Rumus-rumus excel lengkap memang tidak sedikit. Dibilang rumit tidak juga, karena yang penting mau belajar Microsoft excel dengan tekun pasti lama kelamaan juga akan paham semua rumusnya, mulai dari cara membuat tabel, grafik hingga dalam hal hitung-hitungan seperti pengurangan, penjumlahan, pembagian, perkalian dan sebagainya yang biasa digunakan dalam dunia kerja atau pun saat masih sekolah atau kuliah.

Fungsi Microsoft excel sebenarnya banyak sekali, bukan hanya untuk buat tabel saja, tapi bisa difungsikan untuk berbagai hal, termasuk di dalamnya membuat Mail Merge, yakni salah satu kegunaan excel di mana kita bisa membuat database untuk banyak orang dengan alamat masing-masing yang mana saat diprint kita jalankan sekali dan nama-namanya akan berganti sendiri, ya ini lebih tepat untuk buat amplop surat atau undangan pernikahan.

Di atas itu hanya satu dari sekian banyak kegunaan program ms excel yang Caraspot paparkan, ada banyak lagi lainnya, seperti halnya dalam penggunaan rumus IF yang memungkinkan kita mengisi banyak baris sesuai dengan logika di sampingnya hanya dengan sekali tarik, jadi tidak usah dihitung satu per satu. Misalnya si A lembur sekian jam dan sekian hari kerjanya, sedang yang lain beda lagi. Nah, kalau kita hitung satu-satu kan bakalan buang banyak waktu, sehingga dengan penggunaan rumus IF excel ini kita akan dimudahkan dengan sekali kerja saja. Dan biar bisa langsung latihan, berikut ulasan panjangnya:

Rumus-Rumus Excel Lengkap

Penjelasan berikut menampilkan semua cara penggunaan rumus Microsoft Excel, mulai dari cara manual dan sederhana hingga penghitungan yang rumit seperti IF, LOOKUP, VLOOKUP dan HLOOKUP dan sebagainya. Selamat belajar ya!

Sebelumnya, baca : Rumus Cara Menghitung Persen pakai Excel

A. Pembagian, Pengurangan, Penjumlahan dan Perkalian

Ini adalah rumus dasar dalam menggunakan matematika Excel. Anda bisa menggunakan cara manual atau pun dengan icon yang sudah tampak. Baik angkanya secara vertikal atau pun horizontal maka Sum saja biar lebih cepat.

Manual

Contoh : 23 + 70 : 3 x 10 , maka rumus dari mencari hasil perhitungan ini adalah:

  1. Klik dulu di baris atau kolom dimana kamu mau melihat hasilnya
  2. Ketik sama dengan (=) – Ini wajib untuk semua rumus MS Excel
  3. Ketik manual tanpa spasi berikut ini : 23+70/3*10 (Ingat! Pembagian menggunakan garis miring (/) dan kali menggunakan tanda bintang (*))
  4. Terakhir, tekan enter untuk melihat hasilnya.

Terkadang jika angkanya sudah tertulis di excel, misal sudah ada angka 23 maka tidak usah diketik, cukup diklik.

B. Fungsi-Fungsi Excel dalam bentuk Rumus

Dalam rumus excel hal ini kita menggunakan Tools bernama AutoSum yang berada di sebelah kanan atas yang tandanya huruf ‘M berbaring’ (Σ)

1. Fungsi SUM

Berikut ini contoh untuk menjumlah:

rumus excel lengkap

  1. Klik dulu di baris paling bawah jika deretan angkanya vertical atau klik di kolom paling samping kiri atau kanan jika susunan angka atau uang yang mau dijumlah bentuknya horizontal.
  2. Ketik sama dengan (=)
  3. Tekan icon AutoSum dua kali. (aktifkan dulu menu Home (samping Insert) yang ada di paling atas, lalu arahkan pandanganmu di bagian kanan atas yang ada lambang
  4. Setelah muncul tulisan seperti ini =SUM(E4-I4) maka tinggal tekan Enter

Maksudnya E4:I4 di atas bahwa yang mau dijumlah adalah mulai dari kolom E4 sampai I4.

Cara pertama di atas untuk semua tujuan, baik itu jika mau mengali, membagi, menambah, dan mengurangi.

Lalu bagaimana jika hanya ingin menggunakan salah satu rumusnya saja? Misalnya 120 x 300. Caranya:

  1. Cukup klik di sembarang  kolom atau baris
  2. lalu ketik sama dengan (=)
  3. lalu ketik angkanya (tanpa spasi), kemudian beri tanda bagi (/), atau tanda tambah (+) untuk menjumlah, atau tanda kurang (-) untuk mengurangi, atau tanda kali (*) (semua tanpa spasi), kurang lebih seperti ini =20*
  4. ketik lagi angka yang menjadi pembagi atau pengkaliannya, jadinya seperti ini =20*15
  5. Tekan enter dan selesai deh!

2. MAX

Adapun fungsi MAX dalam rumus excel adalah untuk menemukan nilai atau value terbesar dari sekian data yang dipilih, dalam hal ini value selalu dalam bentuk angka. Adapun cara menggunakannya adalah:

=MAX(range_table)

Jika dibuat dalam bentuk contoh maka jadinya akan seperti ini:

=MAX(C2:C8)

Jadi setelah menerapkan cara di atas maka akan dengan mudah mengetahui mana data yang paling tinggi nilainya dari ratusan atau bahkan ribuan baris data yang tertera, sehingga tak perlu lagi mencari secara manual.

3. MIN

Fungsi rumus MIN kurang lebih sama dengan MAX di atas, akan tetapi ini adalah kebalikannya yang mana yang dicari adalah nilai terkecil dari deretan cell yang dipilih dan ini juga selalu dalam bentuk angka. Cara menulis rumusnya adalah: =MIN(range_table)

Adapun dalam bentuk contoh realnya di excel adalah =MIN(C2:C8)

Jadi gak usaha bingung lagi mencari mana nilai terkecil dari deretan baris yang ada, pakai rumus MIN saja maka dalam sekejap ketemu.

Dan ingat bahwa dalam excel yang menjadi kuncinya dalam menulis rumus adalah tanda sama dengan di awal. Tanpa melakukan itu maka sistemnya tidak akan bekerja.

4. Average

Fungsi excel yang satu ini adalah untuk menentukan nilai rata-rata dari semua data yang ada. Sehingga, jika ingin memakai parameter ini maka isi cell atau kolomnya adalah dalam bentuk angka dan bukan kata atau huruf agar system dapat bekerja.

Adapun rumus Average adalah =AVERAGE(CELL PERTAMA:CELL TERAKHIR) atau kalau kita buat contohnya maka jadinya akan seperti ini:

=average(B3:B7)

(contoh rumus ini bisa anda ketik langsung di dalam cell atau juga menggunakan icon yang ada di atas)

5. Rumus Hlookup

Fungsi Hlookup dalam rumus excel adalah untuk mengisi sebuah cel dari hasil pencarian secara horizontal dari data yang sudah ada. Cara kerjanya adalah dimana rumus akan bekerja mencari nilai baris mulai dari kiri atas hingga ke kanan bawah tabel yang kemudian mengisinya pada kolom yang serupa berdasarkan isi cell tersebut.

Mungkin penjelasan di atas terasa sulit dipahami, tapi setelah melihat contoh berikut pasti anda akan paham maksudnya.

fungsi rumus hlookup

Adapun rumus excel Hlookup berdasarkan contoh gambar yang diberikan di atas adalah sebagai berikut:

=HLOOKUP(value,table,index_number,[not_exact_match])

  • Value merupakan nilai yang digunakan untuk mencari baris pertama dari bagian tabel yang ingin diisi.
  • Table ialah kumpulan data atau angka yang akan dipilih yang mana lebih dari satu baris cell.
  • index_number merupakan penentuan jumlah baris dalam tabel mana yang sesuai untuk dikembalikan. Baris pertama adalah 1.
  • not_exact_match merupakan pilihan apakah mencari nilai yang persis sesuai ataukah tidak.

6. VLOOKUP

VLookup bisa dibilang lawan kata dari Hlookup di atas, yang mana kalau sebelumnya mencari data secara horizontal, nah sekarang ini dengan cara vertikal. Saya rasa tak perlu lagi dijelaskan panjang lebar karena maksudnya sama, hanya saja cara pencariannya yang beda. Adapun rumus Vlookup adalah: =VLOOKUP(lookup_value,table_array,column_index_number,[range_lookup])

  • lookup_value adalah angka yang akan kamu cari dari deretan nilai yang ada secara vertikal.
  • table_array adalah 2 atau lebih kolom dari tabel yang berisi data-data, baik itu dalam bentuk angka, teks, tanggal maupun yang  lainnya.
  • index_number merupakan penentuan jumlah baris dalam tabel mana yang sesuai untuk dikembalikan. Baris pertama adalah 1.
  • not_exact_match adalah bentuk pilihan apakah kamu betul-betul mencari nilai yang sesuai ataukah tidak.

Berikut ini adalah gambar dari hasil prakteknya:

rumus vlookup excel

Terlihat jelas Vlookup dari nilai 100 adalah ‘artikel’ yang diseleksi antara kolom A3 hingga B7. Terlihat sederhana tapi bila datanya hingga ribuan cara ini akan sangat membantu sekali dalam mempercepat proses kerja kita.

Fungsi dan Rumus IF serta Cara Menggunakannya

Pada dasarnya fungsi IF ini merupakan pelajaran tingkat lanjut dalam cara menggunakan excel dan cara membuat tabel, sebab dari rumus ini kita tidak hanya sekedar bikin tabel saja, tapi juga ada penggunaan logika di dalamnya agar dengan sekali buat saja ribuan baris hasilnya bisa kita ketahui dengan cara cukup menarik ke bawah hasil pembuatan rumusnya.

Secara garis besar, penggunaan IF ini ada dua, yaitu rumus if excel bertingkat atau ganda dan juga tunggal. Untuk yang kedua ini mungkin mudah karena kita hanya menganalogikan dari 1 kemungkinan, sedang yang pertama kita bisa menggunakannya untuk pengandaian lebih dari dua kemungkinan. Berikut pembahasannya:

IF Tunggal

=IF(E4<50,”Tes Ulang”,”Lulus”)

(di atas adalah contoh rumus if tunggal)

Maksud rumus excel di atas dari contoh nilai siswa yang menggunakan rumus IF excel  tunggal di atas adalah jika kolom E4 lebih kecil dari 50 maka siswa tersebut harus melakukan tes ulang, sedang jika lebih dari 50 nilainya maka ia dinyatakan lulus. Nah, hasilnya seperti gambar berikut:

contoh rumus if excelKeterangan:

  • = : tanda sama dengan ini wajib diketik di awal setiap kali ingin membuat rumus
  • E4 : adalah kolom E di barisan ke 4 (perhatikan huruf di bagian paling atas kolomnya dan angka di paling kiri barisnya, atau liat di gambar berikut maksudnya). Adapun caranya, bisa diketik langsung dalam rumusnya atau bisa juga dengan cara diklik saja pada kolom E4, misalnya sudah mengetik =IF( kemudian klik kolom tersebut, setelah itu ketik lagi < (tanda ‘lebih kecil‘, caranya tekan Shift + tanda koma).
  • < : artinya lebih kecil. Tanda ini diketik langsung dalam rumus dengan menekan tombol Shift lalu tanda koma (,) di keyboard komputer atau laptop (Shift + ,)
  • Tidak perlu mengetik satu per satu untuk melihat semua hasilnya tapi cukup buat rumusnya di baris pertama saja, lalu tarik ke bawah maka akan secara otomatis hasilnya perhitungannya akan terlihat semua.

Adapun caranya (menampilkan semua hasil dari tiap baris)

  1. setelah mengetik rumusnya dan menekan enter dan hasilnya pun telah terlihat. Selanjutnya, klik cell atau hasil dari perhitungan tersebut
  2. lalu arahkan kursor di sudut kanan bawah dari kotak atau cell yang ada tulisan “Tes Ulang” tersebut. Pastikan muncul tanda tambah kecil berwarna hitam,
  3. kemudian klik dan tahan, lalu tarik ke bawah hingga baris terakhir lalu lepas kliknya dan hasilnya pun akan muncul semua. Perhatikan gambar ini:

cara menampilkan semua hasil rumus dari baris

Jika kursor di arahkan pada titik yang ada dalam lingkaran merah di atas maka akan muncul tanda tambah hitam. Nah, jika sudah seperti itu, tinggal klik, lalu tahan dan tarik, kemudian lepas saat sudah sampai di baris akhir. Jadi kurang lebh seperti itu rumus microsoft excel tunggalnya.

IF Bertingkat atau Ganda

Rumus IF bertingkat ini digunakan jika kita mau membuat lebih dari 2 pengandaian, dalam hal ini ada 3 kemungkinan keputusan untuk nilai murid. Berikut rumusnya:

=IF(B4<50,”Tidak Lulus”,IF(B4>=70,”Lulus”,”Tes Ulang”))

 rumus if excel bertingkat ganda dan tunggal

Angka 4 yang dilingkari merah di atas adalah menunjukkan ia berada di baris ke berapa, sedang huruf B menunjukkan bahwa angka 4o berada di kolom tersebut, sehingga jika diklik pada angka 40 maka akan muncul tulisan B4. Ini dilakukan jika ingin mempersingkat penulisan karena hanya diklik saja tulisannya langsung muncul.

Maksdunya:

Jika nilai siswa lebih kecil dari 50 maka ia dinyatakan tidak lulus, tapi bila lebih besar dari 50 dan tidak lebih besar dari 70 atau di bawah nilai 70 maka ia harus tes ulang, sedangkan jika di atas 70 maka dinyatakan lulus.

Singkatnya:

  • Tidak Lulus = Jika lebih kecil 50
  • Tes Ulang = Jika lebih besar dari 50 dan di bawah 70
  • Lulus = Jika lebih dari 70 atau sama dengan 70
  • Tanda >= artinya “lebih besar atau sama dengan”, Adapun kalau mau menuliskan tanda lebih kecil maka gunakan tanda ‘<‘ (tanpa tanda petik).

Jadi itulah dasar cara menggunakan rumus if excel ganda, bertingkat dan tunggal. Tinggal praktekkan saja. Tapi pastikan penggunaan kurung di akhirnya minimal 2 jika mau menggunakan rumus ganda.

Bisa dibilang sudah semua rumus-rumus excel kami berikan, selebihnya kalau mau jadi ahli dalam rumus Microsoft excel ini bisa memperbanyak belajar dan latihan setiap hari. Tak perlu hafal urutan-urutan rumus IF nya, tapi kalau sering dipakai pasti akan paham juga bagaimana perkaliannya, pembagian dan juga pengurangan dari program excel ini. Oke… Good luck! Drop every thing and take action! Dan kalau kamu pemula sempatkan baca Cara Menghidupkan Komputer dan Menggunakannya.

About The Author

Comments

  1. nita

    Dear all

    Salam kenal, saya member baru, Nita. Mohon juga informasi jika table beserta contentnya seluruhnya akan dicopy dari ms excell ke ms word. Pertanyaan kami.

    Bagaimana menampilkan dua atau tiga angka dibelakang desimal [,] dan angka ribuan ditandai dengan tanda titik [.] dari ms excell jika akan dipindahkan [block copy paste] ke ms word?
    Sebagaimana diketahui di ms excell angka dengan desimal [,] adalah simbol titik [.], misal 0.005 dan angka ribuan di ms excell tanpa ditandai titik misal 50000
    Hasil copyan table tsb di ms word saya inginkan tampil misal dalam angka 0,005 dan 50.000 pada table di ms word.

    Mohon pencerahannya

    With kind regards

    Nita

    1. Caraspot Article Author

      Caranya cukup klik dulu kolom yang ada angkanya lalu di kolom tersebut di klik kanan lalu pilih “Format Cells…” nah setelah itu tinggal sesuaikan keinginan berapa angka di belakangannya yang diinginkan dengan memilih pengaturan Accounting atau Currency

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *