e-KTP adalah nama lain dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang di dalamnya telah dilengkapi dengan chip yang memuat data dari pemegang kartunya, baik itu nama asli, tempat/tanggal lahir, dan alamatnya. Ulasan Cara Mengurus e-KTP yang Hilang dan Syaratnya ini sebagai bantuan buat anda yang merasa baru saja kehilangan dan tidak tahu apa saja syarat mengurus e-KTP agar bisa memiliki yang baru lagi. Makna ‘e’ di sini adalah singkatan dari ‘elektronik’, yaitu data elektronik dari tiap penduduk yang selain tersimpan dalam kartunya juga pada database pemerintah yang mana, asal tau saja, ini juga akan memudahkan pihak berwajib jika sewaktu-waktu ingin mengidentifikasi oknum yang terlibat masalah, karena cukup dangan citra foto sudah bisa dilacak datanya.

Program eKTP sebenarnya bukan hanya ada di Indonesia, Negara lain juga sudah banyak yang menerapkannya, bahkan sudah jauh lebih dulu. Kalau di Negara kita, salah satu tujuannya juga untuk kebutuhan Pemilu dan Pilkada agar memudahkan pendataan calon pemilih dan juga untuk menghindari kepemiliki KTP yang ganda yang bisa menjadi jalan untuk melakukan penggelembungan suara dan sebagainya. Jadi karena fungsinya yang sangat banyak, jadi diharapkan pada semua warga untuk segera mengurusnya, dan bagi Anda yang tercecer, jatuh dijalan, rusak karena air dan sebagainya maka ada baiknya baca panduan berikut ini.

Syarat Mengurus e-KTP yang Hilang

Perlu diketahui bahwa peraturan yang mengatur mengenai segala yang berkaitan dengan kartu tanda penduduk ini ada dalam Peraturan Presiden Nomor 25 tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Kalau bisa catat nomor UU-nya dan juga tahunnya siapa tau masuk dalam ujian sekolah he he.langkah cara mengurus ektp yang hilang tercecer dan rusak

Nah, selanjutnya mengenai syaratnya maka saya akan berikan satu rujukan yang pasti dan legal, yaitu yang terdapat pada Pasal 16 ayat 1 : Bahwa “penerbitan KTP karena hilang atau rusak bagi penduduk WNI atau Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap (di Indonesia), dilakukan setelah ia memenuhi syarat berupa:

  • Ada Surat keterangan kehilangan dari kepolisian – Untuk mendapatkan surat ini maka mudah sekali, cukup datang ke kantor polisi di daerah dimana kamu mengurus ktp tersebut. Biasanya akan ditanyak detail mengenai kapan hilangnya dan disekitar mana hilang. Saat kamu datang di kantor polisi maka akan diberikan kertas hasil ketikan yang berisi pernyataan kamu yang juga akan ditandatangani. Ingat! Ini tidak dipungut biaya. Kecuali jika memang kamu berniat memberi tip atau mungkin oknumnya meminta bayaran.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) – Pastikan KKnya yang masih berlaku dan sesuai dengan jumlah anggota keluarga saat ini agar mudah pengurusannya. Buat yang belum berkeluarga pastinya menggunakan milik orang tua.

Baca dulu : Cara Agar Mudah Lolos Interview

Dan juga syarat lain yang juga penting dibawa saat ke kantor Desa/Lurah dan Kecamatan, walau ini tidak terdapat dalam PP di atas:

Fotokopi KTP yang hilang jika memang punya. Biasanya habis melamar pekerjaan ada yang tersisa barang 1-2 lembar, nah kalau bisa dibawa sekalian.

  • foto 2 x 3 atau 3 x 4 untuk syarat administrasi di kantor desa atau Keluarahan.
  • foto 4 x 6 dengan latar merah jika lahir di tahun ganjil dan biru jika lahir pada tahun genap. Biasanya ini diperlukan jika pengurusan sudah sampai pada tahap kantor Camat.
  • Dan jangan lupa siapkan uang, jangan sampai ada biaya administrasi yang harus dikeluarkan. Sebenarnya sih kalau aturan pusat bilang tidak ada maka semua kantor Lurah juga tidak, tapi kita tidak tahu kalau misalnya ada oknum. Ya buat jaga2 aja.

Proses Cara Mengurus e-KTP yang Hilang

Sebenarnya cara pengurusan ini tidak perlu dijelaskan karena sudah ada dalam peraturannya juga. Tapi ya itu dia, tidak semua orang memilikinya, dan kalau pun dicari di internet, sekalipun ada, tetap saja harus baa prosedurnya dengan detail. Nah, dari pada bingung cari ke sana kemari, lebih baik simak ulasan lengkapnya di bawah yang kami ambil dari bunyi pasa 17 ayat 1 hingga 4 :

  1. Pertama sekali kamu harus urus dulu surat keterangan hilang di kantor polisi tempat kamu tinggal. Walau hilangnya di tempat lain, sebaiknya kembali dulu ke daerah asalmu untuk mengurusnya.
  2. Selanjutnya tinggal mengambil surat pengantar di RT dan RW dimana kamu berdomisili. Usahakan datang sendiri dan jelaskan tujuan pembuatan surat keterangannya.
  3. Berikutnya ke Kelurahan untuk minta formulir permohonan pembuatan KTP baru pada pegawai di sana. Biasanya petugasnya sudah paham apa yang harus disiapkan dan dilakukan jika KTP kamu hilang. Tinggal dikomunikasikan saja. Tapi biasanya surat pengantar RT dan RW pasti lebih dulu diminta
  4. Jika sudah berhasil pada tahap ini, yakni melakukan registrasi dan mendapat tanda-tangan dari kepala desa atau istilahnya kalau di kota Lurah, maka selanjutnya pergi ke kantor Camat atau Kecamatan. Pastikan surat keterangan hilang dan juga fc KK dibawah karena sebagai syarat nantinya.
  5. Jika sudah sampai tinggal ngambil nomor antrian untuk menunggu giliran di panggil. Tapi untuk yang masih manual biasanya formulir permohonan langsung diminta di simpan dekat loket dan nunggu dipanggil petugasnya.
  6. Terakhir, setelah giliranmu tiba kamu akan diberi tanda terima berkasnya dan juga keterangan mengenai kapan e-ktp bisa diambil yang biasanya sudah tertulis di dalamnya.
  7. Buat yang belum kerja sempatkan baca : Contoh Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Simple kan, tinggal catat saja, jangan sampai hilang juga… bisa repot jadinya, malah gak bisa ngapa-ngapain lagi kalau gitu aja juga bisa hilang. Kalau perlu simpan di dompet bersama uangmu biar tidak tercecer atau rusak.

C. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus e-ktp yang tercecer, hilang atau rusak.

Sejatinya, saat ini pemerintah berusaha meringankan beban masyarakat dengan menghilangkan dan menghapus berbagai peraturan yang membebankan biaya, termasuk dalam pengurusan segala hal di kantor Kelurahan/Desa. Dan sesuai yang kita harapkan semua memang ternyata biaya untuk mengurus e-KTP yang hilanga adalah nol rupiah (Rp. 0’) alias gratis dan tidak bayar sama sekali.

Hal di atas akan lain kalau misalnya kamu menyerahkan pengurusannya pada orang lain, misalnya pada pegawai kelurahan yang kebetulan lagi nganggur. Kalau kamu mempergunakan jasa seperti itu maka sudah pasti butuh dana tambahan, mulai dari biaya bensin, makan dan sebagainya. Tapi menurut pengalaman tidak lebih dari 100ribu sudah bisa beres.

Atau mungkin ada yang punya pengalaman lain soal biaya di atas, ada baiknya sharing juga di sini biar banyak lagi yang tahu. Dan kalau memang ada pegawai kantor desa yang mensyaratkan pembayaran maka mungkin bisa dilaporkan agar tidak ada lagi pungutan liar di desa atau kota anda, baik itu di kota besar seperti di Jakarta, Surabaya, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Medan, Pekanbaru Riau, Makassar, Manado dan lainnya.

Lagi demam batu akik kan? Nah simak : Cara Membedakan batu akik asli dan palsu

Tips pemeliharan dan lainnya:

Penjelasan di bawah bisa saja tidak diperlukan, tapi bila kamu sudah pengalaman mungkin butuh juga untuk tau karena ini menyangkut dengan pemeliharaannya.

–  Jangan sering mem-fotocopy E-KTP milikmu, apalagi bagian hologram yang ada dibelakangnya karena bisa saja rusak dan tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya. Tipsnya adalah dengan cara fotocopy sekali saja dan jika diperlukan untuk digandakan maka cukup gunakan hasil fotocopy tersebut saja, tidak perlu aslinya.

–  Jika melatakkan dalam dompet maka sebaiknya letakkan pada bagian dompet yang rata agar tidak melengkung. Dan bila disimpan bersamaan dengan kartu lain maka sebaiknya dilapisi kertas agar tidak tergesek-gesek. Atau akan lebih baik lagi kalau jangan sering2 dibawah. Kalau saya sih kan waktu itu dibantu keluarga ngurus jadi yang bukan ektp masih ada.

–  Jika status kamu di dalam e-ktp masih belum menikah dan ternyata sekarang sudah, maka sebaiknya tidak usah diurus dulu, karena jika tidak, kartumu akan ditarik dan yang berlaku KTP biasa saja. Dan kalau pun bisa buat baru lagi biasanya harus menunggu lama karena datanya kadang berurusan dengan pusat di Jakarta.

Ini dulu ya langkah dan tips Cara Mengurus e-KTP yang Hilang semoga manfaat buat semua. Dan bila ada yang kurang jelas soal persyaratan pengurusan, biaya dan lainnya silahkan ditanyakan. Tapi saran saya sih langsung share aja artikel ini biar temanmu yang baca bisa tau apa kekurang dan kelebihan dari ulasan ini yang mungkin harus ditambah atau malah dikurangi. Caranya simple sekali, liat tombol share di samping dan bawah artikel persis kan, nah tinggal klik lalu login ke akun facebook dan twittermu lalu tekan tombolnya dan prosesnya pun sudah selesai.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *