Jika anda mencari obat jerawat alami yang ampuh dari herbal sehat dan tanpa menimbulkan efek samping untuk berbagai jenis jerawat, seperti jerawat batu, di punggung, di pantat, dagu dan lainnya, maka wajib membaca artikel dari Caraspot ini, karena selain lebih lengkap jenis obatnya juga bisa dipraktekkan sendiri di rumah. Dewasa ini masalah jerawat bukan saja dianggap sebagai penyakit kulit ringan di wajah tapi terkadang bagi kebanyakan orang dianggap sebagai penghalang dalam memperoleh kecantikan sempurna dan bahkan bisa jadi penyebab seseorang menjadi tidak ‘PD’ atau percaya diri ketika menghadapi moment penting dalam hidupnya, seperti ketika menjalani interview untuk lamaran pekerjaan, atau buat artis misalnya pada saat disorot kamera. Pada dasarnya melakukan pengobatan bisa dengan berbagai cara termasuk dengan menggunakan produk kemasan yang sudah terpercaya dan memiliki izin resmi dari dinas kesehatan dan BP-POM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Sahabat Caraspot juga harus jeli dalam melihat penawaran banyak produk obat jerawat, jangan terkecoh dengan kata ‘ampuh’ yang biasa digembor-gemborkan karena sudah banyak kasus terjadi di mana wajah pemakainya bukannya sembuh total malah kulit wajahnya menjadi rusak dan menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Jika ingin hasil yang lebih baik maka usahakan yang di dalamnya mengandung pemutih kulit juga karena umumnya yang menjadi persoalan pada muka yang telah mengalami jerawat adalah adanya bekas seperti flek hitam yang kadang sulit dihilangkan jika tidak dengan bantuk obat khusus.

Sebelumnya baca dulu : Cara Menghilangkan Jerwat Secara Alami

Ciri-Ciri Obat Jerawat yang Aman Digunakan

Memilih jenis obat, apalagi untuk urusan jerawat haruslah hati-hati dan teliti karena bila salah maka wajah yang merupakan cerminan setiap orang bisa rusak, terlebih lagi jika dampaknya permanen dan sulit dihilangkan kecuali dengan bantuan operasi. Tips di bawah ini kami sadur dari salah satu skin care yang juga menjual obat sejenis yang mana memberikan beberapa saran penting yang wajib diketahui para pria dan wanita yang hendak membeli secara online maupun offline di apotik terdekat.jenis obat jerawat yang alami dan ampuh

  1. Obat jerawat yang dibuat dan diracik oleh dokter spesialis kulit dan kecantikan yang sudah berpengalaman dan telah bersertifikasi. Jika seandainya ada yang dijual dipasaran tapi pencetusnya adalah orang yang sama sekali tidak paham soal ilmu kedokteran mengenai kulit maka jangan coba-coba membelinya.
  2. Pastikan bahwa dalam kemasan atau pun kalau perlu testimoni dari penggunanya menyebutkan bahwa obat jerawat tersebut tidak menimbulkan kecanduan atau ketergantungan yang mana jika kita berhenti melakukannya maka wajah akan kembali ditumbuhi jerawat.
  3. Aman dan baik digunakan walau pada ibu hamil. Memang ada di antaranya yang melarang bagi wanita yang mengandung karena kandungan khusus di dalamnya yang bisa membahayakan janin, tentunya kalau anda pria atau wanita yang sedang tidak hamil tak perlu khawatir soal ini.
  4. Obat yang dijual menyertakan tanda bahwa produk Anti-Acne tersebut lolos uji laboratorium dari badan POM dan juga telah mendapat izin edar dari Dinas Kesehatan dimana obat tersebut dibuat. Ini sudah disinggung di atas.
  5. Akan lebih baik lagi kalau brand atau merek dari obat jerawat tersebut disertai dengan klinik dimana para pasien bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum membeli obatnya dan juga punya kesempatan untuk melakukan komplain bila mana ada efek samping yang timbul setelahnya. Untuk yang resmi biasanya disertai dengan SIP atau Surat Izin Praktek.
  6. Bila anda memilih yang ada kliniknya sekalian maka pilihlah yang mendapat pengawasan langsung dari dokter yang menciptakan produknya.
  7. Selanjutnya…. baca: Kandungan Dalam Obat Jerawat yang Sering Digunakan

Berbagai Jenis Obat Jerawat Alami yang Ampuh Menyembuhkan, termasuk Bekasnya.

Penjelasan di bawah kami sadur dari sumber terpercaya yakni Merdeka.com dan anda bisa menjadikannya referensi untuk tujuan penyembuhan dan perawatan.

1.  Bubur Tomat

Memilih tomat sebagai obat jerawat tentu ada alasan medisnya tersendiri, yakni karena tomat memang selama ini selalu dijadikan sebagai salah satu bahan campuran berbagai produk anti-jerawat, baik yang terkelan maupun yang dijual bebas di pasar tradisional. Kandungan berupa vitamin A, K, dan C serta lycopene di dalamnya baik sekali dalam membantu mengeringkan jerawat sehingga akan mengalami penyembuhan alami secara bertahap. Ada dua cara penggunaan buah ini, yaitu dengan diiris tipis dan ditempelkan langsung pada wajah atau pun dengan jalan diblender kemudian dioleskan ke muka layaknya masker lalu didiamkan dalam beberapa menit sehingga tampak kering dan barulah dibilas dengan air bersih.

2.  Kayu Manis dan Madu

Minyak esensial dalam kayu manis sangat baik dalam bekerja mengurangi adanya peradangan pada kulit yang sedang mengalami jerawat, sedangkan madu sendiri selain untuk mengencangkan kulit muka juga karena kandungan bakteri di dalamnya mampu mengatasi jerawat dengan menghilangkan dan membunuh bakteri di dalamnya. Cara pengapliasiannya adalah dengan jalan dibuat menjadi masker yang terlebih dahulu dicampur ataupun bisa menggunakan salah satunya saja.

3.  Kentang

Mungkin selama ini kita hanya tahu kalau kentang hanya digunakan sebagai makanan pokok atau camuran sayur, tapi tahukah anda kalau ternyata Kentang dengan kandungan niacin, vitamin C dan juga B di dalamnya mampu menjadi obat untuk menghilangkan jerawat, termasuk juga membantu proses regenerasi atau pembentukan kulit kembali, serta mencerahkan dan mencegah terjadinya kerutan pada kulit. Selain itu, masih ada beberapa kandungan pada umbi ini yang harus diketahui, termasuk yang telah disebut:

  • Kalium, Sulfur dan Fosfor baik untuk perawatan kulit wajah yang mengalami jerawat.
  • Alkali berguna menghilankan kandungan sebum pada pori muka.
  • Vitamin C mempercepat terjadinya penyembuhan infeksi akibat jerawat dan juga mencegah kerusakan pada sel kulit.

Adapun cara penggunaan kentang sebagai obat jerawat adalah dengan diblender terlebih dahulu (tanpa dimasak sebelumnya) kemudian oleskan secara merata pada wajah. Ini bisa juga dilakukan dengan mencampunya dengan putih telur.

4.  Minyak Zaitun

Bahan dari minyak buah ini lebih tepat untuk orang yang mukanya telah mengalami jerawat dan masih tersisi bekasnya. Dengan menggunakan minyak zaitun sebagai obat maka bekas jurawat maupun luka akan teratasi karena kandungan dalam minyak zaitun dapat mengubah tekstur kering menjadi lembab dan juga membantu kulit melakukan peremajaan serta mengembalikan kondisi kulit yang rusak menjadi lebih baik dan mulus lagi. Itulah sebabnya mengapa orang Arab banyak menggunakan ini sebagai perawatan kecantikan wajah. Bahkan semakin lama digunakan makan efeknya akan semakin terlihat jelas. Cara mengolahnya adalanya dengan menambahkan garam secukupnya lalu oles pada kulit muka kemudian tunggu beberapa menit hingga terasa kering lalu bersihkan dengan air.

5.  Bawang Putih

Kandungan berupa anti jamur dan antibiotik pada bawang putihlah yang menjadi alasan mengapa bumbu dapur ini juga dimasukkan sebagai salah satu obat jerawat ampuh dan manjur, manfaat tersebut di dapat dari kandungan berupa zinc, allicin, kalsium dan sulfur di dalamnya. Nah, dari empat kandungan tersebutlah yang kemudian para pakar kecantikan dan kesehatan kulit menjadikannya sebagai salah satu cara untuk mengatasi Acne pada kaula muda maupun tua. Penggunaannya cukup dengan jalan ditumbuk atau dihancurkan kemudian beri sedikit air lalu beri pada bigian kulit yang berjerawat.

6.  Cairan Lemon untuk obat jerawat manjur

Zat asam yang tinggi dan kandungan vitamin C pada cairan lemon diketahui sangat baik dalam mempercepat proses pengobatan jerawat seseorang. Beberapa manfaat dari bahan alami ini adalah:

  1. Vitamin C di dalamnya mampu mecerahkan kulit sehingga tampak lebih bercahaya jika dipandang.
  2. Membunuh dan menghilangkan bakteri, sebagaimana kita ketahui bahwa inilah salah satu penyebab jerawat yang paling dominan.
  3. Mengeringkan jerawat sehingga proses penyembuhannya juga akan semakin cepat, apalagi ditambah dengan penggunaan bahan seperti minyak zaitun pada bekasnya tentu akan lebih mudah mengembalikan keadaan kulit yang mulus sebelumnya.

7.  Cuka Apel

Salah satu situs besar dan terpercaya bernama Huffington Post memposting hasil ujicoba dari bahan cuka apel ini yang mana disebutkan bahwa para ahli Dermatologi merekemendasikan bahan ini sebagai solusi obat jerawat alami yang bebas dari bahan kimia. Kandungan asam dalam cuka apel baik sekali dalam menjaga pH alami pada kulit. Disebutkan pula bahwa pada dasarnya ruam, jerawat dan masalah kulit lainnya merupakan hasil kerja dari tubuh dalam usaha melepaskan racun di dalamnya, sehingga dengan menggunakan bahan alami ini maka ia akan bekerja sebagai penyerap minyak berlebih yang merupakan salah satu faktor penyebab jerawat yang seharusnya dihindari.

Adapun cara menggunakan obat jerawat di atas adalah dengan memakainya layaknya toner, tapi terlebih dahulu dicampur dengan air secukupnya dan barulah dioleskan pada wajah. Jika memang anda mengalami jerawat yang terlewat parah, seperti jerawat batu atau bernanah, maka disarankan untuk mendiamkannya hingga semalam dan di pagi hari barulah dibilas dengan air. Tapi jika hanya mengalami jerawat ringan maka cukup diamkan 10 menit saja baru kemudian dibilas.

8.  Nangka

Mungkin anda jarang mendengar ini, tapi sebagaimana dilansir oleh Merdeka.com yang disadur dari salah satu artikel Boldsky menyebutkan bahwa ada 3 kegunaan dari buah nangka matang apabila diaplikasikan sebagai masker wajah, yaitu untuk menghindari keriput, mengatasi kulit berminyak, dan juga sebagai obat jerawat mujarab. Cara penggunaannya adalah dengan jalan diblender terlebih dahulu, lalu oleskan pada semua bagian muka dan tunggu hingga 15 menit atau hingga kering kemudian barulah dibilas.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

B.  Obat Jerawat Selain Bahan Alami, Dengan Pola Hidup dan Kebiasaan Baik

Tips ini pertama kali ditulis Mag for Women yang mana ia menyarankan solusi mengatasi, mengusir dan menghindari jerawat dengan beberapa kebiasaan biak yang pasti semua orang bisa melakukannya dan tentunya tanpa harus mengeluarkan biaya membeli obat yang bisa jadi tidak semua orang mau melakukannya karena harus melakukan beberpa langkah sebelum mengaplikasikannya, seperti membeli bahan, memblender dan lain sebagainya. Nah, berikut cara simplenya:

1.  Kurangi penggunaan make up

Ini juga obat jerawat manjur untuk semua wanita, sebaiknya gunakan make up pada acara penting saja karena jika terlalu sering kulit akan sulit melakukan pernapasan karena pori-porinya tertutupi oleh bahan make up. Kebiasaan seperti ini juga menjadi pemicu munculnya jerawat karena bakteri akan mudah bersarang pada kotoran yang ada dimuka.

2.  Rutin ganti sarung bantal

Ini terlihat sederhana kan? Tapi tidak jarang juga kita menemukan orang yang bad cover dan sarung bantalnya tidak diganti selama berbulan-bulan, bahkan hingga warnanya agak kehitaman. Padahal, sarung bantal yang terlalu kotor bisa menjadi sarang kuman yang mana bisa menempel di wajah dan mengakibatkan jerawat. Untuk itu, mulai sekarang jaga kebersihan tempat tidur anda selalu.

3.  Selalu rileks

Sepintas tak ada hubungannya obat jerawat dengan rileks, tapi perlu diketahui bahwa stres bisa memicu perubahan hormon pada tubuh yang mana jika terus berlangsung akan mengakibatkan mudah munculnya jerawat. Ceria selalu dan menghadapi masalah dengan senyum adalah solusi terbaik untuk ini.

4.  Perbanyak asupan vitamin A

Selain untuk kesehatan mata, vitamin A ternyata juga baik untuk mengontrol jerawat. Beberapa makanan yang disarankan adalah wortel, tomat, sayuran hijau, atau kalau saat bulan puasa seperti ini anda juga disarankan komsumsi buah blewah karena kandungan vitamin A dari buah ini juga banyak.

5.  Rutin cuci muka

Ada dua waktu dimana kita disarankan untuk selalu cuci muka, yaitu setelah beraktifitas diluar rumah, seperti habis olahraga dan perjalanan jauh, serta setiap sebelum tidur di malam hari. Semakin sering melakukan ini maka bakteri penyebab jerawat akan sulit muncul dan kita pun terhindari dari jerawat.

Pastikan baca semua artikel soal jerawat di blog ini dan berikan komentar jika ada yang kurang dipahami, baik itu jenis obat jerawat alami yang ampuh yang telah kami sebutkan di atas maupun yang mungkin belum disebutkan pada artikel soal obat ini.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *