Melahirkan adalah salah satu fitrah yang akan dijalani setiap perempuan yang mengandung atau hamil, tapi itu dalam kehidupan nyata, lalu bagaimana jika seseorang mimpi melahirkan dalam tidurnya? Apa sebenarnya tafsir mimpi atau arti mimpi melahirkan tersebut? Apakah ada maksud tertentu mengapa seseorang perempuan atau pun pria bisa mengalami hal demikian. Nah untuk menjawab ini tentu kita harus tahu primbon mengenai ini agar diketahui apa tafsir sebenarnya, baik itu menurut primbon jawa maupun dalam pandangan ajaran agama Islam. Tapi perlu diketahui bahwa terkadang yang namanya mimpi memang sebagai bunga tidur bagi seseorang yang mana jika ia terlalu terobsesi terhadap sesuatu terkadang angan-angan atau kejadian tersebut dirasakan terjadi pula saat tidur, tapi kita juga harus yakin bahwa tidak semua yang kita alami saat tertidur hanya merupakan hal biasa yang akan berlalu dan dilupakan begitu saja, karena bisa jadi itu adalah isyarat yang diberikan tuhan kepada kita yang bisa jadi mempengaruhi kehidupan kita selanjutnya.

Jangan pernah beranggapan berkata bahwa “…yang namanya mimpi ya mimpi, gak usah dihiraukan!” Ini karena, dalam ajaran agama Islam atau mungkin dari ajaran agama lain, mimpi merupakan salah satu bentuk wahyu di masa kenabian dan kerasulan. Dan bahkan lebih jelas Nabi Muhammad saw. Pernah bersabda bahwa “…Mimpi seorang muslim merupakan satu bagian dari empat puluh lima bagian kenabian”. Ini berarti bahwa tak selamanya mimpi itu hanya kejadian biasa belaka, tapi terkadang ia punya makna besar dalam kehidupan seseorang sehingga butuh untuk ditafsirkan. Walau demikian, kita tidak boleh sembarang menafsirkan atau pun meminta pendapat orang yang sama sekali tidak ahli soal itu. Bahkan dalam adab mimpi, jika seandainya anda adalah salah seorang yang mencari arti mimpi bersalin anak perempuan atau pun anak laki-laki tersebut, dan jika seandainya bentuknya buruk, maka sangat disarankan untuk tidak meceritakannya pada orang yang tidak baik karena jika ditafsirkan buruk maka, katanya dalam salah satu kitab yang saya lupa judulnya, bisa jadi penafsiran orang tersebut akan jadi kenyataan.

Sebelum ini, baca dulu : Arti Mimpi Menikah

Arti Mimpi Melahirkan

tafsir mimpi melahirkan

Sebagaimana dilansir oleh salah satu media online, yaitu Vemale. Di sana dikatakan bahwa dengan mengalami mimpi bersalin atau yang sejenisnya maka kurang lebih bisa dikatakan bahwa orang tersebut akan mendapatkan suatu tanggung jawab yang itu artinya, dalam hal pekerjaan atau pun ekonomi keluarganya, ia akan mengalami peningkatan atau akan mendapatkan hal yang lebih baik dari yang sebelumnya. Logikanya, jika seseorang diberi anak maka tentunya ia akan mendapatkan anak yang mana pada anak tersebut juga akan dititipkan rezki dari tuhan. Dan untuk itu mari kita urut beberapa bentuk mimpi mengenai ini:

  1. Jika bermimpi melihat istri atau pun orang melahirkan – Salah satu tafsirnya adalah bisa jadi Anda akan memperoleh rezki dan juga kemudahan hidup yang artinya ini adalah mimpi yang baik.
  2. Apabila mimpi melahirkan seorang anak bayi perempuan – Banyak yang mengatakan jika seseorang mengalami mimpi seperti ini maka itu artinya ia akan mendapat limpahan harta yang banyak dan juga pekerjaan yang baik untuk kehidupannya.
  3. Bagaimana jika mimpi melahirkan seorang anak laki-laki : Banyak yang bilang bisa jadi orang tersebut akan mendapat cobaan hidup di hari akan datang yang tidak diketahui kapan itu akan terjadi
  4. Bermimpi melihat bayi lahir – Anda akan aktif di dalam suatu job/pekerjaan yg tidak disangka-sangka sebelumnya dan juga tidak ada hubungannya dengan rutinitas pekerjaan anda saat ini.
  5. Melihat ibu melahirkan dalam tidur – Kemungkinan akan mendapat rejeki yang lebih besar dari biasanya.
  6. Jika sedang mengandung dan juga mimpinya demikian maka itu artinya anda akan melahirkan dengan selamat.
  7. Mengayun buaian yang ada bayinya – Itu artinya Anda akan berhasil menjalani kehidupan rumah tangga dan juga usaha.
  8. Menyusui bayi dalam tidur – Bisa jadi akan mengalami masalah keuangan di hari akan datang atau akan ada orang yang menipu Anda. Tapi, jika anda adalah gadis kemungkinan sebagai isyarat akan ada lamaran yang datang.
  9. Mimpi mendengar bayi menangis – Akan ada berita mendadak yang akan mengejutkan anda atau salah satu keluarga atau mungkin anda sendiri akan mengalami kegagalan atau penyakit.
  10. Baca juga : Arti Mimpi Hamil / Mengandung Menurut Primbon Jawa dan Agama Islam

Wajib diketahui! Yang namanya tafsir tidak selamanya benar 100%, bisa saja ia salah atau keliru atau pun tidak menutup kemungkinan ia benar, untuk itu anda tidak perlu terlalu menjadikan ulasan ini sebagai pegangan karena jika dikemudian hari ternyata salah, tentu anda sendiri yang akan kecewa, apalagi kalau dibicarakna dengan orang lain. Saran Caraspot, lebih baik anda sendiri yang mengetahuinya dan tak perlu ada orang lain yang tahu soal mimpi anda.

Dalil Al-Qur’an Soal Mimpi

لَهُمُ الْبُشْرَى فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ (يونس: 64)       6

“Bagi mereka (ada) berita gembira di dalam kehidupan dunia dan juga (dalam kehidupan} di akhirat”.

At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa ada seorang penduduk Mesir pernah bertanya kepada Abu Darda’ ra. mengenai firman Allah tersebut. Abu Darda’ lalu menjawab: “Tidak ada seorangpun yang bertanya mengenai ayat ini sejak aku bertanya kepada Rasulullah –saw.- dan beliau juga menjawab: ‘Tidak seorang pun yang bertanya kepadaku tentang ayat ini selain kamu semenjak ayat ini diturunkan. Ayat ini adalah menjelaskan tentang mimpi baik, yang di alami oleh seorang muslim,”. (HR. At-Tirmidzi)

Jadi jelas bahwa yang namanya mimpi bagi seseorang ada maknanya dan bukan hanya sekedar kejadian biasa saja dan bahkan bisa dikatakan bahwa ayat di atas memberikan jaminan bahwa bagi orang mukmin yang betul-betul taat akan mendapat mimpi yang baik yang merupakan isyarat untuk keadaan yang akan terjadi dalam kehidupannya.

Baca juga : Tips Cepat Hamil Lengkap

Hadis tentang mimpi

  • Diriwayatkan dari Abu Salamah, ia berkata: Aku dulu pernah bermimpi yang kemudian membuatku sedih. Kemudian beliau berkata lagi: Lalu aku menemui Abu Qatadah, dan dia berkata, “Aku juga dulu pernah bermimpi yang membuatku jadi sedih, hingga aku mendengar Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Sesungguhnya mimpi yang baik itu dari Allah. Apabila kamu telah bermimpi yang kamu senangi maka janganlah kamu ceritakan kecuali kepada orang yang senang pula kepadamu. Jika (seandainya) kau bermimpi yang mana tidak kamu sukai maka hendaklah meludah 3 kali ke kiri dan lalu berlindunglah kepada Allah dari kejahatan setan dan kejelekan impian tersebut, serta jangan pula kamu menceritakannya kepada orang lain. Jika (kamu lakukan) demikian, maka mimpi tersebut tidak akan mencelakai dirimu.” (H.R. Muslim)

Dari hadis di atas jelas sekali ada riwayat dari Nabi yang melarang kita menceritakan mimpi yang buruk (termasuk dalam mimpi melahirkan jika seandainya ada kejadian yang tidak baik di dalamnya) kepada orang yang kita ketahui tidak senang pada diri kita, karena dalam riwayat lain juga disebutkan bahwa jika orang tersebut menafsirkannya buruk maka bisa jadi itu adalah doa dan akan terjadi dalam kehidupan nyata, Naudzu Billah min Dzalik! Mengenai ini anda perlu juga simak Tafsir Mimpi Basah

  • Abu Hurairah r.a. meriwayatkan dari Nabi Saw., beliau pernah bersbda: “Apabila hari kiamat sudah dekat maka jarang sekali mimpi dari seorang muslim yang tidak benar (salah atau meleset), dan seseorang yang paling benar mimpinya ialah orang yang (juga) paling benar ucapannya. Mimpi dari seorang muslim (yang taat) adalah satu bagian dari 45 bagian kenabian. Mimpi itu ada tiga macam: 1) Mimpi yang baik ialah berita gembira dari Allah. 2) Mimpi sedih adalah dari setan, 3) Mimpi dari bisikan atau angan-angan dari diri sendiri. Apabila seseorang telah bermimpi yang man tidak dia sukai maka hendaklah ia bangun, lalu melaksanakan shalat dan janganlah (sekali-kali) dia ceritakan mimpi tersebut kepada orang lain.

Bisa kita pahami dari hadits Nabi di atas bahwa seorang yang bermimpi memiliki 3 sumber, yaitu dari Allah swt., Syaitan, dan juga dari angan-angan kita sendiri yang sering kita sebut dengan bunga tidur. Dan arti mimpi melahirkan atau bersalin anak perempuan atau laki-laki tersebut, jika kita analisa, bisa jadi dari Allah karena jika seseorang telah memiliki anak dan tidak terlalu mengharapkannya lagi maka dia bukan lagi angan-angan dan tentunya juga bukan dari Setan karena ia adalah mimpi yang baik.

Simak juga : Ciri-Ciri /Tanda-Tanda Kehamilan Pada Perempuan

Jangan menafsirkan sembarang mimpimu!

Ini juga satu peringatan yang wajib diketahui oleh orang yang mencari arti mimpi melahirkan karena bisa jadi anda salah lalu menafsirkannya sesuai keinginan atau mungkin dari primbon jawa yang bisa jadi bukan dari buku aslinya atau dibuat dari orang yang tidak punya keahlian tersebut. Ini di dasari oleh salah satu penjelasan dari sebuah kitab, yaitu Al-Wasith dari Ibnu Abi Syaibah dan Al-Wahidi yang juga diriwayatkan dari Yazid Ar-Ruqasyi, dari jalur Anas secara marfu’, dengan redaksi

(على رجل طءر)

“Mimpi itu untuk (sesuai dengan) yang pertama kali orang mengartikan (menafsirkannya)”

Sebagian berpendapat bahwa Yazid Ar-Ruqasyi adalah dianggap dha’if (lemah). Namun dari makna kalimat ( على رجل طءر) ini secara bahasa diartikan “di atas kaki burung” yang artinya bahwa mimpi tersebut tidak akan nyata (terjadi dalam kenyataan) selama tidak diartikan. Seperti halnya diungkapkan oleh Al-Khuthabi, Ath-Thahawi, dan lainnya. Dan penulis menambahkan, mengutip dari salah satu hadis sahih, bahwa penafsiran mimpi tersebut ibarat seorang lelaki yang sedang mengangkat satu kakinya kemudian dia tinggal menunggu kapan ia hendak meletakkan kakinya tersebut. Jadi, karena begitu berpengaruhnya tafsir dari sebuah mimpi maka jangan sampai kita semberono mengatakan yang tidak-tidak terhadap mimpi kita atau pun mimpi orang lain karena bisa jadi mengjadi kenyataan.

Bagaimana menurut anda dari tafsir arti mimpi melahirkan / bersalin anak bayi laki-laki dan perempuan di atas, apakah mengena dengan kenyataan yang anda alami? Jika tidak maka tidak perlu terlalu dirisaukan karena usaha dan doalah yang menentukan segala kehidupan kita, bahkan dikatakan bahwa bisa jadi orang telah ditakdirkan buruk, atau anggaplah ia digariskan akan menjadi orang miskin, tapi karena seringnya berdoa dan berusaha dengan keras maka nasibnya pun bisa berubah. Dan dalam riwayat lain dikatakan bahwa antara doa dan takdir seseorang saling ‘bertarung’ di atas langit (artinya dari usaha dan doa tersebut takdir jelek kita dilangit akan terhalang untuk terwujud).

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *