Contoh pertanyaan interview bahasa Inggris ini penting sekali buat yang mau melamar di perusahaan asing, baik yang berada di luar negeri atau yang berdomisili di Indonesia sekalipun. Umumnya mereka mensyaratkan pelaksanaan interview dengan bahasa Inggris karena sekalipun pabrik atau perusahaannya berada di sini tapi rekan bisnis dan pemasarannya masih dilakukan ke luar negeri, dalam hal ini Ekspor. Terkadang juga, karena lingkungan kerja yang umumnya banyak orang asing jadi si pencari kerja disyaratkan harus bisa bahasa Inggris minimal pasive atau bisa paham omongan orang dan juga tau membaca dokumen dengan bahasa tersebut. Tapi asal tahu saja bahwa agar bisa lolos dalam tahap seleksi ini tidak mesti seseorang yang melamar pekerjaan harus mahir bercakap dengan bahasa asing ini, tapi cukup paham apa yang dikatakan dan kemudian tinggal bahasakan dengan kalimat yang kamu buat sendiri. Intinya yang penting mereka paham penjelasanmu. Tapi sekalipun demikian tetap saja dibutukan sedikit usaha untuk menghafal beberapa kaidah dan kosa kata ringan yang akan digunakan bercakap nantinya.

Bahasa Inggris sebenarnya mudah sekali untuk dipelajari, terutama soal kemampuan Struture dan Grammar, bahkan guru saya dulu selalu mengatakan bahwa untuk bisa menguasai kaidah dalam bahasa Inggris hanya butuh waktu 3 bulan saja. Selebihnya tinggal menghafal vocabullary saja setiap harinya, tak usah banyal-banyak, cukup 5 kata saja dalam sehari maka dalam jangkah waktu setahun kamu sudah bisa menghafal kurang lebih 1800 kosa kata. Sedangkan kalau kita bicara soal kemampuan speaking itu sendiri, sebenarnya untuk bisa bercakap menggunakan bahasa Inggris sehari-hari hanya dibutuhkan minimal 3000 vocab yang sudah dihafal di luar kepala. Ini artinya, kalau Anda memang mau meluangkan waktu kurang lebih 1 jam saja sehari untuk mempraktekkan 5 kata asing (jadi tidak perlu menghafal lho, karena kalau langsung dipraktekkan dalam bentuk kalimat maka otomatis akan dihafal juga nantinya) maka bisa dibilang hanya dalam waktu kurang dari 2 tahun anda sudah ‘bisa’ (belum mahir) menggunakan bahasa asing dalam percakapan sehari-harimu.

Contoh Pertanyaan Interview Bahasa Inggris dan Jawabannya

pertanyaan interview dalam bahasa inggris beserta jawabannya dan artinya

Beberapa pertanyaan wawancara kerja di bawah Caraspot terjemahkan langsung biar lebih mudah dipahami sekaligus diberikan beberap alternatif jawaban yang mungkin digunakan ketika sedang menjalani tes, ya ini sebenarnya salah satu tahapan test untuk masuk kerja, hanya saja biasanya diletakkan di tahap paling akhir setelah semua ujian tertulis dilewati. Bentuk percakapan interview bahasa Inggris di bawah bisa dibilang sangat sederhana, hanya saja yang penting dicatat dan kalau perlu dihafalkan adalah jawabannya karena di sinilah kita bisa tahu apa yang harus dikatakan nantinya, selain itu paham arti dari setiap pertanyaan juga langkah untuk mengetahui bagaimana seharusnya kita memberi jawaban dari pertanyaan tersebut.

Sebelum lanjut baca dulu : Contoh Pertanyaan Interview dalam Bahasa Indonesia

I : Okay! Please, could you Introduce your self briefly?

(Baiklah, tolong perkenalkan dirimu secara singkat!)

A : My name is Ali, I am twenty two years old. I have graduated from a university majoring in tourism. Even though I am not from English Departement, I still can speak english well. Now, my activities are teaching for  my neighbors privately who ever will study about English and writing on my personal blog as well.

(Nama saya adalah Ali. Saya saat ini berumur 22 tahun. Saya telah lulus kuliah dari salah satu universitas dalam bidang Pariwisata. Sekalipun saya bukan dari jurusan Bhs. Inggris tapi saya masih bisa bercakap dengan bahasa Inggris dengan baik. Aktivitas saya saat ini adalah mengajar untuk tetangga saya yang ingin belajar tentang bahasa Inggris dan juga menulis di blog pribadi saya.)

Selain yang disebutkan di atas kamu juga bisa menambah keterangan lain seperti apa saja yang kamu lakukan selama ini menyangkut bagian yang kamu lamar karena ini baik sekali untuk membuka peluang kamu agar lebih mudah diterima penguji. Dan karena ini awal maka usahakan bicara dengan lantang dan dengan rasa percaya diri yang tinggi.

I : What departement do you apply and why do you interested on it?

(Bagian apa yang Anda lamar dan mengapa anda tertarik dengan bagian/posisi tersebut?)

A : I Interested on that working because I have experience about it and I have do it for long time. So If this company receive me to be one of its employee I can work better than other candidate because I am more expert and more experienced .

(Saya tertarik pada pekerjaan tersebut karena saya telah berpengalaman mengenai itu dan saya pun telah melakukan / menjalani pekerjaan tersebut dalam waktu yang lama. Jadi, jika perusahaan ini menerima saya untuk menjadi salah satu karyawan maka saya tentunya akan bekerja lebih baik dari kandidat lainnya karena saya lebih ahli dan lebih berpengalaman)

Pada pertanyaan interview kerja di atas kamu diminta memberitahukan posisi apa yang kamu lamar dan mengapa kamu suka dengan posisi tersebut. Nah di sini kamu harus memberikan jawaban yang positif untuk meyakinkan interviewer atau penguji, yakni dengan memberitahukan bahwa kamu lebih bisa diandakan karena memiliki banyak pengalaman di bidan tersebut dan juga tentunya lebih ahli dari calon pelamar lainnya.

Baca dulu: Tips Mudah Lolos Interview

I : Why did you leave your latest job?

(Mengapa Anda meninggalkan / keluar dari pekerjaan sebelumnya?)

A : Because My family and I move from my previous home to this city so thats way I must resign from my current job.

(Karena keluarga saya dan saya pindah dari rumah sebelumnya ke kota ini jadi itulah sebabnya saya harus mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya.)

Pertanyaan soal alasan keluar dari tempat kerja sebelumnya adalah untuk mengetahui bahwa apakah kamu keluar bukan karena telah melakukan kesalahan sehingga dikeluargan secara tidak hormat, karena bila itu terjadi sudah pasti kamu juga tidak akan diterima di perusahaan yang kamu lamar saat ini. Maka dari ituberikanlah jawaban yang sedapat mungkin tidak memberi penilaian negatif pada dirimu, bisa juga karena alasan perusahaan sebelumnya bangkrut dan harus mem-PHK-kan sejumlah besar karyawannya, termasuk saya. (because my previous workplace has been bankrupt and unfortunately he must dismiss many of his employee, including me)

I : When were you most satisfied in your work?

(Kapan anda merasa sangat puas dengan pekerjaan anda)

A : Actually I always satisfied with my job, even every day I feel it. But when I can reach my target continually every day and every month in a year I really satisfied with it.

(Sebenarnya saya selalu merasa puas dengan pekerjaan saya dan bahkan setiap hari saya merasakan hal yang sama. Akan tetapi ketika saya dapa mencapai target saya secara kontinyu setiap hari dan setiap bulan dalam setahunnya maka saya sungguh sangat puas dengan itu.)

Jika diamati sepintas mungkin anda akan merasa mudah menjawabnya karena hanya ingin tahu soal perasaan kamu dengan pekerjaanmu, tapi sebenarnya tidak. Pada pertanyaan interview kerja dalam bahasa Inggris ini si penguji ingin tahu apakah kamu orang yang memiliki kepribadian yang selalu bersemangat setiap harinya, karena ini sangat mempengaruhi kinerja seseorang, terutama dalam mencapai target. Asal anda tahu, ini saya dapat dari pengalaman kerja sebelumnya, ternyata umumnya perusahaan senang dengan orang yang kerjanya selalu sesuai dengan target yang ditetapkan dan tidak senang dengan orang yang kadang target kadang tidak, walau sesekali dia sering mencapai hasil kerja yang sangat tinggi. Karena kondisi kepribadian orang yang keberhasilannya kadang-kadang bisa menandakan bahwa ia orangnya tidak fokus, mudanya selalu berubah, kurang kreatif dan sebagainya.

What are your strengths and weaknesses, please specify each of three!

(Apa saya kelebihan dan kekuranganmu, tolong sebutkan masing-masing 3!)

My strengths are, namely: I was meticulous and careful in work, I love to learn new things and I always do things on time. My weaknesses are, namely : I am always too excited when working so sometimes forget the time, I am too eager pursuit my goals so It always make me over action, and I am not pleased to work slowly, causing me always in a hurry every doing something.

(Kelebihan atau kekuatan saya adalah saya teliti dan berhati-hati dalam bekerja, Saya senang belajar hal-hal yang baru, dan Saya selalu mengerjakan sesuatu tepat pada waktunya. Adapun kelemahan saya adalah I selalu terlalu bersemangat ketika bekerja sehingga terkadang lupa waktu, Saya terlalu bersemangat mengerjar cita-cita saya sehingga hal tersebut membuat saya terlalu berlebihan dalam bertindak dan saya tidak senang bekerja lambat sehingga terkadang membuat saya terburu-buru setiap kali mengerjakan sesuatu.)

Pada pertanyaan interview dalam bahasa Inggris di atas kamu diminta menjelaskan apa saja kelebihan dan kekuranganmu. Kalau bicara soal kelebihan mungkin gampang saja kita menyebutkannya satu per satu, hanya saja yang jadi masalah kalau harus menyebut kekurangan sendiri, nah dalam keadaan seperti itu anda juga harus pintar-pintarnya mengolah kata dan kalimat sehingga walau menyebut kekurangan tetap saja akan ada nilai positifnya dimana interviewer, ya sebagaimana disebut di atas misalnya terlalu bersemangat mengejar cita-cita sehingga membuat diri anda terkadang over dalam melakukan sesuatu, dengan begini tetap saja ia akan menilaimu kalau kamu orangnya bersemangat dan layak dijadikan karyawan diperusahaan tersebut.

Why should we hire you?

(Mengapa kami harus memperkerjakan Anda, atau dengan terjemahan bebas: Alasan apa yang menjadikan kami tertarik memperkerjakan Anda?)

Because I have many I have sufficient experience and even more in this field. And approximately, during the last 10 years I am struggling and work in this field to meet the needs of my family.

(Karena saya mempunyai pengalaman yang cukup dan bahkan lebih dalam bidang ini. Dan kurang lebih selama 10 tahun terakhir ini saya berjuang dan bekerja dalam bidang ini untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya)

Jawaban dari pertanyaan interview bahasa Inggris di atas soal alasan kuat apa yang bisa menyebabkan Anda dijadikan salah satu karyawan di perusahaan tersebut diusahakan menunjukkan bahwa anda betul-betul percaya diri menempati posisi dari lowongan yang tersedia. Karena dengan melakukan ini berarti anda menunjukkan bahwa memang andalah yang paling layak diterima di banding yang lainnya, terlebih lagi kalau memang ada pengalaman berkaitan dengan bidang tersebut. Intinya, berusahalah meyakinkan interviewer agar ia betul-betul yakin bahwa tidak aada kandidat lain lebih pantas selain anda.

How much salary do you want in every month?

(Berapa banyak gaji yang kamu inginkan tiap bulannya?)

I am expecting to get 2 Million Rupiahs per month

Jika ingin memperlihatkan bahwa kamu orangnya tegas saat ditanya soal gaji dalam pertanyaan wawancara bahasa Inggris ini maka kamu bisa langsung menyebut angkanya, tapi bila tidak ingin menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang terlalu tinggi standar permintaannya atau mungkin akan dicurigai sebagai orang yang banyak maunya maka cukup sebut saya kalau hal tersebut saya serahkan pada aturan manajemen perusahaan atau bisa juga bilang sesuai standar upah minimum pemerintah kota saja, juga akan lebih simple dan penguji pun bisa lebih mudah mengetahui berapa jumlah yang anda inginkan sebelumnya.

Daftar Pertanyaan Untuk Job Interview  yang Umum Ditanyakan dan Artinya:

Berbeda dengan beberapa pertanyaan sebelumnya, percakapan interview di bawah adalah semua pertanyaan yang mungkin muncul yang sifatnya bukan ujian atau sekedar mengetes diri anda, tapi memang karena ingin mengetahui secara pasti dari diri anda yang sebenarnya dalam bentuk interview perkenalan bahasa Inggris, gunanya adalah untuk memastikan bahwa antara data lamaran dengan jawaban anda sesuai dan tidak ada kesalahan.

Simak juga : Belajar Cara Mengetik 10 Jari Agar Mudah diterima di Perusahaan Asing

  • What is your name? – Siapa nama Anda?
  • What the name of a university did you graduate from ? Apa nama universitas tempat kamu kuliah/lulus?
  • Do you have any job experiences before? What is that? Apakah Anda punya pengalaman kerja sebelumnya? Pengalaman apakah itu?
  • How long did you work at your current job? Berapa lama Anda bekerja pada pekerjaan anda yang terakhir?
  • What do you think about our business? Bagaimana menurumu mengenai bisnis yang kami jalankan?
  • Do you have any other skill that suitable with your field? Apakah kamu punya kemampuan lain yang berkaitan dengan bidangmu?
  • Do you have any strategies to increase our business income? Apakah kamu punya startegi lain untuk meningkatkan pendapatan bisnis kami?
  • What is your father job now? Apakah pekerjaan bapakmu saat ini?
  • What course did you attend? Kursus apa yang pernah kamu ikuti?
  • Could you mention any computer software that you expert in it? Bisakah kamu menyebutkan software komputer apa saja yang kamu kuasai?
  • Can you work with a team and under pressure? Bisakah kamu bekerja dalam team dan di bawah tekanan?
  • When will you start working? Kapan kamu mau mulai bekerja?
  • Have you question about this job? Apakah kamu mempunyai pertanyaan mengenai pekerjaan ini?

Itulah sekian banyak contoh pertanyaan interview bahasa inggris dan artinya yang bisa anda pelajari. Akan jauh lebih baik kalau dipahami saja kata-katanya kemudian coba menyusun kalimat sendiri yang walau tidak persis sama tapi maksudnya sama. Tujuannya apa? Jadi saat wawancara telah berlangsung kamu tidak akan khawatir akan lupa apa kata-katanya karena maksudnya sudah ada di luar kepala dan tinggal dibahasakan sedikit saja sudah jadi satu kalimat yang pasti pengujinya akan tahu apa maksudnya. Tapi sekalipun begitu kamu juga harus punya persiapan yang lebih matang soal vocabullary (kosa kata bahasa Inggris) yang sesuai dengan bidang yang akan dibicarakan, sebagaimana dikatakan di atas bahwa modal utama untuk bisa melakukan percakapan adalah minimal ada 3000 kata diluar kepala yang sudah dikuasai, dan kalau meminjam teknik yang Caraspot share di atas tentu tidak butuh waktu 2 tahun untuk mencapainya. Gampang kan? So…what’s your action!

About The Author

Comments

  1. Hosting

    Kebanyakan pertanyaan dalam sebuah wawancara mengarah ke kepribadian, mengapa demikian? Karena pewawancara ingin mengetahui seberapa jauh talon pekerja tersebut, apakah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan atau tidak. Dan juga seberapa besar motivasinya untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *