Beberapa yang bisa anda pelajari dari artikel ini adalah seperti cara otak atik blog, mengganti warna blog, kode dan gambar dan pengaturan lainnya seperti setting ukuran tulisan, jarak sapasi, jenis font, dan lain sebagainya.  Ada yang beda dari panduan Caraspot kali ini yang mana kami tidak mengajarkan kodenya tapi teknik menemukan kode-kode yang mengatur tata letak dan tampilan dari blog anda, jadi setiap kali mau mengatur tampilan website anda tak perlu lagi cari artikelnya karena ini ibarat anda diberikan pancing dan bukan ikan sehingga bisa diterapkan kapan saja kita mau. Syaratnya cukup gunakan browser yang familiar seperti Google Chrome dan juga Mozilla Firefox.

Tutorial ini penting sekali buat yang suka memiliki blog keren dan menarik karena bisa melakukan pengaturan sendiri tanpa harus menggunakan bantuan orang lain. Penulis pribadi sangat terbantu dengan adanya layanan seperti ini karena selain memudahkan, semua bagian bisa kita atur dengan mudah tanpa harus paham soal bahasa pemrograman sama sekali. Selain itu, semua jenis cms dan platform blog bisa menerapkan teknik ini, baik Blogspot, WordPress, Joomla, Drupal dan lain sebagainya.

Manfaat Melakukan Inspect Element

Sebelum mulai mengikuti cara yang kami jelaskan di bawah ada baiknya tau juga apa tujuan kita melakukan otak atik dengan cara ini, yaitu:

  1. Meniru model pengaturan blog orang lain, seperti pada warna, tata letak dan semua ukuran pada bagian-bagian templatenya. Dengan mengetahui apa warna yang diterapkan pada sebuah blog maka kita bisa langsung melakukan hal yang sama.
  2. Merubah tampilan blog sendiri – Biasanya untuk melakukan ini maka kita harus tahu dulu dimana letak kodenya. Dalam hal ini bagian “Rules” yang bisa anda baca penjelasannya di bawah.

Dengan dua fungsi di atas saya kira sudah cukup untuk menyulap tampilan blog anda jadi lebih baik dan keren. Tapi disarankan kalau misalanya menggunakan Blogger maka baiknya ganti dulu templatenya dengan yang sudah lumayan baik, dan jangan mengedit langsung pada template bawaannya karena akan sangat sulit untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Tutorial Cara Otak Atik Tampilan Blog, termasuk ukuran font, spasi, warna tulisan, gambar dan lainnya)

1.  Pertama kali kamu harus kunjungi sendiri blogmu, tanpa login sama sekali. Selanjutnya letakkan kursor Mouse pada bagian yang akan kamu ketahui kodenya dan akan diubah nantinya, baik warna, ukuran dan letaknya.

2.  Setelah kursor tepat berada pada bagian yang diinginkan, kemudian klik kanan pada Mouse dan akan muncul pilihan menu seperti gambar di bawah ini:

cara inspect element

3.  Tinggal pilih “Inspect Element (Q)”. Pada contoh di atas kita menggunakan Mozilla Firefox sehingga jika anda menggunakan Browser yang sama maka menunya juga tentunya akan sama seperti di atas.

4.  Selanjutnya, secara otomatis di bagian bawah layar akan muncul separuh halaman yang memperlihatkan beberapa kode html dan kode lainnya yang bisa jadi petunjuk anda untuk melakukan pengaturan di bagian html template blog anda. Perhatikan gambar di bawah:

cara mengatur tampilan template blog

Keterangan:

  • Rules : Menampilkan style css dan dari kode yang ditampilkan akan memudahkan kita mencari letaknya di dalam template. Misalnya tampak code seperti di bawah ini:
#footer-widgets {
    font-size: 13px;
    line-height: 22px;

Nah, untuk menemukannya maka cukup buka di bagian mana yang anda meletakkan kursornya sebelum melakukan klik kanan sebagaimana dijelaskan pada nomor 2 di atas. Misalnya saja, di bagian Footer, maka bagi pengguna WordPress maka yang dibukan adalah “Footer php.”

  • Computed : Berisi kode html seperti jenis font dan warna tulisan yang digunakan. Tapi pada bagian ini tidak bisa dijadikan acuan untuk mencari kode yang akan dirubah karena tidak menyebutkan ID dari kodenya.
  • Fonts : Di sini juga kita hanya bisa mengetahui apa jenis huruf yang digunakan tapi tidak bisa dijadikan sebagai bantuan untuk mencari letak pengaturannya. Tapi jika kita ingin meniru jenis huruf yang digunakan oleh blog lain makan cara ini tepat sekali dilakukan.
  • Box model : Untuk mengetahui lebar dan tinggi dari bagian yang kita inspeksi, misalnya saja pada kolom tulisan postingan. Dengan mengetahui ukurannya maka bisa membantu kita dalam menentukan seberapa lebar gambar atau iklan yang bisa kita terapkan di dalamnya.
  • Animations : Bagian ini diabaikan saja karena jarang memperlihatkan kode, kecuali kalau yang di-inspeksi memang dalam bentuk video atau animasi.

5.  Pastikan login ke blog anda untuk mencari kode yang anda lihat pada Inspect Element di atas. Baik pengguna Blogspot maupun WordPress kurang lebih pengaturannya sama karena harus dilakukan di bagian pengaturan html template. Khusus di WordPress, pertama login dulu ke Dashboard blogmu, setelah itu di Menu Appearance pilih menu “Editor”

Cara Lain Membuat Blog Lebih Keren dan Menarik

Pada dasarnya pembahasan kita di atas adalah untuk tujuan ini, yakni mempercantik tampilan website atau blog yang dikelola, tapi bukan cuma itu, ada beberapa yang juga bisa anda pelajari, seperti:

1.  Ranking 1 di Google (kunjungi)

Ini sebenarnya yang paling penting, buat apa blog anda menarik tapi ternyata tidak ada pengunjungnya karena sama sekali tidak dapat ranking di google, jangankan ranking 1, masuk sampai page 3 saja tidak. Nah, di artikel tersebut kita akan belajar apa saja tekni yang harus diterapkan agar bisa sukses menjadi blogger, di antaranya SEO on Page dan off Page yang merupakan kunci utama dari teknik ini.

2.  Mengatur Template jadi Lebih SEO Friendly

Kalau yang kita bahas panjang lebar di atas adalah soal tampilannya, maka di sini menyangkut soal mesin pencari, yakni bagaimana agar theme atau template tersebut mudah terindeks dan mempengaruhi ranking dari blog itu sendiri. Tentunya, untuk cara ini kita harus melakukan beberapa setting pada html skin atau theme-nya.

3.  Teknik Menulis Artikel yang SEO

Menulis buku tak sama dengan menulis untuk blog karena yang jadi pertimbangan bukan hanya untuk memanjakan pembacanya saja, tapi juga bagaimana hasil tulisannya klop dengan algoritma mesin pencari sehingga mudah untuk masuk halaman pertama.

Jika ada pertanyaan seputar cara otak atik blog yang anda tidak ketahui silahkan beri komentar terbaik anda. Baik itu cara mengganti jenis font atau tulisan, merubah warna dalam theme atau template dan lain sebagainya. Kami yakin setelah ini anda tak butuh tutorial apa pun lagi jika hanya ingin melakukan pengaturan ringan pada website anda. Kuncinya, selalu lakukan uji coba – trial and error – untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Dan jangan lupa lakukan Backup pada template terlebih dahulu sebelum melakukan ini karena bisa jadi ada setting yang tidak disukai nantinya dan jika tidak diantisipasi dari awal akan berakibat kerusakan pada theme blog yang mungkin sulit dikembalikan seperti semula lagi.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *