Resep Kue Putri Salju Bertabur Gula Tepung ini sering kali menjadi salah satu kue kering yang banyak disajikan di hari raya, itulah sebabnya banyak juga yang mengatakan ini sebagai kue lebaran. Yang unik dari kue berjenis butter cookies ini adalah karena diluarnya diberi balutan dari gula pasir yang telah dihaluskan atau banyak juga yang menamainya dengan gula donat karena umumnya kue donat juga diberi balutan gula halus diluarnya, pengganti dari cokalat dan messis. Adapun bentuknya sangat beragam mulai dari bibuat oval pipih hingga ada pula yang dibuat seperti jambu mete layaknya bulan sabit. Penamaan putri salju sendiri diambil dari bentuknya yang dibaluti gula tepung layaknya salju yang berwarna putih bersih.

Sebenarnya kue kering putri salju ini hanya variasi saja dari berbagai kue lebaran yang pernah dibahas di sini, yang membedakan hanya bagian luarnya saja yang diberi balutan seperti seorang putri yang tertimbun salju. Untuk variasi kadang juga ada yang menambahkan gilingan kacang tanah di dalamnya untuk menambah rasa garingnya. Yang lebih unik lagi ada yang membuatnya dengan tambahan warna hijau beraroma pandan sehingga muncullah varian baru bernama putri salju pandan.

Resep Kue Putri Salju

Di sini kita memilih jenis yang menggunakan tambahan jambu mete di dalamnya sebagai variasi untuk warna dan rasa kuenya, sangat berbeda dengan kue kering keju, dan kue kering kacang yang telah di bahas sebelumnya. Adapun gula yang digunakan kurang lebih 100 hingga 125 gram yang sudah dalam bentuk halus. Anda bisa menggunakan blender khusus untuk penghancur yang bentuknya kecil. tapi walau demikian tetap juga harus diayak dulu agar tak ada kotoran yang bercampur karena bisa mempengaruhi warnanya yang tidak lagi putih bersih.

Bahan kue:

  • 150 grm kacang medeyang telah matang dan dihancurkan hingga menjadi butiran kasar. Ini bisa diganti dengan kacang tanah yang lebih murah.
  • 1/4 sdt garam halus
  • 200 grm mentega margarin yang masih baru
  • 75 grm gula tepung
  • 1 btr telur, kuningnya saja.
  • 1/4 sdt pasta rasa vanila
    300 grm tepung terigu dengan kandungan protein rendah

Bahan balutan salju:

125 gram gula halus atau gula donat. Sesuai yang disarankan di atas, usahakan sudah diayak.

Cara Membuat Putri Salju:

  1. Mulai dengan mengocok margarin yang telah disediakan bersama dengan garam dan juga gula tepung, serta pasta rasa vanila selama kurang lebih 2 menit lamanya atau hingga terlihat sudah lembut.
  2. Kemudian masukkan kuning telur lalu kocok hingga rata lagi.
  3. Tambahkan tepung terigu sambil terus diayak dan juga diaduk rata. Bisa juga diayak dulu kemudian dimasukkan sedikit demi sedikit sambil dicampur rata.
  4. Masukkan kacang mede yang telah dicincang atau dihancurkan dan aduk lagi hingga tercampur rata.
  5. Jika telah kalis maka selanjutnya bentuk sesuai selera, bisa dengan pipihkan atau diratakan kemudian dicetak menggunakan alat yang terbuat dari seng atau bisa juga langsung dibuat seperti bulatan atau bulan sabit. Ada juga yang langsung meletakkan di atas adonan dan dibentuk sesukanya. Tapi terlebih dahulu, olesi loyang dengan margarin agar kue putri salju mudah dinagkat saat telah matang.
  6. Panaskan dulu Oven di atas kompor, setelah panasnya rata, masukkan kuenya dan atur suhunya hingga kurang lebih 140 derajat dan panggang hingga 25 menit hingga kue putri salju terlihat matang dan kering.

Untuk menambah pengetahuan soal kue lebaran, kamu bisa belajar cara membuat kue nastar juga yang bahannya tentu berbeda dengan yang di atas.

Tips:
  1. Usakan menggunakan gula yang kering betul karena akan mempengaruhi tampilan luar kue saljunya. Gula yang tidak terlalu kering akan terlihat menempel dan tidak gembur dan tidak mirip dengan salju sebagaimana umumnya.
  2. Selagi kue masih panas dan baru diangkat dari oven maka langsung guling-gulingkan di atas gula agar panas dari permukaan kue tersebut membuat gula mudah menempel.
  3. Jangan menutup kue yang masih panas karena bisa membuat gulanya tidak tampak seperti salju tapi meleleh semua dan akan membuat tangan lengket saat dimakan.
  4. Agar dapat tahan lama, letakkan kue putri salju di tempat tertutup yang tidak terlalu panas dan juga dingin, seperti dalam lemari kayu dan selainnya.
  5. Oleskan margarin secukupnya dan jagan terlalu tebal karena akan membuat kue tampak berminyak.
  6. Lengakpi pengetahuan anda soal aneka kue kering lebaran lainnya, seperti kue coklat, keju dan kacang.
Cara berbisnis kue kering

Bisnis kue kering bisa dijalankan siapa saja, apalagi dari ibu rumah tangga yang tidak mempunyai kesibukan lain selain mengurus anak dan melayani suami. Caranya menajalankannya pun tidaklah serumit membuat usaha home industri pada umumnya.  Berikut beberapa tipsnya:

Produksi

Untuk membuatnya kita bisa memanfaatkan ibu rumah tangga sekitar yang tidak mempunyai pekerjaan tetap atau kalau mau meniru gaya bisnis orang Cina maka bisa juga mempekerjakan anak yang putus sekolah, asalkan sudah berusia dewasa.

Gaji Karyawan

Untuk membayar gaji karyawan yang membuat kue putri salju atau kue kering lainnya maka bisa dengan sistem per produk yang berhasil dibuat, misalnya tiap satu toples dihargai 10 persen dari harga jualnya. Jika sudah jalan hingga beberapa bulan dan keuntungan perbulannya sudah diketahui maka selanjutnya bisa dengan sistem minggu atau bulanan dengan sistem target kerja.

Permodalan

Anda bisa mengikuti gaya orang cina dalam berbisbis, bisa dengan meminjam uang dari banyak dengan jaminan sertifikat rumah atau kendaraan atau pun menjual langsung barang berharga yang dimiliki seperti emas dan lainnya. Umumnya banyak akan mudah memberi pinjaman jika usia usaha telah berjalan minimal 2 tahun.

Pemasaran

Usaha kue kering seperti kue putri salju dan lainnya ini mungkin mudah dibuat tapi yang menjadi kendala adalah bagaimana cara memasarkannya. Nah, Caraspot punya saran baik soal ini, anda bisa menggunakan jasa distributor makanan yang pemasarannya hingga supermarket dan minimarket. Atau jika mau lebih simple maka cukup pekerjakan orang yang mempunyai sepeda motor dan bersedia menitipkan di berbagai toko klontong dengan gaji pertarget yang diselesaikan.

Di atas adalah sedikit tips pemasaran bagi yang mau menjadikan kue kering putri salju ini sebagai lahan mencari nafkah. Ini kami sampaikan karena sudah sangat banyak yang berhasil dan bahkan mengalahkan gaji suaminya yang kerja 8 jam perharinya. Selain itu, pemasaran lewat internet juga sudah sangat memadai dan bahakan tanpa biaya sama sekali jika kita menggunakan bantuan jejaring sosial seperti facebook dan lainnya.

Bisa dibilagn Resep Kue Putri Salju ini tidak terlalu sulit untuk dibuat, apalagi cara dan bahannya hampir sama dengan kue kering lainnya. Hanya saja yang membedakan adalah dari lapisan luarnya yang dibaluti gula halus. Bentuk yang lazim dan banyak ditemui di pasaran adalah yang bentuknya oval dan yang mirip bulan sabit. Beberapa kreasi lain juga telah diciptakan, misalnya ada juga yang dibuat dua warna yang mana separuhnya berwarna coklat dan setengahnya lagi tetap dengan warna klasik, yakni putih kekuningan. Disarankan pula jangan menggunakan gula terlalu banyak pada balutannya karena akan terlihat kotor dan membuat bentuk kuenya tidak terlihat. Untuk itu disarankan setiap kali selesai menggulung-gulungkan dalam adonan agar dipukul-pukulkan di tepi piring agar taburannya terlihat rapi.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *