Tempe adalah makanan yang paling laris di pulau Jawa, karenanya resep cara membuat tempe bacem Jawa asli ini jadi yang paling difavoritkan pengunjung Caraspot. Selain itu tahu bacem juga banyak yang mengidolakannya karena dagingnya yang empuk. Bahan makanan yang berbahan utama Kedelai ini memiliki khas pada proses pembuatannnya, mulai dari melakukan perendaman bahan utamanya, memasak, mencampur dengan ragi, hingga pengemasannya untuk selanjutnya ditunggu beberapa hari baru kemudian bisa diolah menjadi beraneka ragam makanan lezat, seperti oseng-oseng tempe, mendoang, bahkan steak dan sate juga bisa. Adapun tempe bacem, ini merupakan salah satu cara pengolahannya dengan menambahkan beberapa rempah khas. Bahan yang paling menonjol dalam pengolahannya adalah kecap manis dan gula merah yang dicampurkan ke dalam kuahnya saat dimasak. Rasanya akan semakin kuat bila ia dimasak hingga airnya meresap masuk ke dalam daging tempenya. Tapi ini baru tahap awal dalam proses pembuatannya, untuk bisa mengomsumsinya maka kita harus menggorengnya agar terasa lebih enak.

Tempe bacem memiliki rasa yang khas yang disukai oleh orang Jawa, terutama bagi orang Solo, ini karena rasanya yang manis. Bagi orang timur mungkin mereka tidak terlalu menyukainya karena terbiasa dengan rasa asin. Tapi jika ingin menyesuaikan dengan selera, maka gampang saja, cukup kurangi penggunaan kecapnya hingga 50% maka rasa manisnya pun tidak akan terlalu terasa. Pemilihan tempe juga menentukan aroma dan rasanya, karenanya usahakan menggunakan yang baru dibuat karena ini bisa jadi penentunya. Berbeda dengan tempe, tahu memiliki tekstur yang lebih lembut, itu sebabnya bentuk jadinya juga berbeda yang mana ia lebih mudah meresap bumbu dan rasanya juga lebih kuat.

Sebelum mulai praktek resep membuat tempe bacem di blog gratis ini, maka ada baiknya sedikit saya sampaikan soal pamor tahu dan tempe ini di luar negeri. Ternyata, bagi orang Australia dan juga Jepang, tempe bagi mereka bukanlah makanan biasa, bahkan bagi mereka, tempe merupakan makanan yang sangat menyehatkan dan rasanya enak sekali. Fakta lain juga menyebutkan bahwa sajian makanan berbahan tempe di luar negeri ternyata tak semurah di Indonesia, di sana mereka harus mengeluarkan banyak uang untuk mencicipinya. Dan mungkin sebagian dari kita sudah pernah mendengar soal orang Indonesia yang menjual tempe di Jepang yang akhirnya bisa sukses dan kaya raya. Ini adalah salah satu fakta bahwa tempe merupakan makanan berkelas dan bukan sebagai pertanda kelas ekonomi bagi seseorang yang mengomsumsinya atau menjadikannya sebagai lauk sebagaimana pemahaman masyarakat selama ini.

Bahan dan Bumbu Tempe Bacem

Pastikan kadar dalam cara membuat tempe bacem ini pas dan juga menggunakan bahan dan bumbu yang masih baru karena aroma dan rasanya sangat tergantung dari keduanya. Selain itu, cara memasak yang akan dijelaskan dibawahnya juga menjadi penentu rasanya. Banyak juga yang sudah praktek tapi selalu mengeluh karena selalu saja mengalami kegagalan. Hal yang paling sering jadi masalah bagi yang masih baru belajar adalah bagaimana menyeimbangkan antara penggunaan garam dan gulanya. Untuk itu catat dengan baik takarannya berikut ini:

Sebelum ini, sempatkan juga praktek Resep Ayam Bumbu Bali yang terkenal itu, dijamin bakal ketagihan dengan rasanya. Ya bisa dibilang sama-sama menonjolkan penggunaan rempahnya.

Untuk pengolahan tempe/tahu

  1. Sediakan kurang lebih 200 ml air, tapi banyak pakar kuliner menyarankan menggunakan air kelapa, tapi jenis kelapanya usahakan yang tidak terlalu tua agar rasa gurihnya begitu terasa pada tempe bacem yang anda buat.
  2. Sediakan pula 100 ml air bersih dan didihkan
  3. Kurang lebih 100 ml minyak goreng yang masih baru dan belum pernah digunakan menggoreng sebelumnya. Ada juga yang kadang menggunakan bekas penggorengan ikan karena katanya rasanya lebih gurih.

Bumbu:

  • 2 buah bawang merah segar dikupas dan dihaluskan.
  • 1 siung bawang putih, kupas dan haluskan.
  • gula merah seukuran jempol orang dewasa, usahakan yang asli terbuat dari aren dan bukan yang dari tebu karena rasanya pasti akan beda.
  • 1/2 sdt garam dapur yang putih bersih
  • 2 sendok teh kecap manis, anda bisa menggunakan merek apa saja, seperti Bango, ABC, dan lainnya, tapi jangan sampai menggunakan yang murahan karena ini adalah bumbu utama yang menentukan aroma dan rasanya.
  • Siapkan juga rempah penambah aroma tempe bacemnya secukupnya, seperti batang serai, daun salam, ketumbar halus 1/2 sdt, dan juga asam jawa.

Proses Bikin – Cara Membuat Tempe Bacem Jawa dan Tahu Bacemcara membuat tempe bacem enak

  1. Mulai dengan memotong tempe hingga ukurannya kurang lebih 4×4 cm atau bisa juga sesuai selera.
  2. Lalu panaskan terlebih dahulu 3 sendok makan minyak goreng, jika telah terlihat berasap selanjutnya tumis bumbu di atas, pastinya setelah dihaluskan. Kecuali asam, lengkuas, daun salam dan serai cukup dikeprok atau dipukul dengan benda keras sekali agar pecah, tanpa harus dihaluskan.
  3. Masukkan kecap manis sesuai takaran atau berdasarkan selera, aduk-aduk lagi hingga betul-betul mengeluarkan aroma harum dari kecap dan bumbunya.
  4. Selanjutnya masukkan air putih yang telah mendidih ke dalam bumbu yang telah matang, tunggu beberapa menit hingga terlihat mendidih.
  5. Barulah tempe dimasukkan ke dalamnya, usahakan masak hingga airnya tersisa sedikit saja agar bumbunya bisa meresap dengan sempurna.
  6. Jika dilihat telah berkurang, kemudian masukan air kelapa yang telah disedikan, lalu masak lagi hingga olahan tempe bacem terlihat merah warnanya dan airnya telah menyusut banyak.

Tips:

  1. Ada beberapa cara pada tahap memasak tempe bacem, bisa juga dengan jalan memasukkan tempe dalam panci kemudian ditambahkan air kelapa secukupnya, setelah itu tumisan bumbunya juga dimasukkan dan barulah mulai dimasak hingga meresap.
  2. Beri garis atau kerat-kerat di bagian atas tempe yang akan diolah dengan menggunakan pisau, tapi usahakan tidak terlalu dalam. Ini fungsinya agar bumbu bacem mudah meresap hingga ke dalam daging tempe atau tahunya.
  3. Sebelum dikomsumsi sebaiknya digoreng dulu agar rasanya lebih gurih dan juga tidak basah.

Peluang bisnis olahan tempe

Bagi anda yang tinggal di pulau Jawa, berbisnis olahan tempe bacem sangatlah menggiurkan dan selain itu pasarannya juga jelas. Teknik pemasaran yang paling bagus adalah dengan menitipkan di penjual nasi kaki lima, kalau di daerah tempat tinggal sepupu saya biasanya kan banyak gerobak penjual nasi kucing, nah di tempat seperti itulah yang paling prospek, tinggal titip jual di pagi hari dan besoknya kita tinggal nagih. bayangkan kalau bisa memasok hingga ke 100 penjual nasi setiap harinya, gak kebayangkan berapa rupiah yang bisa kita hasilkan dalam sehari. Tapi tentunya ini butuh manajemen yang bagus jika ingin berhasil.

Yang perlu diperhatikan dalam Resep Cara Membuat Tempe Bacem dan tahu bacem Jawa ini adalah pada takaran bahannya, karena banyak sekali yang gagal pada bagian ini, ada yang keasinanlah, terlalu manis dan sebagainya. Terkadang juga kita butuh banyak praktek agar tahu betul seberapa banyak bumbu yang harus digunakan agar rasanya sesuai dengan lidah orang banyak. Selain itu, pemilihan gula jawa juga menentukan, sekarang ini banyak yang menjual gula merah yang bukan dibuat dari aren, tapi hanya dari tebu yang diolah secara mandiri. Ini sudah barang tentu mempengaruhi rasanya. Terkadang juga api yang digunakan bisa menentukan keempukan dan rasa tempe bacem yang dibuat, maka dari itu usahakan menyalakan api yang ukuran sedang saja agar airnya tidak cepat habis menguap melainkan meresap ke dalam tahu dan tempenya. Jangan lupa baca juga Buah Penyubur Kandungan

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *