Menyapih anak bisa dibilang gampang-gampang susah, beberapa orang ada yang menggunakan saran dokter tapi ternyata tidak berhasil juga, tapi ada pula yang hanya dengan coba-coba bahan seadanya yang tujuannya menakuti anak tapi akhirnya bisa membuat bayinya berhenti menyusui. Nah pada artikel Cara Menyapih Anak – Membuat Anak Berhenti Netek/Menyusui/Mimi ini akan diajarkan apa saja yang harus dilakukan dan obat / bahan apa saja yang dipakai agar si bayi betul-betul berhenti menyusui tepat pada waktunya. Terkadang kan ada yang nanti setelah umur 3 tahun, dan bahkan ada yang sampai 7 tahun baru bisa berhenti ‘mentil’. Sebenarnya itu bukan karena kesalahan anaknya, karena yang namanya anak pasti selalu menangis jika kehendaknya tidak dituruti, maka tugas sang ibulah di sini yang menentukan apakah anaknya bisa betul-betul tidak suka lagi netek atau tidak.

Apa yang akan bunda baca di artikel ini lebih banyak diambil dari pengalaman keluarga penulis dan juga teman istri yang masing-masing punya cara berbeda dalam membuat anaknya berhenti menyusui. Dan untuk bahan yang digunakan juga tergolong aman karena semua di dapat dari bahan herbal alami dan bisa dibilang tak ada efek samping sama sekali yang ditimbulkan bila tertelan anak. Kecuali mungkin seperti Lipstik yang mengandung bahan yang tidak baik, sehingga bila anak tidak takut maka sebaiknya dihapus dulu dan biarkan ia mimi lagi sambil mencari cara lain di hari berikutnya.

Cara Menyapih Anak – Cara Membuat Anak Berhenti Menyusui/Netek/Mimi

Berbagai cara bisa dilakukan untuk ini, tapi selama itu aman untuk anak dan tidak menimbulkan efek samping maka sah saja dilakukan. Dan akan lebih baik lagi kalau ilmunya anda dapat dari saran dokter kandungan dan anak yang memang paham betul soal itu. Nah, mungkin para bunda ada yang sudah merasa tidak kuat lagi menyusu atau mungkin memang sudah waktunya untuk membuat si bayi tidak minta mimi lagi pada ibunya. Jika betul ya, mari kita simak penjelasan panjang di bawah ini:cara menyapih anak membuatnya berhenti menyusui

A.  Pandangan Agama Islam soal ASI

Tak berlibihan jika dikatakan bahwa Islam adalah salah satu agama yang mengatur segala cara hidup pengikutnya, mulai dari saat bangun tidur hingga tidur kembali ada tuntunannya, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki diatur cara perlakuannya, dan bahkan dalam segala lini kehidupan manusia ada tuntunannya dalam Islam, dan termasuk yang kita bahas saat ini, yakni soal waktu menyapih anak yang paling baik. Mengenai ini silahkan baca di sini : Waktu Terbaik Menyapih Anak Menurut Islam – Al-Qur’an.

B.  Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menghentikan suplai ASI Anak

  1. Perhatikan nafsu makannya. Jika beberapa hari belakangan ia kurang nafsu makan atau mungkin karena sakit sehingga tidak mau makan maka sebaiknya tunda dulu. Tunggu sampai ia betul-betul sehat dan sudah mulai mau makan lagi, karena jika tidak berat badannya bisa turun dan anda pun akan bingung jadinya.
  2. Ketahui apa kesukaannya – Sebelum mulai memaksa anak berhenti mimi maka usahakan si ibu sudah tahu apa saja makanan yang disukai si anak, ini nantinya sebagai alat kalau dia menangis, ya fungsinya sebagai hiburan biar ia diam. Selain itu, ini juga bermanfaat untuk pengganti ASI yang sudah tidak lagi anak dapatkan.
  3. Usahakan ia sudah suka dengan susu formula – Bila dirasa anak sudah siap untuk disapih maka yang dilakukan lebih dulu adalah bagaimana mengajari ia minum susu formula, tentunya agar walau ia sudah tidak netek lagi ia masih dapat asupan gizi dari susu sapi tersebut. Lebih baik lagi 1 bulan sebelumnya anak sudah dibiasakan minum susu. Lalu bagaimana jika anak anda tidak mau minum selain ASI? Ya apa boleh buat, berikan ia minuman yang ia sukai, misalnya coba buatkan jus buah siapa tau dia suka, dan bila betul ia bisa suka maka barulah ditambahi sedikit susu di dalamnya. Pengalaman saya pribadi, pada anak pertama saya bisa dibilang sangat senang minum susu formula bahkan susu Dancow isi 1000 Gr (1 kg) bisa habis hingga 4 dus dalam sebulan. Anehanya, pada anak kedua ia sama sekali tidak mau minum susu, malah yang dimita teh atau sirup. Kalau sudah haus biasanya ia tinggal bilang “Ma…! num te’ (Ma! Minum teh) atau ‘Ma…! mau syup (Ma… mau sirup). Lucu kan? Ngomongnya menggemaskan, minuman kesuakaannya juga lucu. Dasar bayi!
  4. Lakukan bertahap – Jika tidak tega dengan anak yang terus saja menangis ketika tidak diberi ASI maka bunda bisa melakukannya bertahap dulu, kurang lebih selama satu minggu, dan kalau bisa jangan terlalu lama. Misalnya pagi dibiarkan menyusui, tapi siangnya di-stop, dan baru pada malam hari diberi lagi, dan bila sudah bisa seperti itu coba kasi sekali sehari saja dan barulah setelah itu distop total.
  5. Baca juga : Penyebab Susah Punya Anak

C.  Jenis Obat dan Bahan yang Digunakan dalam Cara Membuat Anak Berhenti Menyusui

Di antara yang disebutkan di atas ada yang tak lazim, tapi seperti penulis katakan tadi, selama tidak berbahaya maka mengapa tidak dicoba, seperti halnya garam yang sama sekali tidak menimbulkan efek samping selain rasa asin yang berlebih di mulut bayi. Nah berikut tips untuk alternatifnya:

1.  Obat sariawan anak

Cara agar anak berhenti menyusui dengan menggunakan obat ini pernah dilakukan istri saya saat menyapih anak pertama dan terbukti berhasil. Warnanya ungu pekat dan banyak dijual di apotik terdekat. Tapi pastikan yang hanya untuk anak ya. Memang dari segi rasa tidak ada yang istimewa, hanya saja karena warnanya yang ungu tua sehingga membuat anak takut, bahkan ketika itu, istri saya hanya memperlihatkannya saja anak saya langsung takut dan menyuruh ibunya segera menutupnya. Tapi itu untuk anak pertama, beda lagi untuk yang nomor 2 yang mana menggunakan cara kedua di bawah.

2.  Garam

Terdengar aneh kan, masa sih agar anaknya mau berhenti netek harus pakai garam, emang sayur dikasih garam? He he. Kalau yang di atas tujuannya untuk menakut-nakuti, yang ini agar si anak tidak suka dengan rasa susu yang ia hisap karena saat dihisap rasa yang tersedot bercampur dengan garam sehingga mau tidak mau ia akan langsung menarik mulutnya dari payudara ibunya karena rasanya yang kelewat asin. Sebaiknya gunakan garam halus agar tidak terlalu mengganggu dan juga setiap kali anak mau minta sebaiknya dikasi lagi secara berulang dengan cara dibasahi terlebih dahulu bagian yang akan dihisap agar garamnya mudah menempel.

Cara kedua ini, saat dipraktekkan pada anak saya, juga berhasil. Hanya saja karena karakter anak ke-2 ini cenderung lebih keras dan jika keinginannya tidak dituruti selalu menangis, sehingga jadilah kami begadang kurang lebih selama 3 malam. Tau kenapa? Karena setiap kali ia minta netek ibunya tidak menolaknya karena sudah ia olesi garam, hanya saja si anak karena merasa rasanya tidak enak ia langsung menangis sambil menjerit dan berontak di ranjang. Sungguh terlalu….! Tapi itu hanya pada malam pertama saja, di malam selanjutnya hingga ketiga ia tidak lagi minta, hanya saja ia tetap menangis karena kesal tidak lagi bisa menyusui pada ibunya. Dan tahukah anda apa yang terjadi di hari ke empat setiap kali ia bangung malam? Ya, di hanya bilang “ma num tih!” (maksudnya : ma minum air putih) ya itulah bahasa bayi. Tapi berhasil kan? Walau harus berjuang tanpa tidur.

3.  Lipstik

Ini aneh lagi, masa cara menyapih anak bayi biar gak mau nyusui lagi pake lipstik. Gimana kalau habis itu ia cipika-cipiki sama bapaknya, nanti dikira shelingkhuhhhh lagi, he he! Cara ini dipraktekkan oleh teman istri saya, sebut saja tetangga. Katanya juga manjur dan anaknya sekarang tidak lagi mau menyusui karena gara-gara takut dengan warna merah lipstiknya dan baunya yang kayak gimana gitu. Tapi sayangnya ketika istri saya juga ikut-ikutan pakai cara ini malah tidak berhasil. Ya seperti saya bilang tadi kalau anak kedua saya wataknya agak keras, jadi karena kurang ekstrim rasanya jadi ia tetap netek waktu itu. Dan lucunya, sehabis netek lidah dan mulutnya merah karena lipstik.

4.  Kayu Mahoni

Saya juga kurang tahu waktu itu yang dipakai istri potongan kulitnya atau buahnya, soalnya dikasi tetangga sih. Ini juga dipakai untuk anak kedua saya, tapi dasar anaknya kelewat kuat nahan rasa pahitnya jadinya juga tidak bisa membuatnya berhenti mimi’ waktu itu. Tapi tidak tahu, siapa tahu anak anda bisa, karena semua kembali lagi pada daya tahan anak anda, siapa tau dia takutnya gak sama rasa asing tapi malah yang pahit-pahit.

Lanjut baca : Cara Agar Cepat Memiliki Anak Lagi

Bahan lain untuk membuat anak berhenti netek

Beberapa yang juga jadi pengalaman saya ketika ibu saya ‘memaksa’ saya berhenti ‘mentil’ (istilah yang sering dipakai ibu-ibu jawa) adalah sebagai berikut:

  • Daun pare – rasanya pahit dan buahnya biasa dijadikan sayur. Kalau di daerah lain sering disebut juga Paria.
  • Daun pepaya – Walau tidak terlalu pahit, tapi kalau dilumatkan dulu lalu diolesi disekitar puting payu dara bisa juga membuat anak jadi tidak senang menyusui lagi.
  • Saos – Bila anak bunda takut pedes maka ini saya kira baik dipilih, tapi usahakan pakai yang botolan, produk Indofood, karena tidak terlalu pedas.
  • Jamu – Punya jamu pahit di rumah atau mungkin ada yang jual di warung, nah baiknya gunakan itu saja karena ibu tak perlu lagi meracik bahannya.
  • Tanaman herbal lainnya – Jika anda tidak menemukan salah satu dari yang disebut di atas, bisa juga pakai tanaman yang terasa pahit, selama tidak berbahaya jika dikomsumsi anak. Tapi kalau bisa jangan juga yang terlalu pahit yang kalau kesentuh lidah sedikit rasanya gak bisa hilang selama berhari-hari, seperti sambiloto dan sebagainya.
  • Simak juga : Arti Mimpi Melahirkan dalam tidur anda.

Kalau ada dari bunda yang punya pengalaman sendiri soal cara menyapih anak atau cara membuat Anak berhenti netek/menyusui/mimi ini silahkan berkomentar biar banyak yang tau. Paling bagus kalau diceritakan secara detail kejadiannya biar bunda yang lain paham bagaimana menirunya. Atau siapa tau ada yang punya obat khusus untuk itu, mungkin bisa share juga di sini sebagai referensi tambahan buat yang lain. Jika anda merasa senang dengan artikel ini maka kami mengizinkan untuk dishare (tapi linknya saja, bukan isi artikelnya), ya apalagi kalau bukan tujuan untuk membantu lebih banyak bunda yang sudah dua tahun menyusui anaknya.

About The Author

Comments

  1. Hanadora

    Boleh juga tipsnya.. Cukup membantu memberikan solusi bagi saya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *