Tampilan theme website merupakan faktor utama yang menentukan baik tidaknya atau keren tidaknya sebuah website, jika tampilannya menarik dan enak dilihat serta SEO Friendly maka tentunya akan memberi dampak pada jumlah visitor hariannya, tapi bila tampilannya buruk dan lambat loadingnya atau dengan kata lain kurang SEO maka tentunya juga bisa berpengaruh pada pengunjungnya, nah untuk menghindari masalah tersebut anda tentunya harus mengganti tampilan bawaan blog wordpress yang anda buat menjadi lebih profesional, ya sudah tentu dengan tau tempat beli theme premium yang bagus dan resmi (sudah dijelaskan di artikel sebelumnya apa dampaknya jika menggunakan theme ‘bajaqan’ (disamarkan)). Sebenarnya ada raturan situs yang menyediakan theme untuk dibeli maupun di donwload gratis, akan tetapi dari semua yang ada hanya ada beberapa yang layak Caraspot rekomendasikan, ya tentunya yang sudah teruji bukan hanya produk theme-nya tapi juga layanan after sale atau purna jualnya setelah kita beli dan terdapat error, dan yang paling bagus sebenarnya yang mau menjawab email face-to-face, bukan yang cuma nyuruh bertanya di forum.

Theme yang bagus sebenarnya bukan dilihat dari harganya tapi ada banyak faktor yang dinilai di dalamnya sehingga bisa dikatakan baik, dan bagi seorang blogger master, theme yang SEO Friendly adalah syarat mutlak untuk setiap theme yang akan digunakan, karena jika tidak dan hanya mengandalkan gaya dan layout yang menarik, tentunya akan sulit bersaing menduduki halaman pertama dan bahkan ranking 1 di google. Tapi bagi penulis Caraspot pribadi bukan cuma itu yang jadi pertimbangannya, tapi banyak sekali, di antarnaya adalah:

  1. Loading cepat dan ringan : Theme wordpress yang loadingnya bisa ringan tentu akan sangat baik kualitas SEO-nya, tapi untuk mendapatkan theme yang seperti ini biasanya akan mengorbankan tampilannya dimana ia akan terlihat sederhana sekali, seperti dengan theme blog ini yang mana hanya menampilkan tulisan dan warna putih polos disemua bagiannya. Di antara ciri theme yang seperti ini adalah tidak menggunakan kolom footer, kurang menggunakan widget, minim penggunaan gambar dan lainnya. Tapi mengenai ini semua kembali pada pilihan masing-masing, mau mengandalkan gaya atau SEO? Kalau gaya ia akan menarik dilihat tapi belum tentu menarik bagi google, tapi kalau SEO-nya yang didahulukan ia akan tampak kurang keren tapi soal bersaing menduduki halman pertama dengan bantuan faktor lainnya tentu lebih bisa diandalkan.
  2. Harus Responsive – Mengapa harus karena tampilan responsive sekarang masuk dalam salah satu algoritma google yang mana akan diutamakan rankingnya dibanding dengan blog yang tidak responsive, terutama dalam pencarian yang menggunakan perangkat mobile seperti handphone baik Android maupun iOS, iPhone, Windows Phone, dan juga tablet dan iPad. Nama algoritma Google terbaru tersebut adalah MobileGeddon yang mana ia akan membaca tampilan setiap website, jika mendapati sebuat website yang tidak responsive dari hasil pencarian yang menggunakan ponsel, maka biar pun web tersebut menggunakan teknik seo yang palig joss rankingnya akan tetap kalah dengan blog yang sudah responsive karena secara otomatis posisinya akan digantikan dengan blog yang sudah menggunakan sistem tersebut. Itulah sebabnya sekarang ini semua web kalau bisa dibuat responsive agar bisa bersaing di pencarian yang menggunakan HP.
  3. Layoutnya simple : Kalau kamu menginginkan blogmu mudah juara (sekalipun ini bukan faktor satu-satunya) maka carilah yang tata letaknya simple dan sederhana dan kurang penggunaan kolom. Biasanya untuk model seperti ini hanya akan menampilkan header kemudian deretan artikel terbaru di bawahnya dan di sampingnya ada sidebar, jadi sederhana sekali karena tidak ada lagi kolom footer setelahnya dan di halaman utama tidak ada widget khusus tambahan seperti kumpulan artikel per kategori dan sebagainya. Sebenarnya Caraspot ini juga sudah ada update theme terbarunya yang tanpa footer, tapi karena merasa berat menghilangkannya jadi hingga sekarang belum diupdate. Memang ini masalahnya kalau mau theme yang seo friendly, tapi kembali lagi pada pilihan anda, mau yang tampilannya ramai tapi kurang bersaing atau yang biasa-biasa saja tapi ramai dikunjungi dan penghasilan dollar anda juga lebih banyak? Ayo pilih mana?

Berikut Tempat Membeli Theme WordPress yang bagus dan terpercaya

Beberapa yang saya sebutkan di bawah adalah kelanjutan dari Cara Membuat Website yang sudah dijelaskan sebelumnya, dan mengenai layanannya sudah saya coba sendiri beli produknya dan karena saya anggap berkualitas dan layanannya bagus makanya saya rekomendasikan juga di sini, siapa tau pendapat kita sama dan anda juga tertarik membelinya. Tapi itu tadi, kembali lagi ke selera masing-masing, mau yang kayak gimana dan tujuannya untuk apa tentu mempengaruhi pilihan anda. Biasanya sih kalau website wordpress untuk magazine atau berita umumnya yang dicari yang tampilannya ramai dan menarik dan dipenuhi berbagai widget di halaman utamanya, tapi kalau tujuannya hanya untuk menulis dan mencari uang lewat blog maka kebanyakan memilih yang simple saja.

A.  Theme wordpress buatan luar

Luar maksudnya dibuat oleh orang barat atau siapa pun itu yang tidak berdomisili di Indonesia. Kenapa dipetakan seperti ini? Ya karena alasan support nantinya. Jika kamu kurang bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris maka sebaiknya pilih buatan orang Indonesia saja karena kalau ada masalah kamu bisa leluasa bertanya dengan bahasamu sendiri. Tapi bagi saya ini tetap ada solusinya misalnya kita tetap mau pakai yang buatan luar tapi tidak bisa bahasa Inggris, yakni dengan menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan pertanyaan yang ingin kita ajukan agar adminnya bisa mengerti.

baca dulu : Tips Memilih Nama Domain yang SEO

1.  Themeforest.net

Kalau kamu bertanya apa situs penyedia theme wordpress terlengkap dan paling terkenal di dunia, maka themeforest adalah jawabannya. Ada ratusan ribu theme cantik di sana yang dibuat dari ribuan developer handal yang jago pemrograman, mulai dari theme yang sederhana hingga yang menggunakan sistem rumit tersedia. Caraspot sendiri sudah sekian kali membeli di sana, termasuk theme yang digunakan sekarang ini juga belinya lewat situ. Adapun caranya dengan terlebih dahulu membeli theme yang kamu suka baru setelah itu login atau buat akun untuk mulai melakukan order, adapun cara bayarnya saya sarankan gunakan rekening online seperti paypal agar lebih cepat, terkadang kurang 5 menit sudah bisa didownload kalau menggunakan cara ini. Adapun harganya mulai dari $35 hingga $100, kalau theme Caraspot ini harganya jika dirupiahkan saat dollar masih 13ribuan, ya kurang lebih 650ribu saja, murah kan? Belum lagi kita dibantu langsung adminnya (pembuat themenya, bukan dari themeforest) lewat email dan juga selalu diupdate berkala jadi lebih aman dari tindakan orang yang tak bertanggungjawab.

tempat beli theme yang bagus dan murah

2.  Mythemeshop.com

Bedanya dengan themeforest.net adalah karena mythemeshop bukan kumpulan penyedia theme tapi situs ini memang dikelola langsung oleh pembuatnya, jadi hanya dari satu perusahaan saja. Dan kalau ada masalah dengan produknya maka yang membantu juga langsung dari admin mythemeshop, bukan orang lain. Mengenai kualitas tampilan saya rasa cukup menarik, itu sebabnya penulis juga sudah pernah membeli theme dengan tema magazine di sini. Adapun mengenai layanannya jika misalnya terjadi error juga sudah pernah dicoba. Memang sih dijawab lewat forum yang mereka buat sendiri, tapi sebenarnya yang jawab dari pihak mythemeshop sendiri. Tujuannya sebenarnya agar pertanyaan dan jawaban yang sama yang muncul di hari kemudian bisa langsung melihat yang sudah ada, jadi tidak buang waktu. Hanya saja kalau bahas soal update yang mereka lakukan saya pribadi belum pernah merasakan, ya mungkin karena blog yang menggunakan themenya waktu itu sudah keburu tutupjadi gak tau perkembangannya. Tapi bicara soal pilihan design saya sendiri salut karena perpaduan warna dan tataletaknya sempurna menurut saya.

3.  Elegantthemes.com

Ini adalah salah satu penyedia theme beli theme wordpress yang paling sering dibahas di berbagai media sosial, blog, maupun forum online. Dari segi kualitas tidak diragukan lagi, apalagi kalau bicara soal layanan purna jualnya bagus sekali karena kita bisa langsung dibantu jika ada yang tidak kita ketahui. Ada kurang lebih 87 theme yang tersedia yang pernah eleganthemes.com buat dan masih ditawarkan hingga kini. Bagusnya lagi, kalau kamu memilih yang paket Lifetime Access seharga $249 maka kamu akan berkesempatan untuk memiliki akun yang bisa mendownload theme apa saja dan untuk selamanya, pokokna sampai puas. Tapi kalau mau untuk beli 1 theme saja maka bisa pilih yang personal seharga $69 saja, hanya saj aini tidak memberi hak akses pada pluginnya. Dan jika kamu mau beli plugin berbayar bisa juga beli di sini karena elegantthemes.com juga menyediakan berbagai prlugin untuk blog wordpress. Adapun penilaian penulis kalau dari segi harga memang cukup mahal, tapi sebenarnya kalau yang kamu cari adanya di sini kenapa tidak beli di sini saja, toh yang dibutuhkan kan tampilannya..

4.  themify.me/themes

Jujur penulis belum pernah menggunakan jasa dari tempat membeli theme wordpress murah ini, tapi kalau ditanya soal harga, ini salah satu yang direkomendasikan. Mengapa tidak? Karena untuk paket Themify Club-nya yang mana kamu bisa download dan menggunakan berbagai theme di dalamnya hanya seharga $79 murah kan dibanding yang di atas yang harganya hingga $200 lebih. Mengenai layanannya saya belum bisa jelaskan apa-apa karna saya sendiri belum pernah beli di sana, tapi yang namanya perusahaan besar yang juga berani pasang iklan di google tentunya selalu menjaga reputasinya sehingga akan selalu berusaha memberikan layanan terbaiknya, jadi tidak usah khawatir. Dan kalau pun masih ragu kamu bisa chating dulu dengan adminnya biar plong dan bisa memutuskan untuk membeli theme di sana. Adapun soal tampilan dan desain saya kira relatif karena penilain masing-masing berbeda, jadi untuk ini silahkan lihat satu per satu tampilan preview-nya dulu baru kasi penialaian apakah bagus atau tidak.

Sebelumnya, pastikan baca juga #Rahasia# Cara Agar Blog Ranking 1 di Google karena walau sebagus apa pun themenya kalau tidak dibarengi dengan teknik seo memadai maka tetap saja sulit bersaing.

B. Theme Indonesia yang Berkualitas

Beberapa tempat beli theme WP Premium di bawah ini adalah theme yang dibuat langsung oleh programmer asal Indonesia jadi bisa dibilang kalau tempat beli theme wordpress ini salah satu wujud cinta produk negara sendiri. Ada kelebihan yang didapatkan jika beli di sana dibanging jika harus menggunakan produk luar, yaitu dari segi layanannya yang mana kita bisa konsultasi bebas. Mengapa demikian? ya kan pakai bahasa sendiri, beda kalau yang dari luar yang mana kita harus pakai bahasa Inggris jika misalnya mau tanya hal penting, sebut saja theme mu ngadat, error, tampilannya blank dan lain sebagainya yang bakalan merepotkan kerja bloggingmu. Tapi ini salah satu alasan saja, masih banyak alasan lain yang bisa jadi pertimbangan kenapa harus beli di situs yang disebutkan di bawah.

1.  Oketheme.com

Saya salut sekali dengan pembuat theme wordpress satu ini karena selain dari bangsa kita sendiri, juga karena hasil buatannya bagus sekali dari segi tampilan, yakni sudah bisa menggunakan warna-warna modern seperti buatan luar. Dan mengenai designnya juga tidak kalah menarik dengan orang bule’ punya, sebut saja untuk theme khusus toko online yang versi V6 yang baru release, terlihat sekali layoutnya dibuat profesional sekali dengan penggabungan warna calm dan putih polos yang serasi. Penulis sendiri tertarik membelinya karena memang sudah sempurna sekali menurut saya. Dan bukan cuma itu, ada banyak jenis yang theme yang ia jual, seperti untuk Company Profile, Adsense, Magazine, Iklan Baris, Amazone, Clickbank, Wallpaper, dan juga untuk kebutuhan blog biasa. Dan yang paling penting dari designnya adalah karena ia sudah mempersenjatainya dengan sistem responsive, yaitu sistem dimana website bisa menyesuaikan dengan ukuran perangkat yang digunakan sehingga lebih memudahkan pembaca.

2.  Theme-id.com

Saya kira ini juga salah satu penyedia theme yang terkenal di Indonesia, tapi menurut penilaian saya pribadi, theme buatannya masih kalau dengan yang pertama di atas, terutama dalam penggunaan warna dan juga tampilan sisi dalam setiap desainnya yang masih kurang lembut. Tapi dari segi sistem saya kira ini layak untuk dijadikan salah satu partner anda dalam membuat blog wordpress yang lebih profesional. Sebenarnya juga, mau dari mana pun beli themenya tetap saja bagus, yang penting jangan download gratis dari theme berbayar yang disediakan secara tidak resmi karena resikonya besar sekali, belum lagi anda tidak akan mendapatkan update dan bantuan dari pembuatnya jika terjadi masalah.

3.  Pasarthemes.com

Bisa dibilang kalau ini adalah Themeforest-nya Indonesia. Mengapa demikian? ya karena di sini kamu bukan cuma bisa beli theme wordpress tapi juga menjual theme jika seandainya kamu bisa buat sendiri, tentunya harus punya kemampuan pemrograman yang baik. Dan karena ini mirip themeforest jadi penyedianya juga sudah pasti bukan dari satu orang tapi berbagai developer bergabung di sana, dan karenanya juga kamu harus pastikan mendapat layanan purna jual jika mau membeli sebuah produk di sana. Tapi kalau bicara soal desain saya kira ini tempat yang paling bagus kalau mau cari berbagai bentuk yang kamu inginkan karena tersedia lebih banyak dari 2 yang disebut di atas.

4.  Rumahtheme.com

Kalau kamu mau cari berbagai tema theme wordpress saya kira ini salah satu tempatnya karena berbagai jenis disedikan, yaitu theme untuk website:

  • Company Profile
  • Ecommerce
  • Dealer
  • Hospital / Klinik
  • Iklan Baris
  • Hotel / Travel
  • Portal Berita
  • Restaurant
  • Properti
  • Sekolahan
  • Video Streaming
  • Toko Online
  • Template CMS

Jadi kurang apalagi? semua ada, design menarik dan harga juga tak semahal buatan luar. Kalau ada proyek baru mungkin akan cari di sini juga. Tapi berhubung sudah tidak mau nambah blog lagi jadi saya bisanya rekomendasikan saja.

Setelah punya theme kamu wajib baca Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly agar blogmu mudah masuk halaman pertama seperti Caraspot ini.

Mungkin hanya itu tempat beli theme wordpress premium yang bagus yang bisa kami rekomendasikan, jika ada usul dari pembaca mengenai layanan yang juga bagus tapi belum disebutkan di atas, silahkan berikan komentar di bawah, siapa tau bisa dipertimbangkan untuk dimasukkan juga dalam list theme di atas. Namun sejauh ini selama bergelut dalam dunia blog yang menggunakan CMS wordpress memang yang disebut di ataslah yang paling banyak digunakan produknya, terutama themeforest.net yang mungkin tidak berlebihan kalau dikatakan bahwa ia adalah satu-satunya situs tempat jual beli theme yang paling terbaik dan nomor 1 di planet ini. Alasannya, karena ada ratusna ribu produk yang tersedia di dalamnya, belum lagi, bukan Cuma theme yang mereka jual tapi berbagai produk digital yang dibutuhkan banyak orang.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *