File kamu sudah terlanjur masuk di Recycle Bin? dan mungkin bertanya bagaimana cara mengembalikan file yang telah di hapus yang ada di Recycle Bin atau bagaimana mengembalikan file yang sudah terlanjur masuk recycle bin?” Jawabannya simple sekali, “ya di-restore aja!”. Terus langkah-langkahnya bagaimana? Nah, ini yang perlu kami jelaskan prosesnya satu per satu. Tapi gak susah kok, hanya sekali klik file bisa kembali dibuka dan digunakan, baik itu file ketikan di Microsoft Word, Gambar, Video dan lain sebagainya.

Recycle Bin sebenarnya nama lain dari tempat sampah dalam komputer atau laptop kita. Setiap kali menghapus satu file atau folder maka secara otomatis filenya tidak langsung hilang begitu saja, tapi ia akan tersimpan dulu di sana, baru setelah kita betul-betul tidak membutuhkannya kemudian bisa menghapusnya secara permanen. Ya.. caranya sama saja kalau kita mau delet file di tempat lain tinggal klik kanan lalu ‘delete’ dan file atau gambarnya pun akan langsung hilang dan sama sekali tidak bisa ditemukan. Lalu bagaimana jika ternyata kita terlanjur menghapus file yang ternyata masih kita butuhkan? Anggaplah filenya penting sekali dan pokoknya harus ada lagi di tempatnya semula. Nah, berikut ini kami jelaskan tekninya:

2 Cara Mengembalikan File Yang Telah di Hapus yang ada di Recycle Bin

Perlu diketahui bahwa melakukan ini sama sekali tak memerlukan software hanya butuh langkah kecil saja, bahkan bila disimpulkan hanya butuh 3 kalimat untuk menjelaskannya. Hanya saja biar lebih jelas Caraspot mau menjelaskannya secara detail.cara membuka file dan mengembalikan file di recycle bin

  1. Masuk ke Recycle Bin, boleh lewat halaman depan desktop dengan cara klik 2 kali secara cepat iconnya atau kalau belum ada di situ karena belum kita munculkan maka bisa dengan klik icon Windows yang ada di pojok kiri bawah layarmu lalu ‘search’ aplikasinya, tentunya dengan mengetik namanya. Bila sudah ketemu langsung klik saja untuk masuk.
  2. Jika sudah masuk ke recycle bin dan sudah ketemu file yang sebelumnya sudah dihapus dan mau digunakan lagi, nah tinggal klik filenya lalu copy, boleh dengan cara klik kanan lalu pilih menu ‘copy’, atau bisa juga dengan klik 1 kali lalu tekan Ctrl + C
  3. Selanjutnya buka tempat dimana file tersebut dihapus sebelumnya, kalau masih baru pasti ingat di mana sebelumnya menempatkan file ms. Word atau gambar tersebut, tapi bila sudah lama kemungkin akan lupa dan sulit melakukan cara ini. Bila sudah ketemu tempatnya paste di tempat tersebut (klik kanan lalu pilih Paste atau Ctrl + Paste). Kenapa harus pada tempat yang sama sebelumnya? Ya, karena file baru bisa dibuka kalau ia dikembalikan ke drive sebelumnya, misalnya saja sebelumnya di hapus dari Drive D di dalam folder tertentu maka mengembalikannya juga harus ke situ, kalau dia sebelumnya dalam folder yang di dalamnya ada folder lagi maka harus tepat di situ. Lalu bagaimana kalau lupa? Nah, gunakan cara kedua di bawah.

Cara Lain Membuka atau Me-Restore File Yang Sudah Terlanjur Masuk di Recycle Bin

Kalau misalnya ada lupa tempat sebelumnya menghapus file tersebut sehingga tidak bisa melakukan cara di atas maka solusi selanjutnya adalah melakukan cara simple ini:

  1. Ikuti seperti cara nomo1 pada cara pertama di atas.
  2. Selanjunya jika sudah masuk di Recycle Bin tinggal klik file yang akan digunakan lagi. Ya, dengan klik kanan lalu pilih ‘Restore’.
  3. Setelah langkah di atas maka otomatis file yang direstore tersebut akan kembali ke tempatnya semula saat ia dihapus. tinggal masuk di sana dan kamu akan ketemu datanya.
  4. Lalu bagaimana jika ternyata Anda juga lupa di mana sebelumnya di letakkan. Nah, caranya gampang sekali, bila misalnya anda hanya ingat letak Drive-nya, misalnya di Drive D (D:) maka tinggal buka drive tersebut lalu ‘search’ di bagian atas. Pastikan kata kuncinya sesuai dengan nama filenya. Nah pasti akan muncul, jika sudah tinggal buka dan file pun sudah bisa dipakai lagi. Gampang kan?

Jika puas dengan artikel di atas, cukup bantu kami dengan share linknya ke Facebook dan Twitter. Caranya tinggal klik tombol yang ada di samping kiri artikel ini. Dan bila tidak sibuk saya sarankan kunjungi juga beberapa artikel terkait ini:

  • Cara Crop Gambar di aplikasi Paint (Cara Memotong Tepi Gambar) – Cara ini digunakan jika anda punya gambar yang sudah di download tapi ternyata terlalu besar dan ada bagian yang kurang menarik di pinggirnya yang mau dibuang. Nah, solusinya gunakan Paint ini, aplikasinya sederhana tapi paling banyak digunakan blogger untuk mengolah gambar secara ringan.
  • Cara Mengetik Cepat dengan 10 Jari – Ini saya kira modal paling penting kalau mau memilih pekerjaan sebagai penulis atau blogger karena dampaknya sangat besar sekali sebagaimana penulis pribadi merasakannya. Karena kecepatan mengetik sangat mempengaruhi penghasilan kita perbulannya dari iklan. Menggunakan 10 jari sekaligus saat menulis di komputer tidak sembarangan karena kita harus tau tugas dari masing-masing jari, di huruf mana saja ia boleh menekan dan kapan harus dipindah dan lain sebagainya.
  • Cara Mengetik Arab di MS. Word – Kalau kamu anak pesantren, mahasiswa di perguruan tinggi Islam seperti UIN, STAIN dan sebagainya pasti butuh panduan ini karena untuk membuat tugas yang ada tulisan Arabnya sudah pasti harus tau langkah-langkahnya menambah bahasa dalam pengetikan di Microsoft word. Selain itu, fungsi dari masing-masing tombol juga diajarkan di dalamnya.

Perhatikan! File apa saja yang sudah dibersihkan dari recycle bin maka data tersebut tidak bisa lagi ditemukan dalam komputer apalagi digunakan, sama sekali sudah tidak bisa. Jadi sebelum membersihkan perhatikan dulu apakah ada data yang penting yang kiranya masih diperlukan di hari kemudian.

Demikian Cara Mengembalikan File Yang Telah di Hapus yang ada di Recycle Bin semoga pengunjung setia kami terbantu dengan artikel ini. Jadi sekarang tidak perlu lagi khawatir kalau file MS. Word, Gambar, Video atau apa saja yang sudah terlanjur masuk di Recyle Bin karena solusinya adalah tinggal dikembalikan di tempat asalnya atau istilahnya di-restore. Dan saya kira semua jenis data bisa, termasuk aplikasi, game, software atau apa saja yang sudah didelete.

About The Author

Comments

  1. Walidin

    Memang tips seperti ini yang sering diabaikan. Sudah seharusnya penguna komputer bisa mengatur hal yang berkaitan recycle bin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *