Setiap orang pasti mendambakan perjalanan ke luar negeri untuk bisa merasakan gaya hidup yang berbeda. Berkunjung ke negara yang punya iklim subtropis juga jadi daya tarik yang dicari oleh turis dari Indonesia. Ya, kapan lagi bisa merasakan musim salju atau musim gugur yang tidak pernah terjadi di Indonesia?

Nah, berkunjung ke negara yang berbeda iklim seperti itu tentu terpisah ribuan kilometer. Tidak heran kalau tiket pesawatnya mahal dan mungkin biaya hidupnya juga lebih tinggi. Kalau sudah merencanakan perjalanan low-budget, perhatikan beberapa tips berikut agar bisa menjaga budget kamu tetap hemat saat traveling ke luar negeri.

1. Pilih jadwal penerbangan low-peak

Beli tiket pesawat terbang adalah hal paling krusial yang perlu dilakukan sebelum pergi ke luar negeri. Kamu bisa memilih tiket pesawat bangkok airways untuk mendapatkan harga terbaik saat ingin liburan. Nah, hal yang tidak kalah penting adalah memilih waktu liburan yang tepat agar tiket pesawatnya sesuai dengan budget liburanmu.

Memilih waktu low-peak merupakan cara yang paling tepat. Kamu bisa tetap menikmati daya tarik liburan yang menyenangkan dengan penerbangan yang tidak terlalu ramai. Ya, kamu hanya perlu gerak cepat saja agar tidak keduluan orang untuk beli tiket pesawat.

Tips Hemat Budget Traveling

2. Hindari liburan di musim panas

Sebisa mungkin, jangan pilih liburan di musim panas. Beberapa negara memberlakukan libur musim panas untuk warga lokalnya. Kamu akan merasakan lingkungan sekitar yang sedang padat-padatnya karena banyak orang yang tidak bekerja dan memilih untuk pergi ke tempat hiburan.

Selain itu, Indonesia punya iklim tropis yang hangat, kamu tidak akan merasakan perbedaan ambiance jika memilih liburan di musim panas. Jadi, akan lebih menyenangkan kalau memilih musim lain untuk liburan yang lebih worth it.

3. Beli tiket saat nilai tukar dolar menguat

Tiket pesawat terbang biasanya juga dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah. Ya, terlebih jika kamu mencari tiket penerbangan internasional. Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu saat nilai tukar dolar sedang menguat. Kesempatan ini bukan hanya menguntungkan untuk cari tiket pesawat yang lebih murah, tetapi juga untuk menukarkan mata uang rupiah dengan mata uang asing.

Nah, kalau waktu pergi kamu masih lumayan lama, tukarkan dulu saja rupiahmu dengan dolar agar bisa sekalian menabung. Jadi, kalau nilai dolar sedang melemah lagi, kamu sudah ‘menabung’ untuk bujet liburan yang cukup.

4. Pilih penginapan murah tanpa air panas

Nah, buat kamu yang terbiasa mandi dengan air dingin, pilih hotel atau penginapan tanpa fasilitas water heater. Biasanya, harga penginapannya lebih murah. Trik ini juga bisa dilakukan jika kamu memang sengaja memilih pergi saat liburan musim panas karena ingin mengunjungi festival kembang api atau daya tarik lokal lainnya.

5. Gunakan bus untuk transportasi

Menggunakan transportasi umum adalah cara paling praktis kalau kamu ingin liburan hemat di luar negeri. Ya, kamu tidak perlu menyiapkan pengeluaran khusus untuk membeli bahan bakar atau biaya parkir. Nah, biasanya pilihan pakai kereta dan bus jadi pertimbangan utama, tapi percayalah kalau pilihan transportasi bus akan jadi alternatif yang murah selain opsi jalan kaki.

Buat kamu yang memang ingin mengoptimalkan biaya liburan ke luar negeri, sebaiknya rencanakan liburanmu dari jauh-jauh hari. Jadi, hunting tiket pesawat dan pesan penginapannya bisa lebih hemat dan terencana.

Baca juga: Jalan-jalan untuk Refreshing

Tagged:

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *