Ada banyak pertanyaan soal ini, mulai dari cara forward email gmail ke alamat email lainnya atau cara redirect email google kea kun email yang lain atau pun cara meneruskan atau mengirim otomatis pesan masuk ke email lain, ya kurang lebih seperti itu pertanyaannya. Yang jelas, tutorial ini sebagai solusi bagi yang punya banyak account tapi hanya mau buka satu akun untuk membaca inbox dari akun lainnya.

Forwarding inbox ke google mail yang lain tujuannya agar kita tetap bisa membaca semua email yang masuk tanpa harus membuka semua akun gmail yang kita miliki dan tentunya tanpa menghapus alamat email lama kita.

Istilah ini sering juga disebut dengan redirect atau mengarahkan langsung secara otomatis inbox dari satu account ke alamat email lainnya atau disebutkan juga meneruskan, tentunya dengan pengaturan tertentu yang telah dijelaskan dari google.

Sering kali ada yang bertanya bagaimana mengganti alamat email yang sudah dibuat, saya kira inilah solusinya karena sebenarnya kalau sudah terlanjur dibikin maka sama sekali tidak bisa diubah, dan bila terlanjur terkenal maka sebenarnya bukan dengan menutup atau menghapusnya tapi cukup buat baru dan arahkan kesitu setiap kali menerima pesan.

Cara Forward Email Gmail ke Email Lainnya

Hanya ada beberapa tahap untuk bisa menyelesaikan langkah ringan ini yang tentunya anda harus bisa login pada dua email yang dimiliki.

Perlu diketahui juga bahwa setelah setting dilakukan maka harus dilakukan konfirmasi pada email redirect bersangkutan sehingga akun yang aktif harus ditutup dulu lalu dibuka lagi setelahnya.

Sebelum ini kamu juga bisa baca panduan dasar cara mengirim email lewat yahoo dan gmail jika misalnya anda belum pernah melakukannya sama sekali.

Berikut cara redirect otomatis yang dimaksud:

  1. Mulai dengan membuka akun Gmail kamu via komputer, yakni yang akan dipilih untuk meneruskan pesan masuknya ke email lain. Tentunya di sini kamu harus sudah buat email baru dan login.cara forward email ke email lain
  2. Lihat di bagian atas, ada tanda seperti roda bergerigi, nah tinggal kamu klik lalu pilih “Setelan” (seperti gambar di samping)
  3. Berikutnya, setelah muncul halaman pengaturannya, maka menu bagian atas yang horizontal kamu pilih menu “Penerusan dan POP/IMAP
  4. Selanjutnya, di bagian “Penerusan” silahkan klik seperti tombol yang tulisannya “Tambahkan alamat penerusan
  5. Berikutnya akan muncul halaman Popup (melayang) kecil, tinggal ketikkan alamat email yang akan menerima penerusan atau redirect pesan.
  6. Nah, tinggal ikuti perintahnya, yakni klik ‘Berikutnya’, lalu klik lagi ‘Lanjutkan’, dan terakhir ‘Oke’.
  7. Dan untuk bisa mengaktifkannya maka kamu harus login ke email lain yang akan menerima forwarding tersebut. Itu artinya kamu harus tutup dulu akun yang akan diarahkan atau bisa juga buka browser lain. Dan setelah masuk tinggal klik link verivikasi yang dikirim ke alamat email yang yang dipilih untuk meneruskan pesan.
  8. Selanjutnya, kembali buka lagi ke laman setelan akun Gmail yang pertama yang ingin kamu gunakan untuk memforward pesan, lalu segarkan browser-mu.
  9. Lakukan kembali seperti langkah 2 dan 3 di atas, lalu pada pilihan centang kamu pilih untuk mengaktifkannya dan pilih “Teruskan salinan surat masuk kepada”.
  10. Pilih juga di bawahnya “Simpan salinan Gmail di Kotak Masuk”.
  11. Terakhir, langsung ke bagian paling bawah dan klik tombol “Simpan Perubahan”.

Cara Menonaktifkan Penerusan Email Otomatis

Terkadang mungkin anda ingin stop pengaturannya dan tak mau lagi meredirect pesan dari email tertentu ke email gmail lain, maka yang harus dilakukan adalah menonaktifkannya agar tidak secara otomatis lagi terkirim ke akun lainnya. Berikut stepnya:

  1. Masuk pada akun yang telah diatur
  2. Seperti langkah 2-3 diatas, di bagian kanan atas, klik tombol setelan kecil seperti roda bergerigi.
  3. Lalu pilih Setelan.
  4. Dan Klik lagi tab Penerusan dan POP/IMAP.
  5. Terakhir, di bagian “Penerusan”, kamu tinggal klik Nonaktifkan penerusan. Dan selesai sudah prosesnya.

Perlu diketahui juga bahwa ini hanya berlaku untuk pesan inbox sedang yang masuk spam sama sekali tidak bisa diteruskan, sesuai dengan yang dilansir google sendiri.

Selain itu, pengaturan atau setting ini hanya bisa dilakukan lewat web menggunakan komputer PC dan tidak bisa dengan aplikasi di HP android maupun OS lainnya.

Tujuan lain dari cara ini adalah kita bisa menyembunyikan account kita yang sebenarnya karena setiap profil google yang kita miliki pada dasarnya bisa dilacak, terutama untuk blogger, sehingga dengan hanya memperlihatkan yang bukan email utama kita dan meredirectnya atau memforwarding nya ke yang sesungguhnya maka hal tersebut akan lebih aman.

Jika anda merasa kurang paham melakukan sendiri cara forward email gmail ke email lain maka jangan sungkan minta bantuan kami karena pasti kami bisa membantu melakukan redirect akun anda kurang dari 5 menit.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *