Apakah kulit wajah anda berjerawat? Mari ketahui apa saja Penyebab Jerawat dan Cara Mencegahnya berdasarkan rekomendasi dari dokter pakar kulit yang sudah berpengalaman, baik menggunakan bahan alami yang sifatnya herbal dari tumbuhan, maupun yang sudah dalam bentuk produk obat olahan yang sudah dikemas, tapi aman dan tidak menimbulkan efek samping. Bicara soal penyebab maka sudah pasti yang harus diketahui adalah faktor apa saja yang bisa mengakibatkan kulit muka berjerawat. Tanpa mendasarkan pada artikel yang valid mungkin banyak orang berkata bahwa ini disebabkan oleh faktor keturunan atau mungkin karena kulit yang berminyak sehingga sangat mudah mengalami apa yang disebut Acne ini. Tapi untuk mengdapatkan jawaban yang lebih akurat maka kami menyarankan anda untuk membaca ulasan lengkap dari Caraspot di bawah ini yang mana kami jamin anda akan tahu banyak setelahnya.

Hal yang patut anda perhatikan pada tulisan kami kali ini karena di sub penjelasan kedua ada cara mendeteksi penyebab jerawat tergantung tempat terjadinya, misalnya saja ketika di dahi karena apa, atau yang ada di pipi dan dagu kira-kira apa yang melatar belakanginya sehingga bisa terjadi. Ini menarik karena selama ini mungkin anda hanya tau kalau jerawat terjadi ya kalau bukan karena faktor keturunan karena kebanyakan banyak gorengan dan lain sebagainya. Dan terlebih lagi ini disadur dari situs berita terpercaya, yakni Merdeka.com.

Penyebab Berjerawat Pada Wanita dan Pria

gambar sebab berjerawatTerjadinya jerawat pasti ada pemicunya dan tidak terjadi begitu saja, baik itu faktor eksternal maupun internal yang sumbernya langsung dari dalam diri penderitanya. Letak terjadinya jerawat memang pada kulit tapi pertama kali terjadi sebenarnya berada pada lapisan dalam kulit muka kita yang kemudian menonjol layaknya bisul kecil kemudian tampak bernanah dan terkadang menimbulkan bekas yang tidak bisa hilang. Nah, dengan mengetahui penyebabnya maka upaya pencegahan dan penanganan juga akan semakin mudah dilakukan.

Sebelum ulasan di bawah baca terlebih dahulu : Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Herbal Alami

1.  Disebabkan oleh Bakteri p.acne

Bakteri kami tempatkan sebagai penyebab jerawat teratas karena faktor inilah yang paling besar mengakibatkan terjadinya jerawat di wajah. p.acne yang merupakan salah satu nama dari jenis bakteri yang bersarang di wajah inilah yang umumnya melakukan perkembangbiakan pada kelenjar sebaceous yang mengalami penyumbatan. Dari penyumbatan dan bersarangnya bakteri inilah yang kemudian mengakibatkan terjadinya iritasi di sekitarnya. Jika kondisi ini terus berlangsung maka kelenjar yang kita sebut di atas kemudian akan mengalami pembengkakan dan terkadang pecah lalu menyebarkan radang pada wajah, yakni pada kulit di sekitar pembengkakan tersebut. Jenis jerawat yang sering terjadi pada kondisi seperti ini adalah jerawat batu dan dampaknya juga sangat tidak baik karena dapat mengakibatkan pigmentasi yang terjadi dalam waktu lama, selain itu bekas luka dan bopeng yang ditimbulkan cenderung permanen.

2.  Jerawat Akibat Minyak Wajah Berlebih

Penyebab jerawat yang satu ini merupakan faktor dari dalam yang mana diakibatkan oleh adanya kondisi abnormal pada kerja kelenjar minyak yang diproduksi berlebih pada kulit muka. Kelenjar ini lebih sering disebut dengan Sebaceous Gland. Bila mana kondisi ini terjadi maka yang namanya saluran folikel rambut dan juga pori-pori yang ada pada muka akan mengalami penyumbatan. Ini akan tepat juga jika kita bahasakan sebagai penyebab hormon karena kondusi kulit yang demikian juga erat hubungannya dengan hormone seseorang. Apabila antara kondisi seperti ini ditambah dengan banyak juga bakteri yang bersarang di kulit maka jerawat pun akan mudah terjadi. Solusinya adalah selalu rutin mencuci muka setelah beraktifitas di luar rumah dan juga sebelum tidur.

3.  Penyebab dari Stres

Walau ini bukan sebagai penyebab wajah berjerawat yang terjadi secara langsung, tapi perlu juga dihindari. Proses kerjanya adalah bilamana seseorang mengalami tekanan dan stress maka pada kondisi tersebut hormon tertentu dalam tubuh akan keluar sehingga tumbuhlah jerawat tersebut. Selain itu, karena stress orang terkadang memiliki pola makan makanan berlemak yang berlebih yang mengakibatkan kesehatan kulit juga semakin buruk.

4.  Timbulnya jerawat akibat Obat-obatan

Meningkatnya aktifitas bakteri pathogen pada kulit adalah salah satu afek dari penggunaan obat-obatan. Misalnya saja obat kartikosteroid yang umumnya selain bisa bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun, dapat pula menjadi pemicu munculnya jerawat akibat aktivitas dari bakteri pathogen yang disebut di atas.

Penyebab Jerawat ditinjau dari letaknya pada wajah

Di bawah ini anda akan mengetahui apa saja penyebab munculnya jerawat pada setiap bagian muka serta apa solusi untuk menghilangkannnya dengan menggunakan bahan alami dari herbal. Jadi setelah ini kita tidak hanya bertindak pakai obat ini dan itu karena sudah tahu inti permasalahannya dan obat alami apa yang seharusnya digunakan untuk mengatasinya.

apa saja penyebab jerawat pad awanita dan pria
Merdeka.com

a.  1,2 : Jerawat pada Dahi kanan dan kiri : akibat dari Pencernaan

Buat kamu yang suka makan gorengan atau pun makanan cepat saja maka baiknya segera hentikan karena bagian wajah yang berjerawat yang ditunjuk dengan angka 1 dan 2 pada gambar di atas penyebabnya karena jenis komsumsi makanan yang banyak mengandung lemak yang tidak sehat. Solusinya adalah dengan rutin minum air dalam jumlah yang banyak setiap harinya agar metabolisme tubuh menjadi lebih baik, khususnya pada bagian kulit kita.

b.  3 : Antara Alis : pengaruh dari Kesehatan Hati

Penyebab jerawat berikut ini karena kesehatan hati yang terganggu yang lagi-lagi karena komsumsi makanan dan minuman yang memperberat dan bahkan merusak kerja hati, di antaranya adalah kebanyakan minum alcohol, termasuk juga di dalamnya makanan yang banyak mengandung minyak seperti pada penyebab pertama di atas. Adapun cara mengatasinya adalah dengan banyak melakukan olahraga sehat, seperti jalan kaki kurang lebih setengah jam saja dalam sehari, karena baru dengan demikian anda bisa merawat organ tubuh penting anda tersebut.

c.  4 , 5 : Jerawat di samping Mata : Karena Ginjal

Bukan hanya jika kita ingin melihat penyebab jerawat, kondisi di sekitar mata yang tidak normal, seperti adanya warna hitam maupun jerawat, umumnya disebabkan karena kurang cairan. Sehingga cara menghilangkannya adalah dengan banyak minim air putih dalam sehari, sebagaimana dianjurkan banyak dokter kesehatan yakni 4 liter dalam sehari atau 8 gelas besar. Ini bisa dilakukan kalau kita mengatur jadwal waktu minum kita.

d.  6 : Hidung berjerawat, Hubungannya dengan Jantung

Hidung merupakan bagian muka yang juga paling sering mengalami jerawat. Umumnya ini karena komsumsi vitamin B yang kurang maupun akibat dari tekanan darah yang yang tidak normal. Selain itu, pilihan jenis make up yang salah, misalnya sudah diluar batas waktu pemakaiannya, juga bisa menyebabkan Acne pada bagian hidung. Solusinya adalah jangan makan daging terlalu banyak, kurangi makan cabe, dan sebaliknya perbanyak makan ikan, kacang-kacangan, dan telur yang mengandung omega 3 dan 6 serta sering-seringlah menghirup udara segar, jangan terlalu banyak dalam ruangan tertutup.

e.  Bagian muka nomor 7 dan 8 pengaruhnya dari Ginjal

Mungkin ini jarang sekali terjadi, yakni jerawat pada telingan kanan dan kiri. Tapi bila muncul di bagian tersebut berarti anda sudah tahu kalau itu sumbernya dari masalah kesehatan ginjal. Nah, tak ada cara terbaik dalam merawat ginjal selain banyak minum air putih dan juga menghindari miniman yang tidak netral seperti alkohol, kopi dan soda. Lebih baik lagi jadwalkan waktu minum anda agar kerja ginjal terjaga sepanjang hari. Mengenai masa bulan puasa ini Aqua sendiri punya tipsnya, yakni 2+4+2 (2 diwaktu berbuka puasa, 4 gelas pada malam hari, dan 2 gelas lagi di waktu sahur).

f.  Tonjolan di area 9 dan 10 dikarenakan Sistem pernapasan

Dari semua bagian wajah, mungkin bagian inilah yang banyak mengalami jerawat, yakni di bagian bawah mata atau pipi. Dikatahui bahwa penyebab jerawat pada bagian yang ditunjukkan gengan nomor 9 dan 10 di atas adalah karena kebiasaan merokok dan juga karena jenis makanan dan minuman yang dikomsumsi cenderung membuat tubuh jadi asam, seperti kafein, daging, gula, susu dan alkohol. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memperbanyak makan buah yang sifatnya mendinginkan, seperti mentimun, melon dan semangka. Selain itu banyak makan sayuran yang berwarna hijau, banyak menghirup udara segar dan menghindari makanan manis-manis juga akan semakin mudah menghindari jerawat pada bagian pipi tersebut.

g.  Bagian 11 dan 12 karena pengaruh hormon

Dari gambar di atas menunjukkan bagian bawah ujung bibir. Bagi orang yang berkumis dan berjenggot ini bisa jadi penghalang saat melakukan cukur. Bagian tersebut erat kaitannya dengan kondisi mental seseorang, yakni bila mana terjadi stress dan timbul perubahan hormon maka pada bagian tersebut bisa saja tumbuh jerawat. Tapi untuk menghindari ini bisa dengan banya minim dan tidur yang cukup setiap harinya. Selain itu, menjaga kebersihan pada bagian kulit tersebut bisa menghindarinya, seperti cuci mulut yang bersih setelah makan.

h.  Posisi jerawat pada no. 13 dikarenakan masalah Perut

Pencernaan yang tidak lancar adalah penyebab jerawat pada bagian tersebut. Solusinya tak lain dan tak bukan dengan banyak makan buah dan sayur yang mengandung banyak serat. Dalam artikel tersebut anda akan mengetahui apa saja makanan yang tinggi kandungan seratnya sehingga jadwal BAB anda bisa lancar. Di samping itu teh herbal juga bisa jadi solusinya.

i.  Bagian 14 karena Penyakit

Di daerah ini, yakni leher dikarenakan ternjadinya perlawanan antara antibody dan bakteri di tubuh anda yang mencoba masuk dan mengganggu kesehatan. Cara untuk mengatasinya adalah membiasakan tidur sejenak di siang hari antara 10 hingga 15 menit, tidak mengurangi tidur malam, latihan pernafasan dan juga tak lupa perbanyak minum air putih. Selanjutnya pastikan membaca cara mengatasi bekas jerawat yang susah hilang.

Dengan mengetahui penyebab jerawat pada setiap bagian di muka maka anda pun pasti akan tau apa yang seharsnya dilakukan, terlebih ini karena dipublish pertama kali oleh situs luar negeri yang terpercaya yaitu thebeautygypsy.com. Tapi biar bagaimana pun, menjaga kebersihan kulit dan mengontrol komsumsi makanan berminyak adalah hal yang paling utama dilakukan jika ingin berhasil terhindar dari Acne yang sudah sejak dulu selalu menjadi masalah bagi kaula muda.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *