Caraspot telah merangkum beberapa pengertian internet dari berbagai situs, termasuk sejarah Internet dari awal hadirnya hingga sekarang. Dimulai pada tahun 1969 yang lalu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sebuah jaringan yang bisa menghubungkan data antar komputer secara online atau tanpa kabel. Usaha ini dimulai dari sebuah proyek penelitian yang saat itu mereka namai dengan sebutan ARPA atau ARPANET yang merupakan kependekan dari Advanced Research Project Agency Network.

Perlu diketahui bahwa awal munculnya internet bukan ditujukan untuk bisnis sebagaimana banyak dilakukan oleh pengguna internet saat ini, melainkan untuk keperluan militer semata. Ya, proyek pembentukan jaringan tersebut ditujukan sebagai upaya pertahanan mengantisipasi serangan nuklir dari luar Amerika dan sekaligus sebagai solusi dari kelemahan informasi terpusat yang mudah dihancurkan.

Adapun di Indonesia khususnya, pengertian internet di benak masyarakat, lebih banyak diartikan sebagai wadah untuk mencari informasi gratis, terutama untuk membaca berbagai artikel di berbagai blog. Di awal kemunculannya, orang hanya mengandalkan Warnet (Warung Internet) untuk bisa mengakses situs-situs yang ingin mereka buka, karena waktu itu paket internet simpati dan layanan dari provider lain masih sangat mahal.

Pengertian Internet Menurut Wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia – KBBI Online

Berikut ini beberapa defenisi dari Internet yang bisa dijadikan sebagai rujukan terpercaya buat para pembaca yang telah kami sadur tanpa mengurangi maknanya sama sekali.

1. Wikipedia

Menurut Wikipedia Ensiklopedia online ini, pengertian internet adalah seluruh jaringan komputer yang mana satu sama lain saling terhubung yang menggunakan standar sistem global yang disebut dengan Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) yang berfunsgi sebagai protokol pertukaran paket (atau kalau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan packet switching communication protocol) guna melayani jutaan pengguna di seluruh belahan dunia.sejarah dan pengertian internet

Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Dan adapun cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (“koneksi antarjaringan”).

Adapun kepanjangan dari Internet adalah interconnection-networking atau interkoneksi jaringan. Maksudnya, adanya koneksi antar jaringan komputer dari tempat terpisah.

Pemahaman sederhananya, menurut Wikipedia, Internet merupakan koneksi antar satu komputer dengan komputer lain di seluruh dunia dengan TCP atau IP yang menjadi standar sistemnya yang berfungsi sebagai protokol dalam pertukaran paketnya.

2. KBBI Online – Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI, Internet adalah suatu komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dengan fasilitas komputer yang mana terorganisasi di seluruh belahan dunia melalui bantuan satelit atau telepon. Adapun kata berinternet yang merupakan kata kerja dari kata ini didefenisikan dengan tindakan melakukan hubungan atau komunikasi lewat jaringan internet.

Kesimpulannya, berarti internet adalah koneksi antara satu komputer dengan komputer lain di seluruh dunia yang terjadi berkat bantuan satelit atau telepon. Sebuah komputer yang terhubung dengan internet maka ia bisa mengakses data apa saja dari server atau data penyimpanann dari web tanpa batas (selama situs tersebut tidak membuat batasan tertentu).

Sejarah Internet

Dalam perjalanannya Internet terus berkembang, mulai dari sistem dan fungsinya. Di awali dari ide untuk membentuk upaya pertahanan hingga kini telah menjadi kebutuhan utama manusia untuk berbagai kebutuhan, mulai dari komunikasi, bertukar informasi, jualan online hingga hanya untuk pamer profil dan sebagainya.

a. Awal Pembentukan

Sudah disinggung di atas bahwa kemunculan internet dimulai pada tahun 1969 melalui riset yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk tujuan Militer, tepatnya untuk mengatasi serangan nuklir dan kelemahan informasi terpusat yang mudah dihancurkan.

Usaha di atas baru dilakukan untuk 4 situs saja, yakni University of Utah, University of California, Stanford Research Institute, dan Santa Barbara. Dari ke empat tempat tersebutlah dibentuk suatu jaringan terpadu yang mana sistem internet dijalankan di dalamnya.

Barulah pada tahun 1972 ARPANET mulai diperkenalkan pada publik. Namun, karena besarnya manfaat yang dirasakan oleh masyarakat Amerika waktu itu, khususnya dari pihak Universitas, hingga akhirnya proyek tersebut ‘meledak’ dimana hampir semua universitas ingin bergabung dalam programnya. Walhasil, ARPANET pun kewalahan mengatasi kebutuhan tersebut.

Sebagai pemecahan masalah di atas, akhirnya ARPANET dipecah menjadi dua bagian, yaitu Milne yang khusus ditujukan untuk Militer dan Arpanet yang baru untuk tujuan non militer. Adapun gabungan dari keduanya dinamakan DARPA Internet yang mana kemudian di sederhanakan namanya dengan ‘Internet’ seperti yang kita kenal sekarang ini.

b. Saat ini dan nanti…

Kini Internet telah berkembang, berbagai upaya penanggulangan terhadap masalah-masalahnya mulai dilakukan, khususnya dengan membentuk berbagai badan, sebut saja Internet Engineering Task Force (IETF) yang kemudian mempublikasi dokumen yang dikenal dengan sebutan RFC (Request for Comments) yang kemudian dijadikan sebagai standar internet.

Ada banyak sekali protokol internet yang sering dipakai, seperti, IP dan TCP yang sudah disinggung di atas, ada juga DNS, POP3, PPP, IMAP, SLIP, SMTP, HTTP, HTTPS, ICMP, SSH, SSL dan lain sebagainya.

Demikian pula layanan internet yang ada, semakin beragam dan mempunya spesifikasi fungsinya masing-masing. Dan beberapa layanan yang memakai protokol-protokol di atas, seperti layanan surat elektronik atau yang dikenal dengan sebutan email, Newsgroup, File Sharing, IRC, WWW (World Wide Web), dan masih banyak lagi. Tapi dari semua yang disebut WWW dan email-lah yang paling banyak penggunanya.

Dengan internet kita juga kini bisa melakukan komunikasi langsung yang real time walau dengan jarak yang cukup jauh, sebut saja dengan Yahoo Messenger, Facebook, Twitter, Camfrog dan sebagainya.

Dan tak lama, sebelum internet betul-betul booming, lahir pula mesin pencari bernama Google. Dari sinilah saya kira pengertian internet menjadi semakin luas maknanya, bukan hanya untuk tujuan bertukar data secara online, tapi untuk berbagai kebutuhan hidup, seperti bisnis online, booking tiket dan hotel, dan masih banyak lagi yang dulunya tidak bisa dilakukan tapi kini semua bisa dengan hanya bantuan ‘klik’.

Bagi anak Indonesia, kini membuat blog dan menghasilkan uang dari internet adalah satu ilmu baru yang menggiurkan. Mereka mulai berlomba-lomba mengambil bagian dari ceruk ini. Ada yang memang karena pengalihan dari bisnis offline yang dilakukan selama ini dan ada juga karena baru mau mendalami bisnis secara online langsung.

Manfaat untuk kehidupan manusia

Seiring dengan semakin berkembangnya penggunaan dan fungsi dari Internet bagi umat manusia di planet Bumi ini, maka berikut beberapa manfaat yang dapat kita ambil darinya:

Sebagai sumber informasi dan data. Informasi dalam hal ini bisa dalam berbagai bentuk, baik itu dalam bentuk artikel maupun data dalam bentuk lain, seperti PDF, gambar, Video dan lain sebagainya.

Sebagai alat komunikasi jarak jauh. Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini banyak penggunanya memanfaatkan untuk melakukan komunikasi tanpa kabel, sebut saja ‘chating’ yang kini marak dilakukan, baik itu dengan layanan khusus seperti YM – Yahoo Messenger atau pun lewat sosial media seperti facebook dan lainnya.

Dan secara khusus, Internet juga difungsikan untuk berbagai kebutuhan, terutama dalam hal bisnis, banyak orang memanfaatkannya untuk melakukan promosi dan pengenalan produk mereka pada seluruh orang tanpa batasan waktu dan tempat sehingga lebih mudah menghasilkan penjualan.

Tapi perlu diketahui, dari sejarah dan pengertian di atas, bukan hanya manfaat yang didapat, tapi juga efek samping dari hadirnya internet. Dunia kejahatan juga bisa dibilang mengambil untung dari hadirnya layanan ini, mulai dari melakukan pelanggaran berupa peniphuan (disamarkan), menembus data terlarang dan lainnya.

Demikian pengertian internet dan sejarah internet dari berbagai media online yang dirampung oleh Caraspot, semoga bermanfaat dan dapat menjadi rujukan utama Anda.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *