Bagi anda yang belum punya keturunan hingga sekarang pasti sering bertanya-tanya apa penyebab susah punya anak atau kenapa susah hamil. Menjawab pertanyaan ini tak bisa hanya dengan mitos belaka yang banyak dibicarakan orang atau mungkin orang tua kita, tapi harus dengan fakta dan hasil penelitian dari para pakar kandungan. Kali ini Caraspot ingin memaparkan beberapa penyabab yang sering ditemui dan terjadi pada pasangan suami istri baik itu pada laki-laki atau perempuan yang sudah lama berkeluarga atau pun yang sudah lewat beberapa bulan tapi belum ada tanda-tanda kehamilan sama sekali. Ini karena sebelum internet booming dan mulai digunakan banyak orang, kebanyakan hanya mengambil kesimpulan dari menerka dan mendengar ucapan saja dan tidak punya landasan sama sekali, jangankan konsultasi ke dokter yang butuh banyak biaya, beli buku saja masih sulit. Nah, dengan hadirnya internet maka semua orang bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan gratis tanpa harus mengeluarkan biaya, kecuali koneksi internet yang tidak cukup seribu sekali.

Beberapa asumsi yang sering tertanam dalam benak masyarakan mengenai penyebab susah punya anak atau hamil adalah karena sperma suami encer sehingga tidak bisa membuahi, padahal tidak selamanya demikian, selain itu banyak juga yang beranggapan bahwa penyebab mandul tersebut adalah karena terlalu sering menggunakan alat kontrasepsi atau KB, nah ini juga tidak bisa dipastikan kebenarannya sebelum ada data otentik dari pakar kesehatan kandungan. Selain kondisi tubuh tersebut, ada juga beberapa pandangan bahwa kalau mau istri cepat hamil maka solusinya harus banyak makan kecambah atau tauge yang dihasilkan dari kacang hijau, tapi sayang itu juga hanya mitos dan kita baru bisa menerima pernyataan tersebut kalau memang tahu apa kandungannya dan khasiatnya bagi kandungan wanita.

Dalam budaya masyarakat Indonesia, bilamana pasangan suami istri belum dikarunia anak dan belum ada tanda-tanda kehamilah sama sekali semenjak pertama kali menikah beberapa tahun lalu, seringkali yang menjadi tumbalnya atau yang disalahkan adalah si perempuan tersebut, padahal banyak juga laki-laki yang ternyata mengalami infertilisasi. Karenanya, bila keadaan ini terjadi, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan kandungan dan kesehatan alat reproduksi bersama-sama, dan jangan hanya yang wanita saja. Dan berikut beberapa penyebab yang telah dirangkum Caraspot dari beberapa pakarnya:

Penyebab Susah Punya Anak Pada Laki-Laki atau Susah Hamil Pada Perempuan

Sebelum ke dokter dan menanyakan apa saja yang menjadi penghalang seseorang susah memiliki keturunan maka ada baiknya simak artikel singkat mengenai ini yang mungkin bisa dilakukan secepatnya tanpa harus menunggu resep dokter.

1.  Karena kondisi sperma dan Sel Telur

Menurut dokter ahli kandungan dan kesehatan alat reproduksi, sperma yang sehat dan bisa melakukan pembuahan adalah paling tidak dalam setiap milliliter air maninya mengandung 39 juta sperma, sedangkan laki-laki atau suami yang mengalami kemandulan atau infertilitas/ketidaksuburan, air maninya hanya mengandung kurang lebih 20 juta sperma. Oleh karena itu, seorang pria yang telah berkeluarga harus paham bagaimana cara meningkatkan jumlah sperma (silahkan dibaca) agar mengerti apa yang harus dilakukan, terutama pada makanan yang harus ia makan dan juga olahraga atau pun pola hidup sehat yang harus dijalani setiap harinya.

2.  Terlalu lama menunda kehamilan

Kondisi seperti ini banyak sekali di alami oleh perempuan yang bekerja atau istilahnya wanita karir, padahal tanpa disadari ia telah melewatkan waktu terbaiknya untuk memiliki anak. Banyak alasan untuk ini, bisa jadi karena masih ingin mengejar jabatan di suatu perusahaan, karena faktor ekonomi yang minim, atau mungkin merasa belum siap punya anak dan masih mau bebas bepergian, atau alasan yang sangat dilarang dalam agama Islam adalah karena takut kalau setelah hamil kondisi tubuhnya berubah atau kendor karena menyusui, ini sangat dibenci oleh Tuhan dan akan diganjar dengan balasan neraka sebagaimana disebutkan dalam salah satu hadis Nabi. Tapi sebenarnya, balasan berupa susah punya anak bagi perempuan adalah sudah sangat menyiksa batin karena ia akan menjadi pembicaraan tetangganya dan lain sebagainya.

Ini wajib diketahui untuk setiap perempuan bahwa pada usia 30 hingga 35 tahun wanita cenderung sulit untuk mengalami kehamilan walau sudah melakukan berbagai terapi, ini karena faktor usia juga mempengaruhi kesuburan seseorang, semakin lama ia menunda untuk hamil maka akan semakin beresiko pula susah memiliki keturunan, apalagi kalau terlambat menikah. Dan yang paling rentan adalah jika usainya sudah mencapai kepala empat, ya sekitar 45 tahun, akan lebih sulit lagi. Walau sebenarnya tidak selamanya demikian, tapi untuk kehati-hatian sebaiknya dihindari. Apa artinya punya banyak uang tapi tidak punya keturunan? Lebih baik, walau harta tak terlalu banyak tapi bisa hidup dalam keluarga harmonis bersama anak-anak.

3.  Obesitas

Efek samping dari kegemukan yang bisa menyebabkan seorang wanita susah punya anak adalah karena berlebihnya sel-sel lemak dalam tubuh yang mengakibatkan satu hormon pemicu kehamilan, yakni estrogen, mengalami over produksi. Dari keadaan seperti inilah yang kemudian mengakibatkan ovulasi menjadi tidak teratur yang pada akhinya akan sulit mempunyai momongan. Solusinya, lakukan diat sehat dengan mengurangi komsumsi makanan berlemak dan juga yang mengandung karbohidrat tinggi seperti beras. Selain itu, sering melakukan konsultasi ke dokter kandungan bisa jadi solusi terbaik untuk kondisi seperti ini.

4.  Ovarium pada jaringan perut

Wanita yang telah melakukan operasi kista ovarium sangat rentang terhadap kesehatan kesuburannya sehingga sulit punya keturunan. Hal ini karena jaringan perut dapat mengalami kerusakan setelah melakukan operasi tersebut yang pada akhirnya ovulasi yang terjadi tidak bisa sempurna atau umumnya dikatakan karena folikel ovarium tidak dapat sempurna atau dewasa. Menghindari operasi akibat terlanjur mengalami kista mungkin sulit karena alasan kesehatan, tapi yang bisa dilakukan di sini adalah menghindari terjadinya kista tersebut, terutama mengetahui penyebabnya, seperti mengkomsumsi terlalu banyak minum anggung, soft drink, durian, sawi putih dan lainnya.

5.  Saluran Telur Rusak

Ada banyak penyebab rusaknya saluran telur pada wanita, salah satunya adalah karena Klamidia atau infeksi yang disebabkan oleh penyakit seksual yang menular. Oleh karena itu, hindari melakukan hubungan pada pria atau wanita yang bukan pasang sah anda, apalagi pada wanita ‘malam’. Selain itu, susah punya anak akibat Tuba atau saluran telur yang rusak karena pernah mengalami operasi kehamilan ektopik atau kehamilan yang terjadi diluar kandungan.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *