Punya blog yang ramai pengunjung atau visitor adalah hal yang sangat didambakan, apalagi bagi blogger baru yang baru dalam dunia blogging. Nah, cara membuat blog ramai pengunjung / visitor ini bisa jadi angin segar buat kamu yang baru terjun dalam bidang ini. Perlu diketahui bahwa trafik yang merupakan kunci utama dari banyaknya visitor tidak dipengaruhi oleh satu-dua faktor saja, tapi ada banyak sekali pengaruhnya. Sehingga, mau tidak mau semua titik kelemahan yang bisa mengakibatkan blog Anda minim pengunjung harus dipecahkan.

Pengalaman menjadi blogger selama kurang lebih 7 tahun belakangan ini membuat penulis sendiri lebih peka terhadap kendala-kendala dalam menaikkan trafik blog, mulai dari ‘dalaman’ blognya, hingga hal-hal yang sifatnya eksternal, tertama pada soal backlink yang menjadi kunci utama dalam menaikkan ranking blog.

Jujur… tidak semua rahasianya dibocorkan dari artikel ini, karena ilmu intinya sudah saya kemas dalam pelatihan-kursus SEO semalam via chating yang sudah saya tawarkan sebelumnya, tapi paling tidak dengan membaca artikel ini teman-teman bisa tau gambaran umum dalam mengelola blog menajdi lebih ramai dari sebelumnya. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak pemaparan Caraspot berikut ini:

Teknik Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung / Visitor Setiap Hari, bahkan bisa terus berkembang!

kursus seo langsung ngobrol, murah

Di bawah ini beberapa teknik yang biasa dijalankan para master blogger dalam meraup rupiah yang banyak setiap harinya karena tingginya pageview blog mereka per hari. Dan yang lebih penting lagi adalah karena cara ini manual dan bukan menggunakan mesin, sehingga lebih aman dari penalti google. Nah, berikut langkah-langkahnya:

Apapun alasannya, wajib tau dulu cara membuat blog sebelum membaca artikel ini.

1. Ketahui secara pasti teknik SEO cara blog masuk halaman pertama

Pada awal blog ini online sudah dibahas tuntas soal cara blog ranking 1 di google, kamu bisa baca dari artikel tersebut dan langsung praktekkan saran-sarannya.

Hal yang menjadi tolak ukur utama yang dapat membuat blog kita bertengger di halaman pertama mesin pencari adalah pada dua faktor umum, yakni SEO on Page atau faktor internal blognya dan pada SEO off Page atau faktor eksternal websitemu.

A. SEO on page artinya kita melakukan berbagai optimasi terhadap blog yang kita kelola, di antaranya:

a. Tema

Hendaknya, jika tujuannya blogging untuk uang, maka tema blog yang dipilih adalah dari tema yang banyak dicari atau dibutuhkan orang, hal ini ditandai dengan banyaknya jumlah pencarian dari kalimat tertentu di google setiap bulannya. Cara mengetahui berapa pencarian katan kunci tiap bulannya silahkan baca soal cara menggunakan Google Adwords Keyword Planner.

b. Domain

Pastikan pilih domain yang mengandung kata kunci dari tema yang dipilih karena walau tidak terlau banyak berpengaruh tetap saja memiliki andil dalam hal ranking suatu blog di mesin pencari. Sebagai contoh, temanya soal ‘resep kue kering’ nah pada domainnya pastikan ada salah satu kata tersebut yang masuk, misal kuekeringku.com dan lain sebagainya, tak perlu harus semua karena jika dibuat persis dengan kata kunci malah terlalu panjang dan tidak punya brand yang jelas.

c. Template atau Theme

Kedua istilah ini untuk menamakan tampilan dari sebuh blog, jadi kalau membuka sebuah website atau situs dan melihat tampilannya maka itulah yang dinamakan theme atau templatenya. Usahakan pilih yang SEO Friendly, di antaranya ringan, loadingnya cepat, mudah terindeks google dan sebagainya.  Selain itu, di dalam templatenya pastikan sudah di aatur title tag (judul blognya) dan juga meta description (deskripsi blogmu sesuai tema yang dipilih). Tapi untuk soal ini ada banyak pengaturannya, makanya baca lebih lanjut penjelasannya di sini : Cara Membuat Template jadi SEO Friendly

d. Artikel

Ini juga punya pembahasan khusus dan sudah dipublish pada kesempatan sebelumnya di sini : Cara menulis artikel yang SEO Friendly. Intinya, menulis buku dengan artikel blog tidaklah sama, masing-masing punya tekhniknya sendiri. Dalam menulis artikel blog tidak hanya memperhatikan pembaca dari manusia tapi juga mesin, dalam hal ini mesin pencari Google, bagaimana agar artikel kita mudah terindeks (terbaca) olehnya sehingga mudah ranking 1 di google.

B. SEO off page artinya kita melakukan optimasi dari sisi eksternal blog kita, terutama pada backlink dari web lain yang mengarah ke halaman utama maupun artikel blog kita.

Teknik yang kedua sudah dibahas tuntas pada artikel cara mencari backlink berkualitas dan aman, silahkan merujuk ke sana. Yang jelas pada teknik ini juga ada rahasianya, dan sekali lagi saya katakan kalau rahasianya masih tersimpan dan tidak bisa dishare secara bebas lewat artikel blog ini, kecuali jika kamu ikut kursus SEO online semalam via chating.

2. Percepat loadingnya

Yang perlu dilakukan pada teknik ini adalah membuang semua beban yang tidak penting pada blog seperti yang banyak dilakukan oleh blogger amatiran selama ini, yang lebih utama seperti merubah background blog dari gambar menjadi kode warna html saja karena ini salah satu penyebab loding blog menjadi lemot. Selain itu, lakukan juga saran lainnya seperti, memilih template yang ringan (bisa kamu ketahui dengan melihat jumlah Kb datanya dan waktu loadingnya lewat tools seo), pilih theme atau template yang kolom artikelnya di sebelah kiri sedang sidebarnya di sebelah kanan karena Google pertama kali merayapi bagian sebelah kiri blognya sehingga walau yang lain lambat tetap saja artikel bisa cepat dilihat pembaca, dan terkahir adalah membuang semua widget dan hiasan blog yang tidak penting, seperti jam, arsip blog, widget guest post, dan lainnya yang sama sekali kurang dibutuhkan pengunjung blogmu, kecuali seperti artikel terbaru dan terpopuler serta  kategorinya.

Lalu kalau blognya lambat memang ada hubungannya dengan pengunjung blog? Jelas tidak secara langsung, tapi saat visitor mau membaca artikelmu dan harus menunggu lama, maka besar kemungkinan mereka akan kabur sebelum melakukan apa-apa di blogmu, jadi mau tidak mau kamu akan kehilangan sekian persen pengunjung yang hendak mengunjungi webmu.

3. Share di sosial media

Selain mengandalkan google untuk bisa mendatangkan pengunjung yang banyak di blogmu, kamu juga harus bisa menggunakan facebook dan twitter untuk bisa mendatangkan trafik. Caranya, setiap kali habis posting langsung share di akun sosmedmu.

Hanya saja, cara ini baru akan bekerja dengan baik jika kamu punya Fans Page yang followernya ribuan karena sekali share akan ada ribuan orang juga yang melihatnya dan kemungkinan besar penasaran dan mau langsung mengunjungi artikel yang kamu share tersebut.

Bagi pengguna blog wordpress ada plugin khusus untuk ini yang mana dari plugin tersebut bukan Cuma artikel baru saja yang dishare tapi juga artikel lama yang dijadwalkan waktunya secara berkala. Saya kira ini salah satu solusi jitu dalam meningkatkan pengunjung blogmu.

Jika ada yang masih kurang soal Cara Meningkatkan Pengunjung Blog agar Trafiknya Banyak bantu kami melengkapinya agar semakin bermanfaat artikel ini.

About The Author

Comments

  1. Saeful

    Mungkin hanya menambahkan artikel di atas,

    Salah satu cara meningkatkan pengunjung blog dengan berkomentar di blog-blog yang sudah mempunyai trafik banyak atau bisa mencapai ribuan per hari. Menurut saya cukup efektif dalam meningkatkan pengunjung blog.

    Salam…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *