Dalam Cara Mengatasi Penutup Kunci Motor Honda SupraX 125 PGM-Fi yang Tidak Bisa Dibuka/Macet sama sekali tidak bisa langsung diputuskan bahwa solusinya adalah dengan mengotak atik bagian katup kuncinya atau istilahnya Sistem Secure Key Shutter (SKS), karena yang anda hadapi sekarang adalah sistem canggih pengaman motor honda yang tidak saja melakukan pengamanan pada sisi sitem pengunciannya, tapi juga pada bagian kuncinya. Tepatnya,  antara kunci dan SKS-nya masing-masing dilengkapi dengan magnet yang mana jika salah satunya rusak maka otomatis keduanya tidak akan bekerja dengan baik sebagaimana saya alami pada motor baru saya yang akan dishare tuntas solusinya di bawah.

Bagi kamu yang baru saja beli motor Honda SupraX 125 PGM-Fi di tahun 2015-2016 ini mungkin banyak yang mengalami hal serupa dimana katup atau penutup kuncinya tiba-tiba tidak bisa dibuka, atau ada juga yang jok motornya tidak bisa terbuka walau sudah menekan dengan keras kuncinya dan posisinya persis sebelum bagian ON mesin motornya. Nah, itu yang akan kita bahas di artikel Caraspot kali ini. Sebenarnya, hal semacam ini sepeleh sekali, hanya saja kita terkadang langsung berpikiran buntu dan mengambil jalan dengan membawa langsung motor kita ke bengkel AHASS atau pun bengkel pinggiran jalan, padahal bisa jadi masalahnya hanya karena kita kurang paham sistem kerjanya saja. Untuk itu, pastikan kamu talah paham bahwa antara kunci dan pengamannya sama-sama dilengkapi magnet. Cukup tau itu saja mungkin sudah bisa merabah-rabah mana pokok masalahnya dan solusi yang pas biar penutupnya bisa terbuka lagi.

Tips Cara Mengatasi Penutup Kunci Motor Honda SupraX 125 PGM-Fi yang Tidak Bisa Dibuka/Macet

Berikut ada beberapa alternatif cara memperbaiki katup kunci pengaman motor honda SupraX 125 yang terkunci dan tidak bisa dibuka. Sebagian dari pengalaman saya sendiri dan sebagian lagi dari orang lain yang juga sudah pernah mengalamai hal serupa.

1. Gunakan kunci serep yang masih baru

Ini saya tempatkan sebagai solusi paling pertama karena berdasarkan pengalaman saya sendiri. Waktu itu, baru bangun pagi, rencana mau cuci motor dulu sebelum kerja, ehh.. gak ada hujan n’ petir kok malah gak bisa terbuka penutup / katup SKSnya! Akhirnya… timbul  ide kalau solusinya dikasi minyak kelapa biar bisa licin lagi, tapi setelah diotak-atik sampai setengah jam kelihatannya tak ada hasilnya sama sekali, pentup kunci motornya tetap macet dan tak mau bergerak sama sekali.cara membuka penutup kunci motor honda supraX 125 PGM-Fi yang macet

Singkat cerita… setelah merasa putus asa dan merasa bakalan telat kerja kalau tak diatasi segera mungkin, akhirnya mbah Google jadi tempat rujukan saya sebelum benar-benar saya putuskan untuk memanggil ahli kunci dekat rumah.

Ada yang bilang kalau penutup kunci motor honda Supra X 125 PGM-Fi tidak bisa dibuka, itu karena magnet di kuncinya yang rusak. Jadi, jalan keluarnya adalah menggunakan kunci serep yang masih baru. Dan bukan main senangnya, setelah mencoba saran tersebut ternyata betul kuncinya langsung bisa dibuka dan tidak macet lagi. Horeee…!

2. Haluskan bagian ujung kunci yang khusus untuk membuka penutup kuncinya.

Ini juga problem solving (cieee.. pakai bahasa Inggris) yang terbilang jitu dan berhasil dipraktekkan salah seorang yang juga baru beli motor honda Supra X 125 PGM-Fi, ya.. katanya berkat saran dari bengkel langganannya.

Beliau bercerita, karena bagian ujungnya terlalu sering digunakan, jadinya tumpul dan tidak rata. Nah solusinya biar kuncinya bisa pas dan gampang membuka maka bagian ujung tersebut diratakan saja. Bisa pakai cutter atau pisau, yang penting tajam dan gampang memotong plastiknya.

Hanya saja, kalau saya pribadi masih menyangsikan kalau ini bisa dilakukan untuk sistem penguncian motor SupraX PGM-Fi ini, karena masalahnya sebenarnya pada magnetnya. Tapi bila memang tidak bisa memutar penutup pengaman kuncinya, ya bisa saja cara ini dipakai selama bagian magnet di dalam kuncinya tidak dirusak.

3. Solusi dari pelumas semprot

Kalau saya sih langsung ngambil minyak goreng karena gak punya bahan seperti itu. Tapi, jangan pakai minyak bekas goreng ikan ya… pasti baunya amis!

Hanya saja ada yang bilang (dari pihak bengkel) bahwa harus hati-hati kalau pakai cairan seperti ini karena jika cairannya tidak aman bisa mengakibatkan korsleting pada jaringan elektrik mesin, apalagi bagian dekat kunci kan ada elektrik untuk menghidupkan motor.

Jadi, jalan keluar seperti ini baiknya digunakan kalau cara pertama di atas sama sekali gak ngaruh. Tapi kalau sudah, ngapain juga cari cara lain ya..? he he!

4. Panggil ahli kunci

Ini yang saya bilang salah satu peluang usaha sampingan yang gak ada matinya, karena sekali terima order bisa dapat minimal 15ribu, kalau kali 10 pelanggan per hari sudah dapat berapa? Tapi emang situ mau jadi ahli kunci? he he…

Selama ahli kunci yang kamu kenal berpengalaman pasti akan tau cara mengatasi masalahnya. Tapi kadang juga sekalipun berpengalaman tapi tidak paham sistem penguncian motor Honda Supra X 125 ini maka bisa jadi ia tidak akan bisa juga membukanya. Kalau motor matic seperti Vario mungkin masih bisa karena belum dilengkapi magnet.

Walaupun begitu, cara ini wajib dicoba jika memang ketiga teori yang disebutkan diatas belum juga bisa membuka / mengatasi key shutter yang mendadak macet. Hanya saja, saran saya, baiknya jika satu ahli kunci belum berhasil, gunakan ahli kunci lain lagi, siapa tau yang lain lebih jago dan bisa diandalkan. Jangan langsung gunakan solusi terakhir dibawa biar gak keluar banyak biaya.

5. Beli kunci baru

Kalau kamu memang gak punya kunci serepnya karena sudah hilang atau apalah, maka solusi mengatasi SKS motor honda SupraX 125 PGM Fi yang macet ini adalahdengan membeli kunci baru.

Katanya sih kalau beli motor baru biasanya kita dapat nomor seri kunci motornya sekalian (biasanya digantung langsung dikuncinya)yang mana itu akan jadi tanda bahwa kamu menggunakan kunci dengan seri tersebut, jadi lebih mudah cari gantinya di AHASS. Hanya saja, saya sendiri tidak mendapatkan nomor seri kunci yang dimaksud saat baru beli, jadi kalau kamu juga tidak maka itu artinya ini tidak bisa jadi jalan keluarnya. Tapi sekalipun begitu kamu masih bisa coba-coba tanya ke bengkel resmi Honda biar dapat penjelasan pastinya.

6. Kalau kuncinya masih macet, bawa sekalian motornya ke AHASS terdekat

Ini saya kira solusi terakhirnya kalau penutup kunci motor honda SupraX 125 kamu macet total dan tidak bisa diapa-apakan lagi.

Tapi, sayang seribu sayang, karena inilah jalan keluar terberat. Mengapa tidak? Karena kalau motornya dikunci leher / stang maka sudah pasti motornya tidak bisa dituntun begitu saja, baik itu dengan jalan kaki atau ditarik dengan mobil, nah jalan satu-satunya adalah dengan membawanya pakai mobil pickup. Wah, biaya carter Pickup nya aja berapa.. belum lagi biaya untuk buka kuncinya nanti di bengkel honda resmi sudah pasti lebih mahal dari yang lain. Tapi dari pada jalan kaki pergi kerja? Ayo pilih mana?

Tips:

Agar tak terjadi kejadian yang sama yang mana bagian pembuka katup pada kunci rusak dan tidak bisa digunakan maka sebaiknya jangan sering menjatuhkan kunci, membenturkan atau pun melemparnya dari tempat tinggi.

Biasakan saat memutar pembuka kuncinya agar tidak terlalu keras  karena dapat membuat ujungnya cepat aus atau tidak rata sehingga walau magnetnya masih berfungsi dengan baik tetap saja tida bisa digunakan lagi.

Ini dulu ya sob, sepertinya tulisan ini sudah terlalu panjang, padahal yang dibahas cuma Cara Mengatasi Penutup Kunci Motor Honda SupraX 125 PGM-Fi yang Tidak Bisa Dibuka/Macet / cara memperbaiki / membuka penutup kunci motor honda yang macet. Tapi biar bagaimana pun saya  tetap senang karena merasa bisa bantu banyak orang menyelesaikan masalahnya dengna baik. Walau untungnya gak seberapa soal materi tapi yang jelas ini akan tercatat amal selama saya ikhlas melakukannya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *