Simpel sekali sebenarnya Cara mengetik Arab di MS Word / Microsoft Word baik yang menggunakan Windows 7, 8, 10 dan versi selanjutnya, ya cukup tekan di Keyboard Alt+Shift maka secara otomatis penulisannya akan berubah dari menggunakan Bahasa Indonesia atau Inggris menjadi Arab. Tapi, masalahnya kemudian adalah bagaimana jika bahasa Arab belum diatur atau dimunculkan di bagian bawah atau Taskbar sebelah kanan bawah? Nah ini yang juga wajib diketahui untuk bisa tau cara menulis Arab di MS. Word karena dari sinilah langkah pertamanya sebelum bisa mengaktifkan bahasa yang diinginkan. Terkadang juga ada yang bertanya lain soal pembahasan ini, yakni bagaimana mengganti bahasa dalam Microsoft word saat mengetik? Atau Cara setting Language menjadi Arab dan lain sebagainya yang sebenarnya semuanya sama saja maksudnya.

Setelah membaca tutorial Caraspot di bawah, disarankan untuk membaca semua artikel yang berkaitan karena masing-masing mendukung untuk kelancaran kerja anda, terutama buat yang masih Mahasiswa karena sangat dibutuhkan di dunia kerja nantinya. Seperti cara mengetik 10 jari yang umumnya harus dimiliki semua pekerja kantoran, karena selain lebih cepat juga akan jauh lebih mudah mengoperasikan komputer jika benar-benar lancar.

Panduan Cara Mengetik Arab di Microsoft Word / Mengaktifkan Pilihan Bahasa Arab dengan Keyboard

Mudah sekali untuk melakukan ini, tapi agar bisa bekerja dengan baik maka ada 2 proses yang harus dilakukan, yakni dengan menambahkan bahasa Arab pada pilihannya dan yang kedua adalah tinggal mengaktifkannya menggunakan Keyboard yang semuanya akan dijelaskan urutannya secara lengkap.

1.    Setting / manambahkan pilihan bahasa Arab di komputer

Tahap ini dilakukan agar pilihan bahasa di Language bar bisa muncul, biasanya iconnya ‘AR’, karena tidak semua komputer secara Default menampilkannya. Jadi tak usah download dan install aplikasinya segala karena sebenarnya sudah ada dalam Windows, tinggal diatur saja agar mucul di layar. Tips ini sebenarnya bisa untuk semua versi Windows, baik XP dan Vista, apalagi yang terbaru.

1.  Klik tombol ‘Start’ di bagian pojok kiri bawah layar Laptop/komputer-mu yang bentuknya seperti jendela (logo Windows).

2.  Perhatikan pilihan menu-nya, nah tinggal pilih “Control Panel

cara mengetik menggunakan bahasa arab di ms word

3.  Jika halaman baru telah muncul, selanjutnya klik tulisan “Change keyboards or other input methods” untuk masuk ke pengaturannnya. Tepatnya ini berada pada menu Clock, Language, and Region.

4.  Setelah langkah di atas kemudian akan muncul lagi halaman kecil baru. Di bagian menu “Keyboards and Languages” nah pilih “Change keyboards…

mengganti bahasa arab di windows

5.  Jika sudah masuk lagi ke halaman baru maka di menu ‘General’ silahkan kamu klik tombol “Add…”. Selanjutnya tinggal pilih saja bahasa yang mau kamu tambahkan yang nantinya bisa berfungsi ketika menekan Alt + Shift di Keyboard (Sangat disarankan untuk memilih pilihan Arabic (Saudi Arabia)).

cara menambah bahasa di windows

Aktifkan bahasa:
Pada langkah Add bahasa yang disebut di atas, sebenarnya ada caranya agar tombol ‘Ok’ bisa aktif, yaitu dengan mengklik 2 kali pada bahasa yang dipilih, lalu pada pilihan “Keyboard” juga di klik 2 kali, dan terakhir barulah centang nama bahasanya dan tombol “Ok” pun akan aktif dan bisa diklik. Selain itu, kamu juga bisa melakukan ‘Preview’ untuk mengetahui bagaimana posisi huruf Hijaiyah nantinya jika diketik langsung di keyboard, paling tidak kamu bisa hafalkan sedikit demi sedikit.

6.  Bila proses pemilihan bahasa telah tuntas, selanjutnya tinggak klik ‘Ok’ dan semua langkah sudah anda jalankan dengan baik. Tinggal ketahui tips di bawah untuk mulai memakinya ketika mengetik tugas kuliah atau pun yang lainnya.

2.    Mengaktifkan lewat Keyboard

Sudah disinggung di paragraph awal bahwa untuk bisa mengetik arab di Word simple sekali. Tapi sekarang saya mau memberikan dua pulihan cara, yakni:

  1. Dengan menekan Alt + Shift (tekan secara bersamaan) pada Keyboard.
  2. Dengan mengklik di ‘Language Bar’ (letaknya di kanan bawah sekali, yang juga ada icon jam dan Speaker di sampingnya ) tulisan icon-nya adalah ‘EN’ (bahasa Inggris) atau “IN” (bahasa Indonesia) dan untuk mengaktifkan bhs. Arab-nya maka klik lalu pilih ‘AR’

letak language bar di windows

Ingat! Ini dilakukan setelah melakukan langkah setting yang awal yang dijelaskan pertama di atas, karena jika tidak, maka icon ‘AR’ tersebut tidak akan muncul.

Selanjutnya, wajib baca: Cara Menulis Angka Arab di Word dan Excel

Tips lainnya soal cara mengetik Arab

  1. Jika kamu tidak ingin terlalu banyak bahasa yang tampil dalam Language bar maka bisa dihilangkan beberapa di antaranya dengan cara di-Remove. Langkahnya kurang lebih sama dengan proses pengaktifan di atas, yaitu setelah klik “Change keyboards…” selanjutnya kamu cari menu ‘Remove’ tersebut.
  2. Wajib dibaca! : Susunan abjad huruf Hijaiyah di Keyboard. Untuk tips yang kedua sangat disarankan untuk dihafalkan, tapi akan lebih mudah lagi kalau sudah tahu Cara mengetik sepuluh jari karena kita tinggal mengingat tugas dari masing-masing jari, misalnya jari telunjuk kanan untuk Nun, Alif, Ain, Ghain, La dan Ya dan lain sebagainya.
  3. Pelajari Video Cara Mengetik 10 Jari dari Youtube yang sudah kami terangkan juga penggunaannya di artikel ini. Kalau di sini keberhasilannya hanya ditentukan dari kemaun dan latihan yang dilakukan.  Tak usah lama-lama, 2 minggu saja sudah cukup. Dan yang menarik adalah karena dalam tutorial tersebut bukan hanya menampilkan bagaimana gerakan tangan tapi juga posisi tubuh dan cara mata melihat pada keyboard yang benar.
  4. Download aplikasi belajar mengetik 10 jari / Typing Tutor agar anda bisa belajar langsung mengetik dengan lancar dan cepat menggunakan sepuluh jari dengan bantuan software ringan. Umumnya ditampilkan dalam bentuk keyboard persis sehingga lebih cepat dirasakan hasil latihannya. Selain itu kamu bisa memilih aneka konsep latihan dari program yang kami sajikan, mau yang hanya menguji kecepatan juga ada atau yang lebih baik lagi yang memperlihatkan bagaimana fungsi dari tiap jari tangan.

Agar bisa cepat mengetik Arab dan hasilnya bagus maka Anda harus berusaha latihan setiap hari menggunakan semua jari yang ada. Memang awalnya akan sangat kaku dan lama, tapi kalau terus dibiasakan maka kurang dari 2 minggu sebenarnya hasilnya sudah bisa kita rasakan. Penulis sendiri juga pernah mengalami ini, awalnya terasa gemes dan geram karena belum terbiasa sedangkan perasaan ingin cepat, tapi karena disiplin tidak lagi menggunakan 2 jari akhirnya berhasil.

Sebenarnya, kunci utama ketika mengetik Arab dengan sepuluh jari ada pada posisi tangan di atas keyboard. Usahakan jari telunjuk berada tepat pada huruf yang ada tanda berupa tonjolan kecil di atasnya, yakni pada huruf J untuk telunjuk kanan dan pada huru F untuk telunjuk kiri. Sebelumnya belum tau kan apa fungsi tonjolan kecil seperti garis tersebut?. Jadi, sebenarnya itu fungsinya agar kita bisa mengetik sambil melihat layar komputer yang mana setiap kali tangan bergeser maka kedua telunjuk tersebut dikembalikan ke posisinya semula. Jadi cukup hafalkan fungsi dari masing-masing jari makan dengan bantuan tanda tersebut kita sudah bisa mengetik tanpa lihat keyboard. Demikian halnya untuk deretan angka yang di sebelah kanan Keyboard juga ada tanda tonjolan pada angka 5 agar mudah dijadikan petunjuk saat mengetik tanpa melihat keyboard.

Jika ada yang tidak dipahami dari Cara mengetik Arab di MS Word (Windows 2010 dst…) ini silahkan jangan sungkan bertanya dengan berkomentar di bawah, semoga kami atau pembaca lainnya bisa membantu. Kami juga menunggu saran dan masukannya kalau ada yang kurang dari ulasan singkat ini. Sebenranya sih… kalau sudah lincah kita tinggal memainkan jari telunjuk dan kelingking saja untuk mengganti bahasa yang digunakan saat mengetik, jadi saran Caraspot juga sebaiknya belajar cara mengetik 10 jari biar gampang dan lebih cepat menuntaskan ketikan anda. Selain itu pastikan arah tulisannya dari kanan ke kiri jika menggunakan format Arab. Caranya cukup klik di bagian Toolbar yang bentuknya seperti huruf ‘P<’.

About The Author

Comments

  1. Moh. Zidan Alwy

    Saat add bahasa, ngga ada bahasa arabnya.
    Tolong bantuin.

    1. Caraspot Article Author

      Pada langkah ke 5, klik tulisan ‘Add’ saja akan kelihatan bahasa arabnya, bahkan banyak jenis. Tapi pilihnya yang Bahasa Arab Saudi Arabia, klik 2 kali lalu pulih lagi “Arabic (101)” (klik 2 kali juga biar tombol ‘Ok’ nya bisa muncul…selesai deh!!

  2. Dhir

    Jazaakumullah khairan. Tpi cara nambahin tanda fathah tasydid atau sebagainya bagaimana?

    1. Caraspot Article Author

      Sudah ada dalam artikelnya mas…silahkan dibaca dengan seksama. Yang jelas hanya menggunakan kombinasi Shift + A, Z, Q, S, W, X pokoknya salah satunya dicoba2 saja akhi..!

  3. aries musthofa

    setelah coba pakai tulisan arab nya pakai word, hasil print out nya kok gak terang spt abjad biasa

    1. Caraspot Article Author

      Itu tergantung dengan settingnya juga pak, pakainya jenis font apa, berapa ukuran fontnya dan juga warna dari fontnya. Baiknya semua diatur dulu sebelum diprint. Untuk font biasanya pakai 20 dan jenisnya Traditional Arabic

  4. komaruzaman

    saya sudah sering memakai keyboard arabic, tapi sampai sekarang belum bisa menulis “angka/nomor” dengan angka/nomor arab. gimana caranya ya, biar tulisan dan nomor bisa seragam arab semua.

  5. Iki

    Terima kasih gan atas infonya.
    Sangat membantu sekali.
    Tapi, mohon penjelasannya lagi yang soal cara menulis teks arab yang dari kanan ke kiri.

    1. Caraspot Article Author

      Kalau dari kanan ke kiri atau sebaliknya cukup aktifkan saja icon yang ada di menu Home yang bentuknya seperti huruf P yang ada tanda panah disampingnya, bentuknya seperti ini P< atau >P , tapi bentuk P nya terbalik. Liat kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *