Didesain sesuai dengan kondisi keluarga Indonesia, salah satu pabrikan otomotif raksasa Jepang, Suzuki, akhirnya menciptakan Suzuki Ertiga. Mengusung konsep sebagai kendaraan keluarga yang dilengkapi dengan fitur andal, Ertiga langsung mendapat respons positif bagi konsumen otomotif di tanah air.

Minibus keluarga yang berisi elemen-elemen kendaraan yang aman, mewah, ekonomis, dan nyaman beberapa waktu lalu ini sempat mendominasi pasar mini MPV, dan membuat harga jualnya melambung tinggi. Alhasil, Suzuki Ertiga menjadi mobil keluarga favorit di hati konsumen.

Tampil untuk menargetkan keluarga yang membutuhkan kendaraan yang dapat menampung banyak penumpang, Ertiga dibesarkan dengan segudang fitur untuk memberikan kenyamanan berkendara.

suzuki ertiga 209 terbaru.jpg

Varian Suzuki Ertiga

Setelah sekian lama tidak mendapatkan model pembaruan, akhirnya Ertiga mendapat varian baru yang mengusung mesin diesel hybrid.

Suzuki Ertiga adalah MPV kompak lansiran Suzuki pertama kali diluncurkan pada akhir 2012 dalam tiga varian, yaitu GX, GA, dan GL. Mendapat respons yang cukup positif dari masyarakat Indonesia, membuat Suzuki memutuskan untuk mengeluarkan varian tertinggi dari Ertiga, yaitu Suzuki Ertiga Dreza. Keempat model Suzuki Ertiga mengusung tipe mesin yang sama, dan model transmisi disematkan dengan pilihan manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Sedangkan untuk varian Ertiga Diesel Hybrid, D13A, DdiS, DOHC, SHVS empat silinder segaris mesin 1.300 cc mendukung motor listrik.

• Kapasitas Mesin: K14B 1.373cc dan D13A 1.248cc DdiS DOHC SHVS

• Silinder: 4

• Transmisi: Manual 5-Kecepatan, Otomatis 4-Kecepatan

• Daya Maksimum: 92 PS pada 6.000 rpm – 89 PS pada 4.000 rpm

• Kecepatan tertinggi: 178 km / jam

• 0-100 km / jam: 13-14 detik

Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Ertiga

LP_ertiga.jpg

Bersaing di segmen MPV yang ringkas, Suzuki Ertiga dikenal sebagai kendaraan paling ekonomis di kelasnya. Untuk area mengemudi di kota, konsumsi bahan bakar Ertiga terbaru telah meningkat, dari sebelumnya hanya 13,2 km / liter, kini mampu mengukir 14,4 km / liter.

Sementara itu, ketika diusir ke luar kota, dengan campuran jalan raya dan jalan tol, konsumsi bahan bakarnya mencapai 19,2 km / liter. Ini membuktikan bahwa Ertiga terbaru adalah konsumsi bahan bakar lebih irit sekitar 9%.

Kini untuk Ertiga Diesel Hybrid diklaim mampu menembus hingga 22 km / liter.

• Jenis bahan bakar: Bensin atau Diesel

• BBM Direkomendasikan: Oktane minimum 90 atau Cetane 48

• Kapasitas tangki: 45 liter

• Emisi: 162 g / km

Fitur Suzuki Ertiga

Thumbnail ertiga.jpg

Fitur yang ditemukan pada Suzuki Ertiga, kini lebih lengkap dari model sebelumnya. Baik pengemudi dan penumpang kini dapat menikmati kenyamanan yang ditawarkan. Selain itu, Suzuki juga memperbarui fitur keamanannya untuk melindungi orang-orang yang ada di dalam kabin ketika terjadi tabrakan.

Baca juga: Hukum Kredit Mobil/Motor

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *