Caraspot.com merupakan blog saya yang kesekian… yang saya kelola saat ini, masih banyak lagi blog lainnya yang telah menghasilkan rupiah maupun dollar. Itulah sebabnya sekarang mau sharing nih soal bagaimana Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog Gratisan di internet. Tujuan utamanya adalah bahwa dengan artikel ini lebih banyak lagi orang yang tertarik dengan bisnis online, baik itu dari jual produk atau pun dengan hanya modal menulis saja. Dan perlu anda ketahui bahwa yang namanya bisnis lewat internet hampir sama dengan usaha offline, hanya saja kalau menggunakan perantara jaringan internet kita jangkauan pasarnya bisa ke berbagai daerah dengan biaya yang lebih murah, dan bahkan tidak berlebihan kalau dikatakan bahwa ini adalah bisnis tanpa modal sama sekali karena penulis pribadi telah merasakan dan menikmati keuntungan dari sampingan seperti ini.

Menghasilkan uang di internet sebenarnya bukan hanya lewat blog saja, bisa lewat forum seperti Kaskus, Ads-ID  dan lainnya, via situs jual beli online seperti OLX.co.id, Bukalapak, Tokopedia.com dan lain sebagainya, hanya saja Caraspot kali ini mau fokus mengulas bagaimana teknik dan tips menghasilkan keuntungan dengan hanya bermodalkan blog gratis seperti Blogger/Blogspot dan WordPress. Ini didasari karena hingga kini masih banyak sekali yang belum percaya bahwa dengan bermodalkan laptop/komputer PC dan Modem saja kita sudah bisa meraup rupiah setiap bulannya, yang lebih penting lagi adalah karena penghasilannya halal dan bisa dipertanggungjawabkan. Lalu apa saja langkah dan caranya? Nah, ini butuh penjelasan panjang dan detail. Berikut ulasannya:

Langkah dan Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog Gratis seperti Blogspot/Blogger dan WordPress di Internet Tanpa Modal

cara bisnis online dan menghasilkan uang dari blog gratis

Sekalipun temanya ‘menghasilkan dari blog/website’ tapi dengan cara ini juga ada beragam jenis penghasilan yang bisa di dapatkan, tak melulu harus jualan karena yang kami sampaikan di bawah terbukti berhasil dan ada hasilnya yang masuk dalam rekening bank maupun rekening online seperti Paypal dan lainnya. Terkadang juga, seperti pada jenis bisnis blog yang pertama kami sebut di bawah bisa dicairkan lewat kantor Pos karena menggunakan jasa pengiriman uang Western Union. Jadi tak butuh rekening bank untuk bisa dapat dollar maupun rupiah dari blog kan?

1.  Mendapatkan uang dari Google Adsense

Sebelum anda tahu bagaimana cara memulainya, sedikit saya mau menjelaskan soal apa itu Google Adsense. Jadi ini adalah salah satu jenis bisnis yang dikelola oleh Google sendiri, dan bahkan yang paling menghasilkan dari bisnis lainnya yang mereka kelola. Bisa dibilang Adsense ini sebagai perantara atau makelar iklan antara orang yang mau memasarkan produk bisnisnya via internet dengan pemilik blog yang mempunyai banyak visitor (kunjungan) di blognya. Adapun cara kerjanya, seorang blogger (sebutan untuk orang yang mempunyai dan mengelola blog) diharuskan membuat blog gratis di blogspot atau pun di wordpress kemudian melakukan optimasi sehingga layak untuk ikut program Adsense, terutama pada kualitas artikel dan pengunjung blognya, dan baru setelah itu ia boleh mendaftar atau membuat akun.

Setelah diteriman menjadi Publisher (sebutan untuk blogger yang menayangkan iklan Adsense di blognya) maka ia kemudian diberikan hak akses pada akunnya yang mana dari Account tersebutlah ia bisa membuat dan meng-copy slot iklan yang kemudian dipasang di blognya. Jadi iklan tersebut bentuknya hanya kode / script yang di antaranya terdiri dari ID akun Adsense seorang publisher dan juga ukuran slot iklannya sendiri.

Setelah si blogger mendapatkan kode iklannya, maka untuk cara menghasilkan uang dari blog, ia kemudian bisa memasang kode iklan tersebut dalam blognya, baik itu yang ber-platform blogger atau pun wordpress, apakah disisipkan di dalam artikel atau pun diletakkan di sidebar / samping blog. Adapun isi iklan yang tertera nantinya akan menyesuaikan dengan artikel atau tema blog yang dibahas dalam blog tersebut, jadi kalau misalnya temanya soal ‘bisnis online’ maka promosi dari pengiklan yang muncul juga bertema bisnis atau usaha. Inilah yang membedakan program PPC (Pay per Click) dari Google Adsense dengan yang lainnya dimana iklannya bisa menyesuaikan dengan artikel dari blog tempat dimana kode tersebut dipasang. Kalau dalam dunia blogger namanya “Kontekstual Ads” atau iklan yang muncul berdasarkan tema konten blog. Sebenarnya banyak PPC lain yang juga terkenal, tapi karena orang yang pasang iklan di sana kurang, jadinya iklan yang tampil itu-itu melulu dan hampir tak pernah berubah, sehingga jumlah kliknya dan penghasilannya pun sangat minim.

Jadi cara menghasilkan uang dari blog di atas berdasarkan jumlah klik yang di dapat setiap harinya yang akan ditotal setiap akhir bulannya, dalam hal ini Google akan membayar melalui Cek atau Western Union yang diambil melalui Kantor Pos setiap tanggal 21 ke atas. Hanya saja, aturan mengenai larangan mengklik sendiri iklan yang dipasang sangat ketat, bahkan ketika kita tidak sengaja melakukannya pun tetap saja akun Adsense yang kita miliki akan di-banned (diputus) dan tidak bisa menayangkan iklan lagi. Jadi harus hati-hati betul jika ingin menjalani bisnis blog ini.

2.  Menghasilkan uang dari blog dengan bisnis Afiliasi yang mudah.

Tahukah anda kalau cara paling mudah menghasilkan uang dari blog adalah dengan ikut bisnis afiliasi, selain karena tanpa modal kita juga tak butuh promosi ke sana kemari untuk mendapatkan pembeli, karena caranya gampang sekali, cukup posting (istilah untuk publikasi artikel lewat blog) artikel yang ada kaitannya dengan bisnis dimana anda ikut sebagai afiliasinya, nah dalam artikel yang anda tulis sisipkan link afiliasi yang anda copy dari akun dimana anda mendaftar sebagai member.

Lalu, bagaimana caranya kita bisa tahu berapa banyak penghasilan yang didapat setiap bulannya? Ya dari link tadi. Kan di tautan tersebut terdapat ID member anda, jika ada yang mengklik dan berkunjung ke situs atau website pemilik bisnis tersebut dan berhasil melakukan penjualan maka otomatis komisinya akan dihitung untuk kamu. Jadi ini kerja system, kita tak perlu repot mencatat karena mesin akan mencatat dari link mana penjualan berasal.

Umumnya, jangankan saat berhasil menjual, baru ada yang mau melakukan pembelian, misalnya baru berkunjung dan membaca penjelasan dalam situs tersebut, biasanya system sudah mengirim pesan ke emailmu bahwa ada calon pembeli dari tautan yang anda share, jadi bisnis internet semacam ini bisa dibilang lebih aman dan tanpa resiko penipuan sama sekali. Penulis mengatakan ini karena sudah mengalami sendiri dan bahkan dari 3 jenis bisnis afiliasi yang terbukti membayar tersebut sudah sering masuk pembayarannya ke rekening saya, kebetulan saat ini pakai Internet Banking BCA, jadi lebih mudah mengeceknya lewat HP atau pun komputer yang terhubung dengan internet.

Jadi cara menghasilkan uang dari blog gratis ini ibarat kita membantu pemilik bisnis melakukan promosi sederhana lewat blog kita, yakni dengan tautan kecil saja, dan bila ada yang melakukan pembelian dari mengunjungi link tersebut maka barulah komisi akan dicatat dan diberikan setiap akhir bulan. Gampang sekali kan?

3.  Mencari uang dari Jualan di blog. Tanpa modal sama sekali!

Di sini Caraspot tidak mau mengajarkan bagaimana melakukan jual beli online yang rumit, misalnya harus buat produk dulu, gaji karyawan, menyediakan pabrik dan lain sebagainya, tapi cara gampang yang saya lakukan selama ini. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih jenis produk yang akan kamu jual, kalau bisa yang kamu ketahui seluk beluknya dan lebih baik lagi kalau sesuai hobimu.
  2. Setelah memilih tema produknya, selanjutnya tinggal browsing di Google situs atau blog mana saja yang menjual produk tersebut, kalau bisa pilih yang memang produsennya langsung, bukan dari tangan kedua atau pun yang berstatus reseller. Ini gunanya agar harga yang ditawarkan nantinya tidak terlalu mahal dan bisa bersaing dengan blog lain yang menjual barang yang sama.
  3. Selanjutnya tinggal lakukan promosi sendiri lewat blogmu. Cara terbaik yang penulis lakukan selama ini adalah dengan membuat artikel yang mengulas soal barang tersebut dan kalau bisa berikan penjelasan lengkap soal kelebihannya, lebih baik lagi kalau ada testimony-nya real dari orang yang sudah pernah beli. Semakin panjang artikelnya akan semakin baik dimata google dan akan mendapat ranking yang baik pula di halaman pertama google.

B. Bisnis online lainnya yang bisa dilakukan lewat blog gratis.

Yang telah disebut di atas adalah yang paling lazim dipilih oleh para blogger, namun selain yang di atas sebenarnya ada banyak sekali macamnya dan saya bisa pastikan (InsyaAllah) bukan bohongan dan bisa menghasilkan asalkan kita kiat menawarkannya di berbagai media sosial, tak perlu pakai modal untuk melakukannya karena yang dibutuhkan hanya blog gratisan dan akun jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Menariknya lagi karena kita bisa menerima order kapan saja tanpa mengenal waktu, bahkan 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Tertarik? yuk kita simak.

1.  Jasa review

Review artinya mengulas produk atau website orang lain mengenai jenis layanannya, kelebihannya dan juga kalau perlu fitur-fitur andalannya. Jika kamu punya blog gratis atau pun yang berbayar dan punya pengunjung ribuan per hari atau pun punya PR (pagerank) yang tinggi maka anda pun bisa ikut melakukan jenis bisnis online ini. Adapun caranya adalah kita menawarkan pada pengunjung blog kita, siapa pun yang punya blog atau produk yang ingin diperkenalkan pada orang banyak bisa menggunakan jasa Anda untuk mengulasnya, tentunya dalam blog tersebut. Mudah saja, cukup ketahui profil blognya lalu jelaskan dengan lengkap segala yang berkaitan tentangnya. Umumnya pemilik situs atau website menginginkan jasa seperti ini karena butuh backlink (link atau tautan situs mereka yang terpasang dalam artikel review tersebut). Tujuannya adalah untuk menambah kualitas SEO web mereka agar rankingnya semakin baik di mesin pencari, khususnya di pencarian Google.

2. Jasa pembuatan blog

Kalau kamu bisa punya blog tentu tahu cara buatnya kan? lha kenapa tidak mencoba satu keberuntungan ini, untungnya kan bisa buat menghidupi biaya blogging kamu. Tidak perlu mahal, cukup pasang tarif 300ribu per blog, mau itu blog dengan platform blogspot atau pun wordpress. Jika mau penghasilan yang lebih bisa dengan menawarkan fitur tambahan, misalnya plus 100ribu jika mau konsultasi bebas selama sebulan, plus 50 ribu untuk jasa otak-atik dan pengaturan jika ada error atau pun jasa penulisan artikel dengan bayaran per jumlah kata dalam artikelnya.

3. Jasa penulisan artikel

Menulis tidak melulu harus untuk tujuan mengisi artikel dalam blogmu, tapi kalau kamu lagi bosan bisa menawarkan pada blogger lain untuk dituliskan artikel dengan bayaran tergantung jumlah kata dalam artikelnya, umumnya ada yang mematok per 500 kata bayarannya 10 ribu, jika lebih banyak tentu harganya akan lebih mahal lagi. Sudah banyak yang melakukannya tapi yang penting di sini adalah persaingan harga dan layanannya, jika kamu bisa memberi harga lebih murah dan layanan yang prima tentu tak butuh waktu lama untuk bisa menggait lebih banyak pengunnjung. Kalau sudah ramai baiknya buat wweb tersendiri yang khusus untuk penawaran ini, dan akan lebih baik lagi kalau kamu bisa rekrut penulis dan hasilnya dibagi atau bisa juga dengan memberi gaji bulanan, tentunya ini setelah usahamu menghasilkan dari blog gratisan berhasil.

4. Jualan akun

Kalau kamu belum tahu sedikit saya kasi bocoran, sekarang ini banyak orang yang buat akun twitter maupun facebook yang tujuannya bukan untuk dimiliki sendiri tapi dipromosikan dengan berbagai teknik agar followernya mencapai ratusan ribu. Tujuannya adalah agar setelah pengikut, like atau followernya sudah banyak ia bisa menjualnya dengan harga tinggi. Sekarang ini ada banyak sekali yang menawarkan dan harganya gak main-main, bisa 5 juta per akun, wow….lumayan besar kan? Dan lagi-lagi jalan terbaik untuk menawarkannya adalah lewat blog gratisan yang kamu miliki.

5. Jual blog jadi

Hampir sama dengan jasa buat blog, hanya saja bedanya di sini adalah kita membutnya tanpa menunggu order dari orang lain kemudian melakukan beberapa optimasi, terutama pada artikel dan backlinknya, dan jika kunjungannya sudah ramai barulah kita tawarkan pada orang yang butuh blog tapi mau yang sudah ada pengunjungnya. Tentunya cara ini lebih menguntungkan karena harga website yang dijual lebih mahal, tapi tetap saja ada kendalanya karena kita harus menghabiskan banyak waktu untuk melakukan optimasi agar visitornya melimpah dan sudah tentu ini butuh waktu. Disarankan jika ingin menjalani bisnis online ini sebaiknya web yang dibuat sudah menggunakan domain .com agar lebih banyak yang tertarik.

Jika belum ada yang ‘ngeh dari semua pilihan peluang usaha di atas mungkin anda tertarik dengan sederet bisnis ini: buat grup berbayar, lelang produk secara online di blog, jasa bantu urus akun jejaring sosial untuk pebisnis yang sibuk, jadi reseller produk digital seperti ebook maupun aplikasi HP, jual theme (skin web), cari produk apa saja disekitar daerahmu kemudian pasarkan lewat blogmu, domain parking (parkirkan domain yang dipasangi iklan dari web yang sudah tidak dikelola), dan masih banyak lagi jenisnya. Sebenarnya semua bisa dilakukan asal kita mau belajar, tak perlu ikut kursus segala, cari saja di google tutorialnya pasti ketemu.

Ada banyak sekali sebenarnya “Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog Gratisan (Sharing Pengalaman)” yang terpenting pilih yang sesuai minatmu dan yang menurutmu mudah untuk ditekuni. Jika seandainya gagal jangan langsung menyerah karena yang namanya bisnis online maupun offline kurang lebih sama, semua butuh kerja keras. Namun yang membedakan bisnis online dengan offline adalah dari segi jangkauan pasarnya yang lebih luas dan tidak mengenal waktu sehingga hasilnya bisa berlipat-lipat jika dibandingkan kita jualan dengan cara manual. Dan terakhir, jika seandainya masih bingung, Anda bisa menggunakan jasa konsultasi dari saya untuk dibantu bagaimana melakukannya tahap demi tahap hingga bisa menghasilkan.

About The Author

Comments

  1. winda taryana

    Ass.Wr.Wb. Keren abis bos artikelnya, padat berisi. Sangat bermanfaat sekali bagi saya, sebagai pemula dlm dunia bloging yg ilmunya jauh kemana-mana di banding si bos. Dan saya akan berkunjung lagi ke blog si bos. Oh ya bos boleh ga saya ngajuin permintaan? saya minta tolong ajarin saya cara ngeblog gratisan sampai bisa menghasilkan. Dan saya pun akan membayar si bos bila blog saya sudah bisa menghasilkan.
    Terima kasih atas informasinya . Semoga Sukses selalu buat si bos.
    Salam saya,

    windsaryans

    1. Caraspot Article Author

      winda taryana : Kami boleh bantu untuk belajar privat selama 3 hari dengan biaya 500ribu. Bebas tanya apa saja dan langkah apa saja soal ngeblog.

  2. untung supriono

    mantap sekali blog ini..akan segera saya coba..thanks bos ,,salam sukses

  3. Agus Maya

    jasa penulisan artikel sepertinya menarik, bisa langsung dapat komisinya, tapi kurang percaya diri ragu artikelnya apakah nanti disukai pelanggan

  4. Walidin

    wah banyak juga ya gan lahan penghasilan jadi blogger. Kalau artikel itu jualnya ke mana aja? apa ada komunitasnya jual beli artikel.

  5. arry wahyudi

    makasi buat saran2 nya min,,,
    makin semangat nyari duit via online nih ,m,,,,

  6. Dave

    Gan, kan ada tuh web yg bisa ngasilin uang juga. Jd kita request approve domain kita, trus nanti kita masukin code dr web tsb ke website punta kita. Itu cara kerjanga giaman?

    1. Caraspot Article Author

      Pastikan sudah punya blog yang pengunjungnya minimal 5000 pv per hari baru akan kelihatan hasilnya

  7. isi otak

    tulisan yang mudah dimengerti dan nyaman untuk dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *