Sakit Gigi adalah suatu penyakit yang terjadi karena adanya rasa nyeri di gigi yang terkadang terasa cenut-cenut dan sakitnya tak tertahankan. Penyebabnya banyak sekali, mulai dari karena karies gigi, gigi berlubang, gingivitis, dan sebagainya. Bahkan sobat Caraspot, dalam ilmu kedokteran sakit gigi bahkan bisa terjadi akibat adanya gejala penyakit jantung, dan pada kondisi tertentu penyakit ini bahkan dapat mengakibatkan terjadinya stroke.

Dan efek yang paling ringan dialami banyak orang adalah rasa pusing di kepala dan juga tidur yang tidak bisa nyaman karena merintih kesakitan.

Pada awalnya gejalanya biasanya bagian gigi yang akan mengalami sakit terasa cenut-cenut ringan disertai sedikit rasa sakit yang masih bisa ditahan, tapi jika dibiarkan begitu saja maka lama kelamaan sakitnya akan bertambah dan gusi pun mulai membengkak. Nah, bila sudah seperti ini anda sudah harus cepat-cepat mencari obatnya.

Obat alami dan tradisional sekarang ini banyak dijadikan sebagai rujukan untuk mengobati sakit gigi, tapi tak jarang juga banyak yang menggunakan yang dari bahan kimia, apalagi yang sudah mengalami puncak sakitnya, biasanya tak peduli dengan obat apa asalkan bisa sembuh. Tapi tahukah Anda bahwa sebelum mengobati sebenarnya harus tau dulu apa penyebab dari sakit giginya. Yang kita tahu selama ini bahwa kalau seseorang sakit gigi biasanya disebabkan oleh gigi berlubang atau berongga, padahal tidak, karena ada banyak kemungkinan, mulai dari akar gigi yang sensitive, gangguan TMU (Temporomandibular Joint) atau sakit gigi yang terjadi di rahang bawah mulut, akibat penyakit gusi, impaksi dan erosi gigi, sindrom gigi retak, hingga karena adanya ketidakseimbangan hormon juga bisa menjadi penyebabnya.

Resep Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dan Lainnya serta Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Mujarab dengan Bahan Herbal Alami

Ada banyak sekali jenis obat untuk mengatasi sakit gigi yang terasa tak tertahankan sakitnya, selain dari bahan herbal alami atau yang sering kita sebut dengan obat tradisional, ada juga yang bentuknya sudah dalam kemasan.

Pada jenis yang kedua ini ada yang murni dari bahan kimia dan ada juga yang bahan alami yang kemudian dikemas dalam kemasan botol yang lebih modern yang banyak dijual di apotik dan di tempat praktek dokter gigi. Tinggal anda yang memutuskan mana yang paling baik. Saran kami, sebaiknya gunakan yang banyak dianjurkan orang karena biasanya lebih terbukti dan kadang aman dari efek samping. Dan untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya:

obat sakit gigi berlubang alami dan ampuh

A. Penanganan Awal Cara Menghilangkan Sakit Gigi

Saat pertama kali merasakan gejalanya dimana gigi sudah terasa ngilu di bagian akar atau gusinya maka di bawah ini ada beberapa hal yang harus langsung segera dilakukan, yang mana penulis sendiri sudah pernah mempraktekkan cara ini dan berhasil, dimana selama kurang lebih 15 tahun saya sama sekali tidak pernah mengalami yang namanya sakit gigi, padahal sampai sekarang gigi saya sudah ada 2 yang berlubang dan bahkan sudah terlihat ompong. Beberapa tindakan yang kami maksud adalah:

  1. Sikat bagian yang sakit

Ini sebenarnya pengalaman pribadi, walau di Wikipedia juga disebutkan tips soal ini. Jadi, setiap kali saya merasa gigi saya sudah mulai ngilu, dalam artian sudah ada gejala sedikit cenut-cenut di bagian akarnya yang mana itu biasanya tanda kalau anda akan mengalami sakit gigi, maka yang dilakukan adalah dengan menyikat langsung bagian yang sakit menggunakan odol seperti biasa kalau kita sikat gigi setiap hari. Terkadang juga kalau sudah telat, yang mana rasa sakitnya sudah menjadi-jadi, cara ini tetep saya lakukan karena hasilnya yang saya rasakan bahkan jauh lebih enak dibanding pakai obat manapun.

Adapun tekniknya, sikat langsung di bagian yang sakit, jika bagian yang samping maka focus di bagian situ sambil juga sesekali di bagian atas dan samping sebelahnya.Akan lebih bagus kalau lakukan selama mungkin sampai busanya makin banyak. Di langkah pertama ini kamu pasti akan melihat kuman atau ulat langsung saat meludah karena memang cara ini dimaksudkan agar kuman penyebab rasa sakitnya bisa hilang.

Selanjutnya, setelah menyikat sekali kemudian kumur-kumur lalu sikat sekali lagi menggunakan pasta gigi.Pada tahap kedua ini, lakukan juga dalam waktu yang lama yang mana bagian yang sakit disikat terus menerus hingga betul-betul bersih dan akhiri juga dengan kumur-kumur.Melakukan ini memang rasanya sakit sekali karena gigi yang sudah mulai sakit, apalagi kalau ada yang sudah sampai bengkak sedikit. Tapi bagi saya ini akan jauh lebih baik dibanding harus mengalami sakit gigi yang membuat kita tidak bisa tidur sepanjang malam.

  1. Berkumur dengan Garam

Ini resep obat cara mengatasi sakit gigi dari orang tua kita, termasuk Anda pasti juga pernah disarankan melakukan ini. Memang benar karena tips ini juga dishare di Wikihow berbahasa Inggris, yakni setelah kamu melakukan tips pertama di atas, maka baiknya lakukan ini, yakni dengan mencampur air putih dengan garam yang banyak lalu dikumur-kumur agak lama, kemudian bilas dengan berkumur dengan air minum biasa lagi agar rasa garamnya hilang.

Melakukan cara kedua ini akan menyempurnakan langkah pertama yang mana sisa kuman yang masih tertinggal akan hilang secara sempurna. Tapi sayang karena ada juga tips di Wikipedia yang menyarankan agar dibersihkan juga dengan menggunakan lidi pada sisa makanan yang menempel. Padahal, banyak dokter gigi yang menyarankan untuk menghindari menusuk-nusuk gigi / gusi dengan lidi atau benda tajam sejenis karena bisa membuat gusi bengkak dan bahkan akan lebih parah lagi penyakitnya.

  1. Tempelkan Minyak Cengkeh

Setelah dua cara pengobatan awal di atas dan sebelum kamu berobat ke dokter atau menggunakan bahan alami lain, maka sangat disarankan menggunakan minyak cengkeh. Adapun cara penggunaannya adalah dengan cara menuang minyak secukupnya pada kapas lalu tempelkan pada bagian yang sakit. Usahakan dijepit atau digigit agar tak lepas.Biarkan dalam waktu lama dan ganti bisa sudah terasa kurang efeknya.

  1. Kompress untuk mengurangi rasa sakitnya

Disarankan juga untuk mengkompres bagian yang sakit menggunakan kain tipis yang telah diberi air dingin. Ini fungsinya untuk langkah awal mengurangi rasa sakit pada gigi. Tapi jangan sampai langsung memberikan es pada bagian yang sakit karena mala sebaliknya hasilnya, sebab gigi dalam keadaan seperti itu sensitive pada panas dan dingin yang berlebih.

B. Obat Sakit Gigi Alami Untuk Penyembuhan

Di bawah ini bebarapa tips pengobatan gigi yang sakit dari sumber terpercaya yang umumnya sudah banyak dipraktekkan dan banyak pula disarankan oleh dokter ahli penggunaannya. Ada baiknya pilih satu atau dua jenis saja agar tidak menimbulkan over action yang dapat mengakibatkan radang yang dapat mengakibatkan pembengkakan besar, dan bahkan pada tahap yang mengkhawatirkan, jika penanganannya salah, bisa berakibat kebutaan atau pun stroke. Untuk itu, sangat disarankan, setelah melakukan tips awal di atas, sebelum mengikuti saran di bawah, agar segera menghubungi dokter gigi terdekat yang jauh lebih tau bagaimana cara pengobatannya. Dan berikut beberapa obat gigi dari bahan herbal yang bisa anda gunakan:

  1. Minyak dari Tempurung Kelapa yang Mujarab

Ambil tempurung kelapa yang sudah tua, belah lalu bakar tanpa menggunakan plastic atau pun minyak agar tak terkontaminasi dengan bahan kimia. Selanjutnya, setelah tempurung menyala sempurna dan tampak sudah mengeluarkan minyak, matikan dengan cara dikipas atau ditiup, tapi jangan menggunakan air. Nah, selagi masih panas, minyak yang tampak keluar anda ambil menggunakan kapas.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan cukup menempelkan kapas pada bagian gigi yang sakit. Dan agar cara alami ini dapat bekerja dengan baik maka sebaiknya gunakan agak banyak, ya tentunya jangan hanyak membakar sedikit tempurung. Hasilnya, dalam beberapa menit saja anda akan merasakan khasiat dari cara menghilangkan sakit gigi dengan bahan herbal ini yang mana rasa sakitnya akan berkurang.

  1. Obat Ampuh Bawang Putih + Cengkeh + Garam

Cara mengobati sakit gigi dengan bahan ini diajarkan juga di situs Liputan6.com, jadi Anda bisa yakin untuk mempraktekkannya karena sudah ada media besar yang lebih dulu mempublikasikannya.Selain itu, diblog-blog kesehatan juga sudah banyak yang merekomendasikan bahan alami yang tergolong herbal dan tradisional ini.

Pertam-tama, siapkah uletan untuk menumbuk atau menghaluskan bahan yang disebut di atas, yakni bawang putih yang telah dikupas, cengkeh sebanyak satu suing, dan juga satu sendok makan garam dapur.

Selanjutnya campur semua bahan dalam ulekan lalu hancurkan hingga halus betul yang mana hasil akhirnya nanti seperti pasta yang padat.

Terakhir, tinggal tempelkan langsung pasta bawang putih tersebut pada bagian yang sakit, pastikan pas pada bagian tersebut agar obat sakit gigi ini bekerja dengan baik.Dan sebaiknya lakukan ini antara 3 sampai 4 kali dalam sehari. Ada juga yang menyarankan dimasukkan dalam kain kalau tidak kuat dengan rasanya, tapi cara ini sebenarnya mengurangi khasiat obatnya karena tidak bisa langsung bersentuhan dengan bagian yang sakit.

Adapun tips lain pada penggunaan bawang putih ini, yakni dengan menambahkan sedikit minyak zaitun bila pasta yang dihasilkan terlalu kering.

  1. Cara Alami dengan Merica dan Garam

Kalau kamu melihat banyak blog berbahasa Indonesia yang sharing soal ini sebenarnya sumber aslinya dari situs luar negeri, di antaranya top10homeremedies.com yang pertama kali posting tips ini.

Dalam webnya dikatakan bahwa cara penggunaan campuran merica dan garam ini sangat dianjurkan bila gigi terasa sudah sangat sensitive dari penggunaan anti bakteri, analgesic, dan anti-inflammatory. Ada cara pembuatannya adalah dengan melakukan beberapa langkah ringan ini:

  1. Buat campuran yang seimbang antara merica bubuk dan juga garam halus. Akan lebih baik lagi kalau menggunakan merica yang banyak dijual dalam bentuk sachet lalu tuangkan semua dalam mangkuk kecil lalu masukkan lagi garam dalam jumlah yang sama.
  2. Selanjutnya beri air beberapa tetes saja untuk membentuknya seperti pasta yang kental.
  3. Terakhir tinggal beri langsung pada bagian gusi atau gigi yang mengalami rasa sakit. Diamkan hingga beberapa menit lalu bilas dengan berkumur. Anda bisa melakukan ini setiap hari hingga beberapa hari atau sampai obat sakit gigi ini menunjukkan khasiatnya yang manjur.
C. Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Obat Apotik

Beda keadaan maka beda juga obatnya. Jika hanya ngilu biasa maka mungkin itu karena gejala biasa saja, tapi bila sudah bengkak dan menimbulkan nanah di dalamnya maka sudah barang tentu obat di apotik diperlukan untuk penanganan lanjutan.

a. Antibiotik

Jikadirasa infeksi pada gigi sudah sangat parah, misalnya terjadi pembengkakan yang mengakibatkan munculnya nanah atau pun bentuk pipi yang terlihat membesar karena kelenjar getah bening yang bengkak maka bisa menggunakan beberapa antibiotika ini (dengan rekomendasi dari dokter), seperti sulfonamide atau penicillin atau kapsul tetracycline. Untuk mendapatkan obat tersebut sebaiknya berobat ke dokter gigi atau bisa juga langsung tanyakan ke apoteker di apotik terdekat karena biasanya mereka sudah tau jenis obat yang pas dengan hanya melihat bentuk sakitnya.

b. Non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs)

Jenis obat yang menggunakan bahan NSAIDs seperti Aspirin and Ibuprofen. Keduanya dikenal baik dan cepat menghilangkan rasa sakit pada toothaches (sakit gigi). Obat ini juga direkomendasikan oleh Wikihow dalam webnya. Selain itu, penggunaan Tylenol juga efektif dalam menghentikan rasa sakit.

c. Obat Sakit Gigi Berdasarkan merek

Ada banyak sekali dipasarang jenis obat sakit gigi, hanya saja hanya ada beberapa yang manjur dan ampuh mengobati. Beberapa yang bisa kami rekomendasikan adalah:

1. Super Green Plus SG

Secara brand, ini salah satu yang paling banyak direkomendasikan. Keunggulan dari obat ini adalah karena mampu menyembuhkan atau mengurangi rasa sakitnya hanya dalam waktu kurang lebih 10 menit saja setelah pemakaian. Selain itu, karena bahannya terbuat dari berbagai bahan herbal alami, seperti nigella sativa atau habbatussaudah, Murraya Paniculata yang sering juga disebut dengan Kemuning, zat dari garam galian, dan berbagai mineral lain yang diyakini ampuh menyembuhkan gigi yang lagi sakit. Dengan bahan alami seperti ini tentunya aman dari efek samping setelah pemakaian. Dan setelah mendapat kesembuhan obat ini juga masih bisa digunakan karena baik untuk upaya pencegahan dari gigi berlubang dan infeksi gusi. Dan yang paling penting dari semua adalah karena produknya telah mendapatijin dari dinas kesehatan (DEP.KES.RI.NO.PIRT272.100914522) – Kebetulan kami Caraspot menjual obatnya : hanya 150ribu per botol (hubungi kontak di atas atau berkomentar di bawah)

2. Cataflam 50 Mg – Kalium Diklofenak 

Cataflam termasuk dalam golongan obat NSAID (sudah dijelaskan di atas). Efeknya adalah untuk meringankan nyeri pembengkakan atau inflamasi, selain itu sebagai antipiretik dan nalgesik. Manfaat anti pembengkakan inilah yang menjadikan obat ini salah satu obat sakit gigi yang juga sering digunakan, apalagi yang sudah mengalami bengkak. Efek dari obat ini tergolong cepat sekali. Dan karena ini dosisnya juga harus pas.

Hanya saja jika anda berada dalam salah satu kondisi berikut maka Anda tidak disarankan menggunakannya karena dapat mengakibatkan efek samping, seperti pada penderita penekanan pada sumsum tulang belakang, orang yang pernah menggunakan bypass jantung, alergi pada bahan diclofenat, mempunya luka lambung atau maag (untuk yang tidak terlalu parah bisa asalkan setelah makan), sariawan, kelainan pada pendarahan, sedang dalam kondisi hamil yang sudah memasuki trisemester akhir, dan juga yang mengalami gangguan pada fungsi hati. Sedang anak di bawah umur 4 tahun juga tidak dianjurkan. Adapun harga obat yang kami tawarkan Rp. 15.000 per biji (Pemesanan minimal 1o biji). Silahkan pesan lewat kontak blog ini atau berkomentar.

3. Antalgin

Sebenarnya ini salah satu obat sakit gigi dengan merek paling lama, bahkan ketika saya masih kecil juga sering menggunakan Antalgin ini. Bentuknya tablet dan dikemas dalam strip atau kalau orang Sulawesi menyebunya per papan. Jika anda tertarik membeli dari saya hanya Rp. 50.000 untuk 2 strip. Adapun cara mengkomsumsinya dengan diminum langsung agar bisa bekerja dari dalam.

Perawatan dan Cara Mencegah Gigi Berlubang

Jika Anda tidak senang mengkomsumsi obat sakit gigi karena sudah pasti pada waktu tersebut gusi sudah mengalami pembengkakan, maka yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan beberapa upaya perawatan dan pencegahan di bawah ini:

  1. Berkumur setiap habis makan agar sisa kotoran pada gigi tidak terbentuk menjadi asam yang dapat menimbulkan karang gigi dan juga gigi berlubang yang mana merupakan salah satu penyebab utama terjadinya sakit gigi.
  2. Pastikan agar bersikat gigi minimal 2 kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Tapi ingat! Pada malam hari usahakan jangan makan apa pun lagi setelah menggosok gigi.
  3. Gunakan sikat gigi yang ujungnya tampak mengecil agar mudah menjangkau semua bagian. Selain itu, pemilihan sikat yang tidak terlalu kasar juga disarankan untuk menghindari gusi berdarah yang bisa mengakibatkan infeksi.
  4. Kurangi makan makanan yang manis-manis dan yang terlalu panas. Kalaupun terpaksa maka pastikan berkumur setelahnya.
  5. Sesekali gunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi agar tak ada kotoran yang tersisa.
  6. Datang dan periksalah gigi setiap 6 bulan sekali di klinik gigi. Akan lebih baik lagi setiap 6 bulan tersebut melakukan pembersihan karang gigi agar gigi kembali sehat dan terhindar dari masalah gigi berlubang.

Lengkap sudah ulasan soal obat sakit gigi berlubang yang ampuh dan mujarab serta cara mengobati sakit gigi dengan bahan alami ini, semoga bisa jadi pelajaran dan sakit gigi Anda bisa segera sembuh. Yang penting juga harus diketahui adalah bahwa yang namanya pembengkakan baru akan meredah setelah beberapa hari jadi jangan dipaksakan dengan diberi berbagai obat karena hanya akan membuatnya tambah parah, dan akan lebih baik lagi kalau ke dokter ahli gigi dan minta resep obat darinya karena hal tersebut lebih aman dan terhindar dari praktek yang salah. Oke, tetap jaga Kesehatan!

About The Author

Comments

  1. pratama

    Terima kasih banyak, anda telah memberikan inspirasi ke masyarakat, saya akui anda memang terbaik, tercanggih, amazing banget, teramat sangat. Dengan adanya blog ini saya menjadi lebih pintar, cerdas, hidup lebih dinamis, energik, baik hati dan tidak sombong.
    Keluarga saya pun mengucapkan terimakasih banyak karena atas adanya blog ini keluarga saya tidak selalu beradu argument, dan sekarang kehidupan keluarga saya menjadi lebih harmonis.
    Kebanggaan jika admin reply pesan saya ini. terimakasih

    1. Caraspot Article Author

      Pujiannya terlalu berlebih… dan saya sampai tidak tahu yang dipuji apa yah… he he.

  2. Prana Jomantara

    Artikelnya sangat lengkap gan. Sekedar berbagi pengalaman, dulu ketika sakit gigi saya melakukan terapi pijat refleksi gan. Titik yang saya rasa paling mujarab adalah pada jempol kaki bagian atas. sebentar saja, sakit gigi sudah mendingan sampai akhirnya sembuh. Kalau saya boleh bilang sih mengobati sakit gigi dengan pijat refleksi terbukti sangat ampuh, alami, tanpa efek samping, dan mudah dilakukan.

  3. tam6

    Saya mengikuti cara yg mengosok bagian gigi yang sakit, setelah itu kumur pake air garam. Alhamdulillah asli lebih mendingan, Terimakasih artikel yang bagus 🙂

    1. widhi

      Saya tes pijit jempol tngn ternyata sngt ampuh lngsung giginya kocak dn hrus di cbut..

  4. Sari

    Sakit bgt gigiku tiap malem nyut2an. Setelah baca artikel yg lengkap ini bsk akan saya terapkan. Doakan berhasil ya

  5. ibnu

    Terimakasih banyak…
    Saya sampe mau mati merasakan sakit gigi.

  6. Harian Berita Saut

    Sakit gigi itu memang sangat menjengkel dan sangat mengganggu aktivitas…. Kalo udah sakit bawaannya cuma pengen marah marah…

    Dengan artikel ini bisa membuat saya mendapatkan pengetahuan bagaimana cara menangani sakit gigi. Terimakasih

  7. dian

    saya minum obat dari apotik tidak mengurangi rasa sakit gigi saya dan saya mencoba tips” nya alhamdulilah berguna trima kasih ini sangat membantu.

  8. mulyadi

    Terima kasih banyak atas saudaraku yang telah menuangkan ilmu pengobatan,khususnya untuk yang punya sakit gigi,saya sangat terbantu atas tulisan yang saudara paparkan,sekali lagi terima kasih ya

  9. dimas afit maulana

    sekarang saya lagi merasakan sakitnya sakit gigi, saya baca artikel ini dan akan saya praktekkan 1 per 1, doa kan semoga berhasil dan sakit saya sembuh, amiin…

    saya ijin reshare artikel ini ya min, terimakasih sebelumnya…

  10. Zhe

    Udh lama ga prnh merasakan sakit gigi selama bertahun2 wlwpun gigi berlubang. Sakit gigi terakhir waktu kelas SD. Dan baru2 ini udh 5 hari Lgi ngerasain cenat cenut Pda gigi yg dmn skrg tiap siang dan jelang mau tidur kambuh. Luar biasa sakitnya ya. Awal gara2 makan SOP ayam, dan tulang nya secara gak sengaja nyalip dan menusuk rahang gigi dan mengenai gusi pada jadinya. Dari situlah sakit giginya sampai skrg. Sakit gigi emg bikin mood jdi hilang semuanya.. Aku mau sembuh Dr sakit gigi ini.. #hikz hikz hikz… :'(

Leave a Reply to Sari Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *