Bicara soal web hosting gratis Indonesia maupun luar negeri berarti erat kaitannya dengan cara membuat website sendiri yang pernah kita bahas sebelumnya. Pengertian hosting sendiri adalah server dimana data-data dari sebuah situs disimpan, baik itu database maupun artikel dan yang lainnya. Bedanya dengan CPU komputer, kalau hosting bisa dikunjungi dan dilihat datanya oleh siapa saja melalui koneksi internet, sedang kalau komputer PC yang ada di rumah atau kantor tidak bisa dilihat secara online, kecuali antar jaringan kabel atau LAN yang telah disetting sebelumnya. Penyedia hosting gratis yang selama ini digunakan banyak blogger masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan dan terkadang juga banyak yang hanya dijadikan sebagai alat promosi bagi penyedia hosting berbayar untuk mendapat lebih banyak lagi pelanggan pada layanannya, yakni dengan memberikan batasan space untuk layanan free-nya sedangkan jika ingin ditingkatkan kapasitasnya harus dengan melakukan upgrade ke paket berbayar. Tapi walau demikian tidak semua hosting gratis seperti itu, ada juga yang full free dan tinggal domainnya saja yang kita beli.

Sebenarnya, menjadikan alasan tidak punya uang atau belum ada dana saat ini sehingga memilih hosting gratis adalah alasan yang kurang tepat, karena yang namanya blogger (sebutan untuk pengelola blog) selain untuk berbagi juga digunakan untuk menghasilkan uang lewat internet. Kenapa kita tidak berpikir optimis kalau kedepan akan ada hasil dari usaha blogging yang kita lakukan sehingga hosting berbayar yang kita danai bisa dibayar melalui penghasilan tersebut, baik itu dari bisnis afiliasi, jasa review, PPC (pay per click) dari Google Adsense atau pun penawaran iklan mandiri yang kita tawarkan di blog kita. Saya kira satu pelanggan saja yang kita dapatkan sudah bisa membiayai semua pengeluaran untuk bisnis online yang kita lakukan. Sebagai contoh, blog Caraspot ini sendiri hanya butuh biaya kurang dari 60ribu dalam sebulan, dan kalau mau dihitung-hitung sebenarnya penghasilan sehari saja sudah bisa meng-cover biayanya, bahkan masih banyak lebihnya, sedang penghasilan yang 29 hari semua dihitung sebagai keuntungan. Tapi bila memang bersikeras ingin menggunakan yang gratisan, Let’s check it out!

Web Hosting Gratis Terbaik

Beberapa yang disebut di bawah sudah kami coba layanannya, apalagi blogspot dan wordpress, sudah berapa tahun terakhir ini penulis banyak bergelut di dalamnya, baik yang gratis maupun yang berbayar.

A. Tanpa Cpanel

Khusus untuk layanan hosting gratis ini kamu tidak mendapatkan Cpanel melainkan langsung dalam bentuk akun untuk admin blogmu. Adapun domainnya, jika misalnya kamu mau menggunakan domain .com (dot com), .net, .org dan lainnya maka kamu bisa beli terpisah di provider lain atau langsung lewat fitur yang sudah tersedia di dalamnya. Buat yang masih sangat pemula kami sarankan gunakan ini saja karena tidak perlu lagi repot belajar soal penanganan Cpanel dan selainnya.

1.  Blogspot.com atau Blogger.com

Sebenarnya kedua alamat di atas sama saja yang mana blogspot untuk ekstensi atau alamat dari blog gratis yang kita buat, sedang blogger adalah alamat untuk login ke akun kita. Layanan dari Google ini saya tempatkan paling pertama dan ranking 1 karena menurut saya ini adalah layanan yang paling baik dan paling komplit. Adapun cara untuk menggunakan hosting gratis blogspot adalah cukup buat blog gratisan dengan akhiran .blogspot.com atau .co.id (menurut aturan terbaru) kemudian rubah domainnya jadi .com sebagaimana sudah kita bahas tekniknya sebelumnya, ya tentunya kamu harus beli domain .com di penyedia hosting ternama yang sudah terkenal dan barulah kemudian arahkan DNS (Domain Name Server)nya ke blogspot. Jadi hostingnya pake blogger sedang domainnya menggunakan domain yang kamu pilih dan beli sendiri.

Kelebihan Hosting Google
  1. Sekalipun platform atau CMS (content management system)nya tidak bisa kita ganti, melainkan harus menggunakan bawaan blogspot, tapi dari segi pengelolaan blognya sangat mudah, secara….blogspot merupakan yang terbaik kedua setelah wordpress (menurut saya), terutama pada template-nya cukup banyak disediakan gratis dengan tampilan yang cukup profesional.
  2. Banyak sekali blogger yang menyediakan tutorialnya secara gratis mengenai bagaimana cara mengatasi masalah jika terjadi kesalahan pada kode html nya, cara otak atik tampilannya dan lain sebagainya.
  3. Tidak ada batasan space maupun bandwidth sama sekali, sehingga mau diisi ribuan artikel dan gambar sekalipun tidak menjadi masalah dan tak akan pernah down.
  4. Dibandingkan menggunakan CMS lain, seperti Joomla dan Drupal, blogger bisa dibilang hampir tak pernah mengalami error maupun bug, kecuali mungkin jika ada salah pengkodean dalam kode templatenya, itu pun kadang masih bisa online. Beda dengan wordpress kadang error sedikit saja langsung blank dan tidak bisa menampilkan webnya sama sekali.

2.  WordPress.com

Kadang masih banyak juga yang belum tahu kalau blog wordpress gratis juga menyediakan hosting gratis. Jadi sebelum lanjut perlu saya tekankan dulu bahwa penjelasan kita kali ini adalah soal free web hosting dan bukan domain, sehingga alternatif yang saya berikan kali ini adalah hostingnya saja yang gratis tapi domainnya ya harus beli, masa gak modal sama sekali. Jadi cara kerja dalam blog wordpress ini kurang lebih sama dengan blogspot dimana kita mengganti domainnya dengan domain berbayar sedang hostingnya masih menggunakan hosting milik wordpress. Hanya saja di sini masih ada perbedaannya dengan yang pertama kita sebut di mana di sini kita diharuskan beli dari wordpress sendiri dan juga nantinya, karena menggunakan hosting dari wordpress, terkadang ada iklan yang muncul di bawah artikelnya. Sangat jauh berbeda dengan blogspot karena kita sama sekali tidak ada syarat iklan di dalamnya.

Jika anda mau contoh website besar dengan visitor ribuan per hari tapi masih menggunakan hosting gratis dari wordpress, nah salah satunya adalah blog omkicau.com. Tahukah Anda berapa pageview (tampilan laman) dari blog Omkicau per harinya? Ya, bisa mencapai 50ribu kunjungan laman per hari, tinggi sekali kan? Bahkan Caraspot sendiri yang tidak lagi menggunakan hosting gratis belum bisa menyainginya. Dengar-dengar juga katanya penghasilannya bisa sampai 15 juta tiap bulannya dari jualan pakan burun dan iklan Adsense. Gak kebayangkan kan? free tapi hasilnya selangit!

3.  Weebly.com

Selain dua yang disebut di atas mungkin ada yang sudah sering mendengar lawayan web hosting gratis ini atau mungkin juga ada yang baru pertama kali tau sejak baca artikel ini. Jadi sedikit saya jelaskan, weebly adalah layanan hosting web yang menyediakan fitur mudah bagi siapa saja yang ingin membuat blog dengan mudah, yakni tool drag-and-drop pada website builder yang mereka sediakan. Maksudnya di sini adalah bahwa dalam membangun sebuah web kita tinggal melakukan klik pada fiturnya kemudian ditahan dan dipindahkan di tempat yang kita inginkan sesuai dengan layout yang dikehendaki, sangat simple kan?. Dengar-dengar dari pengelolanya sendiri bahwa pada bulan Agustus tahun 2012, Weebly telah dijalankan pada 20 juta situs web dengan pengunjung rata-rata perharinya mencapai angka 1 juta visitor unik. Pendirinya sendiri adalah Chris Fanini, David Rusenko, dan juga Dan Veltri yang mana berkantor pusat di San Francisco, Amerika Serikat.

Cara penggunaannya, untuk membuat website .com (com), adalah masih sama dengan yang disebut di atas. Selain itu Weebly juga menyediakan space penyimpanan dan bandwidth yang tanpa batas atau unlimited, jadi mau ngapain aja bisa asalkan tidak memasukkan file berbahaya di dalamnya. Dan bagi yang suka main otak atik Javascript dan CSS kayaknya pakai ini cocok banget karena sudah termasuk di dalamnya. Belum lagi kalau bahas soal iklan yang kadang mengganggu, nah weebly juga meniadakan pemasangan iklan otomatis di dalamanya sehingga kita bisa melakukan costumisasi sendiri dengan iklan yang kita miliki. Di samping itu, buat kamu yang mau buat toko online dengan hosting gratisan ini juga bisa karena dalam fitur yang mereka sampaikan sudah disebutkan di dalamnya.

4.  Jimdo.com

Perusahaan asal Jerman ini juga sudah mendunia, bahkan penulis sendiri sudah menggunakan layanan hosting gratisnya. Ada tiga pilihan paket yang disediakan, yaitu Free, Pro dan Business. Tentunya kalau mau hemat pilih saja yang free, lumayan karena bandwidth-nya juga unlimited. Hanya saja space penyimpanannya masih dibatasi, yakni maksimal 500 MB saja. Yang menarik di sini adalah karena tampilan untuk halaman Adminnya lebih friendly alias mudah digunakan, apalagi untuk pemula so pasti sangat cocok.

5.  Ucoz.com

Ada yang beda dengan layanan Ucoz.com yang mana disediakan banyak sekali fitur dan jenis kebutuhan website di dalamnya, mau buat web blog, toko online atau pun forum online semua bisa dilakukan. Bagi masyarakat Eropa Timur, ucoz layaknya blogspot bagi mereka, bisa dibilang semua blogger di sana mengenal ini. Yang paling saya suka darinya adalah karena layanan web buildernya sudah responsive sehingga lebar webnya bisa menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan, baik itu di smartphone, ipad, tablet, laptop dan juga komputer PC.

Beberapa yang juga terkenal tapi belum sempat kami ulas lebih lengkap mengenai fiturnya adalah Wix.com, Webnode.com, Webs.com, Tripod.com, Yola, 350pages, Altervista, Moonfruit, Angelfire dan Neocities.

B.  Disertai Cpanel

Kalau 5 layanan hosting yang disebut di atas tanpa hosting, maka beberapa yang disebut di bawah lebih mandiri karena kita juga diberikan akun cpanel untuk melakukan pengelolaan web yang kita buat.

1. idhostinger.com

Space yang disediakan untuk layanan hosting gratisnya hingga 2000 MB atau setara dengan 2 GB adapun bandwidth atau data transfernya dibatasi hingga 200 GB. Yang menarik di sini adalah karena kamu bisa membangun banyak website di dalamnya karena tidak ada batasan jumlah domain sama sekali. Selain itu disedikan hampir 50 script auto installer yang bisa kamu sertakan dalam webmu langsung tanpa harus repot lagi upload. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fitur cpanel yang sudah includ di dalamnya:

  • PHP Support
  • Database MySQL
  • Support Database InnoDB
  • Remote MySQL (maksimal 2)
  • Tool PhpMyAdmin dan PHP APC Cache (untuk yang berbayar saja)
  • Akses FTP
  • FTP dengan SSL (untuk paket bisnis ke atas)
  • User FTP (maks 2)
  • Web Konsol SSH
  • Cron Jobs
  • Curl dan Curl SSL
  • Streaming Audio / Video
  • Parkir Domain (2)
  • Subdomain (maks 2)

Bila kamu tidak puas dengan hosting freenya maka bisa diupgrade menjadi paket premium dengan hanya 38.000/bulan atau yang Bisnis seharga 89.000/bln. Tapi sebenarnya ini hanya untuk anda yang sudah ahli dan bisa punya web dengan ribuan kunjungan per hari.

2.  5gbfree.com

Saya juga baru menemukan ini dan begitu melihat fiturnya langsung tertarik, memang sih belum banyak yang membahasnya di blog, tapi mengapa tidak anda coba, lagian kita tidak rugi sama sekali. Dari domainnya kita sudah bisa langsung tahu berapa data penyimpanan yang disediakan untuk layanannya, ya spacenya hingga 5 GB. Lumayan besar kan, bahkan bisa dibilang menyamai layanan berbayar yang pernah ada. Selain itu masih ada keunggulan lain yang ditawarkan, yaitu:

  • 1 FTP Account
  • 20 GB Bandwidth
  • 3 MySQL Databases
  • 1 Parked Domain
  • 1 Addon Domain

3.  Dobelhost.com

Ini bisa dibilang buatan Indonesia karena begitu pertama kali buka webnya langsung tertera beberapa fitur andalannya yang disajikan dalam bahasa Indonesia. Dan beberapa kelebihannya adalah karena walau gratis tetap disediakan support hingga 24 jam dalam sehari salam 7 hari dalam seminggu, luar biasa kan. Dan yang membanggakan juga, walau masih produk lokal, ia bisa menjamin bahwa layanan free web hosting yang ia sediakan selamanya gratis dan tanpa iklan sama sekali. Di samping itu ada kurang lebih 352 script yang tersedia dalam kontrol panelnya. Dan jika tidak mau keluar biaya sama sekali bisa juga tetap menggunakan sub domain gratis yang disediakan, jadi tak perlu beli .com lagi. Dan inilah beberapa fitur andalannya:

  • Bandwidth dan DiskSpce masing-masing 2GB dan 100 GB
  • Aplikasi Softaculous – Buat kamu yang mau buat blog wordpress, joomla, drupal, OScommerce dan lainnya bisa menggunakan aplikasi canggih ini.
  • Support Ticket - Saya paling senang dengan ini karena kalau ada masalah bisa langsung komunikasi dengan adminnya, padahal hampir semua hosting gratis tidak ada yang menyediakan ini.
  • Live Chat – Bisa chating langsung adalah yang paling bagus menurut saya karena tak butuh waktu lama untuk bisa dapat jawaban dari setiap pertanyaan kita seputar hosting
  • Bikin Website Instant – Dengan ‘klik’ kamu sudah bisa punya web.
  • Database MySQL hingga 5 database
  • phpMyAdmin
  • PHP Versi mulai 5.2, 5.3, 5.4, 5.5 dan 5.6
  • Curl, Perl dan GD 2

Itulah beberapa Penyedian Web Hosting Gratis Terbaik yang Unlimited dan Bebas Iklan serta dengan Cpanel atau pun yang Tidak menggunakan yang bisa kami rekomendasikan, bila ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar di bawah.

About The Author

Comments

  1. Hosting Gratis

    Mantap sekali info web hosting gratis nya gan.., kalau aku lebih mantap dengan web hosting gratis di microcyber dengan control panel terpopuler yaitu “cPanel”, lebih cepat dan handal..he..he

  2. baju kita

    makasih bro, infonya…
    ane lagi cari hosting terbaik nih…

  3. alyespeer

    yg terbaik mnurut agan yg mnaa….? kita sharing bro…q jg sering baca artikel agan…he he he….slam kenal yyyy…! txu…

    1. Caraspot Article Author

      Yang terbaik dan unlimited, ya satu-satunya adalah blogspot. Alternatif kedua adalah WordPress sendiri, tapi kalau wordpress harus menghindari memasukkan artikel atau file yang melanggar karena bisa langsung dihapus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *