Pada kesempatan ini Caraspot ingin mengulas Tata Cara Sholat Tahajud yang benar dan bacaannya PDF serta dalam bentuk ulasan langsung dalam artikel ini. Ada yang kenal dengan buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap gak, yang biasa disingkat dengan RTSL yang disusun oleh Muh. Rifa’i? Nah, inilah sumber rujukan kita saat ini.

Ciri-ciri buku panduan sholat terbitan PT. Karya Toha Putra ini warnanya ungu dengan tampilan design yang sederhana yang terdiri dari 3 gambar gerakan shalat, yakni berdiri tegak, ruku’ dan sujug. Tapi jangan ditanya soal penjualannya karena sudah naik cetak lebih dari 50ribu kali dengan sekali cetak bisa sampai puluhan eksemplar.

Kembali ke laptop! Karena pembahasan kita soal cara mengerjakan sholat Tahajud maka kita akan mebahas langkah-langkahnya dari awal, yakni mulai dari wudhu, niat hingga salam dan doanya sehingga anda semua tau urutan pelaksanaan ibadah malam yang dikenal dengan sebutan Qiyamul Lail ini.

Sebelum itu, sedikit saya mau menyampaikan buat sahabatku muslim semua bahwa ini adalah ibadah rahasia antara kita dengan Allah sehingga sebaiknya jangan menceritakan pada siapa pun bahwa Anda melaksanakannya karena tentunya pahalanya tidak akan dicatat oleh malaikat.

Baca juga : Doa Sholat Dhuha Arab dan MP3

Panduan Lengkap Tata Cara Sholat Tahajud yang Benar

Sebenarnya Caraspot sudah mengulas beberapa bagian dari tema ini sehingga mungkin hanya sebagiannya yang kami jelaskan sedang yang lainnya akan kami arahkan pada tautan artikel yang telah terbit.

Sebagaimana telah disinggung di atas bahwa ada beberapa tahapan dalam menunaikan ibadah malam ini sehingga untuk kesempurnaannya harus dilakukan secara rinci, yaitu:

Pertama: Lakukan wudhu terlebih dahulu

Kedua: Berpakain rapi dan sopan serta mengenakan peci atau kopiah sholat

Setelah siap semua, maka barulah hadapkan wajah Anda ke arah Kiblat sembari melupakan sejenak segala urusan dan hiruk pikuk dunia agar kita bisa lebih khusyuk dan bertahajjud. Karena tak ada artinya kalau gerakan kita benar tapi hati kita terpaut pada lain hal.

Ketiga: Niat

Karena niat merupakan rukunnya yang mana menentukan sah tidaknya sholat yang dilakukan maka kita pun harus tau betul tata caranya, dan untuk ini kami sudah bahas sebelumnya di sini : Niat Sholat Tahajud dan Witir

Sedikit kami jelaskan, bahwa tuntunan membaca niat yang benar adalah diucapkan (baik dalam hati atau dilafalkan) bersamaan saat Takbiratul Ihram (Takbir pembuka) atau paling tidak setelah kalimat pertama dalam niatnya diucapkan langsung takbir sambil terus menyelesaikan bacaannya hingga akhir.tata cara sholat tahajud dan artinya

Adapun pendapat mengenai diucapkan dalam hati atau secara lisan maka dalam tata cara sholat tahajud ini sama saja dengan jenis shalat fardhu dan sunnat lainnya, yakni boleh memilih di antara keduanya. Akan tetapi, banyak ulama berpendapat bahwa untuk terlepas antara dua perselisihan pendapat tersebut maka lebih baik melafalkannya.

Alasan lainnya, jika diucapkan dengan lisan maka dapat membantu kemantapan hati, terutama bagi yang masih ragu bila hanya dalam hati saja.

Sebelumnya pelajari dulu : Bacaan Doa Qunut Bahasa Arab dan Artinya

Keempat: Sholat sebagaimana sholat pada umumnya

Jadi, tata cara menjalankan sholat tahajud hampir tak ada bedanya dengan sholat pada umumnya yang mana dimulai dengan niat dan diakhiri dengan salam serta dengan gerakan dan bacaan yang sama kalau kita menjalankan sholat subuh atau sunnah dua rakaat.

Untuk itu, silahkan simak video Youtube Panduan Sholat Lengkap dari Yufid berikut ini:


Kelima: Berdoa setelahnya

Ada banyak doa yang bisa kita baca setelah sehabis menjalankan sholat Qiyamul Lail ini, namun akan lebih afdhol bila kita memilih doa sebagaimana diajarkan oleh Nabi saw. yang disebutkan dalam berbagai riwayat yang shahih. Untuk itu, silahkan simak : Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya

Selain membaca beberapa doa yang disebutkan dalam artikel tersebut anda juga bisa menambahkan doa khusus mengenai hajat anda saat itu, baik itu soal keduniaan maupun yang sifatnya ukhrawi.

Tanya Jawab soal Pelaksanaan Shalat Tahajud

Untuk lebih memperjelas pembahasan kita maka akan lebih baik kalau dijelaskan dalam bentuk tanya jawab karena inilah salah satu cara terbaik untuk menjelaskan tema sholat kita kali ini.

Berapa jumlah rakaat dalam sholat Tahajud?

Dalam keterangan buku RTSL Muh. Rifa’i, terbitan Toha Putra, dijelaskan bahwa minimal rakaatnya adalah dua rakaat. Adapan jumlah maksimalnya tak dibatasi, namun dari beberapa hadits Rasulullah saw., terutama yang dituturkan oleh Aisyah ra. sendiri, bahwa Nabi dalam melakukan sholat malam Tahajud tidak pernah lebih dari 11 rakaat, yakni 8 rakaat tahajud dan 3 rakaat lagi untuk Witir.

Tapi, jangan mengira jumlah rakaat yang sedikit yang dilakukan oleh Nabi sama dengan yang kita lakukan karena durasi tiap rakaatnya cukup lama, sehingga disebutkan bahwa karena saking lamanya hingga kaki Nabi tampak bengkak2.

Kapan waktu terbaik menunaikannya?

Jadi, tidak ada jadwal sholat yang tepat pada ibadah ini, namun waktu yang paling lazim adalah istilah 2/3 malam. Pertanyannya, kapankah waktu 2/3 malam tersebut? jadi waktu ini dimulai dari jam 1 malam hingga masuk waktu subuh atau istilahnya ‘sepertiga malam terakhir’.

Tapi waktu 2/3 malam yang dimaksud dalam ulasan tata cara sholat tahajud dan bacaannya yang benar ini adalah waktu afdholnya, sehingga di jam yang lain pun masih sah menjalankannya, seperti jam 10 samapi 12 malam. Karena yang terpenting adalah dilakukan setelah tidur, walau sejenak.

Bila mana sholat malam (selain Isya) dilakukan sebelum tidur maka itu tidak dinamakan dengan Tahajud, sekalipun tata caranya sesuai dengan yang dijelaskan di atas.

Apa bedanya dengan Qiyamul Lail?

Jadi makna qiyamul lail (yang ditunaikan di malam hari) adalah kata umum yang digunakan untuk membahasakan shalat yang dilakukan di malam hari, sehingga sholat witir, tarwih dan tahajjud juga termasuk di dalamnya. Adapun dengan Tahajud itu sendiri, ia adalah nama khusus darinya atau salah satu darinya karena termasuk dalam ibadah malam.

Bisa jadi ada ilmu terkait yang kami lewatkan dalam sesi diskusi di atas, untuk itu saran dan komentar pembaca tentunya akan semakin melengkapi kajian kita. Jadi feel free (jangan sungkan) berkomentar pada kolom yang telah disediakan di bawah.

Kami berharap InsyaAllah dengan menjalankan qiyamul lail ini hati anda akan tenang dalam menghadapi segala cobaan hidup karena inilah salah satu faedah atau khasiat dari menjalankannya, selain untuk kelancara rezeki dunia dan akhirat.

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya. Semoga kajian kita soal tata cara sholat tahajud yang benar dan bacaannya ini bisa membantu anda dalam beribadah lebih baik karena tahapan pelaksanaannya dijalankan dengan baik. Dan bila butuh file PDF nya semoga kami bisa menyediakannya di lain hari agar bisa di download dan dibaca di komputer secara offline.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *