Bingung antara memilih menggunakan blogger/blogspot atau wordpress? Nah, lebih baik simak informasi lengkap mengenai perbedaan antara WordPress dengan Blogger/Blogspot agar anda bisa memutuskan mana CMS yang sebaiknya digunakan untuk membuat website atau blog berbagi. Yang jelas, setelah membaca artikel di bawah semua kembali pada pribadi masing-masing pembaca karena baik tidaknya tergantung selera dan prioritas fitur yang kita inginkan. Penulis Caraspot pribadi juga dulunya lebih tertarik menggunakan blogger karena selain alasan lebuh mudah digunakan juga karena layanannya full gratis dan unlimited, baik space maupun bandwidthnya.

Penulis mungkin bisa mengatakan bahwa jika tujuannya hanya untuk membuat company profile atau blog sederhana yang full hanya untuk sharing pengalaman dan info yang berkaitan dengan keahlianmu maka sebaiknya pakai blogspot saja, tapi bila untuk tujuan blogging yang lebih profesional yang mana tujuannya bukan hanya untuk menulis artikel semata tapi juga untuk membangun komunitas, membuat bisnis afiliasi, toko online bersama yang bisa dikelola banyak user, layanan membuat group dan lain sebagainya maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan blog berbasis WordPress karena dengan bantuan plugin yang beragam kita bisa membuat jenis website apa saja.

Perbedaan antara Blogspot dan WordPress

Ada banyak sekali item yang bisa kita bahas jika tujuannya hanya untuk membandingkan antara blogger dengan WordPress, mulai dari artikel, komentar, widget, SEO, dan lain sebagainya. Pilihan anda sudah tentu tergantung pada spesifikasi apa yang diinginkan. Jika mau yang simple sudah pasti pilih si blogspot, tapi jika maunya yang lebih keren dengan banyak variasi maka WordPress lah jawabannya. Nah berikut detailnya:

Penjelasan artikel ini adalah bagian dari Tutorial Cara Membuat Website Sendiri (silahkan baca juga)

1.  Widget/Plugin

Blogger menggunakan istilah Widget untuk aplikasi ringan tambahan dalam blognya, sedang WordPress menggunakan istilah Plugin. Dari segi jenis, jelas wordpress jauh lebih unggul untuk ini karena hampir ratusan ribu bahkan jutaan developoer menyediakan beragam plugin untuk kebetuhan manajemen website/blog wordpress, baik itu gratis atau pun berbayar, misalnya plugin tombol share popup, berlangganan newsletter, tombol share melayang disamping dan dibawah artikel, redirect ke halaman lain dan sebagainya. Selain itu, keunggulan wordpress dalam hal plugin ini sangat menonjol jika dilihat dari fungsinya yang beragam, misalnya saja kita bisa melakukan update jejaring sosial secara berkala dan secara otomatis dalam jam tertentu yang diinginkan yang tujuannya untuk menaikkan trafik, plugin untuk membatasi jumlah login dalam admin, mengatur posisi iklan di tengah artikel, membuat forum online, buku tamu, group dan lain sebagainya yang sudah pasti tidak bisa dilakukan jika kita hanya menggunakan blogger atau blogspot saja.

2.  Soal SEO Friendly tidaknya

Mengenai SEO Friendly tidaknya atau mudah tidaknya blog masuk halaman pertama Google antara menggunakan Blogger dengan WordPress sama sekali tidak ada hubungannya, karena Google selama ini, selaku pemilik Blogger.com, tidak pernah memberikan klarifikasi mengenai ini bahwa jika menggunakan produk mereka (blogspot.com) akan lebih mudah terindeks. Sekalipun mungkin ada beberapa fitur di dalam keduanya yang masing-masing punya pengaruh dalam kualitas SEO sebuah blog, seperti pada Template maupun kategorinya yang juga jadi salah satu penjelasan kami di bawah.

3.  Template / Theme

Satu lagi yang menonjol dalam perbedaan antara blogspot dan wordpress ini, yakni skin atau tampilan blog untuk Blogger menggunakan istilah Template, sedang untuk WordPress menggunakan istilah Theme. Mencari template gratisan untuk blogspot memang lebih mudah dibanding kita mencari theme untuk wordpress karena umumnya disediakan yang berbayar dan kalau pun ada yang gratis cenderung tidak menarik. Tapi ada beberapa perbedaan yang mengunggulkan wordpress dalam hal ini yang mana Theme WordPress bisa diupdate ke versi yang telah diperbaharui tanpa harus mengganti yang baru sehingga lebih segar dan menampilkan tampilan yang baru, sedang dalam Template blogspot tidak bisa diperbaharui kecuali dengan diganti yang baru yang mana ini membutuhkan waktu untuk mengedit ulang templatenya, belum lagi menurut banyak master Seo bahwa mengganti template bisa mengakibatkan blog jadi down, terutama dari segi trafiknya.

4.  Setting atau Pengaturan blognya

Harus diakui bahwa menggunakan blogspot jauh lebih mudah dan simple penggunaannya. Ini juga yang jadi alasan kenapa lebih banyak pemula senang menggunakan blogger atau blogspot, seperti untuk menambahkan kode dalam html template-nya kita cukup melakukan search dan kodenya bisa langsung ketemu karena semua terhimpun dalam satu halaman kode html saja, sedang wordpress masing-masing dipisahkan satu sama lain antara kode untuk header.php, footer.php, plugin dan lainnya, sehingga untuk mencari pengaturan umum di dalamnya kadang lebih sulit, apalagi kode yang ditampilkan terkadang tidak sama ketika kita melihat page info-nya dari browser.

5.  Jika terjadi Error

Jika kamu tidak punya banyak waktu mengelola blog wordpress lebih baik gunakan blogspot saja karena bisa dibilang pakai blogspot hampir tak mengenal kata ‘error’ dan kalau pun terjadi kesalahan dalam kode templatenya ia masih bisa tetap online dan halaman lain tetap masih bisa dibuka. Berbeda jika menggunakan wordpress, ada salah pengkodean sedikit saja ia bisa langsung error dan terkadang sama sekali tidak bisa dibuka dan hanya menampilkan halaman putih saja. Repotnya lagi, jika masalahnya tidak ditemukan dalam blognya langsung maka kita harus masuk ke bagian Cpanel hostingnya yang mana pada bagian tersebut butuh pengetahuan yang cukup agar bisa mencari pokok masalahnya.

6.  Word Counter

Dalam WordPress tersedia penghitung jumlah kata di bawah kolom penulisan artikelnya, sedangkan blogger.com sama sekali tidak menyediakan. Penulis sendiri pernah mengirim saran mengenai ini pada pihak Google tapi sepertinya manajemen mereka tidak tertarik melakukannnya, padahal jumlah kata dalam artikel juga menjadi pendokrak ranking dari suatu artikel blog.

7.  Artikel webnya

Perbedaan antara Blogspot dengan WordPress lainnya adalah bahwa dengan menggunakan WordPress berarti kita bisa melakukan paste langsung artikel dari MS Word ke dalam kolom posting artikelnya karena sistem dalam CMS wordpress bisa langsung menghilangkan kode bawaan dari windows begitu artikel dipaste di dalamnya. Adapun dalam blogspot kita harus mem-paste-nya terlebih dahulu ke dalam aplikasi Notepad dan baru kemudian diletakkan dalam postingan. Karena jika tidak, kode yang panjang sekali dari sistem microsoft akan ikut terposting dan mempengaruhi kecepatan browser dalam membaca filenya.bagus mana blogger atau wordpress

8.  Tutorial pendukungnya

dari segi penyediaan tutorial untuk pengguna blogger mungkin untuk saat ini bisa dikatakan lebih banyak dibanding wordpress, ya tentunya menurut versi Caraspot selama bergelut pada dua jenis CMS tersebut. Tapi untuk menyiasati ini, jika seandainya kamu pengguna wordpress dan tidak menemukan tutorial dari masalah dalam blogmu, maka solusinya adalah dengan mencarinya di blog-blog berbahasa Inggris karena jangkauannya lebih luas, belum lagi hampir setiap negara ada yang memilih membuat blog berbahasa inggris sehingga lebih banyak lagi tutorial yang tersedia. Ini yang penulis lakukan selama ini dan memang sangat membantu.

9.  Layanan Komentar

Mengenai fasilitas komentar dalam blog wordpress maka pengelola atau pemilih webnya diberikan keleluasaan untuk mengatur dan mengedit isi dari komentarnya, misalnya menghilangkan link dalam komentar kemudian menerbitkannya atau pun menambah dan mengurangi kata-kata di dalamnya, dan adapun dalam blogspot kita hanya bisa memilih antara menerbitkannya atau tidak tapi tidak bisa mengedit tulisannya sama sekali. Selain itu dalam wordpress kita juga bisa menambahkan plugin anti spam seperti Askimet sehingga jika ada yang terdeteksi langsung dukelompokkan, berbeda dengan blogspot yang mana sama sekali tidak ada fasilitas seperti itu.

10.  Edit gambar

WordPress menyediakan fasilitas edit ukuran gambar dalam artikel sesuai keinginan, antara panjang dan lebar gambarnya, sedang dalam blogger kita hanya diberikan pilihan antara ukuran besar, sedang dan kecil.

11.  Keterangan Data Statistik kunjungan blog

Ini salah satu kelebihan menggunakan blogger dimana statistiknya terhubung langsung dengan google karena sama-sama merupakan produk Google langsung. Sisi baiknya adalah karena data penelusuran dalam mesin pencari google dihubungkan langsung dengan blog kita sehingga lebih akurat dan real time, berbeda dengan wordpress, karena ia tidak punya mesin pencari sendiri sehingga harus menempelkan plugin statistik sendiri yang mana belum tentu akurat karena tidak bisa membaca langsung algoritma dari google.

Perbandingan lainnya:

  1. WordPress menyediakan pengaturan tag heading yang lengkap dalam artikelnya, mulai dari H1 hingga H6 sedang dalam blogspot hanya ada 3 heading, yakni Heading, Sub Heading dan Minor Heading.
  2. Kategori dalam website wordpress bisa dilengkapi deskripsi sehingga lebih SEO friendly. Adapun blogger sama sekali tidak ada fasilitas untuk itu sehingga mau tidak mau kita hanya bisa melakukan optimasi pada artikelnya saja.
  3. Lebih banyak master blogger yang menggunakan WordPress, dibanding blogspot, lebih banyak dipilih oleh pemula karena lebih mudah pengelolaannya.
  4. Hosting untuk web wordpress bisa kita pilih antara berbayar atau gratis sehingga kita lebih leluasa mengatur dan mengisi apa saja dalam blog kita, dibanding dengan blogger yang hanya bisa menggunakna gratisan sehingga jika terjadi tindakan spam atau hal yang dianggap merusak maka blog dan akunnya bisa langsung dihapus oleh google tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  5. Berikutnya, pelajari Cara Menghasilkan Uang dari Blog Gratisan

Sekian dan terima kasih telah menyempatkan membaca Perbedaan antara Blogspot dan WordPress (Perbandingan Blogger dengan Web WordPress.org/.com) semoga setelah ini bisa mengambil keputusan yang bijak antara pakai CMS wordpress atau blogspot dengan hosting gratisan saja yang domainnya dirubah jadi .com. Yang jelas, jika untuk tujuan jangka panjang disarankan menggunakan wordpress saja, mungkin awalnya susah tapi kalau sudah terbiasa dan familiar dengan segala fitur dan tampilan di dalamnya nantinya akan mahir juga dan bisa jadi juga kamu sudah tidak akan tertarik pakai blogger lagi.

About The Author

Comments

  1. Yasinta

    Halo caraspot terima kasih ya share nya bermanfaat sekali. Kebetulan saya ada teman blogger yang menyarankan untuk hijrah ke blogspot padahal saya udah enak aja gitu pake wordpress. Tapi sepertinya soal wordpress atau blogspot tergantung selera ya ? Tidak mempengaruhi seo bukan ?
    Terimakasih

    1. Caraspot Article Author

      @Yasnita : Btul skali… platform blog tidak mempengaruhi SEO, semua tergantung pada kualitas blognya, baik pada SEO on page dan Off page-nya. Tapi memang kalau mau lebih profesional ya pake WordPress karena mau dibuat apa saja blognya bisa karena ada bantuan plugin sedang blogspot tidak.

  2. informasi kesehatan

    Terima kasih gan atas informasinya. blogspot dan wordpress memang platform terbaik saat ini yang dipakai para blogger. Dan setiap dari mereka pasti memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Seperti contoh ada yang mengatakan buat blog paling gampang make blogspot. Ada juga yang ngomong lebih mudah make wordpress. Ya setiap platform memiliki kemampuan dan keunggulan sendiri-sendiri. Semoga bisa berkembang

  3. ilyas

    setelah saya baca tulisan di atas sepertinya seru juga pertarungan antara blogger dengan wordpress….
    klo mereka berdua adalah manusia, akan saya bawa dua duanya untuk melindungi saya tanpa harus pikir mana yang lebih pantas…
    intinya “tak ada gading yang tak retak.”..
    salam kenal

  4. Ahmad Fadholi

    Halo caraspot.com. Terima kasih atas artikelnya yang sangat bagus sekali.
    Menambah wawasan saya untuk bergulat dalam dunia blogging.
    Memang saya belum begitu familiar dengan wordpress karena keseringan menggunakan blogspot.

    Menurut pengalaman caraspot.com, untuk jangka panjang. Mana yang baik dan menguntungkan menggunakan wordpress dan blogspot untuk meningkatkan trafic?

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *