Mungkin anda bingung bagaimana cara mencari kata dalam kamus yang begitu tebal? Nah, ada baiknya baca Cara Menggunakan Kamus Bahasa Indonesia dan Inggris ini biar bisa dapat ilmu tambahan sola penggunaan kamus.

Dalam bahasa Inggris kamus diartikan dictionary, yaitu sebuah buku rujukan yang berisi daftar kata-kata untuk mencari kata apa saja dalam bahasa tertentu. Mengenai lengkap tidaknya tergantung seberapa banyak kata yang dicantumkan di dalamnya, terkadang dipengaruhi oleh harga dari kamus itu sendiri.

Sekarang ini bukan hanya KBBI saja yang bisa kita pakai. Anda juga bisa menggunakan terbitan lain selain dari yang dipublikasikan oleh kementrian. Hanya saja, mungkin tidak selengkap dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia tersebut.

Ilmu terpenting yang harus diketahui dalam pembelajaran ini adalah harus tau cara menentukan kata dasar. Tiap kata pasti ada kata dasarnya. Contoh, kata “penggunaan” maka kata dasarnya adalah “guna”, sedang imbuhan ‘peng’ dan ‘an’ hanyalah tambahan saja.

Langkah Cara Menggunakan Kamus Bahasa Indonesia dan Inggris

Pada dasarnya model penyusunan kamus itu berbeda-beda, tergantung kebijakan si penyusun. Ada yang menyusun berdasarkan kata dasarnya, dan ada juga yang langsung sesuai dengan kata turunanya. Namun, lebih banyak yang berdasarkan kata dasarnya. Dan berikut ringkasan caranya:

  1. Tentukan kata dasar dari kata yang akan dicari
  2. Buka kamus berdasarkan huruf awal kata dasarnya
  3. Cari berdasarkan urutan huruf sesudah huruf awalnya
  4. Setelah ketemu letak kata dasarnya, tinggal lihat kata yang sesuai dengan yang anda cari.

Jika belum jelas dengan keterangan di atas, maka Caraspot menambahkan penjelasan panjangnya di bawah. Hal ini dilakukan untuk mempermudah anda memahami petunjuk penggunaan kedua kamus tersebut.

Jangan sungkan bertanya lewat komentar kalau ada yang kurang dipahami. Kalau bukan admin yang menjawab, maka pengunjung lain mungkin bisa lebih memperjelas langkahnya.

Tapi sebelum itu, baca : Cara Memberi Password pada File Word dan Excel serta Folder

A. Penggunaan Kamus Bahasa Indonesia

Sebagai contoh, kali ini kita menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI yang tebal, terbitan KemDikBud (Dinas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan).

cara menggunakan kamus bahasa indonesia

1. Mulai dengan menentukan kata dasar dari kata yang akan dicari, misalnya saja ingin mencari makan kata ‘membuat’ maka Anda harus tau dulu apa kata dasar dari kata tersebut. Adapun kata dasar dari ‘membuat’ adalah ‘buat’.

2. Setelah tau kata dasarnya, selanjutnya buka kamus berdasarkan huruf pertama dari kata ‘buat’ tersebut, yaitu huruf ‘b’. Dalam hal ini ada 3 caranya:

  • Dengan melihat daftar isi
  • Berdasarkan penanda huruf di samping tiap lembaran kamus (biasanya dilubangi atau di beri warna tebal)
  • Dengan melihat langsung kata yang tertera di samping nomor halaman.

3. Setelah ketemu letak huruf awalnya (huruf ‘b’), kemudian langsung cari berdasarkan huruf sesudahnya atau yang urutan kedua. Dalam hal ini, kata ‘buat’ huruf keduanya adalah huruf ‘u’. Jadi langsung buka halaman yang katanya dimulai dari kata ‘bu..’ dan demikian seterusnya, hingga ketemu kata buat.

4. Setelah ketemu letak halaman kata ‘buat’ (biasanya dicetak huruf tebal), tinggal cari di dalamnya kata turunannya, dalam hal ini yang berimbuhan ‘mem’

5. Selesai sudah prosesnya, tinggal catat halamannya biar tidak lupa.

Catatan:

Bila kamu tidak mau repot menggunakan cara manual dalam mencari terjemahan kata, maka bisa menggunakan layanan online dari situs resmi Kemdikbud, yaitu di http://kbbi.kemdikbud.go.id/Cari/Index

Saat ini, setelah situs Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tersebut diperbaharui, kini kita bisa mencari kata langsung kata yang berimbuhan, tanpa perlu mengetik kata dasarnya dulu.

Sempatkan baca : Kumpulan Ebook Premium yang Banyak Di Donwload

B. Cara Pakai Kamus Bahasa Inggris

Adapaun kamus Bahasa Inggris yang banyak dipakai di Indonesia saat ini adalah kamus yang disusun oleh John M. Echols dan Hassan Shadily yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Selain lengkap, kamus tersebut  juga merupakan kamus terlaris di Indonesia, dengan warna khas dari sampulnya, yaitu kuning, hijau dan merah/pink.

Sepertinya bagian ini tak perlu dijelaskan, karena caranya tak ada bedanya kalau kita menggunakan kamus bahasa Indonesia, yaitu juga dengan menentuknn kata dasarnya dulu.

Yang perlu dipelajari di sini adalah soal cara menentukan kata dasar dalam bahasa Inggris. Karena, faktanya, terkadang ada yang beraturan perubahannya, ada juga yang tidak tentu.

Sebagai contoh, misalnya anda mencari kata ‘built’ (bentuk lampau), maka  Anda harus mengetahui dulu kata dasarnya, sedang kata dasarnya bukan dengan tambahan prefix atau pun suffix karena kata dasar dari ‘built’ adalah ‘build’.

Sekalipun demikian, kadang walau kata dasarnya berbeda jauh dengan kata bentuk kedua atau ketiganya, tapi biasanya letaknya dalam kamus hampir tidak berjauhan, jadi masih mudah ditemukan.

Sebenarnya, untuk bisa jago cara menggunakan kamus bahasa Indonesia maupun Inggris hanya perlu kebiasaan saja. Semakin sering praktek maka semakin mahir dan cepat mencarinya.

Jadi, setelah membaca keterangan di atas, maka kuncinya adalah bisa mengelompokkan suku kata dengan benar sehingga mudah tau kata dasar tiap kata yang dicari. Selain itu, baik pada cara penggunaan kamus bahasa Inggris maupun bhs. Indonesia, setiap siswa harus sudah menghafal mati susunan huruf mulai A sampai Z. Mengapa demikian? ya, karena saat mencari kata atau susunan huruf dalam kata kita harus hafal betul urutannya, misalnya setelah huruf J apa.., dan seterusnya.

Saran saya, kalau pun sekarang lebih senang menggunakan kamus online seperti Google di https://translate.google.co.id/ , sebaiknya tetap cek juga di kamus yang dalam bentuk buku karena terkadang isi dari kamus online banyak yang salah-salah juga. Ya, sudah tentu karena materinya tidak melalui proses verifikasi dari ahli bahasa.

Selain alasan di atas, kamus google yang bisa dibuka lewat internet atau HP tidak bisa digunakan untuk menerjemahkan paragraf. Hasilnya memang tetap muncul, tapi susunan katanya tetap harus diedit biar sesuai dengan gramatikal bahasanya.

Jadi bagaimana? Sudah pahamkan cara menggunakan kamus bahasa indonesia dan Inggris dengan benar dan cepat dari tutorial ini?. Kuncinya adalah latihan dan latihan saja. Mungkin yang masih baru, terutama yang masih SD dan SMP, disarankan praktek tiap hari mencari kata lewat kamus biar tambah lincah.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *