Jakarta – Suzuki merupakan salah satu produsen otomotif asal Jepang yang piawai dalam menciptakan mobil murah dengan kualitas terjamin. Pada segmen city car, pihak Suzuki memiliki Karimun Wagon R. Selain harganya murah, mobil tersebut memiliki ruang kabin yang luas seperti mobil keluarga pada umumnya.

Mobil LCGC (Low Cost Green Car) selalu identik dengan ruang kabinnya yang sempit. Namun hal ini tidak berlaku bagi Karimun Wagon R yang memiliki ruang kabin cukup lega dan nyaman. Selain terkenal dengan kehandalan mesinnya, perawatan mobil ini relatif mudah dan harga suku cadangnya terbilang murah.

Bodinya yang berbentuk boxy sejak generasi pertama menjadi ciri khas utama dari Suzuki Karimun Wagon R. Bentuk mobil yang boxy, desain kabin tinggi, dan headroom lega.

Untuk tipe GL dan GX, terdapat Roof Rail dan ruang penyimpanan di bawah jok mobil atau Under seat Tray. Di sisi lain, dasbor Karimun Wagon R GX dan GL menggunakan panel cluster meter yang berdesain sporty.

Desain Mewah Suzuki Karimun Wagon R

Seperti tidak ingin kalah dengan para kompetitornya di segmen LCGC, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun melakukan penyegaran pada Karimun Wagon R di tahun 2017. Desainnya jadi terlihat lebih mewah dengan adanya beberapa aksen pemanis.

Untuk tipe GL, GA, GX, dan Dilago telah dibekali lampu depan berdesain trapezoidal dan teknologi halogen. Sedangkan untuk tipe GS, tampilan depannya terlihat lebih menarik dengan adanya fasia depan yang berdesain modern dan sporty. Perubahan pada Suzuki Karimun Wagon R meliputi lampu proyektor, gril, fasia depan, velg, hingga sektor mesinnya.

Mesin Handal Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R dikenal dengan mesinnya yang irit dan gahar. Mobil besutan Suzuki ini dibekali mesin tipe K10B dengan kapasitas 998 cc. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 68 Ps dengan torsi 90 Nm pada putaran 3.500 Rpm. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya mencapai lebih dari 20 km/liter sesuai peraturan pemerintah terkait mobil LCGC. Berikut spesifikasi mesin Suzuki Karimun Wagon R terbaru.

  • Kapasitas mesin: 998cc
  • Transmisi: Manual atau AGS
  • Tenaga maksimal: 68 HP
  • Kecepatan tertinggi: 150 km/jam
  • 0-100 km/jam: 16-17 detik
  • Jenis bahan bakar: Bensin
  • BBM yang direkomendasikan: Oktan 92
  • Kapasitas tanki: 35 liter
  • Emisi: 109 g/km

Fitur Nyaman Suzuki Karimun Wagon R

Selain memiliki sisi eksterior yang terlihat mewah, bagian fiturnya pun cukup lengkap untuk kebutuhan berkendara dalam kegiatan sehari-hari. Untuk harganya, juga sepadan dengan fitur yang didapatkan pembeli mobil ini.

Terdapat berbagai fitur kenyamanan yang disematkan pada Suzuki Karimun terbaru, antara lain dasbor dengan takometer, kursi baris kedua yang bisa dilipat, Sistem audio single DIN (pemutar kaset/CD/radio), Auto Gear Shift (AGS), Power Window, AC, dan Under Seat Tray.

Baca juga: Sekilas soal Suzuki Ertiga

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *