Sering kali kita menyebut kata CARA kan? Blog ini juga dinamakan Caraspot. Tapi tahukan Anda, artikel ‘arti kata cara adalah’ ini butuh beberapa paragraf untuk menjelaskannya, walau sebenarnya pengertiannya cukup simple.

Dan biar lebih tepat, maka pengertiannya akan kita rujuk dari kamus resmi yang telah diverifikasi oleh Kemdikbud. Dalam hal ini dari situs online yang dikelola pemerintah, yaitu KBBI Online. Tentunya untuk kevalidan makna yang kita cari.

Kalau kamu juga mau menggunakan layanan KBBI online ini maka bisa langsung berkunjung ke situsnya sesuai dengan tautan yang ada di atas.

Keterangan dari blog ini sebenarnya hanya untuk lebih memperjelas pengertiannya, termasuk dengan tambahan contoh kalimat sehari-hari yang  kita gunakan untuk mengekspresikan kata cara ini.

Sebelumnya, baca dulu : Cara Menggunakan Kamus Bahasa Indonesia

Arti Kata Cara adalah …

 

 

Makna kata ‘cara’ ini termasuk dalam bentuk noun atau kata benda, sehingga dalam kamus ditandai dengan huruf ‘n’.

Berikut adalah beberapa pengertian dari kata Cara:

  1. jalan (aturan, sistem) melakukan (berbuat dan sebagainya) sesuatu: demikianlah — kita membuat tapai; bagaimanakah — menerangkan huruf ini?
  2. gaya; ragam (seperti bentuk, corak): ia memiliki baju — Cina; ia pintar menari — Jawa dan juga Baliarti kata cara adalah
  3. adat kebiasaan; perbuatan (kelakuan) yang telah menjadi kebiasaan orang: jika masuk di negara orang, jangan menerapkan — mu sendiri; model perkawinan — Barat tidak sesuai dengan — kita
  4. bahasa; logat (dialek): ia menjawab dengan — Cina; di — Jakarta disebut “tampek,”tapi di — Jawa disebut “gabak,” sedang — Melayu adalah “campak”
  5. jalan yang harus ditempuh: ia sedang berpikir satu — untuk terbebas dari cengkeraman musuhnya
  6. usaha; ikhtiar: hal itu merupakan suatu — untuk meningkatkan rasa peduli dan nasionalisme

Ada banyak lagi contohnya yang bisa membantu kita memahami dengan baik defenisi dari kata cara ini. Dan karena itu, di bawah ini sudah saya siapkan beberapa contoh kalimatnya:

Apapun cara yang kamu tempuh, selama itu ada ilmunya, maka pasti hasilnya baik.

Setiap orang punya caranya sendiri dalam mengekspresikan kebahagiaan.

Teman saya selalu bicara dengan cara orang Jakarta, sekalipun ia orang Medan.

Tuhan akan selalu memberi kita cara terbaik untuk terlepas dari belenggu masalah

Dan masih banyak lagi kalimat mengenai cara ini yang tentunya punya maknanya sendiri, sesuai dengan 6 maksud yang ditulis di atas.

Adapun dalam bahsa Inggris, kata ini diartikan dengan ‘way’ atau kalau mau lebih dalam lagi maknanya, maka bisa diartikan dengan ‘how to’ dengan makna yang sama. Maksudnya adalah bagaimana metode atau langkah melakukan sesuatu.

Pengertian “Secara”

Adapun makna ‘secara/se·ca·ra/ adalah “sebagai” atau “selaku”.

Contohnya:

Karena kamu laki-laki, maka berprilakulah ~ laki-laki juga.

Makna lainnya adalah:

  • menurut (tentang adat, kebiasaan, dan sebagainya): pernikahan akan dilaksanakan ~ adat keraton;
  • dengan cara; dengan jalan: pertengkaran itu akan dituntaskan ~ damai; ia diperlakukan ~ tidak adil;
  • dengan: materi itu dijelaskan ~ ringkas; balasan itu dilakukan ~ besar-besaran

Ada banyak sekali contoh yang bisa Caraspot paparkan dari ‘arti kata cara adalah …” ini. Tapi mungkin anda bisa tau dengan pasti contoh lainnya karena tentunya mudah menemukannya.

Tagged:

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *