Artikel Cara Mengetik Di Komputer atau Laptop dengan Microsoft Word ini khusus untuk pemula yang sebelumnya belum pernah menggunakan komputer sama sekali dan mungkin baru saja beli komputer dan tidak tau bagaimana cara menulis menggunakan PC. Tujuan Caraspot sharing tips ini agar bisa mengurangi jumlah orang ‘gaptek’ di Indonesia he he he! Biasanya masalah seperti ini banyak dialami oleh orang yang sudah tua yang mungkin waktu kecilnya masih menggunakan mesin ketik manuali jadi tidak familian dengan yang namanya keyboard dan layar, dan lebih sering sekali terjadi pada PNS yang kebetulan baru sekarang ini diwajibkan harus belajar dan tau menggunakan komputer untuk tujuan mengerjakan tugas-tugas kantor.

Mengetik di komputer sebenarnya kurang lebih sama dengan mesin ketik, hanya saja kalau yang ini tidak lagsung tercetak di kertas, tapi ada proses lagi jika kita ingin mencetak atau mem-print-nya. Itulah salah satu keuntungannya karena kita bisa melakukan pengeditan dulu sebelumnya bila mana ada bagian tulisan yang salah. Selain itu, file yang sudah diketik bisa kita simpan dan digunakan di lain waktu, apakah mau diprint lagi atau mungkin di edit untuk keperluan tertentu, jadi tidak makan waktu lagi. Berikut langkahnya:

Cara Mengetik di Komputer atau Laptop dengan Microsoft Word

Sudah saya singgung di atas bahwa tutorial ini memang betul-betul untuk orang yang masih awam dan belum paham sama sekali soal komputer, karena itu sebelumnya Anda juga sudah harus tau proses dalam menggunakan perangkat ini agar bisa masuk ke bagian aplikasinya dan bisa mulai menulis. Nah, inilah prosesnya:

  1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah Anda harus tau Cara Membuka atau Menyalakan Komputer dan juga cara mematikannya. Karena ini adalah langkah awal jadi wajib dipelajari dulu sebelum lanjut ke tahap berikutnya.
  2. Selanjutnya, tinggal buka aplikasi atau softwarenya, namanya Microsoft Word atau disingkat dengan MS. Word. Ini adalah sebuah program yang dipakai untuk mengetik lewat komputer. Jadi jika ingin menggunakannya maka kita harus membukanya, adapung caranya bisa dengan beberapa alternatif ini:

a. Lewat layar atau tampilan paling depan komputer. Caranya, setelah kamu buka komputer maka langsung saja klik 2 kali (dengan cepat) ikon seperti yang dilingkari merah pada gambar di bawah. Atau kalau belum bisa karena tangan Anda masih kaku maka caranya cukup dengan diklik satu kali lalu tekan enter di keyboard.

cara mengetik di komputer dengan microsoft word

b. Lewat tombol ‘Start. Caranya klik ikon seperti jendela (logo windows) yang ada di bagian bawah kiri bagian pojok dari tampilan layar laptop atau komputermu. Setelah itu (jika tidak langsung terlihat ikon seperti gambar di atas) klik menu bertulisan “All Programs” lalu cara dan klik menu “Microsoft Office“. Nah, terakhir tinggal pilih dan klik “Microsoft Office  Word 2007” (tergantung tipe yang kamu gunakan, bisa juga 2008 atau 2010). Cukup tunggu sejenak dan halaman pengetikan baru berwarna putih polos siap digunakan sebagaimana gambar berikut:

cara mengetik di laptop

3. Setelah terbuka, selanjutnya tinggal mulai mengetik saja. Caranya cukup arahkan kursor Mouse langsung di halaman putih tersebut atau bisa juga coba langsung ketik sembarang di keyboard maka akan langsung terlihat tulisan huruf yang diketik. Mudah kan? Tapi bila belum paham cara menggunakan tools atau alat-alat dan menu yang ada di dalam MS Word maka baiknya pelajari beberapa di bawah ini:

tahapan cara mengetik di ms word

Keterangan gambar:

  • Membuat huruf besar dan kecil – Cukup tekan tombol ‘Caps lock‘ yang ada di keyboard maka hurufnya akan jadi huruf kapital dan bila di tekan lagi akan kembali menjadi huruf kecil.
  • Cara menebalkan, memiringkan dan memberi baris di bawah pada kata atau huruf – Caranya cukup klik salah satu yang ditandai dengan angka 1 pada gambar di atas, B jika ingin menebalkan, I (yang miring) untuk italic, dan U untuk baris dibawah tulisan.
  • Mengganti warna tulisan – Iconnya ada pada yang ditandai dengan angka 4 pada lingkaran merah sebagaimana tertera di gambar.
  • Memilih atau merubah jenis font (huruf) – Langsung saja klik tanda panah kecil yang ada di dalam lingkaran merah yang ditandai dengan angka 2 di atas. Setelah itu akan muncul ke bawah banyak sekali jenis font, tinggal klik untuk memilih.
  • Memperbesar atau mengecilkan tulisan – Klik tanda panah kecil yang ada dalam lingkaran nomor 3 lalu sesuai dengan ukuran yang kamu mau, atau bisa juga langsung diketik angkanya di situ.
  • Selanjutnya wajib belajar Cara Mengetik Arab di Microsoft Word
  • Jika sudah pahama cara mengetik, jangan lewatkan teknik cara mengetik 10 jari dengan cepat

Ini dulu ya cara mengetik di komputer menggunakan Microsoft Word untuk pemula. Jika ada yang kurang jelas langsung saja bertanya di bawah atau share di facebook biar lebih banyak lagi yang tau ilmu sederhana dari Caraspot ini. Intinya, mau pintar atau tidak tinggal anda yang menetukan. Cukup belajar saja langkah ringan di atas pasti sudah bisa menggunakan komputer. Tidak perlu belajar pada orang lain atau kursus segala karena semua bisa dipelajari sendiri tanpa guru. Tidak perlu minder, walau masih baru dan agak kaku, lama kelamaan akan lincah juga dan mungkin anda yang akan mengajar orang lain. Selamat berbagi!

About The Author

Comments

  1. Rinus

    mau nanya neh gan,untuk mengetik sebuah surat pke ms.word saya bingung harus bagaimana…!!
    Pertama: untuk mengatur posisi ketikan pada surat,katanya pake RULER tp saya gk tau apa yg harus di ketik dan di klik agar posisi ketikan saya sesuai dgn keinginan,contoh judul surat ” medan,21 juli 2016″ itu biasanya terletak pada pojok kanan atas.trus utk membuat seperti itu bagaimana? Kemudian untuk membuat garis baru dan baris kosong? atau cara mengetik surat lamaran kerja,apa saja yg harus di klik disitu agar letak nya sesuai? mohon bantuannya ya,trmkaaih

    1. Caraspot Article Author

      Untuk mengatur posisi awal ketikan : biar mudah langsung tekan tombol “Tab” di keyboard atau kalau mau semua urut sama sampai ke bawah caranya klik Ctrl lalu tekan huruf ‘M’
      Untuk mengatur tulisan ada di pojok kanan caranya tinggal klik menu di atas yang seperti garis-garis (ada di kelompok icon Paragraf)… pilih yang garisnya rata kanan.
      Untuk membuat baris baru cukup tekan “Enter” di keyboard.

      Dan untuk info lainnya lebih baik anda belajar langsung dari saya… saya bisa pandu via chating online biayanya hanya 100ribu per jam… caranya hubungi email kontak saya di menu atas blog ini.

  2. Ifoull

    Cara mau buat kolom kotak& Cara Save dan print nya gimana gan?? Klik nya apa.

    1. Caraspot Article Author

      Buat kolom kotak : klik menu ‘Insert’ lalu pilih ikon yang ada tulisan ‘Table’ terakhir tinggal arahkan kursor di kolomnya atau barisnya dan sesuaikan keinginan.

      Kalau mau di save tinggal klik logo Windows yang ada di bagian pojok kiri atas lalu pilih “Save As” kemudian pilih di mana mau kamu simpan, apakah di My Document atau Drive D; lalu beri nama dan terakhir tinggal klik save.

      Print juga begitu, sama dengan kalau mau save, tapi pilih tulisan Print

  3. Athena

    Kalo mau ngetik @_* dsb. gimana ?

    1. Caraspot Article Author

      Cukup tekan Shift dan angka 2 untuk simbol @ dan
      Shift + angka 8 untuk tanda bintang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *