Salam teman Caraspot! Ingin pulang kampung ke Medan, namun harga tiket pesawat masih mahal? Alternatif yang bisa kamu ambil adalah melakukan perjalanan melalui jalur darat menggunakan bus. Kedengarannya memang cukup melelahkan, namun, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, supaya perjalanan dari Jakarta-Medan terasa singkat dan berkesan. Ikuti beberapa tip berikut.

Unduh Film Kesukaan

Perjalanan menggunakan bus dari Jakarta ke Medan memakan waktu sekitar 4 hari 3 malam. Hal tersebut tentu sangat membosankan dan melelahkan, bukan? Supaya kamu tidak bosan dan menikmati perjalanan, sebaiknya unggah beberapa film kesukaan di dalam laptop atau ponsel.

Kamu dapat mengunduh satu seri film kesukaan atau beberapa banyak film unggulan, untuk menemani sepanjang perjalanan. Jangan lupa untuk membawa headset, supaya bisa menonton dengan leluasa. Selain itu, kamu dapat membawa meja lipat kecil, yang dapat diletakkan di depan kursi, sehingga tidak perlu pegal memegangnya.

Memesan Bus yang Nyaman

Tidak dapat dipungkiri, perjalanan Jakarta-Medan akan sangat melelahkan. Maka dari itu, kamu sebaiknya memesan tiket bus sempati star. Bus tersebut melayani rute perjalanan dengan jalur cukup panjang.

Kapasitas dari bus ini juga cukup besar, sehingga para penumpang bisa nyaman duduk dan istirahat di dalamnya. Tempat meletakkan barang juga cukup besar, sehingga mampu menampung banyak bawaan yang kamu kemas. Supaya lebih nyaman, kamu dapat memilih tempat duuk dekat dengan pengemudi.

Membasuh Tubuh Setiap Perhentian

Rasa kantuk dan bosan bisa terjadi apabila kamu haya berdiam diri di dalam bus. Selagi berhenti, kamu sebaiknya memanfaatkan momen ini untuk memanjakan diri. Bawa beberapa perlengkapan mandimu.

Pergilah ke kamar mandi yang tersedia di SPBU atau rest area. Kamu dapat membasuh tubuh, supaya tetap segar dan terlihat cerah. Namun, jangan mandi terlalu lama, ya! Selanjutnya, sempatkan untuk membeli beberapa makanan atau camilan di rest area untuk menemani sepanjang jalan.

Membawa Buku Bacaan

Bagi kamu yang hobi membaca, manfaatkan momen ini untuk menghabiskan buku kesukaanmu. Kamu dapat menyediakan beberapa novel atau buku biografi yang memang disukai. Membaca buku tidak hanya membantu melepas kebosanan, tetapi juga membuat kamu menambah wawasan.

Akan tetapi, bila pada saat membaca perut dan kepala sudah terasa pusing serta mual, sebaiknya hentikan. Hal ini bisa membuat kamu mual dan muntah di sepanjang jalan. Alternatifnya, kamu dapat mengunduh atau membeli buku elektronik, supaya meminimalkan risiko mual tersebut.

Mencari Teman Baru

Bagi kamu yang melakukan perjalanan seorang diri, sebaiknya mulailah mencari teman baru di dalam bus. Kamu bisa mengajak ngobrol teman satu bangku. Perbanyak koneksimu selama perjalanan.

Bisa jadi, rekan satu bangku kamu bisa memberikan banyak masukan yang sangat membangun, hingga memperbanyak koneksi pekerjaan dalam jangka panjang. Jadi, jangan sungkan untuk mengajak ngobrol teman sebangku, ya!

Perjalanan menggunakan bus rute Jakarta Medan memang membosankan, namun bisa menjadi berkesan dengan melakukan tip di atas.

Baca juga: Cara Menghemat Budget Traveling

Tagged:

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *