Membuat table di MS Word tak semudah jika kita membuatnya di Excel karena memang programmnya tidak dikhususkan untuk itu. Karenanya, belajar Cara Menghapus Tabel di MS Word 2010 dan Versi Lainnya ini bermanfaat sekali buat teman-teman yang baru belajar menggunakan Microsoft Word dari system operasi Windows. Caranya simple sekali karena tinggal delete saja sudah bisa langsung terhapus, dan kebetulan sekali Caraspot punya dua teknik untuk itu jadi bisa pilih mau cara yang mana, tapi kedua-duanya mudah dan menyenangkan dilakukan.

Banyak sekali sebenarnya masalah ketika kita menggunakan Microsoft word untuk membuat tabel, selain susah menghapusnya juga ada hal lain yang sering dikeluhkan, seperti susah memindahkan posisi tablenya di tempat yang diinginkan, apalagi kalau tidak ada spasi sebelumnya yang disiapkan di bagian atasnya, alias tabel tersebut ditempatkan di paling atas halaman, maka akan sulit sekali mengangkatnya. Pokoknya banyak deh problem kalau kamu pakai Word untuk buat kolom-kolom, makanya lebih baik belajar excel aja biar lebih gampang.

2 Solusi Cara Menghapus Tabel di MS Word, 2007, 2008, Vista, XP, 2010 dan Windows Lainnya

Kamu bisa piliha mana yang kamu suka dari 2 pilihan cara yang disugukan di bawah ini. Yang satu menggunakan teknik klik kanan dan yang satunya lagi dengan bantuan mouse yang di-scrol ke bawah hingga semua bagian tebelnya terblogk. Berikut penjelasannya:

Cara Pertama

Selanjutnya baca dulu Cara Membuat Tabel yang baik dan benar. Jangan sampai karena dari awal sudah salah sehingga jadi sulit dihapus. Untuk itu, kamu harus pelajari dulu tekniknya baru lanjut panduan di bawah.

1. Awalnya, arahkan dulu kursor mouse di bagian sudut kiri atas tabel atau bisa juga klik sembarang di bagian tabel agar bisa muncul tanda seperti tanda tambah sebagaimana pada bagian yang dilingkari merah di gambar di bawah:

cara menghapus tabel di ms word

2. Jika sudah muncul selanjutnya ‘klik kanan’ pada tanda yang dimaksud di atas.

3. Terakhir, tinggal klik pilihan “Delete Table” maka secara otomatis akan menghapus semua tabel dan termasuk pula isinya.

Untuk lebih jelasnya baca : Cara Membuat Tabel di MS Word

Cara Delete Table yang Kedua

1. Pertama klik mulai dari atas tabel (di bagian atas luar tabel), lalu tahan dan tarik hingga melewati bagian baris terakhir dari tabel. (hingga satu spasi di bagian bawah tabel juga terlihat biru). Cara ini dimaksudkan untuk memblok semua bagian tabel termasuk satu spasi di bagian atas dan bawahnya. Untuk itu, usahakan buat spasi baru dulu di atas dan di bawah tabel agar cara ini bisa dilakukan.

2. Nah, terakhir tinggal klik tombol “Delete” yang ada di keyboard. Hasilnya bisa hilang semua kan?

Tips:

Sebenarnya ada beberapa tujuan yang diinginkan ketika ingin menghapus tabel. Hal ini bisa berarti menghapus isinya saja dan menyisakan garis-garis kolom dan barisnya dan bisa juga seperti yang di atas. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari satu per satu:

  1. Menghapus isi tabel saja atau tulisan di dalamnya : Caranya cukup blog semua isi tabelnya (jangan keluar dari garis tabel), lalu delete untuk mengakhiri.
  2. Cara Menghapus kolom atau baris Tabel (langsung saja menuju tautan ini karena penjelasannya lebih lengkap, sedang yang di sini hanya kami jelaskan seadanya saja) : Jika ingin menghapus satu bagian kolom (garis memanjang ke bawah) maka caranya adalah dengan memblok satu kolom penuh lalu klik kanan dan pilih “delete colum”, hanya saja kalau kolomnya panjang sekali hingga beberapa halaman terkadang cara ini sulit dilakukan, maka cara selanjutnya yang bisa dipilih adalah dengan blok pada satu baris kolomnya saja lalu klik kanan dan pilih “Delete Cells” lalu pilih lagi “Delete Entire Colum”. Atau bisa juga dengan klik dulu di kolom yang akan dihapus lalu di bagian atas di menu Tabel Tools pilih Layout lalu klik tnda panah di menu “Delete” lalu “delete Columns”. Untuk menhapus baris (satu bagian garis lurus ke samping / horizontal) juga kurang lebih sam alangkahnya hanya saja pilihannya kita pilih yang ada kata ‘Row’nya yang berarti baris. Lebih jelasnya klik pada salah satu baris lalu klik kanan lalu delete cells lalu klik ‘delete entire rows’.
  3. Tips lainnya yang lebih lengkap baca : Tutorial Belajar MS Word Lengkap

Demikian tutorial cara menghapus tabel di ms Word ini, semoga bisa diterapkan di komputer teman sekalian untuk tujuan buat tugas, makalah dan lainnya. Bantu share ya sebagai tanda terima kasinya. Ada baiknya juga kalau tidak langsung kabur setelah belajar di blog ini, ada baiknya kunjungi artikel lainnya yang terkait yang masih ada hubungannya atau bisa juga belajar soal resep dan bisnis di sini biar makin banyak ilmunya dan bisa menghasilkan uang lewat internet dengan mudah seperti yang saya lakukan sekarang ini.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *