaskan semua menunya, seperti references dan sebagainya karena beberapa jarang digunakan, apalagi kalau hanya untuk mengerjakan tugas ringan yang tidak butuh pengaturan khusus.

a. Home

Bagian Home adalah menu yang paling pertama dan paling dulu aktif saat kita pertama kali membuka Microsoft Word, sehingga bagian ini pula yang menjadi bagian paling penting dalam belajar MS Word. Jadi tanpa diapa-apakan langsung terbuka. Fungsi menunya pun merupakan yang paling banyak digunakan untuk tujuan pengetikan standar, seperti merubah font, ukuran tulisan, warna, mempertebal tulisan, mengatur posisi paragraf dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya:

belajar ms word - tutorial microsoft office

  • Cara Mengganti Font / Jenis Tulisan : Pada gambar pertama di atas perhatikan lingkaran yang ditandai dengan angka 1. Nah, cukup klik tanda seperti ujung anak panah di sampingnya biar semua jenisnya langsung tampak. Tapi sebelum itu, blok dulu kata, kalimat atau paragraf yang akan dirubah jenis hurufnya agar tools ini bisa bekerja. Cara memblok tulisan adalah dengan cara klik di samping tulisan yang akan diblok lalu tekan dan tarik hingga akhir kata yang akan dipilih, setelah itu baru mulai mengganti fontnya.
  • Cara mempertebal (bold), memiringkan (italic) dan memberi baris bawah pada kata (underline) – Tutorial MS Word ini dilakukan untuk memperjelas atau memberi tanda pada kata penting. Caranya blok dulu tulisannya lalu gunakan tools yang ada di dalam lingkaran yang ditandai dengan angka 2.
  • Memberi angka atau huruf pada daftar tertentu – Misalnya saja kamu mau buat resep masakan dan menunya terdiri dari berbagai bahan, maka agar listnya diberi angka atau huruf di awalnya maka cara ini digunakan. Adapun caranya adalah dengan memblok semua kalimatnya lalu pada lingkaran yang ditandai dengan angka 3 di atas tinggal pilih dan klik jenis bullet and numbering-nya.
  • Cara Mengatur posisi paragraf – Kalau kamu mau menulis tulisannya rata kiri, kanan, tengah atau rata semua kiri dan kanan maka bagian pada lingkaran nomor 4 di atas yang digunakan. Caranya simple sekali, klik sekali saja pada paragraf atau kalimatnya lalu gunakan salah satu tools dalam lingkaran no 4 tersebut. Biasanya kalau membuat judul dipilih yang ‘center’ biar lebih menarik.

b. Insert

Menu Insert fungsinya untuk memasukkan data atau pengaturan dalam ketikan dan yang paling lazim seperti cara membuat tabel, menambah gambar, grafik, berbagai bentuk gambar kotak, lingkaran dll, memberi link dalam tulisan, menambahkan catatan kaki dan header atau cop pada surat, dan sebagainya yang semuanya penting dilakukan untuk melengkapi tulisan yang kita buat lewat MS Office. Untuk melakukan semua langkah di bawah maka kamu harus melakukan langkah ini : Klik Insert >> lalu klik Icon yang disebutkan di bawah.

panduan ms word

  • Bikin Tabel – Untuk bisa membuat tabel maka perhatikan pada gambar ke dua di atas yang diberi angka 1. Cukup klik lalu tarik ke samping kanan untuk menambah jumlah kolomnya dan tarik ke bawah untuk menambah baris tabelnya.
  • Memasukkan gambar – Sebenarnya dengan cara copy-paste saja bisa, tapi kalau mau yang sesuai prosedur cukup klik pada icon nomor 2 di atas.
  • Clip Art – Yang ditandai angka 3 di atas. Gunanya untuk memasukkan media apa saja, bukan hanya gambar, video dan file lainnya.
  • Shapes (nomor 4) – Ikon ini digunakan untuk keperluan membuat berbagai gambar dasar berbentuk kotak, linkaran, setengha lingkaran, bintang dan lainnya. Caranya cukup klik saja maka otomasis kursor yang digerakkan akan membentuk gambar tersebut. Adapun ukurannya menyesuaikan dengan tarikan kursornya.
  • Cara membuat grafik – Dalam belajar MS Word, membuat grafik adalah salah satu tutorial penting karena sering digunakan untuk penulisan data, seperti data penjualan, karyawan dan sebagainya. Toolsnya ada pada angka 5 di gambar kedua di atas. Caranya cukup klik lalu pilih modelnya dan terakhir klik ‘Ok’. Adapun pengaturannya akan dijelaskan lebih lengkap dalam halaman lain.
  • Cara Memberi Link Pada Tulisan di MS Office – Hyperlink yang ditandai dengan nomor 6 di atas digunakan jika dalam artikelnya ingin diberi link website yang ketika diklik akan langsung masuk ke webnya selama komputernya tersembung dengan internet.
  • Bikin Header, Footer dan Menambah Nomor Halaman – Kalau buat kop surat baiknya jangan manual tapi gunakan icon ini. Pada gambar dengan tanda no. 7 klik tulisan ‘Header’ untuk mulai menambah kolom khusus di atas ms office yang kamu gunakan. Tapi saat diklik akan ada beberapa pilihan, seperti posisi tengah atas, samping dan bawah atau yang dipojok kiri atas dan bawah. Demikian juga pada Footer / Catatan Kaki dan untuk memberi nomor halaman file kerja microsoft wordnya.
  • Symbol (no. 8) adalah untuk menambahkan simbol kecil saat mengetik, apakah itu berupa gambar unik, tanda, atau pun huruf tertentu yang tidak ada dalam jenis font yang disediakan. Caranya cukup klik lalu pilih yang sesuai yang kamu cari.

c. Page Layout

Pada menu Page Layout ini kamu tidak lagi berurusan soal belajar MS Word pada teknik penulisannya, tapi sudah masuk ke pengaturan hasil ketikanmu. Beberapa yang dilakukan adalah menentukan margin (batas tepi pengetikan di atas, samping dan bawah), mengatur spasi, bentuk lembaran apakah memanjang atau melebar, menentukan ukuran kertas, dan juga kolom tulisan apakah hanya 1 kolom atau dibuat seperti suratkbar dan masih banyak lagi.

belajar microsoft word office 2010

  • Margins – Untuk mengatur lebar batas tulisan di atas, samping kiri dan kanan serta bawah. Maksudnya kita mengatur agar pengetikan berhenti sampai pada garis yang ditentukan dan agar terlihat rapi. Caranya, klik pada icon dengan tanda no 1 di atas lalu atur angkanya sesuai selera.
  • Orientation – Ini untuk mengatur bentuk penulisannya apakah melebar atau memanjang ke bawah. Ini juga akan berfungsi untuk mengatur hasil print ketikanmu di microsoft office yang mana tampilan tulisannya apakah melebar atau memanjang pada kertas HVS yang digunakan untuk mencetak. Caranya cukup klik dan pilih salah satunya.
  • Size – Cara mengatur ukuran kertas apakah HVS (A4) atau Folio, Letter atau Legal adalah dengan menggunakan icon dalam insert yang nomor 3 di atas. Biasanya untuk tugas sekolah seperti membuat makalah digunakan A4 atau Letter.
  • Columns – Funsi icon Columns ini adalah untuk membuat tulisannya berkolom-kolom seperti layaknya tulisan surat kabar. Jika tidak ingin menggunakan ini maka tidak usah diklik karena otomatis setiap halaman di ms word langsung dalam bentuk 1 kolom.
  • Indent – Untuk Mengatur posisi paragraf apakah agak masuk atau dibuat pas pada marginnya maka icon dengan tanda nagka 5 ini yang digunakan. Tinggal coba atur dengan merubah angka pada Left dan Right-nya.
  • Spacing – Cara mengatur spasi tulisan dari ketikan adalah dengan menggunakan tool angka 6 di gambar ke tiga di atas. Before artinya spasi sebelum paragrafnya dan After adalah setelahnya.

Mengenai Menu Bar yang lain seperti, References, Mailings, Review, View, Add-Ins, dan Acrobat bisa dibilang jarang digunakan untuk tujuan pengetikan dasar, kecuali untuk tujuan tertentu, seperti mengetahui jumlah karakter pada menu Review >> Word Count atau Add-Ins untuk menggunakan aplikasi yang diinstall ke dalamnya seperti Al-Qur’an in Word dan sebagainya.

Cara Membuat Daftar Isi di MS Word

Jika kamu buat makalah atau tugas sekolah maka sering sekali menampilkan daftar isi di dalamnya kan. Nah kamu kan sering liat ada titik-titik sebelum angkanya? Kalau bisa jangan dibuat manual tapi secara otomatis aja, biar lebih rapi.

Cara ini dilakukan jika misalnya semua halaman sudah siap dan judul dari setiap bab dan pembahasannya sudah ditambahkan pada tiap halaman. Karena jika tidak maka cara ini tidak bisa berjalan.

  1. Pertama pada tiap halaman atur dulu jenis Heading-nya, apakah menggunakan Heading 1, 2, atau 3. (Lihat di bagian menu Home).
  2. Selanjutnya pada halaman khusus daftar isinya juga diatur Headingnya sesuai di tiap halaman.
  3. Berikan juga halaman pada tiap halamannya lewat “Insert” >> “Page Number
  4. Berikutnya klik menu “References” lalu “Table of Contents
  5. Plilih “Automatic Table 1” atau 2 maka secara otomatis akan langsung muncul titik-titik dengan angka dibelakangnya.
Cara Membuat Tabel di MS Word

Hanya ada beberapa langkah untuk membuat tabel yang disertai dengan kolom dan baris yang bisa kita atur sendiri jumlahnya. Sebenarnya sudah disinggung di atas, hanya saja di sini dibuat lebih lengkap penjelasannya biar lebih mudah dipahami. Berikut langkahnya (ikuti berdasarkan nomor) :

  1. Klik menu Insert
  2. Klik ‘Table” yang ada di urutan ke 4 dari deretan icon yang ada.
  3. Goyangkan atau lewatkan mouse di atas kotak-kotak kecil yang muncul untuk mengatur jumlah kolom dan barisnya. Dan jika sudah pas, tinggal klik sekali.
  4. Setelah tabel muncul tinggal atur lebar kolom dan barisnya dengan cara arahkan kursor pada bagian atas garis persis hingga muncul tanda panah yang slaing bertolak belakang (jika belum usahakan hingga kursor persis berada di atas baris). Jika sudah langsung klik dan tahan lalu geser sesukamu.
  5. Jika sudah diatur lebarnya, tinggal mulai menulis dengan cukup klik sekali dalam kolomnya. Mudah kan?
  6. Panduan lebih jelasnya di sini : Cara Membuat Tabel dan Mengaturnya

Sudah dulu ya… Tutorial – Belajar MS Word (Cara Mengetik, Membuat Daftar Isi, Tabel dan lain2) ini. Kalau ada saran dan kritik silahkan berkomentar, dan jika ada yang kurang dimengerti silahkan ajukan pertanyaan, kalau bukan kami yang jawab pasti ada salah satu pengunjung yang bisa bantu cari solusinya. Yang jelas… tutorial MS Office ini disediakan untuk semua pemula yang baru pertama kali menggunakan komputer.

About The Author

Comments

  1. Daniel Nagata

    Salam Kenal dari Daniel

    Lumayan lengkap juga tutorialnya bang, lebih mendetil, bahasa juga mudah dipahami sehingga memudahkan orang untuk mengerti akan maksud yang disampaikan.

    Saya juga blogger yang mengupas tutorial office dan word, jadi website Anda bisa saya jadikan sbagai bahan pembelajaran….

    Semoga semakin maju blognya bang

  2. Sinau Komputer

    Saya suka nih, cara spot. Pertama websitenya asik banget. trus lagi, tulisannya jelas dan strukturnya mudah dibaca. Postingan yang satu iniu, lengkap dan cukup bermanfaat. Jadi terinspirasi pengen bikin tulisan yang kaya gini. Tengkyu bos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *