Bagi yang masih usia muda tentu ingin tahu apa tanda-tanda kehamilan atau ciri-ciri orang hamil karena hanya dengan jalan ini ia bisa mengetahui apakah seorang wanita sedang mengandung atau tidak. Ilmu soal kandungan seperti ini begitu diperlukan bagi mereka yang sangat terobsesi ingin tahu cara cepat punya anak, apalagi yang sudah melangsungkan pernikahan sejak beberapa tahun lalu tapi belum juga melihat tanda-tandanya, dan bisa jadi juga sudah ada ciri-cirinya menurut pandangan orang yang berpengalaman tapi karena kurang paham akhirnya diabaikan begitu saja. Dan tahukah anda bahwa sebenarnya ada resiko keguguran yang mungkin terjadi jika seseorang sedang hamil tapi tidak mengetahuinya? Di antara yang sangat mungkin terjadi adalah dimana si calon ibu tersebut melakukan aktifitas berat yang sangat dilarang, terutama yang usia kehamilannya masih di bawah 3 bulan sangat rentan mengalami keguguran.

Untuk orang yang berduit mungkin gampang saja mengetahuinya, ya cukup ke dokter kandungan melakukan konsultasi dan hasilnya pun segera diketahui apakah ia positif atau negatif sedang mengandung. Tapi bagi yang tidak mau keluar biaya tentu cukup dengan memahami ciri-ciri kehamilan yang banyak terdapat dalam berbagai artikel blog, termasuk yang ditulis oleh Caraspot berikut ini. Secara sederhana mungkin banyak orang hanya melihat dari kondisi tubuhnya, misalnya bokongnya yang tampak menonjol keluar, badannya yang agak lebih gemuk atau pun yang lebih jelas dimana si wanita tersebut mengalami muntah-muntah yang disebabkan karena sakit atau tersedat. Namun, yang disebutkan tersebut tidaklah cukup untuk mengetahui ciri kehamilan seorang perempuan, masih banyak lagi yang bisa kita amati sehingga dapat memastikan apakah seseorang sedang hamil atau tidak, dan berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Ciri-Ciri Orang Hamil

Ada banyak sekali yang bisa kita amati untuk mengetahui apakah seorang perempuan atau mungkin istri anda sendiri sedang hamil atau tidak, mulai dari yang mudah dilihat hingga yang tersembunyi dan hanya bisa diketahui oleh mereka yang mengalaminya sendiri. Dan beberapa yang disebutkan di bawah adalah berdasarkan fakta dan pengalaman banyak orang sebelumnya.

  1. Terlambat datang bulan – Ini mungkin bukan rahasia lagi dan sebelumnya anda juga pasti sudah tahu kalau terlambat haid bisa jadi ciri wanita sedang hamil. Ini karena siklus haid yang seharusnya terjadi tidak lagi terjadi dikarenakan darah yang seharusnya jadi darah haid menjadi bagian dalam proses perkembangan janin. Itulah sebabnya, jika ada perempuan yang katanya sedang mengandung tapi mengeluarkan bercak darah atau pun cairan berwarna kuning patut diwaspadai dan segera diperiksakan ke bidan terdekat.
  2. Sering mual dan muntah – Ini sama dengan yang disebutkan di atas, dan bahkan terkadang jika ada wanita yang sedang mual-mual langsung kita curigai sedang hamil, apalagi yang belum menikah dan sedang pacaran. Tapi sebenarnya ada tanda khusus untuk kondisi seperti ini yang mana biasanya mualnya disebabkan karena ia mulai tidak senang dengan bau tertentu dan bukan karena dalam kondisi sakit.
  3. Mengidam makanan tertentu – Jika anda seorang suami dan dalam beberapa hari terakhir mendapati istri sering sekali ingin memakan makanan tertentu maka ini juga bisa dijadikan ciri ia sedang mengandung, terutama jika yang diminta buah mangga yang masih muda atau buah apa saja yang rasanya asam. Tapi dari pengalaman banyak orang ada juga yang menginginkan hal yang sifatnya tidak wajar, seperti selalu ingin mencium ketiak suaminya, tidak senang dengan aroma nasi panas, dan lain sebagainya.
  4. Perubahan pada payudara – Biasanya, perempuan yang hamil mulai akan melihat perbedaan pada kondisi payudaranya, seperti bentuknya yang semakin membesar atau membengkak, putingnya yang lebih besar dari biasanya, terasa gatal disekitar payudaranya, warnanya bertambah lebih gelap, dan bahkan ada yang merasa sakit dibagian payudaranya. Hal ini disebabkan karena terjadinya peningkatan hormon pada tubuh sebagai efek adanya janin yang juga mengambil manfaat dari asupan yang ada dalam tubuh wanita yang sedang hamil.
  5. Sering kencing – Ini umum terjadi dan dapat dilihat sebagai tanda kehamilan. Di antara penyebab yang mengakibatkan seseorang yang sedang mengandung sering buang air kecil adalah karena kondisi rahim yang membesar sehingga menekan kandung kencing, selain juga karena hormon yang dinamakan human chorionic gonadotropin. Umumnya keadaan seperti ini akan hilang setelah kehamilan memasuki usia kurang lebih 11-12 minggu.
  6. Terasa kram – Setelah ovulasi terjadi, kurang lebih seminggu setelahnya, perasaan kram di perut akan sangat menggangu. Ini karena sel telur yang sedang dalam proses pengembangannya terus masuk dan menekan lapisan yang dinamakan endometrium.Jika keadaan seperti ini dialami maka hindari meminum jamu atau cairan penghilang rasa kram apa pun karena akan berakibat pada kesehatan janin.
  7. Merasa sangat lelah – Hormon progesteron yang diproduksi dalam jumlah banyak oleh wanita yang mengalami tanda kehamilan menjadi penyebab timbulnya kondisi dimana tubuh merasa kelelahan. Walau demikian, ini tidak bisa serta merta dijadikan sebagai ciri-ciri wanita sedang hamil, kecuali jika beberapa tanda yang disebut di atas juga terjadi bersamaan.
  8. Penciuman jadi sensitif – Sudah disinggung Caraspot di atas bahwa salah satu ciri perempuan sedang mengandung adalah mudah mual yang dikarenakan tidak senang dengan bau tertentu. Ada banyak cerita wanita yang menunjukkan keanehan mengenai ini, dimana mereka tidak menyukai hal-hal yang sepele yang sebenarnya sangat disukainya sebelumnya, seperti tidak senang dengan bau kopi, benci terhadap bau daging dan masih banyak lagi.

Tanda-Tanda Kehamilan Dari Sisi Psikologis Wanita

Bukan cuma keadaan tubuh yang berubah, tapi kondisi psikologisnya juga akan mengalami perubahan sebagai dampak adanya janin yang bersarang di perutnya, di antaranya adalah:

a. Mudah marah

Ada banyak juga yang mengatakan bahwa ibu hamil lebih mudah marah dibanding perempuan yang tidak sedang mengandung, dan dikatakan juga bahwa kondisi sedang haid dan hamil hampir sama dimana umumnya wanita akan lebih mudah marah. Tapi sekalipun demikian, seorang calon ibu harus bisa berusaha mengontrol emosinya, baik itu marah atua pun bersedih karena banyak tidaknya akan mempengaruhi janin yang ada di dalam kandungannya.

Catatan:

Menurut Dr Thomas Verny di dalam sebuah buku hasil publikasi APPPAH yang merupakan salah satu asosiasi psikologi, beliau mengungkapkan bahwa pikiran atau apa pun yang dipikirkan oleh perempuan yang sedang hamil memiliki hubungan yang kuat dengan bayi yang ia kandung. Beliau menambahkan bahwa neurohormon atau hormon saraf merupakan jalan bagi bayi merasakan hal tersebut dimana segala kondisi ibunya, baik itu apa yang dipikirkan maupun yang dirasakan akan dirasakan pula oleh calon bayinya. Sedang menurut Deepak Chopra, M.D, kondisi emosional seorang istri yang hamil sangat tergantung pada keadaannya, mulai dari pernikahannya, rencana kehamilannya, pekerjaan atau perekonomian keluarganya dan lain sebagainya.

 

b. Lebih malas dari biasanya

Kondisi ini yang paling sering terjadi dimana perempuan yang mengalami tanda kehamilan ini sering bermalas-malasan dan tidak mau melakukan aktifitas apa pun. Penyebab utamanya tentu adanya hormon yang diproduksi berlebih tersebut yang merupakan dampak dari adanya janin dalam rahim. Terkadang jika dilakukan untuk beberapa waktu saja, tidak mengapa, tapi bila jadi kebiasaan selama masa kehamilan akan berdampak buruk pada anak juga yang mana sifatnya bisa diturunkan pada anaknya, karena anak yang dalam kandungan sudah memiliki kemampuan belajar yang tinggi walau belum dilahirkan. Selain itu, efek sulit saat melahirkan juga bisa terjadi jika kebiasaan buruk seperti ini dipelihara terus menerus dalam masa 9 bulan mengandung.

c. Sering bermimpi buruk

Tanda-tanda hamil ini diakibatkan karena rasa cemas yang berlebih dari seorang calon ibu yang sedang mengandung, umumnya, terutama yang baru pertama kali mengalaminya dan paham betul apa sebab susah punya anak, akan merasa tertekan dengan berbagai keadaan yang mungkin akan mereka alami nantinya, seperti bagaimana kalau nanti saat melahirkan rasanya sakit sekali, apakah bayinya akan lahir dalam kondisi normal, atau mungkin bagi yang bermasalah soal keuangan akan cemas soal kesanggupannya menafkahi anaknya yang telah lahir dan masih banyak lagi kecemasan yang timbul akibat kehamilan pertama yang dialami. Jika keadaan ini sering dialami maka ada baiknya juga pahami arti mimpi hamil yang dialami agar tidak salah menafsirkannya.

Di atas adalah hanya beberapa tanda-tanda kehamilan yang bisa kami sebutkan, masih banyak lagi yang bisa dikategorikan sebagai ciri-ciri orang hamil berdasarkan hasil penelitian dari pakarnya, tapi yang jelas beberapa hal lazim telah disebutkan di atas dan silahkan dipraktekkan untuk menilai istri anda, apakah ia sedang mengandung atau tidak, bisa jadi mungkin karena tubuhnya lagi tumbuh subur sehingga tampak lebih gemuk dari biasanya. Demikian, semoga bisa cepat punya anak!

About The Author

Comments

  1. erma

    Maaf sy bsa Tanya Gak. Sya takut berlebihan.. Karna bulan kmaren Tgl 1 sy Udah dtang bulan tp bulan ini Belum. Sy punya pcar Sya takut kami ceroboh.. Dan sy tdak ingin Hamil.. Apakah ketakutan sy bear? TX mhon d jwb

    1. Caraspot Article Author

      Kalau memang sdh melakukan hubungan maka bisa jadi Anda sudah hamil dan sebaiknya periksakan ke dokter kandungan atau gunakan testpack untuk mengetahui apakah sudah positif hamil atau tidak.

      Inilah sebenarnya yang menjadi persoalan besar karena pacaran yang mendekati zina dianggap sesuatu yang lumrah, padahal jika terjadi kehamilan seperti ini maka yang jadi korban adalah yang perempuan sendiri dan calon bayinya, belum lagi malu keluarga dan dosa besar yang harus ditanggung di Akhirat kelak. Semoga keadaan tersebut bisa jadi pelajaran untuk Anda.

  2. Espi

    Dokter,,mohon solusi sy mnikh 4bln yg lalu,tp smpe skrng blom ada tnda2 hamil dok,yg sy tanyakan knpa ya dok stlh mikh 3bln blkngn ini haid sy maju 4hri pdhal wktu gadis haid sy sllu Tpt di tgl 20,,tp dok bln ini sy blom dpt haid dan sy test pack hasilnya negatif pdhl suami sy ingin skli cpt2 punya ank do heeehe
    itu gmn ya dok apakh sy tnda2 mau hamil atw gmn dok??

    1. Caraspot Article Author

      Telat haid bukan hanya karena hamil saja, bisa banyak penyebabnya, di antaranya adalah kerena masalah hormon tiroid yang kurang yang bisa mengakibatkan siklus haid jadi tidak normal, selain itu penyebab Kontrasepsi hormonal seperti KB suntik, susuk, dan pil KB juga bisa jadi penyebab terhambatnya siklus haid, usia di atas 40 tahun, masalah berat badan yang berlebih, steres dan lain sebagainya, jadi bisa jadi karena itu mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *