Kalau ditanya dimana situs Edit Foto Online gratis terbaik maka jawabannya ada pada beberapa situs yang kami sebutkan di bawah. Masing-masing punya kelebihan dalam layanan dan fiturnya yang disesuaikan dengan keinginnan banyak penggunannya. Salah satu keunggulan dari menggunakan jasa pengeditan foto seperti ini adalah karena kita tak perlu melakukan download dan install aplikasinya di komputer PC atau pun laptop sehingga selain tak butuh space, juga jauh lebih simple karena hanya butuh jaringan internet untuk mengaksesnya. Caraspot hanya berharap semoga beberapa alternatif di bawah bisa jadi favorit anda yang akan dikunjungi setiap kali ingin melakukan penyuntingan gambar karena umumnya disediakan free buat siapa saja.

Edit foto online yang banyak dilakukan adalah terutama pada make up wajah agar tampak lebih cerah dan bersinar, selain itu bagi kebanyakan anak muda lebih memilih yang unik yang punya kemampuan penyuntingan gambar yang menarik, seperti menggabungkan wajah binatang dengan wajah manusia, mengganti tampilan muka seperti kartun, menciptakan sketsa dari photo yang sudah jadi dan lain sebagainya. Tapi disamping itu, website pengeditan gambar seperti ini tidak bisa selengkap dengan yang didownload dan digunakan secara offline di komputer sendiri, ya tentunya karena masalah akses yang mungkin akan memperlambat loadingnya jika diberikan banyak fitur di dalamnya.

A.  Situs Tempat Edit Foto Online yang Bagus, Gratis dan Fiturnya Lengkap

Beberapa yang disebut berikut adalah yang paling banyak direkomendasikan dan masing-masing memiliki fitur unggulan yang jadi alasan mengapa digemari banyak orang dan hingga kini menjadi aplikasi edit photo online yang terkenal. Sebagai contoh, yang juga disebut di bawah, Photofunia misalnya, web ini menjadi begitu tenar dan ganyak dikunjungi karena ia fokus menyediakan berbagai efek poto yang unik, seperti menampilkan foto pada billboard layaknya calon pimpinan daerah yang akan ikut bertarung dalam pilkada, atau efek lainnya yang membuat fotomu tampak seperti artis yang dikelilinya dengan banyak Mike dan sebagainya.

1.  photoshop.com/tools – yang paling bagus

Siapa yang tak mengenal Photoshop? Anda juga pasti sudah tahu betul kalau ini adalah software khusus untuk mengedit foto dan juga membuat gambar. Tapi ada yang berbeda dengan link yang ditampilkan di atas dimana kini ia juga ditampilkan dalam bentuk online, jadi kalau tidak mau capek download lebih baik langsung saja gunakan versi onlinenya. Saat pertama kali masuk, yang harus dilakaukan adalah dengan meng-klik tautan yang ada di bawah tulisan ‘Photoshop Express Editor’, yaitu yang bertuliskan ‘Start The Editor’, selanjutnya tinggal upload gambar yang akan kamu edit dan dandani. Sangat disarankan membuat akun terlebih dahulu untuk bisa mengakses semua fitur gratisnya.

Beragam kebutuhan bisa kamu lakukan dalam layanan online Photoshop di atas, termasuk melakukan crop gambar, menyesuaikan exposure serta warna pada tampilan fotomu agar tampak lebih menarik dilihat.

Buat pengguna Smartphone baca: 7 Aplikasi Edit Foto di Android Terbaik

2.  https://photofunia.com – yang unik dan keren

situs tempat edit foto online gratis

Tahukah anda kalau aplikasi edit foto online dengan photofunia adalah yang banyak dicari netizen (sebutan untuk pengguna internet) di dunia maya. Saya juga sebelumnya tidak tahu apa alasannya tapi setelah mengunjungi langsung situsnya, ternyata ada spesifikasi unik yang web ini miliki yang membuatnya disenangi banyak orang, yaitu kemampuannya merubah gambar wajah dari tokoh terkenal menjadi seperti wajahmu atau pun sebaliknya. Saat pertama kali mengunjungi situs ini jelas sekali terlihat pada title webnya yang menyebut “All effects – PhotoFunia: Free photo effects and online photo editor“. Ini artinya bukan cuma fungsi yang disebut tadi yang bisa anda lakukan di situsnya, tapi juga seperti memasang fotomu di poster / billboard pinggir jalan, menulis teks besar icon suatu kota seperti di Hollywood, menampilkan foto di dalam majalah seakan kamu sedang diberitakan, di depan banyak mike layaknya artis yang sedang diwawancarai dan lain sebagainya.

3.  Pixlr.com/editor/

Ini salah satu yang mudah ditemukan jika anda mengetikkan kata edit foto online gratis di Google, tapi bukan cuma karena itu kami merekomendasikannya, tapi memang pada kualitas servicenya yang memuaskan. Pada saat perkali mengunjungi webnya anda sudah disugukan pilihan, apakah itu Create a New Image (membuat gambar baru), upload photo dari komputer, dari URL dan juga Library, silahkan pilih. Tampilan yang mucul setelah itu adalah halaman yang hampir mirip dengan membuka aplikasi photoshop yang mana tampilannya hitam gelap sedang di sisi kirinya terdapat banyak tools yang bisa digunakan untuk mengedit gambar. Selanjutnya, tinggal gunakan alat yang tersedia, mau melakukan blur, layer masks, unsharp mark dan sebagainya, dan terakhir tinggal save hasil kerjamu.

4.  Fotor.com – paling gampang

Untuk yang newbie atau pemula dalam mengedit foto online maka Caraspot sangat menyarankan untuk menggunakan ini karena penggunaannya tergolong simple sekali dan tak butuh banyak menggunakan tools, cukup upload gambarmu lalu gunakan beberapa fitur di dalamnya, seperti memberi tulisan di atas foto, drop shadow, buat Stamp, Gallery dan lainnya. Saat pertama kali berkunjung ke situsnya maka kamu akan melihat 3 pilihan menu utamanya, yakni Make Collage (membuat foto kolase), Edit a Photo, dan juga Design Kartu yang mungkin akan sangat berguna di saat ada teman yang ulang tahun, mau mengucapkan selamat pada kerabat dan sebagainya. Buat kamu yang pengguna HP smartphone maka situs ini juga menyediakannya untuk di download, apakah itu untuk Android maupun Apple.

Buat yang mau lancar mengetik belajar : Cara mengetik 10 Jari Online dan Offline

5.  BeFunky.com – yang paling simple

Kalau mau cari yang syaratnya harus populer maka Befanky ini adalah satu alternatif terbaik untuk edit foto online. Banyak sekali efek dan pengaturan photo di dalamnya yang bisa anda pilih, bahkan bisa sampai 20 kelompok pengeditan. Salah satu situs andalan adalah bisa crop gambar untuk mengurangi tepinya agar tak terlalu lebar dan lebih rapi. Tapi selain itu, ada banyak lagi lainnya yang bisa digunakan, dan biar lebih jelas saya sebutkan semua yang bisa dimanfaatkan dari fiturnya, yaitu :

  • Touch UP terdiri dari Blemish Fix, Wrinkles, pengaturan mata seperti fix Redeye atau menghilangkan mata merah, eye color (efek warna pada mata), Lipstick, Bronzer, Blush, Teet whiten (memutihkan gigi), dan juga kloning gambar.
  • Edit – Bisa melakukan crop, rotasi atau memutar foto, tilt, beutify (mempercantik), Exposure, mewarnai, blur, sharpen (mempertajam warna), color mixer (menggabung warna), soften, smothing, dan vignette.
  • Effect – Ini adalah fitur untuk merubah warna dominan dari foto anda, pilihannya misalnya black and white (merubah jadi hitam putih), lebih merah, lebih putih, lebih biru dan lainnya.
  • Artsy – Adalah tool untuk menciptakan foto yang lebih artistik, misalnya membuatnya tampak seperti foto sketsa, kartun, tulisan pensil, seperti lukisan, tampak jadul dan lain sebagainya.
  • Frames – Kalau kamu mau buat fotomu lebih indah dengan tambahan bingkai maka pakai fitur ini, misalnya dibuat seperti cuplikan film, grunge, drop shadow, dan lainnya.
  • Graphics – Menambahkan gambar unik di atas foto.
  • Overlay – Memotong gambar menjadi bentuk unik dan simetris atau bisa juga dibilang membuat berbagai bentuk dengan foto kita yang jadi latarnya, misalnya membuat huruf, geometry, bentuk hari dan lainnya.
  • Text – Memberi tulisan atau kererangan di atas foto anda, dan lain sebagainya.
  • Texture – Memberi warna tekstur unik di atas gambar yang diedit, nah cocok sekali yang memiliki salah satu dari batu akik termahal dan mau menampilkannya tampak seperti berserat.

6.  Pizap.com – Lengkap

Menu utama dari situs aplikasi edit foto online ini adalah Editing, Collage / menggabungkan gambar, design, emoji maker. Dan satu lagi tambahan yang juga banyak dibutuhkan dan bagus buat pengguna jejaring sosial, yaitu Facebook dan Twitter cover. Saat pertama kali start maka kamu akan disuguhi berbagai pilihan tempat pengambilan file foto, yaitu bisa melalui komputer, google drive, Dropbox, selfiee / web cam, facebook, flickr, Instagram dan Picasa, jadinya bebas memilih gambar mana yang mau disetting.

Mau diapakan saja gambarmu bisa dengan bantuan Pizap. Kalau kamu masih pemula dan mau yang mudah dan gampang maka bisa langsung menggunakan fitur editing dasarnya, yaitu seperti mengatur contrast, color, brightness, zoom, rotasi, saturation, dan juga crop. Dan untuk tingkat lanjut kamu bisa menggunakan item Paint untuk melakukan brush, menghapus, blur, transparansi, menambah teks atau tulisan dan lain sebagainya. Hanya saja kalau mau yang unik dan lucu, seperti membuat hidung seperti membesar karena kaca pembesar, maka kamu harus membayar versi Pro-nya.

7.  Loonapix.com dan Adornpic.com – yang lucu dan unik

Layanan dari Loonapix ini dikenal juga dengan sebutan photo effects. Banyak sekali jenis efek wajah yang bisa kamu pilih di dalamnya, di antaranya adalah membuat gambarmu berada di awan, di reklame, di pasir pantai, di lukisan pinggir jalan, dalam linkaran love dan lainnya. Atau bisa juga pilih effect wajah yang beragam, sebagai contoh mukamu ditukar dan digabungkan dengan binatang, artis, binaraga, sinterclas, bayi dan lainnnya. Lain lagi dengan Adornpic yang mana ia menyajikan pilihan setting gambar yang lebih lucu karena ada tambahan efek sayap di belakang badan, menampilkan foto di dalam layar TV dan banyak lagi.

8.  photo-kako.com/id/cartoon.cgi – merubah gambar jadi kartun

Ini baru anak Indonesia, ya kebetulan yang buat adalah anak Indonesia, bisa dilihat dari websitenya yang semua menunya menggunakan bahasa kita. Saya akui kalau memang alat pengeditan gambarnya dibuat dengan sangat seirus karena hampir semua kebutuhan untuk pembuatan gambar menjadi kartun ada di dalamnya. Semua yang berkaitan dengan pengeditan gambar menjadi cartoon ada di sana, di antaranya teknik fotografi dasar, menampilkan layaknya tulisan pensil, karikatur, komik dan sebagainya. Dan yang lebih saya senangi dari web ini adalah karena di sampingnya sudah tersedia langsung macam pengaturan, misalnya mengatur lebar cetak, kualitas JPEG, deteksi wajah, hue, dan banyak lagi.

Selain itu kamu juga bisa mengenal apa saja Aplikasi Android Terbaik

B.  Pilihan Edit Photo Online Untuk Instagram

edit foto mirip instagram

Sebagaimana diketahui bahwa Instagram adalah jejaring sosial yang khusus untuk berbagi gambar dengan jutaan pengguna di seluruh dunia, dan di kelasnya dialah yang no. 1. Jadi kalau punya akun di sana kamu bisa share gambar apa saja yang kamu punya biar dilihat banyak orang dan makin narsis. Nah untuk membantu itu maka direkomendasikan beberapa yang terbaik:

a.  Clonegram.com

Sekali visit kamu bisa langsung edit gambarmu dan bahkan kurang dari 1 menit langsung jadi. Ini karena fasilitas edit foto untuk instagram yang disediakan dibuat sesimpel mungkin, karenanya hanya ada 4 pilihan perubahan gambar, yaitu black and white, color, vintage, dan misc. Tapi walau begitu, dari pilihan yang disebutkan masing-masing disediakan banyak contoh lagi yang bisa kamu pilih lagi mana yang terbaik, mulai yang agak kabur, hingga sangat terang.

b.  Effectygram.com

Sesuai slogannnya disebutkan bahwa ini free yang memang untuk kebutuhan pengguna sosmed seperti instagram tersebut. Dan baiknya lagi karena situsnya terhubung langsung dengan Instagram dimana kita bisa langsung login dari sana dan load gambarmu langsung untuk selanjutnya dilakukan pengeditan. Memang kalau kamu mau nyari yang komplit gak ada di sini karena memang tujuannya bukan untuk itu, kalau mau bisa menggunakan yang disebutkan di atas saja.

c.  rollip.com/wizard/choose_effect

Layaknya yang pertama di atas, tempat sunting gambar ini memang dibuat seperti instagram yang mana tampilan hasil editingnya juga dibuat mirip, yakni dengan efek warna yang beragam sehingga bisa memperlihatkan kalau fotonya seakan-akan sudah dibuat sejak dulu alias jadul. Sekalipun tidak menyebut dalam slogannya, tapi dari halaman depan websitenya sudah tampak betul kalau ini memang untuk pengguna sosmed gambar tersebut, dan bahkan ada puluhan jenis efek yang bisa ditampilkan dari fiturnya.

Website alternatif lain:

Beberapa yang disebut di bawah tidak kami masukkan dalam rekomendasi kami, tapi paling tidak bisa dicoba juga untuk tahu kehandalan dari fitur editingnya, karena tak kenal maka tak sayang. Untuk membuka situsnya silahkan saja ketik di google atau tambahkan .com lalu paste di browsermu.

  1. Ipicci – Mengembor-gemborkan hasil sunting foto yang beautiful dan powerful. Dicoba saja!
  2. Picpie – Paling fantastis karena ada kurang lebih 500 jenis effects yang tersedia.
  3. Picmonkey – Juga mengandalkan kemudahan untuk menambah filter dan frame kesuakaanmu.
  4. Pixenate – Katanya fast and easy, tapi perlu dibuktikan dulu karena saya pribadi belum pernah menjajal.
  5. Pixiz – Searche di google maka ia akan terlihat dengan title-nya langsung menyebut bahwa ini free digunakan.
  6. Lunapic – Ini juga sebenarnya masuk dalam deretan yang terkenal, hanya saja tidak sempat dibahas di atas. Paling cocok buat blogger untuk dipublikasikan di web, tumblr, dan juga bisa bikin gambar sketsa dan animasi Gif.

Kalau ada saran lain mengenai beragam aplikasi foto tanpa download yang disebutkan di atas, silahkan berikan komentarmu di bawah, siapa tahu bisa dimasukkan dalam daftar penjelasan kami. Yang penting jangan untuk promo punya sendiri karena kalau itu ada hitungannya sendiri, bisa hubungi Caraspot lewat kontak yang tersedia.

Oke, kalau mau lebih puas coba satu per satu dari semua situs aplikasi tempat edit foto online di atas, saya yakin anda semua punya kebutuhan yang berbeda-beda sehingga mengunggulkan yang berbeda pula, entah itu mau buat gambar kartun yang artistik layaknya tulisan pensil atau mau yang lebih keren dan lucu dengan menggabungkan gambar hewan dengan muka teman, ya siapa tau mau ngerjain sahabatmu. Keputusan ada di tanganmu, tapi yang jelas memilih yang simple dan gampang penggunaannya sebenarnya yang paling bagus karena buat apa online kalau ternyata rumit, mending pakai corel atau photoshop aja langsung di komputer tanpa gunakan internet lagi.

About The Author

Comments

  1. Arie Balista

    Pixlr memang paling pas buat belajar edit foto, menu nya mirip photoshop tapi sayang suka nge hank kalau dipake malam … Nice article:D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *