Ada banyak jenis kue kering, tapi Resep Kue Kering Sagu Keju yang satu ini patut anda coba karena rasanya yang bisa bikin kita ketagihan. Hampir semua orang yang sudah pernah mencicipinya akan memberikan tanggapan positif mengenai rasanya, apalagi yang suka dengan segala yang berbau keju. Rasanya bukan cuma asin dan gurih seperti saat mencicipi roti keju, tapi ada paduan rasa lain di dalamnya saat dikunyah karena paduan mentega dan tepung yang ada di dalamnya menyatu dengan sempurna dan memberikan cita rasa berbeda pada kuenya. Bahkan penulis Caraspot yang juga pernah mendapat oleh-oleh kue ini sulit melupakan rasanya yang benar-benar maknyus. Sayangnya kalau kita mencari di toko kue jarang ada yang menjual, entak karena namanya kurang terkenal atau mungkin banyak yang belum pernah sama sekali mencicipinya sehingga tidak tahu persis bagaimana nikmatnya kue ini.

Sejak dulu keju sudah menjadi bahan campuran favorit untuk berbagai kue dan makanan, termasuk pada kue sagu keju ini. Keju sendiri dihasilkan dari susu dengan cara memisahkan bagian padat dari susu itu sendiri melalui proses yang dinamakan koagulasi atau pengentalan. Proses ini dapat berlangsung karena bantuan dari bakteri atau enzim tertentu yang dinamakan dengan rennet. Hasil dari proses pengentalan inilah yang nantinya akan mengalami proses berikutnya, yakni dikeringkan (di-minimalkan kandungan airnya), lalu diproses lagi dan diawetkan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan garam. Produk-produk keju sangat bermacam-macam dan tentunya ditentukan dari tipe susu itu sendiri, metodenya saat dilakukan pengentalan, tinggi rendahnya temperatur, serta metode pengolahan lainnya, termasuk pengeringan, pemotongan, pemanasan, dan juga pada proses pematangan dan pengawetan keju itu sendiri.

Cara Membuat dan Resep Kue Kering Sagu Keju

kue sagu keju keringBahan yang digunakan tidak terlalu banyak dan karenanya proses bikinnya juga simple, walau demikian waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue kering ini mulai dari menyiapkan bahan hingga menatanya dalam toples hampir tak ada bedanya dengan yang lain. Adapun keju yang digunakan adalah jenis Cheddar yang mungkin para ibu akan sangat mudah mendapatkannya karena sudah banyak dijual di berbagai minimarket dan toko bahan kue.

Bahan

  • 560 grm tepung sagu kering, sebelumnya disangrai dulu selama kurang lebih sepuluh menit dengan menggunakan api kecil, lalu timbang lagi dan usahakan bisa mendapatkan sagu sebanyak 520 gram.
  • 200 grm gula tepung
  • 300 grm margarin kemasan
  • 1/2 sdt garam dapur
  • 100 grm susu berbentuk cair
  • 2 btr telur biasa
  • 40 grm tepung maizena
  • 125 grm keju jenis cheddar yang diparut
  • 1 sdt baking powder
  • 50 grm keju cheddar lagi yang telah diparut untuk dijadikan taburan

Bahan di atas merupakan takaran bahan kue yang pernah dipraktekkan tapi anda bisa melakukan variasi dengan melakukan improvisasi pada takaran dan jenis bahannya selama rasanya tidak jauh berbeda.

Cara membuat:

  1. Pertama kocok dulu margarin  bersama gula tepung dan juga garam selama kurang lebih 40 detik hingga 1 menit saja. Selanjutnya masukkan telur bersama susu cair sesuai takaran yang disebutkan di atas lalu kocok rata lagi.
  2. Berikutkan tambahkan tepung sagu yang telah disangrai bersama tepung maizena dan juga baking powder sambil terus diayak untuk menghindari masuknya kotoran serta terus diaduk rata agar tak menggumpal. Lalu masukkan keju parut dan lanjutkan dengan diaduk rata lagi.
  3. Selanjutnya untuk membentuk kue sagu keju ini anda bisa memasukkan hasil olahan adonannya dalam plastik segitiga khusus yang biasa digunakan untuk menyemprotakan adonan, dalam hal ini yang telah diberi spuit. Nah, tinggal semprotkan saja di atas loyang langusung yang telah diolesi dengan margarin. Terakhir sebagai pemanis tabur keju parut di atasnya.
  4. Panggang dalam oven dengan pengaturan suhu api kurang lebih 130 derajat selama kira-kira 50 menit atau hingga matang.

Untuk hasil yang lebih baik maka pemilihan sagu untuk kue kering ini harus betul-betul diperhatikan, usahakan yang telah dikeringkan terlebih dahulu dan yang baunya belum terlalu menyengat tapi masih dari aroma aslinya saat selesai diolah di tempat aslinya. Sedangkan untuk proses menyangrainya diusahakan tidak terlalu lama dan betul-betul harus diaduk tanpa henti agar hasilnya bisa matang dengan rata. Sedangkan keju yang diparut diusahakan kekasarannya disesuaikan dengan ukuran kuenya juga agar tampak tidak terlalu kasar.

Pada saat pengemasan juga perlu diperhatikan pada tutup toplesnya karena nikmatnya kue ini sangat tergantung pada teksturnya yang krispi, berbeda dengan nastar walau tidak garing lagi masih tetap enak karena pengaruh dari selai yang ada ditengahnya. Nah, untuk kue kering sagu keju yang satu ini sangat dianjurkan menggunakan toples kaca yang tutupnya pas dan bisa diputar untuk meminimalisir rusaknya tekstur kue.

Selain ini ada banyak sekali aneka jenis kue kering (silahkan kunjungi) yang bisa anda praktekkan pembuatannya untuk oleh-oleh keluarga dikampung saat mudik atau mungkin hanya ingin disajikan sebagai sajian di hari lebaran nanti yang kurang dua bulan lagi akan segera tiba. Berikut resepnya:

  1. Cara Membuat Kue Keju Kering Berbahan Tepung Terigu – Kalau yang satu ini bahan campurannya tidak menggunakan sagu tapi terigu seperti pada kue lebaran umumnya hanya saja penggunaan kejunya lebih menonjol dari bahan lainnya.
  2. Kue Kering Kacang Tanah – Salah satu sajian hari raya yang paling banyak dibuat ya kue mentega kacang ini. Kacang giling sangrai yang dicampur langsung dengan adonannya membuat kue ini menjadi tambah gurih.
  3. Nastar Selai Nanas – Ciri khas dengan selai nenas di tengahnya membuat kue ini paling banyak diburu saat mendekati hari lebaran. Tapi sekarang bukan cuma selai dari buah nenas yang digunakan, tapi bisa juga dari strawberry, sirsak, pepaya, jambu dan lain sebagainya.
  4. Kue Putri Salju – Dinamakan demikian karena balutan luarnya yang terbuat dari gula pasir halus yang mirip dengan salju. Umumnya dibentuk seperti bulan sabit.
  5. Resep Kue Kering Lidah Kucing – Belakangan ini ketenaran kue kering ini mulai naik sejak banyak orang yang menjualnya lewat internet, hanya saja kalau liat bentuknya yang jauh lebih besar dari lidah kucing bikin banyak orang bertanya-tanya mengapa tidak dinamakan lidah ‘guguk’ saja he he.
  6. Aneka Kue Kering Goreng Terkenal – Kalau yang satu ini lain lagi karena proses memasaknya tidak dipanggang tapi digoreng menggunakan minyak. Walau tidak terlalu sehat tapi patut dicoba karena di hari lebaran tetap banyak yang mencarinya.

Sekali lagi, resep kue kering sagu keju ini sangat dipengaruhi oleh pemilihan bahannya, terutama pada dua bahan tambahan utamanya, yakni  sagu kering dan keju cheddar-nya. Walau telah dipilih sagu yang berkualitas tapi proses menyangrainya kurang bagus, misalnya apinya terlalu besar maka tentu hasilnya juga akan tidak sempurna. Dan kalau bisa keju yang dipakai juga yang masih baru dan belum pernah dibuka kemasannya sama sekali.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *