Belajar Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense Dengan Cepat tidaklah sulit karena hanya butuh menerapkan beberapa tahap yang saya kira bisa diketahui oleh semua blogger. Sedikit saya ingin bercerita soal Adsense. Jadi ini bisa dibilang sebagai salah satu program periklanan dengan sistem kontekstual ads yang paling sukses di dunia internet. Mengapa tidak? Bisnis ini dikelola langsung oleh Google Inc. yang notabenenya juga pemilik dari mesin pencari terbesar di dunia saat. Baginya… sangat mudah untuk menghasilkan pemasang iklan (Advertiser) karena pebisnis umumnya selalu mengejar posisi terbaik di mesin pencari yangmana antara keduanya (Adsense dan Google.com) adalah milik dari perusahaan yang sama. Belum lagi blogger.com / Blogspot yang menjadi tempat pemasangan iklan para pebisnis dan platform blog favorit banyak blogger yang menjadi Publisher Adnsense sendiri juga bagian dari raksasa bisnis Google. Jadi bisa dibilang momopoli program periklanan dari hulu hingga ke hilir semua berada dalam ‘genggaman’ si Mbah Google ini. Luar biasa!

Oke, kembali ke laptop! Jika ingin punya penghasilan dari google Adsense yang terus meningkat maka jangan hanya fokus pada peningkatan trafik blognya saja, ada banyak sekali yang perlu diperhatikan. Boleh jadi trafik blogmu menanjak dan artikelnya semakin banyak, tapi kalau BPK (Biaya per Klik)nya minim maka sama saja dengan boong. Karena perpaduan dari optimasi berbagai bagian yang bisa mempengaruhi bertambahnya rupiah yang kita dapat setiap bulannya. Ada yang bilang posting banyak artikel per hari kalau mau dollar di GA-mu terus naik, tapi ini pun tidak bisa dijadikan acuan karena walau artikel banyak tapi ranking-nya tidak bagus maka sama saja buang-buang waktu menulis untuk artikel yang sama sekali tidak akan dikunjungi orang. Dari pada bingun mending simak penjelasan lengkapnya:

Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense secara Cepat

Apa yang penulis paparkan di bawah adalah dari pengalaman selama 7 tahun menjadi blogger dan menggantungkan penghasilan hanya dari Adsense saja.cara terbaik dan cepat meningkatkan penghasilan adsense

Pilih 3 Posisi Iklan Terbaik

Posisi yang paling baik yang juga paling direkomendasikan oleh pihak Adsense adalah posisi iklan yang berada di bawah judul persis. Hal ini sama sekali tidak melanggar TOS dari Google karena saran ini sendiri telah dipublikasikan dalam blog panduan Adsense yang dibuat oleh Google sendiri. Dan posisi selanjutanya adalah yang berada di bawah artikel persis (bukan setelah ‘Related post”), tepatnya setelah kalimat terakhir dalam postinganmu iklan kotak langsung ditempatkan di sana. Dan yang ketiga adalah Anda bisa memilih antara yang dalam bentuk banner horizontal yang ada di bawah header atau yang bentuknya Sky Craper atau banner vertikal di sidebar (samping) blog.

Jika anda menggunakan blogger maka hanya ada pada 3 pilihan di atas, tapi bila menggunakan platform WordPress maka dengan bantuan Plugin ada satu kemungkinan lagi yang bisa dilakukan dan saya kira hasilnya akan semakin baik dalam meningkatkan penghasilan GA Anda sebagai penguat dari dua yang disebut pertama di atas, yaitu posisi iklan yang ditempatkan di bagian tengah artikel. Coba anda perhatikan blog ini, pasti bisa melihat iklan yang ada ditengahnya kan. Nah, jika kamu pengguna WordPress maka sangat disarankan menggunakan plugin penempatan iklan Adsense khusus yang bisa membuat iklan secara otomatis berada di tengah artikel. Menariknya, pada plugin yang saya gunakan disediakan banyak pilihan posisi iklan dalam artikel, di antaranya di bawah paragraf pertama, setelah atau sebelum gambar pertama, atau pun di samping paragraf terakhir atau juga sebelum paragraf terakhir. Anda bisa mencobanya semua karena masing-masing posisi punya kelebihan dan kekurangan, terkadang warna iklan dan design Theme juga mempengaruhi kinerjanya.

2. Sesuaikan Wana Iklan dengan Warna Link dalam Artikel

Konsep dari teknik ini adalah agar membuat para pembaca blogmu tidak menyadari kalau tautan yang ada dalam artikel yang ia baca bukanlah tautan melainkan dari iklan. Misalnya, warna link dominan dalam blogmu adalah biru cerah, maka sedapat mungkin tautan dalam iklannya juga dibuat sama agar iklannya seakan-akan menyatu dan menjadi bagian dari blog tersebut. Jika kebetulan ada iklan yang sesuai dengan tema tulisan yang sedang dibaca maka sangat besar kemungkinan akan menghasilkan klik, apalagi jika itu pada artikel utama blogmu yang memang pengunjungnya banyak maka sudah pasti akan menghasilkan banyak klik per harinya.

3. Pilih Bentuk Iklan yang Sesuai dengan Tema Blogmu

Tidak selamanya iklan banner yang besar bisa menghasilkan banyak klik, terkadang yang bentuknya kecil tapi posisinya pas bisa jauh lebih menjanjikan. Sebagai contoh blog kamu soal download, software atau pun game maka sebaiknya pilih yang banner horizontal kecil dan jangan yang panjang karena umumnya orang tertarik mengkliknya karena menganggap link download yang disediakan blogmu. Berbeda jika misalnya untuk tujuan berbagai tips seperti di blog ini, maka bentuk yang besar yang dipadukan antara iklan bergambar dan teks akan bekerja lebih baik. Perhatikan pada artikel ini, salah satunya menggunakan banner vertical besar berukuran 300 x 600 yang mana itulah salah satu bentuk iklan yang punya peran penting meningkatkan penghasilan Adsense saya.

4. Posting Artikel HPK

Dari semua teknik yang dipaparkan, inilah teknik yang paling jitu. Caranya, kita harus melakukan riset keyword terlebih dahulu agar mengetahui mana saja kata kunci yang tergolong HPK. Adapun kepanjangan dari HPK adalah “High Paying Keyword” atau “kata kunci dengan bayaran / BPK yang paling tinggi”. Jadi kalau umumnya kita menulis artikel yang lazim tanpa riset dulu mungkin bayaran per klik yang kita dapat dikisaran $0,05 hingga $0,08, bahkan kalau temanya soal game dan download bisa lebih rendah, yakni $0,02 s/d $0,03. Tapi kalau kita menulis artikel karena biaya BPK (biaya per klik)nya tinggi, umumny ada yang sampai 0,50 hingga 1 dollar per klik maka bisa dibayangkan berapa penghasilan yang kita terima per bulannya. Misalnya saja artikel biasa menghasilkan 100 klik per hari dengan rata-rata BPK $0,05 maka hasilnya hanya $5 (lima dollar), tapi bila artikel dalam blogmu didominasi dengan artikel HPK, misalnya saja klik yang dihasilkan sama, yakni 100 klik per hari juga, tapi BPKnya 0,20, maka hasilanya bisa sampai $20 per hari. Kan kalau begini penghasilan kita bisa sampai 4 kali lipat?

Tools yang digunakan untuk riset HPK ini adalah Google Adwords Keyword Planner. Jadi caranya hampir sama dengan cara riset kata kunci yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, hanya saja kalau yang lalu mengurutkan mana kata kunci yang paling banyak dicari perbulannya, yang ini sebaliknya, karena kita mengurutkan kata kunci mulai dari yang paling tinggi biaya iklannya. Caranya cukup klik pada judul dari biaya per klik iklan dari tiap kata kuncinya.

Kelemahan dari teknik ini adalah karena umumnya keyword yang memiliki biaya iklan lebih tinggi cenderung pencarian per bulannya lebih kecil, syukur-syukur kalau di atas 1000 pencarian per bulan. Oleh karena ini, cara ini tidak bisa 100% diterapkan, kita juga harus memadukan dengan menulis artikel yang banyak pengunjungnya sehingga dari segi kuantitas (banyaknya klik) dan kualitas (biaya per klik yang mahal) semua bisa kita terapkan bersama.

Dan satu lagi kekurangan dari teknik HPK dalam cara meningkatkan penghasilan adsense ini adalah karena tidak semua HPK banyak iklannya, kadang karena terlalu mahal biaya iklannya jadi orang enggan pasang iklan dengan kata kunci tersebut. Tapi biar bagaimana pun, jika orang sudah tertarik dan butuh dengan keyword tertentu maka sudah pasti ia akan berani bayar mahal. Seperti iklan dengan kata kunci ‘domain’ dan ‘hosting’ yang harga iklannya selangit, tapi tetap saja banyak perusahaan besar yang tertarik jadi Advertiser di Google Adwords dengan kata kunci tersebut.

5. Posting Artikel yang Banyak Iklannya

Cara ini paling bagus jika dipadukan dengan teknik HPK di atas, kalau sebelumnya membidik artikel yang iklannya mahal, nah sekarang artikel yang banyak iklannya, bisa yang pengunjungnya banyak atau pun yang sedikit tapi banyak pebisnis yang pasang iklan di kata kunci tersebut. Saya berikan bocoran soal artikel apa saja yang iklannya banyak, seperti yang bertema ‘resep masakan’, ‘busana muslim’, dan soal ‘hp’ (handphone), baik itu ulasan soal harga atau pun jenis dan merek HP yang lagi tenar.

Cara untuk mengetahui artikel apa saja yang banyak mendatangkan iklan mudah sekali. Cukup ketik kata kunci tertentu di google lalu lihat di bagian paling atas dari deretan blog yang muncul, apakah ada iklannya? Biasanya ditandai dengan tulisan ‘Ad’ di bawahnya. Dan lihat juga di bagian samping dan bawah, apakah ada banyak iklan teks dari Google Adwords yang muncul. Jika banyak maka sudah bisa dipastikan jika kita menulis artikel dengan tema yang coba kita ketikkan tersebut maka iklannya juga akan banyak. Lalu apa fungsinya jika banyak iklannya? Kan kalau iklannya banyak apalagi kalau sesuai dengan tema tulisannya tentu potensi klik yang dihasilkan juga akan banyak, bahkan jauh lebih banyak dari blog yang menulis asalan.

6. Kurangi Bounce Rate

Bounce rate adalah jumlah rata-rata pengunjung yang langsung ‘kabur’ meninggalkan blogmu setelah membaca satu artikel. Jadi karena merasa sudah cukup jadi ia langsung menutup blogmu dan langsung pindah ke blo lain. Ini tidak baik untuk SEO dan juga pada jumlah klik dan penghasilan yang di dapat dari Google Adsense per bulannya. Kenapa? Karena kalau 1 pengunjung hanya mengunjungi 1 artikel maka kemungkinan ia hanya akan mengklik 1 artikelu juga, atau bahkan tidak sama sekali. Tapi bila setelah ia membaca 1 artikel kemudian pindah lagi membaca artikel lainnya maka kemungkinan besar tiap visitor akan menghasilkan klik, kalau bukan di artikel pertama maka pasti pada artikel selanjutnya. Lebih lengkap mengenai ini baca… : Cara Mengurangi Bounce Rate Blog

7. Perbanyak Jumlah Postingan dengan Tema Beragam

Terkadang mengecek satu per satu tema tulisan mana yang banyak pemasang iklannya juga akan merepotkan. Oleh karena itu, salah satu cara cerdas meningkatkan penghasilan adsense adalah dengan menulis beragam artikel. Selain kita bisa menang ditrafiknya, kita juga bisa berpeluang punya nilai BPK yang tinggi karena jika rata-rata artikel kita mendapat nilai klik yang tinggi maka walau beberapa artikel dihargai rendah tetap saja hasilnya ada di pertengahan, tidak terlalu rendah dan juga tidak terlalu tinggi, ya kira-kira $0,08 per klik. Ini yang biasa saya alami selama ini. Itu pula sebabnya mengapa walau blog ini niche soal ‘cara-cara dan panduan’ tetap saja posting tema lain karena untuk tujuan agar penghasilan terus naik dan tidak stagnan. Ya, memang blog niche bagus menghasilakan banyak klik untuk tiap satu visitornya, hanya saja pasarnya terbatas dan iklannya tergantung pada satu tema saja.

8. Posting Artikel ‘Lugu’

Mungkin ini salah satu teknik menambah peningkatan google adsense yang belum pernah diajarkan blogger lain. Artikel ‘lugu’ maksudnya artikel yang banyak dicari oleh orang-orang awam yang sama sekali belum tau apa-apa dengan panduan yang akan ia pelajari. Sebagai contoh ‘cara menggunakan komputer’ atau ‘peluang usaha sampingan‘, tentunya artikel seperti ini hanya akan dicari oleh orang yang lugu yang belum tau sama sekali menggunakan komputer dan juga internet. Jika kamu berhasil mendapatkan pengunjung seperti ini maka potensi kliknya juga akan tinggi sekali karena ia pasti tidak tau apa-apa soal mana iklan dan mana tautan blog dalam artikel yang ia baca, sehingga secara tidak sadar ia akan melakukan sembarang klik, dan untungnya lagi karena biasanya mereka akan melakukannya berkali-kali.

9. Potong Penjelasan Penting dalam Artikel

Cara memperbanyak pageview seklaigus pendapat google adsense seperti ini banyak sekali dilakukan oleh situs berita besar, sebut saja detik.com, merdeka.com, liputan6.com dan sebagainya. Memotong penjelasan artikel maksudnya jika misalnya ada 10 macam tips yang akan diutarakan, sebagaimana tertulis dalam judulnya, maka di halaman tersebut batasi saja sampai 5 atau 8 tips saja dan arahkan untuk masuk ke halaman selanjutnya. Cara ini akan bekerja lebih baik jika di halaman berikutnya hanya ditampilkan dalam artikel singkat karena akan lebih mudah menghasilkan klik.

10. Optimasi dan Pertahankan Artikel Pengunjung Terbanyak

Biar bagaimana pun trafik blog yang tinggi selalu menjadi faktor utama dalam melipatgandakan pendapatan dari Adsense. Oleh karena itu, jika punya artikel yang bisa ranking 1 di google dan pengunjung per harinya banyak sekali maka sebisa mungkin pertahankan posisinya agar penghasilan Anda juga bisa tetap stabil. Ya, tentunya semua tergantung dengan teknik SEO yang anda terapkan dan tentunya juga bukan hanya karena pengaruh banyaknya link. Dan jika merasa bahwa pengetahuan Anda soal ini belum cukup maka jangan sungkan kursus SEO via Chating dari Caraspot. Dijamin bisa manaikkan penghasilan perbulanmu.

11. Improvisasi Ide Penempatan Iklan secara Berkala

Sedapat mungkin lakukan evaluasi secara berkala pada setiap jenis dan penempatan iklan yang diterapkan. Buka kembali akun google Adsense mu dan lihat mana bentuk dan posisi iklan yang berkinerja buruk. Jika misalnya yang sidebar kurang mendapatkan klik maka bisa diganti ke posisi banner dengan bentuk horizontal.

12. Pikirkan Berbagai Kemungkinan

Kreativitas juga menentukan peningkatan jumlah klik dan penghasilan google adsennse Anda. Perhatikan semua celah kekurangan blogmu dari hulu ke hilir. Yang belum dijelaskan di artikel ini seperti posisi iklan di bawah artikel yang diletakkan di tengah atau kiri, kira2 mana yang lebih bagus? Tentunya cek di akunmu. Atau misalnya ganti semua warna dasar dalam template atau theme blogmu lalu sesuaikan juga dengan iklannya, kalau sebelumnya pakai biru cerah, coba ganti warna oranye yang jarang digunakan blogger lain, karena jika orang sudah terlalu sering melihat model iklan yang sama akan tau dan menghindari mengkliknya. Tentunya keadaan seperti ini lambat laun akan mengurangi jumlah klik per harinya yang sudah pasti berpengaruh pada pendapatan dollar per bulannya.

Terus Belajar dan cari alternatif lain meningkatkan penghasilan Adsense…

Anda harus tau bahwa yang namanya SEO tidak ada yang statis, ia akan selalu berubah seiring dengan munculnya algoritma baru yang dibuat oleh google atau pun update algoritma lawasnya ke versi terbaru yang makin pintar dan ganas membasmi para ‘spammer’. Mengurus SEO blog tak ubahnya mengurus perusahaan, dan sudah menjadi harga mati dalam setiap usaha bahwa “usaha yang tidak berkembang dan tidak melakukan inovasi maka sama saja artinya kalau perusahaan tersebut berada diambang kebangkrutan dan siap ‘disuntik mati’” Mengapa demikian? Karena setiap waktu pesaing bermunculan yang sudah pasti kemampuan dan usahanya jauh lebih gigih dan ‘ganas’. Jadi, sama halnya dalam panduan agar pendapatan adsense semakin bertambah ini, jika anda tidak mampu berkembang maka secara otomatis akan tergeser oleh pendatang baru tersebut.

Sampai di sini dulu “Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense Dengan Cepat”. Kunci dari keberhasilan dalam menjadi blogger sebenarnya ada pada konsistensi blogger itu sendiri. Jika bisa terus posting tanpa mengenal lelah dan rasam malas, terus melakukan optimasi pada backlinknya dan juga menggali potensi bisnis dari trafik blognya, bukan hanya GA, tapi juga potensi lain yang terpendam seperti afiliasi dan jualan via blog.

About The Author

Comments

  1. Pena Indigo

    Ternyata banyak banget trik untuk meningkatkan penghasilan, jadi optimis lagi untuk mencari traffic dengan memperbanyak postingan.

  2. Infamous Blog Indonesia

    wah, ini benar-benar cara yang bisa saya coba untuk bisa meningkatkan penghasilan dari google adsense. Apalagi dengan traffik yang pas2an untuk blog saya, pasti tips ini bisa membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *