Inilah beberapa tips cara menghilangkan jerawat batu disertai jenis obat apa saja yang baik untuk menghilangkan bekasnya. Dalam bahasa Inggris penyakit kulit ringan yang muncul di wajah ini dinamai ‘Acne‘ yang mana ditandai dengan munculnya benjolan atau bisul kecil di permukaan kulit muka yang umumnya disertai nanah dan juga darah kotor. Untuk menghilangkan jerawat semacam ini yang tampak seperti batu kecil yang keras maka seseorang tidak bisa hanya dengan melakukan pengobatan dari luar saja, melainkan harus dibarengi dengan treatment dari dalam yang dilakukan dengan mengkomsumsi makanan yang sifatnya herbal dan alami dari tanaman yang dikenal baik berkhasiat dalam menyembuhkan jerawat. Tapi, jika anda menginginkan yang sifatnya instan tentu akan cenderung salah menggunakan obat, bisa jadi malah akan semakin parah dan menimbulkan efek samping jangka panjang, seperti flek hitam, bekas jerawat dan lain sebagainya yang sulit dihilangkan. Untuk itu, Caraspot menyarankan agar dalam mengatasinya selalu menggunakan bahan alami yang walau kerjanya tidak cepat tapi tetap aman dan bisa sembuh permanen.

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang sedikit parah dan masuk dari salah satu jenis yang mengalami inflamasi bengkak dan menimbulkan benjolan yang lebih besar dari yang biasanya. Ada banyak faktor penyebab terjadinya yang akan kita jelaskan lebih lengkap di bawah, tapi yang jelas ini bisa terjadi karena faktor hormonal dan genetik atau pun kebiasaan buruk yang dilakukan oleh penderitanya sendiri, seperti kebiasaan menggunakan kosmetik dan tidak dibersihkan dengan benar setelahnya atau mungkin jarang cuci muka setelah beraktifitas di luar ruangan dan lain sebagainya. Karena ini merupakan jenis yang tidak biasa maka cara mengatasi jerawat batu harus dengan berbagai metode yang terukur dan berdasarkan pertimbangan dokter dan tidak bisa hanya mengandalkan tebak-tebakan saja.

Penjelasan Lengkap Cara Menghilangkan Jerawat Batu dan Apa Saja Obat yang Ampuh untuk Mengatasinya

cara menghilangkan jerawat batu almi

Untuk mendapatkan pengetahuan yang cukup soal ini maka seseorang harus bisa memahami semua seluk beluknya, mulai dari penyebabnya, jenisnya, dan efek yang ditimbulkan dari jerawat batu ini pada kulit muka. Untuk itu kami akan berikan pemaparan dalam berbagai tinjaun agar dapat menjadi referensi terpercaya anda soal cara penganganan jerawat.

A.  Penyebab Terjadinya

Jerawat batu tidak terjadi begitu saja, ada banyak kemungkinan soal ini dan tentunya bukan hanya karena faktor keturunan dan kemudian dialami oleh anaknya selanjutnya. Sebenarnya ada banyak sekali jika kita ingin menjelaskannya lebih detail tapi beberapa yang disebut di bawah adalah yang paling lazim dan memiliki dampak yang lebih parah juga sehingga harus betul-betul diwaspadai. Ada beberapa yang mungkin tidak bisa dihindari, seperti karena faktor genetik atau gen, tapi sebagian besar masih bisa diusahakan.

  1. Jenis kulit – Bagi anda yang memiliki kulit yang sangat berminyak akan cenderung mengalami jerawat batu karena dari minyak berlebih tersebutlah yang memudahkan bakteri dan kotoran mudah bersarang pada kulit yang pada akhirnya terjadi penyumbatan yang mengakibatkan baketeri mudah bekembangbiak dan mengakibatkan pembengkakan, awalnya masih normal, tapi bila tidak dibersihkan dengan baik akan mengakibatkan jerawat. Jadi, pengumbatan pada kulit merupakan inti dari akibat kulit berminyak ini, sehingga solusi yang tepat untuk ini adalah mengurangi komsumsi makanan yang berminyak dan juga rajin cuci muka.
  2. Alergi – Jika memang munculnya jerawat batu hanya pada kondisi tertentu maka bisa jadi karena seseorang mengalami alergi pada makanan tertentu pula, seperti gorengan, makanan cepat saji dan yang berbau Seafood yang umumnya mengandung kolesterol tinggi. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi atau bahkan menghindari makan makanan semacam itu atau bisa juga dengan membuat komitmen bahwa ‘segala yang berminyak harus saya hindari’. Jika sudah begini maka satu masalah bisa anda atasi dan tinggal fokus menuntaskan penyebab lainnya.
  3. Penyumbatan pori-pori kulit – Ini bisa terjadi karena kompilasi masalah pada kulit wajah yang tidak dihiraukan, seperti karena akibat banyaknya sel kulit mati yang menempel yang tidak dibersihkan ditambah kotoran dan debu yang juga dibiarkan begitu saja yang kemudian tumbuhlah banyak bakteri dari keadaan yang memang umumnya disenangi oleh bakteri untuk bersarang yang pada akhinya menimbulkan iritasi dan pembengkakan ringan yang berlanjut pada terjadinya jerawat batu yang ukurannya lebih besar dari biasanya.
  4. Faktor Keturunan / Gen – Kalau penyebab jerawat batu yang satu ini memang sulit dihindari, tapi walau demikian kita masih bisa menguranginya dengan jalan tertentu. Jika anda mempunyai ayah atau ibu yang mengalami jerawat yang sama atau mungkin pada kakek dan nenek, maka besar kemungkinan anda juga akan mengalaminya. Umumnya ini dikarenakan hormon dengan produksi minyak berlebih pada kelenjar kulit diturunkan pada keturunan yang pada akhirnya juga mengalami masalah kulit yang sama. Untuk menguranginya maka tak ada jalan selain menjauhi makanan yang digoreng dan juga sering membilas muka minimal 5 kali sehari sebagaimana ritual Wudu’ yang dilakukan oleh umat Muslim. Tapi karena kebiasaan cuci muka hanya salah satu faktor pendukung sehingga walau ini sering dilakukan bisa saja seseorang masih akan mengalami jerawat batu.
  5. Kosmetik – Bisa jadi salah memilih kosmetik yang baik menjadi pemicu terjadinya jerawat batu karena sebagaimana kita ketahui kandungan bahan kimia di dalamnya sangat beragam dan tidak baik untuk kesehatan kulit. Tapi walau terkadang jenis kosmetik yang digunakan sudah aman, cenderung masalah tetap akan timbul jika tidak dilakukan pembersihan dengan baik. Sangat disarankan setiap kali ingin tidur maka bedak, foundation, eye shadow, dan lainnya dibersihkan sebersih mungkin agar kulit tidak mengalami penyumbatan dan tidak menjadi sarang tumbuhnya bakteri karena dua hal inilah yang lazim menjadi penyebabnya.
  6. Jenis makanan – Ini juga masalah yang jadi penyebab terjadinya jerawat yang terkadang kurang disadari banyak orang dan di antara yang dianjurkan untuk dihindari adalah seperti coklat, telur rebus atau goreng, produk olahan susu, kacang tanah yang digoreng, dan lain sebagainya. Walau demikian, mengkomsumsi jenis makanan tersebut masih tetap dianjurkan asal tidak terlalu banyak.
  7. Kurang Tidur – Aktifitas tidur yang cukup memiliki efek yang penting pada kesehatan dan kecantikan kulit karena pada waktu tersebutlah kulit melakukan regenerasi, dan sebaliknya, kurang tidur dapat mengakibatkan kondisi kulit menjadi kering yang mana dari keadaan tersebutlah kulit mudah berjerawat. Tak mesti harus minimal 8 jam sebagaimana banyak diungkapkan dalam jurnal kesehatan, tapi yang penting di sini adalah kualitas tidur anda, usahakan tidur yang nyenyak walau hanya 5-6 jam dalam sehari.

Itulah beberapa penyebab terjadinya jerawat batu yang sudah barang tentu juga dapat menjadi rujukan untuk lebih teliti dan menghindari akibatnya. Bisa jadi tidak semua bisa dilakukan, tapi paling tidak melakukan beberapa yang disarankan di atas sudah bisa membantu dalam memperbaiki kesehatan kulit.

B.  Cara Menghilangkan

Untuk menghilangkan jerawat batu  atau Cystic Acne maka dibutuhkan banyak metode pengobatan terpadu agar segala yang menjadi pemicunya bisa di-stop dan menghentikan tumbuhnya tonjolan baru yang menjadi cikal bakal terjadinya penyakit kulit ini. Sifat yang paling dominan pada jenis Acne ini adalah ukurannya yang besar-besar dan mengalami peradangan hebat yang berfokus pada muka. Berikut tipsnya:

  • Obat Jerawat Alami yang Ampuh (silahkan baca) – Jika anda mencari yang berbau herbal alias bahan alami yang tak menimbulkan efek samping maka beberapa tips jenis obat alami dalam artikel tersebut bisa anda baca dan praktekkan penggunaannya sendiri. Dalam ulasan tersebut juga sudah dijelaskan bagaimana cara menggunakannya sehingga lebih mudah untuk diterapkan di wajah tanpa bantuan orang lain apalagi kalau harus ke dokter kecantikan yang butuh biaya banyak. Umumnya bahan yang digunakan mudah didapatkan di pasar tradisional sehingga pasti semua orang bisa melakukannya.
  • Treatment dan Operasi Ringan serta obat kimia untuk penderita jerawat batu (lihat di paragraf2 akhirnya) – Beberapa tindakan medis yang sering dilakukan bisa anda pelajari dari penjelasan tersebut, cukup kunjungi linknya dan baca tuntas apa dan bagaimana dampaknya pada jerawat yang anda alami. Misalnya saja dengan menggunakan terapi laser maka kelenjar Sebasea yang berperan penting dalam memproduksi minyak di kulit muka bisa diperbaiki fungsinya agar tidak menghasilkan minyak berlebih yang mana merupakan salah satu penyebab jerawat yang biasa terjadi, atau dengan menerapkan teknik Subsisi yang mana di sini menggunakan jarum untuk tujuan melepas jaringan yang mengikat kulit yang menyebabkan permukaannya tertarik ke dalam agar dapat tumbuh normal dan tak terlihat bopeng lagi dan lain sebagainya.
  • Penyebab Lain Terjadinya Jerawat – Di atas mungkin sudah dijelaskan beberapa yang mangakibatkan wajah mengalami benjolan-benjolan besar yang bernanah, dan pada artikel ini dijelaskan lebih lengkap lagi apa saja hal lain yang menjadi pemicunya. Misalnya saja diakibatkan adanya bakteri bernama p.acne yang bersarang pada kelenjar yang dinamakan Sebaceous, nah dari penyumbatan yang dilakukan bakteri tersebutlah yang kemudian menimbulkan iritasi yang lambat laun mengakibatkan munculnya tonjolan yang disertai nanah dan masih banyak lagi ilmu lain soal penyebab Acne yang wajib diketahui.

C.  Tindakan yang harus dilakukan untuk Menghentikan Jerawat Batu

Jika anda sudah merasa sangat putus asa dan merasa sulit dengan cara menghilangkan jerawat batu yang dibahas di atas, maka ada baiknya anda ketahui apa saja tindakan yang harus dilakukan, selain obat, agar pertumbuhan jerawat tersebut dapat terhenti dan tidak menimbulkan bekas jerawat yang dapat merusak tampilan wajah alami anda.

1.  Kompres

Gunakan es untuk mengkompres wajah anda yang berjerawat, apalagi yang dipenuhi dengan nanah, karena dari penggunaan es ini mampu mengangkat minyak dan kotoran yang banyak tertanam dalam pori-pori. Adapun cara penggunaannya adalah dengan langsung mengoles-oleskan es pada seluruh muka hingga terasa dingin dan kaku untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

2.  Bercukur

Mungkin ini terdengar aneh dan bahkan banyak orang yang rambutnya panjang tidak menyadari bahwa inilah salah satu penyebab mengapa wajah bisa berjerawat, apalagi yang panjangnya hingga menutupi dahi, dan bahkan yang lebih lagi ada yang hingga sampai ke pipi. Asal anda tahu, rambut yang kotor, apalagi yang jarang di-shampo-i mengandung banyak bakteri yang jika dibiarkan menempel di dahi dan pipi akan mengakibatkan jerawat. Untuk itu, mulai sekarang jangan biarkan rambut selalu menutupi wajah atau kalau perlu dipotong saja dan juga rutin menggunakan shampoo setiap kali mandi, minimal 2 kali dalam seminggu.

3.  Stop! Menyentuh wajah

Ini juga kurang disadari bahwa pada tangan mengandung banyak bakteri yang tidak baik jika disentuhkan pada muka, apalagi telah memegang uang atau gagang pintu dari WC umum yang konon katanya menurut hasil penelitian lebih jorok dari closed WC, karena secara… kalau closed wc masih sering dibersihkan dengan pembersih khusus sedang pegangan pintu dan juga hp yang dipegang berulang kali tidak pernah dibersihkan padahal ada banyak sekali bakterinya karena sebagaiman akita tahu tangan membawa banyak bakteri.

4.  Rutin cuci muka

Aktifitas semacam ini paling baik dilakukan sebelum dan sesudah tidur karena jika anda telah melakukan aktifitas di luar ruangan yang syarat dengan debu dan kotoran akan semakin memudahkan bakteri berkembang sebab di malam hari kamar tidur umumnya gelap dan tubuh minim gerakan. Jika cocok dengan pemberish muka anda bisa menggunakannya, tapi jangan sampai menggunakan obat jerawat yang mengandung bahan aktif berbahaya sebagaimana telah dibahas karena akan merusak muka. Sekalipun demikian, mencuci muka terlalu berlebihan bukanlah cara menghilangkan jerawat batu yang baik karena akan mengakibatkan minyak esensial pelindung kulit terhadap kuman akan hilang yang pada akhirnya semakin mudah berjerawat.

5.  Jauhi handuk, pakailah tisu!

Kerap kali handuk yang sudah berulang kali dipakai dan dibawa berolahraga kita gunakan kembali melap muka yang berkeringat padahal tindakan semacam ini sama saja memindahkan kuman dari handuk ke wajah yang ujung-ujungnya juga menyebabkan jerawat. Untuk itu, mulai sekarang, jika mau bersih maka ganti penggunaan handuk dengan tisu yang hanya sekali pakai dan juga daya serapnya pada minyak lebih baik.

6.  Perhatikan sarung bantalmu!

Sering lihat jerawat batu yang sampai memenuhi muka dan disertai dengan nanah yang besar-besar kan? Kebiasaan buruk dengan tidak mengganti sarung bantal walau telah dipakai berbulan-bulan adalah salah satu pemicunya. Ini karena sarung bantal yang dipakai dalam waktu lama akan menjadi sarang tumbuhnya banyak bakteri dan kuman, apalagi kalau kondisi ruangan lembab serta dipenuhi dengan iler dan minyak dari muka yang menempel berulang-ulang maka akan semakin gampang menimbulkan jerawat jika digunakan. Karena itu sebaiknya rutinlah mencucinya minimal sekali seminggu agar wajah yang telah dibersihkan setiap malam tidak lagi terkontaminasi dari kotoran yang menempel padanya.

7.  Hentikan sementara penggunaan produk rambut

Jika saat ini rambut anda panjang dan sering mengenai muka dan secara bersamaan juga mengalami jerawat maka besar kemungkinan disebabkan oleh produk rambut yang dipakai. Di antara yang bisa menjadi pemicunya adalah pewarna dan pelurus rambut atau pun kondisioner yang sering digunakan. Cobalah hentikan sementara dan lihat perbedaannya, jika memang terlihat ada pengurangan pada jerawat anda maka bisa jadi kulit muka anda mengalami reaksi negatif pada produk-produk tersebut.

Lanjut baca : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam di Wajah

Solusi untuk Cara Menghilangkan Jerawat Batu di atas bisa anda coba beberapa, tapi bila misalnya tidak terjadi perubahan, karena yang namanya pengobatan kulit juga harus menyesuaikan dengan jenis kulit itu sendiri karena bisa jadi alergi atau sensitif pada obat tertentu sehingga sebaiknya ditinggalkan dan lakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit atau pun pada klinik kecantikan yang paham betul bagaimana cara penanganannya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *