Setelah paham soal pengertian hadits menurut bahasa dan istilah selanjutnya pahami juga apa itu pengertian Khabar dan Atsar yang masih menjadi sinonim dari kata hadis Nabi tersebut. Bisa jadi kebanyakan kita berbeda memahaminya atau munkin keliru padahal masing-masing dari kata tersebut punya makna berbeda.

Pengertian Khabar Nabi

Secara bahasa Khabar artinya berita yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain. Adapun bentuk jamaknya adalah “akhbar’. Sedang orang yang banyak menyampaikan warta dinamakan ‘khabir’.

Adapun menurut pandangan dari ahli hadits, bahwa segala berita yang bersumber dari Nabi mamupun sahabat dan tabi’in dinamakan khabar. Bahkan ada yang mengatakan bahwa khabar ini lebih umum, dan bahkan dikatakan bahwa segala berita yang diterima dari selain Nabi saw. Itu pula sebabnya mengapa orang yang meriwayatkan hadis dinamakan ‘muhaddits’ sedang yang meriwayatkan sejarah dinamai ‘akhbary’.

Makna Atsar

Secara bahasa artinya bekas atau sisa sesuatu. Jamaknya adalah atsar dan utsur.

Adapun menurut istilah, menurut kalangan ulama sama artinya dengan hadis dan khabar. Ahli hadis juga dinamai dengan atsary.

Sebagian berpendapat bahwa kalau hal tersebut datangnya dari Nabi dan selainnya maka ia dinamakan atsar, tapi bila dari Nabi saja maka itu khabar. Ini sejalan dengan pendapat At-Thahawy. Dan pendapat lain juga mengartikan bahwa atsar adalah segala yang diterima dari shabat saja.

Demikian pengertian khabar Nabi dan Atsar di atas, bantu kami melengkapinya dengan komentar anda yang bermutu mengenai kedua defenisi dari sinonim kata hadis tersebut. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *