Buat kamu yang baru belajar menggunakan komputer pasti tidak tahu bagaimana langkah cara menghidupkan komputer dan cara mematikan komputer, baik itu pada komputer PC maupun Laptop. Menghidupkan komputer mungkin mudah karena yang dilakukan cukup dengan menekan tombol power atau start yang ada di bagian depan CPU. Biasanya bentuknya beda-beda, tergantung merek dan desain dari CPU atau Laptopnya. Tapi yang jelas tombolnya biasanya berbentuk bulat atau segi empat dan paling jelas terlihat dari tombol lainnya.

Perlu diketahui bahwa komputer saat ini sudah banyak sekali jenisnya dan juga typenya. Kalau dulu kita baru mengenal Windows Vista dan XP, dan bahkan di masanya komputer tersebut adalah yang tebaru, tapi kini sudah dianggap jadul karena sekarang mulai satu per satu muncul yang lebih canggih lagi, yakni Windows 7, dan bahkan sekarang sudah ada Windows 10. Dan adapun soal OS (operating sistem = sistem operasi)nya sekarang ini sudah tak terbendung inovasinya, kalau dulu kita sudah bangga kalau sudah bisa punya Pentium 4 karena sebelumnya Cuma bisa memiliki pentium 2 misalnya, tapi sekarang… malah yang masih menggunakan OS type itu akan dianggap jadul karena sekarnag sudah ada Dual Core, Core2 Duo, Core i3, Core i5, hingga sekarang sudah ada lagi Core i7 (i seven) dan kita tidak tau akan ada upgrade apa lagi beberapa bulan kemudian. Let’s follow the change!!!

Cara Menghidupkan Komputer/Laptop (Menyalakan atau Membuka PC)

  1. Perhatikan bagian depan CPU, kalau kamu melihat tombol besar, baik itu berbentuk bulat atau segi empat, maka sudah bisa dipastikan kalau itu adalah tombol powernya. Dan yang paling sering posisinya di tengah serta setelah ditekan akan berwana merah atau biru sebagai tanda bahwa sistem sudah mulai hidup. Adapun cara menekannya agak ditahan sebentar sekitar 3 detik baru dilepaskan.cara menutup komputer cara menyalakan komputer
  2. Selanjutnya tinggal tunggu sampai proses loadingnya selesai. Biasanya tidak terlalu lamu untuk komputer baru dengan sistem operasi yang baru juga. Nantinya dalam proses loading, jika menggunakan Windows, maka akan terlihat gambar jendela yang redup-hidup atau tanda bulat berputar-putar.
  3. Jika telah selasai dan berhasil membuka komputermu maka akan terlihat layar depan yang akan menampilkan beberapa ikon aplikasi dan juga latar dari layar tersebut (seperti gambar di samping). Jika latar screennya belum diganti maka latarnya akan terlihat logo windows berbentuk jendela, tapi bila sudah diganti maka akan terlihat gambar sesuai dengan yang telah diganti tersebut. Sebelum mulai memakai komputer maka lebih awal bisa mengatur tanggal komputer kamu dulu
  4. Nah, terakhir tinggal belajar : Cara Mengetik Menggunakan Komputer / Laptop

Ada banyak sekali fungsinya kalau kita tau komputer, misalnya saja nih, kita bisa menggunakan internet untuk mengahasilkan uang dari blog gratis dan masih banyak lagi. Bisa juga untuk membuat desain dengan aplikasi tertentu yang bisa dijual lewat online atau juga kalau kamu punya modem bisa jualan, pokoknya gak ada ruginya kalau bisa pintar menggunakan teknologi canggih ini.

B. Cara Mematikan Komputer

Setelah menggunakan maka jangan sekali-kali langsung mematikan komputer atau laptopmu dengan langsung menekan kembali tombol pawernya karena tindakan tersebut bisa merusak komponen dalamnya, tapi ikutilah beberapa langkah yang akan dijelaskan di bawah:

  1. Klik tombol Windows (seperti gambar jendela yang berwarna merah, hijau, kuning dan biru). Letaknya ada di bagian bawah kiri paling pojok dari tampilan layarmu. Atau bisa juga dengan menekan tombol dengan gambar icon yang sama yang ada di keyboard.
  2. Nah, jika muncul tampilan memanjang ke atas, tinggal klik menu sebelah kanan yang paling bawah yang bertuliskan “Shut down”. Jika kamu klik tanda panah kecil di sampingnya maka akan muncul berbagai pilihan, yaitu:
  • Switch user : Untuk menutup komputer tapi tidak mematikan dan bisa dibuka kembali hanya oleh Admin yang mengetahui Password-nya jika memang diberi password, tapi jika tidak maka hanya akan menampilkan gambar dari usernya dan baru bisa dibuka jika gambar tersebut diklik.
  • Log off : Ini sama dengan Shut down yang mana komputer akan mati total dan tidak bisa digunakan lagi sampai kita menyalakannya seperti pada penjelasan pertama di atas.
  • Lock : Untuk mengunci komputer
  • Restart : Mematikan komputer tapi akan langsung menyala lagi. Biasanya ini dipakai jika kita telah menginstall aplikasi dan ingin memastikan bahwa aplikasi tersebut sudah bisa digunakan, kadang juga kalau ada perubahan setting yang sudah dilakukan maka tombol ini juga bisa digunakan.
  • Sleep : Sama dengan Hibernate hanya saja waktnya singkat, yakni sekitar 10 detik saja. Jadi komputer tidak kita tinggalkan, hanya karena ada kesibukan lain, misal menelpon, jadi kita gunakan fitur ini untuk sesaat.
  • Hibernate : Fitur yang diguanakan untuk menghemat listrik yang lebih umum ditujukan pada Laptop atau Notebook. Jika Anda ingin menginggalkan komputer tapi tidak ingin mematikannya dan semua aplikasi yang dibuka tidak hilang saat digunakan kembali maka Hibernate ini solusinya. Bedanya dengan Sleep, yang ini untuk jangka yang lebih lama.

Yup.. sampai di sini soal cara nutup komputer. Setelah menekan tombol maka tinggal tunggu sampai betul-betul mati dan layar hanya terlihat hitam. Jika belum begitu maka jangan diapa-apakan dulu, apalagi kalau pakai Notebook jangan sampai langsung ditutup karena proses Shut down nya akan berhenti dan akan terus menyala selama tidak dimatikan.

Dalam artikel dari link untuk langkah terakhir di atas Anda akan belajar apa saja yang dilakukan dalam mengoperasikan komputer, mulai dari mengolah gambar dengan Paint, cara mengetik di MS. Word, Excell, Power Point dan program lainnya yang ada dalam PC maupun Laptop.

Panduan ini dan pada halaman artikel selanjutnya adalah tutorial dasar cara penggunaan komputer. Jika kamu malas belajar maka solusinya bisa menggunakan bantuan orang lain, tapi bial tidak kamu juga masih bisa belajar sendiri dengan langsung mengotak-atik berbagai aplikasi yang ada di dalamnya. Caranya, cukup klik 2 kali (dengan lancar) icon yang ada di halaman utama Windows maka kamu akan langsung masuk ke programnya. Atau bisa juga dengan mengklik tombol berbentuk jendela (Logo Windows) yang ada di pojok kiri bawah layar komputer dan tinggal pilih software yang akan kamu gunakan.

Ada banyak hal sebenarnya yang bisa dilakukan dari perangkat komputer yang kita miliki, bukan hanya mengtik saja, tapi berbagai tujuan bisa kita lakukan, seperti mengolah gambar dengan Photoshop dan CorelDraw, membuat slide presentasi dengan PowerPoint, dan yang lebih baik lagi adalah menggunakan internet untuk menghasilakan uang dari blog gratis. Ini saya kira yang paling menarik karena kita bisa punya usaha sampingan yang bahkan hasilnya bisa lebih banyak dari gaji, bahkan buat kamu yang masih sekolah juga bisa melakukannya.

Adakah yang masih tidak dimengerti soal cara mematikan komputer dan laptop ini, atau mungkin malah belum tau cara menyalakan komputer sama sekali padahal yang dilakukan cukup dengan menekan tombol startnya saja. Jika memang demikian silahkan beri komentarmu untuk bertanya, tapi sebelum itu bantu kami share dulu artikel ini biar impas dan bisa saling tolong menolong. Selamat bekerja!

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *