Jika anda bertanya bagaimana cara meningkatkan jumlah sperma pada pria atau suami atau pun cara membuat alat reproduksi laki-laki menjadi subur? maka berikut adalah jawaban lengkapnya. Semua tips ini adalah berdasarkan hasil analisa dari dokter kandungan. Dan bila ingin berhasil dan sukses bisa cepat hamil atau punya anak maka baiknya lakukan secara bertahap dan hindari menggunakan obat kimia yang mengandung efek samping. Menurut Badan Kesehatan Dunia, agar seorang pria dapat menghamili wanita maka air maninya harus mengandung sperma minimal 20 juta sperma atau lebih dan jika kurang dari itu maka kemungkinan besar akan jadi penyebab ia susah punya anak. Ini bukan mitos karena berdasarkan hasil penelitian yang sudah dibuktikan, walau sebenarnya ketika terjadi senggama atau hubungan suami istri hanya satu sperma yang akan membuahi, yakni yang paling lebih dulu sampai pada ovum atau sel telur perempuan.

Beberapa faktor utama yang menyebabkan jumlah sperma dalam mani seorang laki-laki berkurang adalah karena pola hidup yang tidak sehat, ditenggarai bahwa jenis pekerjaan sekarang ini yang cenderung kurang bergerak dan hanya duduk seharian di depan komputer menjadi salah satu penyebabnya. Bisa dibilang, hidup di perkotaan kebanyakan memilih pekerjaan yang santai dan tidak suka dengan yang berat-berat, itulah sebabnya kebanyakan pasangan susah memiliki anak, belum lagi ditambah dengan banyaknya istri yang menunda kehamilan karena faktor ekonomi atau mengejar karir. Mungkin ini banyak tidak disadari, tapi jika diteruskan seperti ini maka bisa jadi kesuburan banyak perempuan di negeri ini semakin hari akan semakin berkurang dan pada akhirnya masa depan bangsa yang dipertaruhkan. Dan berikut adalah beberapa solusinya.

A. Beberapa Tips Cara Meningkatkan Jumlah Sperma Pria dari Pola Hidup

cara meningkatkan - memperbanyak sperma Berikut adalah tips jitu dalam menambah kesuburan suami agar jumlah sperma dalam air maninya bisa mencukupi untuk melakukan pembuahan pada sel telur wanita. Di antara yang sering dilakukan adalah pada 2 faktor utama, yaitu makanan dan pola hidup. Mungkin semua sudah tahu tentang ini, tapi detailnya akan dijelaskan di bawah:

1. Jangan berendam air panas

Mungkin untuk golongan ekonomi menengah kebawah jarang melakukan ini, kecuali kalau lagi ketemu kolam permandian air panas alami di tempat rekreasi, tapi bagi orang yang kaya bisa jadi melakukan ini setiap hari untuk tujuan rileksasi dan sebagainya. Tapi tahukah anda pembaca setia Caraspot, kalau kita berendam kurang lebih 30 menit saja setiap harinya pada air dengan suhu kurang lebih 40 derajat akan mengakibatkan jumlah sperma menjadi berkurang dan juga mengalami penurunan motilitas. Selain itu sering mandi uap juga akan berdampak sama dengan berendam air panas.

2. Hindari celana ketat

Penggunaan celana dalam ketat atau pun celana jeans yang ketat sangat berpengaruh pada kondisi skrotum. Padahal agar skrotum bisa memproduksi sperma dengan baik maka seharusnya suhu disekitarnya berada di bawah suhu rata-ratan badan kita. Itulah sebabnya terlalu sering pakai pakaian ketat akan mengakibatkan kondisi di bagian yang disebutkan di atas menjadi tidak kondusif. Solusinya adalah mulai sekarang gunakan celana dalam yang longgar yang bukan dari karet, sedangkan celana gunakanlah celana kain yang sering digunakan orang kantoran agar tidak membuat kondisi sperma kita semakin buruk.

3.  Stop nikotin dan alkohol

Merokok dan minum minuman keras adalah salah satu penyebab infertilisasi pada pria, ini karena kandungan dalam rokok dapat mempersempit pembuluh darah yang tentunya juga mempengaruhi produksi sperma. Dan adapun pada alkohol, ia bisa merusak syaraf dan termasuk juga pembuluh darah. Jika anda salah satu pecandu dan juga belum memiliki anak hingga sekarang maka baiknya hentikan sekarang juga dan lihat hasilnya setelah beberapa bulan.

4. Untuk sementara kurangi bersepeda

Sekalipun olahraga sepeda baik untuk kesehatan jantung, ternyata menurut beberapa pakar bahwa aktivitas bersepeda yang berpengaruh pada alat vital laki-laki bisa mengakibatkan jumlah sperma menjadi menurun. Solusinya mungkin bisa diganti dengan berlari dengan menggunakan celana Boxer atau yang lebih lebar agar gerakan Testis saat berlari bisa menjadi penunjang bertambahnya volume sperma.

5.  Kurangi Stres dan Rileks menjalani hidup

Stres yang dialami seorang suami  dapat mengakibatkan produksi hormon dalam tubuh terhambat, dan jika hal tersebut berlanjut dalam waktu lama maka dampaknya sudah pasti buruk pada kondisi sperma karena sebagaimana diketahui bahwa kondisi kejiwaan yang mengalami stres dapat mengakibatkan kerja hormon terganggu dalam melakukan produksi sperma.

6. Jaga Berat badan

Terlalu kurus tentu bisa diindikasikan kalau seseorang kurang sehat, tentunya hormon pertumbuhan dalam tubuhnya juga bisa diindikasikan demikian. Demikian juga pada orang gemuk, terlalu banyak kolestrol, bisa mengakibatkan produksi hormon tergangu yang ujung-ujungnya adalah produksi sperma mengalami penurunan karena diawali dari sistem reproduksi yang terganggu.

B. Cara Menambah Kesuburan Pria dari Makanan

cara meningkatkan jumlah sperma dan menyehatkannyaKalau yang di atas adalah dari pola hidup, sekarang ini dalam bentuk makanan yang sehat yang kandungannya dipercaya baik menambah kesuburan dan bisa cepat punya anak. Tapi sebaiknya dikomsumsi sesering mungkin agar hasilnya cepat terlihat, apalagi ini dari bahan herbal alami dan juga sayuran sehat yang tidak menimbulkan efek samping bagi pemakainya.

1.  Kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Untuk meningkatkan motilitas sperma maka sangat disarankan mengkomsumsi banyak sayuran hijau yang berwarna gelap, selain karena juga baik dalam meningkatkan volume sperma dalam setiap milliliter mani dalam alat reproduksi pria. Tapi sekalipun jumlah sperma melimpah tapi kekurangan folid acid / asam folid tetap saja bisa menyebabkan bayi yang lahir mengalami cacat fisik, dan di antara makanan yang banyak mengandung asam folid adalah orange juice, sereal dan sayuran hijau. Selain itu kekurangan asam folat juga dapat mengakibatkan kelainan kromosom, karenanya banyak makan makanan yang disebutkan di atas baik untuk menjaga kesuburan pria.

2. Seafood

Beberapa seafood yang banyak mengandung asam lemak jenis omega 3 adalah ikan teri, salmon, sarden, udang, cumi dan jenis hewan laut lainnya. Untuk orang timur mungkin sudah menjadi kebiasaan makan ikan, tapi untuk orang yang tinggal di pulau Jawa, makan ikan masih jadi kebutuhan nomor dua setelah makanan seperti tempe, tahu dan ayam. Para pakar kandungan menyarankan paling tidak mengkomsumsi minimal 200 gram ikan per hari sebagai jumlah kecukupan kebutuhan asam lemak perhari bagi tubuh.

3. Makanan yang banyak mengandung zat Seng

Salah satu makanan yang baik meningkatkan jumlah volume sperma adalah Tiram atau kerang laut. Dahulu makanan ini juga dipercaya sebagai peningkat vitalitas pria karena kandungan seng yang banyak di dalamnya. Selain itu ada beberapa lagi yang dianjurkan untuk kesuburan pria, seperti yoghurt, daging sapi, ayam kalkun, kuning telur, dan gandum.

4.  Vitamin A dan C

Untuk mendapatkan banyak kandungan vitami A dalam makanan yang dikomsumsi adalah dengan memperbanyak makan ubi jalar, kangkung, atau pun paprika merah. Sedangkan pada vitamin C sangat baik untuk viabilitas dan juga motilitas sperma, dan buah yang baik untuk ini adalah pepaya, jeruk dalam bentuk jus, buah kiwi, nanas, melon, brokoli, tomat, kubis, kentang, bayam dan mangga. Selain itu perbanyak juga memilih sayuran dan buah yang berwarna kuning sebagai anti oksidan dan untuk menambah atau memperbanyak jumlah sperma.

5. Bawang Putih

Yang istimewa dari bahan dapur ini adalah karena kandungan organusulfur di dalamnya. Kandungan tersebut akan bekerja baik dalam meningkatkan jumlah sperma pada pria karena efeknya dalam memaksimalkan aliran darah dalam tubuh, khususnya pada organ seksual laki-laki. Cara mengkomsumsinya bisa dengan cara dimakana langsung atau pun dicampur dalam jus, atau kalau tidak kuat dengan baunya maka usahakan tambahkan lebih banyak ketika memasak, seperti pada saat membuat tumisan kangkung.

6.  Makan makanan untuk memperkuat sperma

Beberapa makanan yang mudah didapatkan dan baik untuk kesehatan sperma adalah biji labu dan juga pisang, selain itu, jika di daerah anda ada banyak asparagus maka komsumsi juga untuk tujuan itu. Dan bagi orang Cina yang sering menjadikan Gingseng sebagai obat juga memiliki peran dalam memperkuat sel sperma.

7.  Vitamin D

Cara simple untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, usahakan dilakukan di bawah jam sembilan pagi karena manfaatnya hanya ada pada jam tersebut.

Tips:

Pastikan selalu memilih makanan, baik itu sayuran, buah atau daging, yang masih segar. Dan salah satu cara membedakan buah yang masih segar yang dijual dipasaran adalah dengan memperhatikan tangkainya, jika sudah terlihat tidak segar dan mengering maka jangan dibeli. Adapun pada daging seperti udang, caranya adalah dengan memperhatikan dagingnya, jika masih terlihat bening dan belum berwarna putih atau merah kulitnya maka itu artinya masih layak komsumsi, selain itu mencium baunya juga bisa jadi tanda apakah ia layak atau tidak untuk dijadikan sebagai makanan penyubur sperma.

C.  Cara ampuh menurut hasil penelitian dari University of Manchester dan Sheffield

Ada beberapa fakta baru soal cara meningkatkan jumlah sperma yang dihasilkan dari penelitian ilmuan yang berasal dari universitas yang disebutkan di atas, di antaranya adalah :

  1. Buah dan Sayuran Merah – Kandungan likopen dalam buah atau pun sayur yang berwarna merah ternyata sangat ampuh dalam meningkatkan jumlah sperma, bahkan dikatakan bisa menunjukkan peningkatan hingga 70%, sungguh angka yang sangat tinggi untuk menambah kesuburan seorang suami.
  2. Jauhi Wi-Fi – Ternyata dari hasil research juga diketahui bahwa orang yang sering menggunakan laptop atau komputer dengan jaringan Wi-Fi di dalamnya berdampak pada kualitas spermanya yang semakin menurun, terutama pada kondisi sperma yang semakin melambat.
  3. Berhenti minum kopi – kalau dulu sering kita dengar bahwa banyak minum kopi bisa menyebabkan sperma memiliki kecepatan renang yang lebih baik, tapi ternyata ditemukan fakta sebaliknya dimana kandungan kopi tersebut bisa menimbulkan terjadinya mutasi genetik yang membuat sperma sulit membuahi sel telur.

Selain yang disebutkan di atas, banyak berdoa juga bisa menjadi sugesti dalam menjalani hidup sehingga secara tidak langsung berpengaruh pada kondisi hormon dalam badan seseorang. Perbanyak istirahat dan kurangi begadang adalah solusi terbaik untuk ini. Selain itu, jangan lupa jadwalkan untuk berekreasi sekali seminggu karena hal tersebut bisa membuat kita lebih rileks dan tentunya berpengaruh pada Cara Meningkatkan Jumlah Sperma Pria yang kita bahas pada siang hari ini.

About The Author

Comments

  1. Balbo Randi

    Sangat baik untuk d pelajari bagi yg merasa penting untuk meningkatkn gaya hidup yg sehat. ok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *