Salah satu kunci sukses menjadi blogger adalah ketika seseorang mampu mengetahui kata kunci apa saja yang sering di cari di google dan mesin pencari lainnya, atau dengan kata lain ia paham cara riset keyword dengan Adword Keyword Planner. Mengapa demikian? Karena dengan tahu apa saja kata yang banyak diketik di mesin pencari setiap bulannya maka tentunya kita juga tahu artikel apa saja yang bagus ditulis di dalam blog kita agar pengunjungnya banyak, kalau perlu visitornya bisa mencapai ratusan ribu per harinya. Selain itu, dengan tahu menggunakan Adword Keyword Planner kita juga akan tepat dalam menyusun kata dalam judul artikel yang diposting, secara….. penggunaan kalimat yang tepat dalam titile suatu artikel sangat mempengaruhi ranking suatu artikel, hal ini ini sudah disampaikan langsung oleh pihak Google dalam salah satu release-nya mengenai teknik SEO untuk blogger.

Tool pencari keyword dari Adwords sebenarnya tujuan awalnya adalah untuk memudahkan para pemasang iklan agar tahu kata kunci apa saja yang banyak dicari dan diketikkan di google, sehingga dengan demikian mereka bisa secara tepat menargetkan visitor dari iklan yang mereka pasang di berbagai blog, dalam hal ini disebut juga dengan program periklanan Google Adsense. Namun karena yang membutuhkan riset kata kunci bukan hanya advertiser (pengiklan), melainkan juga para publisher (blogger) dalam menargetkan jumlah kunjungan di blognya maka tools ini pun menjadi begitu penting untuk digunakan dan diketahui segala cara pemakaiannya. Bagi yang masih pemula mungkin masih sedikit bingung mengenai apa itu pengertian kata kunci dan apa tujuannya sebenarnya untuk blog. Jadi sebelum lanjut ke tutorial inti kita maka ada baiknya sedikit saya terangkan manfaat dari penggunaan alat seperti ini, khususnya buat pengelola blog. Jadi begini, banyak tidaknya penghasilan dari seorang blogger kan tergantung dari banyak tidaknya pengunjung di blognya, nah untuk bisa mendatangkan pengunjung, selain faktor optimasi pada SEO artikelnya agar blog bisa masuk halaman pertama google, jumlah pencarian rata-rata tiap bulannya dari satu kalimat atau frase yang diketikkan di google juga sangat membantu dalam meningkatkan visitor, sehingga jika anda memilih menulis tema-tema yang banyak dicari tersebut berdasarkan hasil riset dari alat tersebut dan secara bersamaan rankingnya juga tinggi, maka secara otomatis pengunjung blog anda juga akan meningkat dan dari situlah uang akan mengalir ke rekeningnya tiap bulannya.

A. Langkah Cara Riset Keyword dengan Adword Keyword Planner

Perhatikan bahwa fungsi dari tools pencari kata kunci ini bukan hanya sekedar tahu frase apa saja yang baik dijadikan tema tulisan, tapi kita juga bisa menjadikannya sebagai alat untuk menentukan susunan kata pada judul artikel yang ditulis sehingga lebih mudah terindeks dan bahkan masuk halaman pertama. Di samping itu, jika misalnya sudah ditentukan judul untuk artikel yang akan diposting, maka kata turunan yang masih terdapat di bagian bawah dari deretan kata kunci yang ada bisa anda jadikan sebagai bahan ulasan atau disertakan dalam paragraf tulisan agar lebih optimal hasil penulisan artikelnya.

1.  Pertama kali dilakukan untuk langkah riset kata kunci ini adalah dengan mengunjungi tautan ini : https://adwords.google.com/KeywordPlanner – Pada saat pertama kali masuk ke halaman tautan di atas Anda akan diminta langsung login, tentunya dengan menggunakan email gmail yang telah kamu bikin (tapi jika belum punya silahkan belajar cara membuat email gmail baru). Untuk login biasanya tombolnya ada di bagian atas kanan, jika berbahasa indonesia maka tertera dengan kata “Masuk” tinggal klik saja.

2.  Selanjutnya jika telah masuk dan belum muncul tampilan seperti pada gambar ke 3 di bawah, maka silahkan klik menu yang bertuliskan ‘Alat’ atau “Tools” jika tampilannya dalam bahasa Inggris, lalu pilih menu “Perencana Kata Kunci” atau “Keyword Planner”. Seperti gambar yang anda lihat di bawah ini:

alat perencana kata kunci google adwords

3.  Selanjutnya, untuk memulai melakukan riset kata kunci maka tinggal klik tulisan “Telusuri kata kunci baru menggunakan frase…..”. Perhatikan gambar di bawah.

penelusuran kata kunci dengan adwords4.  Pada tahap ini anda akan melihat halaman dengan 3 kolom, silahkan isi kolom pertama dengan keyword yang kamu targetkan.

cara riset kata kunci dengan google Adwords Keyword PlannerKeterangan:

  1. Kolomg pertama yang ada tulisan “isi kata kunci di sini” silahkan kamu isi dengan keyword yang akan kamu riset, bisa satu kata atau lebih.
  2. Kolom kedua dan ketiga abaikan saja dan tidak perlu diisi, kecuali untuk keperluan toko online bisa juga memilih spesifikasi kategori yang tepat pda kolom ketiga di bawah.
  3. Penargetan : Pada menu ini ada beberapa pilihan yang harus kita pilih, yakni penargetan bahasa, negara, mesin pencari dan juga kata yang negatif atau tidak ingin disertakan di dalamnya. Tapi jika tidak ingin repot silahkan ikuti saja sesuai yang terlihat di gambar, caranya tinggal klik tulisannya, misalnya tertera tulisan “Bahasa Inggris” untuk bahasa pencariannya maka tinggal tekan saja dan pilih bahasa sesuai yang kamu inginkan.
  4. Terakhir, tinggal tekan tombol “Dapatkan Ide” yang berwarna biru yang berada persis di bawah halaman tersebut.

5.  Setelah masuk di halaman yang menampilkan grafik pencarian yang berwarna biru, nah pilih dulu menu “Ide Kata Kunci” yang ada di bawah grafik warna biru. Tujuannya, agar kata kunci yang tampil berdasarkan kalimat yang sering diketik, bukan berdasarkan pengelompokan pencariannya.

cara mencari keyword di adword keyword planner google

6.  Setelah itu, anda sudah masuk pada tampilah deretan kata kunci yang terkait dengan kata yang ingin kamu riset. Nah, untuk menampilkan secara berurut maka diperlukan beberapa pengaturan ringan lagi. Lihat keterangan di bawah gambar.

Cara Riset Keyword dengan Adword Keyword Planner / Cara Mengetahui Kata Kunci yang Sering Dicari DI GoogleKeterangan:

  • Penelusuran Bulanan Rata-rata” :  Menu dengan tulisan ini wajib anda klik jika ingin menampilkan susunan keyword mulai dari yang paling tinggi pencariannya hingga yang paling rendah. Menekan dua kali berarti membalik susunannya, yakni dari yang terkecil ke yang paling besar.
  • Lingkaran 1 ; Adalah deretan keyword yang sudah bisa kamu pilih untuk dijadikan judul dan pembahasan dalam artikel blogmu. Agar lebih sempurna bisa dengan menggabungkan dengan beberapa kalimat.
  • Linkaran 2: adalah jumlah pencarian rata-rata tiap bulannya di Google. Artinya, dari angka yang ditampilkan, misalnya 50.000 maka itu artinya keyword tersebut diketik di google sebanyak 50ribu kali dalam sebulan. Jadi bisa dirata-ratakan kurang lebih 1.600 kali pencarian tiap harinya. Ini termasuk jumlah yang besar sekali.
  • Lingkaran 3: merupakan harga iklan per kliknya, ini bisa digunakan untuk riset juga agar penghasilan dari per klik iklan di blogmu juga tinggi. Artinya dengan menulis atau menjadikan judul pada frase tersebut maka kira2 harga iklan per klik yang kamu dapat sekian.

Tuntas sudah anda belajar cara riset keyword sebagai cara mengetahui kata kunci yang paling sering di cari di mesin pencari, tinggal copy deretan kata tersebut kemudian simpan dalam file excel agar nanti lebih mudah dilihat jika diperlukan. Ada baiknya tulis dulu artikel yang paling banyak pencariannya kemudian turun ke yang paling sedikit. Pastikan juga gunakan penggunaan frase dalam bentuk sinonim karena ini jug amempengaruhi ranking dari blogmu, dan usahakan jangan mengulang-ulang kata terlalu berlebihan, dalam teknik seo yang sering Caraspot tekankan bahwa 3 pengulangan kalimat yang sama sebagai target kunjungannya sudah sangat memadai untuk mendapatkan ranking di halaman pertama Google.

B. Google Trends : Alternatif Cara Mengetahui Kata Yang Banyak Dicari di Internet

Jika ingin tahu tema apa saja yang paling ‘hot’ dalam pencarian google maka Google Trends adalah salah satu solusinya. Dengan tool ini kita bisa tahu tema kata apa saja yang sebulan ini, seminggu ini atau dalam setahun terakhir yang paling sering diketik di mesin pencari. Atau bisa juga dikatakan kalau alat ini adalah cara mencari kata kunci yang banyak di cari di internet berdasarkan waktu tertentu yang telah ditentukan. Fungsinya kurang lebih sama dengan yang di atas, yakni agar kita tahu tema terbaik apa yang diangkat dalam setiap postingan kita atau mungkin juga kalau mau buat toko online bisa paham produk yang paling laris di pasaran saat ini. Hanya saja, jika dibandingkan dengan Keyword Planner di atas, alat ini kurang bisa menampilkan dalam bentuk kalimat, jadi hanya kata utama atau frase pendeknya saja. Di samping itu, trend yang ditampilkan tidak disertai jumlah kunjungan rata-rata per bulannya. Tapi, so far, tool ini membantu sekali untuk manaikkan trafik blog kita. Nah, berikut penjelasannya:

Cara Cari Kata Kunci di Google Trends

Hanya ada beberapa langkah kecil untuk mengetahui keyword apa saja yang banyak dicari di internet bulan terakhir, tahun atau minggu ini.

1. Awalnya kamu harus login dulu di akun gmail-mu. Jika belum punya, belajar cara membuat email gmail dulu baru balik lagi ke halaman ini jika sudah membuatnya.

2. Selanjutkan ketik alamat ini di browser mozilla firefox atau pun Google Chrome : https://www.google.co.id/trends/hottrends

3. Jika Anda telah berhasil masuk dan mengetikkan salah satu kata kunci yang kamu cari maka tampilannya akan seperti gambar di bawah. Sebagai contoh kata kunci maka saya mengetikkan frase “cara membuat” dan hasilnya seperti ini.

contoh kata kunci google trends

Ada beberapa keterangan yang disertakan dari hasil pencarianmu, di antaranya adalah :

a. Minat seiring dengan waktu

Pada menu ini akan ditampilkan grafik jumlah peningkatan pencariannya setiap tahunnya, apakah menurun atau meningkat. Jika terlihat penurunan mungkin anda harus cari alternatif lain dengan mengetikkan susunan kata yang berbeda.

b. Minat Kawasan

Di sini akan ditampilkan daerah atau negara mana saja yang banyak mencari contoh kata kunci tersebut, biasanya hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk persentase dan yang paling atas adalah yang paling terbaik yang mana ditampilkan dengan angka 100.

c. Penelusuran Terkait

Pada hasil yang ditampilan pada bagian ini sudah tampak kata, frase atau kalimat apa yang paling sering diketikkan di google, dan karena contoh yang kita ambil adalah frase “cara membuat” nah hasil yang ditampilkan yang paling atas adalah cara membuat blog sebagaimana juga telah ditulis dalam blog ini, di urutan kedua dan ketiga diikuti oleh Facebook dan Kue. Ada dua cara dalam melihat hasilnya, yakni dengan mengklik tulisan “Teratas” yang ada di menu atasnya atau yang lagi “Naik Daun” yakni kaeyword yang terbaru yang paling populer saat ini.

Ini dulu ya…..kalau ada yang kurang jelas soal Cara Riset Keyword dengan Adword Keyword Planner / Cara Mengetahui Kata Kunci yang Sering Dicari DI Google, jika ada penjelasan yang kurang dimengerti silahkan berkomentar di bawah. Kami juga minta bantuannya agar panduan ini dishare di akun facebook atua pun twitter mu biar banyak yang baca dan kamu pun dapat amal darinya. Yang jelas, dalam mencari katakunci yang paling populer tidak bisa asal menerka saja, kita harus punya alatnya dan kebetulan karena Google adalah yang paling banyak digunakan di dunia saat ini sehingga mau tidak mau tools yang diciptakan olehnya sendiri yang juga harus kita pakai, ya alasannya jelas, karena algoritma yang mereka buat langsung terhubung dengan mesin telusrnya.

About The Author

Comments

  1. Damar

    Coba deh kombinasikan sama keyword revealer jadi makin matab soalnya keyword revealer support data dari Moz :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *