Di jaman sekarang yang namanya investasi hampir bisa dilakukan oleh semua kalangan, bahkan miskin dan kaya sama-sama kedudukannya soal investasi ini. Mengapa tidak, karena sekarang beli saham bisa dengan modal Rp5.000 saja. Ini sudah saya ulas di blog saya sebelumnya.

Berbeda dengan dulu, kalau dulu orang mau beli saham harus antri secara offline dan itupun hanya boleh untuk orang yang berduit, karena selain harus dengan modal besar, jumlah per lotnya juga sangat tinggi. Sekarang, per lot saham hanya 100 lembar saja, jadi wajar kalau modal Rp5.000 saja sudah bisa, ya karena harga saham termurah hanya Rp50 per lembar saja. Coba kalikan berapa?

analis saham syariah

Tapi itu saham, bagaimana dengan dunia investasi lainnya, apakah semudah itu juga?

Ya, bisa sayakatakan seperti itu, karena pemerintah saat ini sangat mempermudah cara dan prosesnya agar semua orang bisa ikut terjun dalam dunia investasi dan agar masa tuanya lebih terjamin.

Sebut saja reksadana, saat ini dengan modal 100ribu saja siapa saja sudah bisa ikut berinvestasi. Jadi jangan bilang kalau hanya orang kantoran yang bisa masuk di pasar reksadana, mahasiswa saja boleh kok. Jadi tidak usah nunggu sampai punya kerjaan baru bisa nabung reksadana seperti nabung saham yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Selain itu, ada lagi investasi jenis lain seperti beternak emas. Dari sisi modal memang tidak semudah saham dan reksadana, tapi bisa dibilang kalau ini juga salah satu investasi murah dengan modal kecil karena tidak butuh dana jutaan. Kalau mau mulai dengan 1/10 gram saja bahkan sudah bisa dilayani oleh Pegadaian.

Tapi kalau mau membandingkan dari semua jenis investasi modal kecil di atas, saya pribadi lebih memilih beli saham online. Kenapa? Ya, karena selain modalnya kecil, keuntungannya juga banyak, bahkan yang terbukti terbanyak dari semua jenis investasi.

Tidak ada contoh terbaik yang bisa menggambarkan kalau saham itu lebih baik dari yang lainnya selain dari merukuk ke Warren Buffett. Beliaulah bukti nyata bahwa saham itu paling menguntungkan karena hanya dengan dimulai dari modal $100 saja bis ajadi orang terkaya sedunia, bahkan ranking #1 terkaya di planet bumi ini.

Intinya, dunia investasi itu menyenangkan dan bisa dimulai dari usia dini asalkan mau belajar dan bisa menghilangkan sifat serakah saat berinvestasi.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *