Cara Mencari Backlink Berkualitas – Backlink bagi sebuah blog atau website adalah ibarat ‘vote’ atau ‘rekomendasi’ menurut pandangan Caraspot, yang mana semakin banyak mendapatkan tautan dari situs lain maka sebuah blog akan meningkat pula SERP-nya (Search Engine Rank Page) di mesin pencari, terutama Google yang merupakan kiblat banyak blogger dalam meningkatkan trafik webnya. Tapi sebenarnya bukan hanya kuantitas atau banyaknya saja yang dinilai, tapi juga kualitas dari backlink itu sendiri. Nah, inilah yang akan kita bahas tuntas dalam “Tips Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas (Mencari/Membuat Backlink yang Aman untuk Meningkatkan Ranking Blog)” ini. Sebagai contoh, misalnya saja website si A membuat 100 backlink dari komentar di berbagai blog dofollow dengan tidak memperhatikan pagerank serta page dan author authority, sedang blog si B hanya mencari backlink dari 10 situs terpercaya yang semuanya ber-pagerank dan juga dengan variasi ekstensi domain (bukan hanya .com saja), apalagi jika semua tertanam dalam artikel, tentunya, jika hal ini dimintakan pendapat pada para Master SEO, sudah pasti akan menjawab bahwa efek dari usaha membangun backlink yang dilakukan oleh pemilik blog B akan jauh lebih baik dan powerful dibanding si A yang walau banyak tapi tidak berkualitas.

Pemaparan di atas hanyalah gambarn kecil dari sekian hal yang akan Caraspot jelaskan di bawah, tapi sebelum itu saya ingin mengulas sedikit soal apa itu backlink menurut Wikipedia. Jadi, backlink adalah berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari dua gabungan kata, yaitu ‘back’ yang berarti kembali atau balik dan ‘link’ yang berarti tuutan. Jadi, pengertian backlink adalah tautan balik atau link yang masuk pada sebuah website yang berasal dari situs lain baik itu dipasang karena permintaan pemilik web atau pun dari inisiatif pemilik blog sendiri untuk merekomendasikan link orang lain karena dianggap berkualitas. Awal kemunculan mesin pencari seperti Yahoo, Google, dan Bing, backlink menjadi satu-satunya faktor yang menentukan ranking atau posisi suatu blog pada pencarian, tapi kini, seiring dengan terus diperbaharuinya algoritma berbagai mesin pencari, terutama Google yang menjadi target utama banyak ahli SEO, backlink bukan lagi ‘raja’ dari teknik SEO yang dilakukan, dan bahkan dikatakan bahwa saat ada 200 faktor (algoritma) yang menajadi penilaian dalam menentukan posisi suatu web di mesin pencari.

Berbagai Tips Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Membangun Blog yang SEO Friendly

Untuk melengkapi ulasan kita kali ini maka secara umum akan ada 2 pemaparan penting untuk tema ini, yakni tempat mencari backlink yang berkualtias dan aman dari penalty Google dan teknik dalam membuat backlink yang bagus agar mempengaruhi ranking blog di mata banyak mesin pencari terkenal. Dengan mengetahui dua ilmu pokok tersebut tentunya diharapkan agar baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional bisa membangun sebuah website yang powerful dan bisa bersaing dengan situs besar yang memiliki tema yang sama. Nah, berikut tipsnya:

A.  Tips membangun backlink

Di bawah ini adalah sejumlah metode yang dilakukan dalam membuat backlink berkualitas yang mana banyak dipraktekkan dalam berbagai kontes. Tujuan menerapkan teknik ini adalah agar jangan sampai tujuan untuk ranking 1 di google malah berubah menjadi penalty dan sandbox karena salah melakukan optimasi. Ya bisa jadi teknik SEO tersebut pernah diterapkan oleh banyak master, tapi karena yang namanya SEO selalu dinamis sehingga cara tersebut tidak berlaku lagi dan tidak bisa diterapkan untuk saat ini. Intinya, selain rajin optimasi, seorang blogger juga harus mengikuti perkembangan dan segal info yang berkaitan dengan algoritma google yang terbaru, entah itu membaca di blog atau pun ikut forum berbayar sejenis yang banyak ditawarkan.

Sebelumnya, baca dulu : Tips Memilih Domain Blog dan Tools Pencari Domain

1.  Berpagerank (PR) tinggi

Sekalipun sudah ada pernyataan google bahwa ia tidak lagi merilis perubahan pagerank secara berkala seperti biasanya, tapi dalam algoritma atau mesin laba-laba-nya masih menjadikan pagerank sebagai penilaian kualitas suatu web atau halaman blog. Tinggi rendahnya pagerank ditampilkan dalam bentuk angka antara 0 sampai 10 dan semakin tinggi angkanya akan semakin baik. Jika kamu bisa berhasil menanam link permanen dalam blog dengan PR yang tinggi dan dengan anchor text sesuai katakunci yang kamu kejar, apalagi jumlahnya banyak dan dibangun secara bertahap, maka bisa dibilang ini akan menjadi faktor yang sangat mempengaruhi ranking blogmu. Untuk cara mengetahui apakah sebuah halaman artikel (bukan cuma halaman utamanya saja) memiliki PR yang bagus atau tidak maka kamu bisa menggunakan Add-Ons Mozilla, silahkan saja klik icon ‘seperti tiga baris’ di sebelah pojok kanan atas Firefox lalu klik “Pengaya” atau Add Ons dan ketik “pagerank” di pencariannya lalu install aplikasi soal PR yang kamu temukan dalam browsermu tersebut, nah setelah kamu mereset browsermu akan terlihat icon kecil di toolbar nantinya setiap kali kamu membuat halam web yang mana jika halaman tersebut memiliki PR akan ditampilkan dengan angka.

2.  Anchor Text yang beragam

Pengertian anchor text di sini (jika ada yang belum tau) adalah kata kunci atau keyword yang ditampilkan pada tautan yang mana bila ia sesuai dengan tema atau deskripsi blogmu akan mempengaruhi rankingnya. Jika dalam sehari kamu mencari 100 backlink, dan jangankan segitu, 20 backlink saja dengan anchor text yang sama maka sudah pasti bukannya ranking blogmu akan semakin baik tapi malah akan kena penalty, dan yang paling umum adalah masuk SanBox dan tidak mucul sama sekali di pencarian Google. Tips dalam cara mendapatkan backlink berkualitas di sini adalah usahakan dalam sehari tidak menanam link dengan keyword yang sama lebih dari 3 kali, dan jika tetap ingin mencari backlink dalam jumlah yang banyak (standar Caraspot tidak lebih dari 10 per hari) maka variasikan kata-kata dalam tautannya. Beberapa master terkadang mmpraktekkan beberapa alternatif anchor text, seperti:

  • Menulis sesuai dengan alamat blog, yakni dengan menyertakan http:// dan ekstensi .com dan selainnya dibelakangnya
  • Dengan anchor text dari nama penulis (ini juga mempengaruhi Seo sebuah blog, makanya nama penulis dalam blogmu jangan diganti-ganti).
  • Dengan menggunakan kata-kata lazim yang digunakan orang dalam membuat tautan yang terkadang bukan untuk tujuan SEO tapi sekedar merekomendasikan yang mana ini akan dinilai sebagai link natural oleh google, seperti kata : klik disini, kunjungi tautan ini, visit here, silahkan kunjungi, pejelasannya di siini dan lain sebagainya.cara mendapatkan backlink yang berkualitas dan cara mencarinya
  • Tidak melulu menggunakan rich keyword, maksudnya di sini adalah anchor text yang digunakan tidak mesti harus sesuai yang ada pada deskripsi maupun pada titile blogmu, tapi terkadang juga dari kata-kata yang ada hubungannya, seperti sinonim katanya (misal ‘download’ diganti dengan ‘unduh’, ‘cara’ diganti dengan ‘teknik’ dll.), atau mungkin dengan turunan katanya (misal kata kunci yang ditargetkan adalah “teknik SEO” maka bisa juga dibuatkan anchor “untuk pemula”, “berkualitas”, “meningkatkan ranking blog” dan lain sebagainya.

3.  Ekstensi domain yang variatif

Banyak yang bilang kalau beli blog zombie dari blogspot atau Tumblr untuk dibuat blog dummy bagus, ini bisa benar bisa juga kurnag tepat karena kalau sumber dummy-nya dari platform yang sama sudah pasti ekstensinya sama semua, misal .blogspot.com semua, tentu ini tidak baik untuk teknik SEO yang kita lakukan karena akan dianggap tidak natural dan spam, kalaupun tetap dilakukan maka sebaiknya dibangun dari berbagai situs dengan ekstensi yang berbeda, kalau perlu semua ekstensi ada, mulai dari .com hingga .net, .org, .edu, .xyz, .club, .id, .top, .web.id, .co.id, dan lain sebagainya. Semakin variatif makan akan semakin baik karena dianggap natural.

4.  Posisi backlink yang berbeda-beda

Posisi backlink yang paling berkualitas memang ada pada backlink yang diletakkan dalam artikel karena ini akan dianggap sebagai rekomendasi naturan dan bukan karena membeli jasa atau selainnya, walaupun belakangan banyak jasa backlink yang menyediakannya. Tapi sekalipun demikian, posisi link yang berbeda-beda juga sangat penting dalam mendongkrak ranking suatu website, untuk itu usahakan dibuat beragam, mulai yang ditanam dalam postingan, di sidebar, dalam tautan gambar, di menu blog, footer, atau berdasarkan jenis situsnya, misalnya di forum online, jejaring sosial dan lainnya.

5.  Dilakukan secara bertahap

Bayangkan saja kalau dalam sehari kamu mencari 100 backlink, apalgi dengan anchor text yang sama semua maka sudah pasti akan langsung terdeteksi sebagai tindakan nyepam oleh google dan biasanya hasilnya besok blogmu, dengan katakunci yang kamu targetkan tidak akan terlihat lagi di mesin pencari, jangankan masuk antara halaman 1 hingga halaman 10, terindeks saja sama sekali tidak. Larangan mencari backlink yang dipaksakan kuantitasnya dalam sehari ini sudah menjadi rekomendasi banyak master SEO dunia, untuk itu solusinya adalah lakukan optimasi secara bertahap, kalau bisa maksimal 3 saja dalam sehari tapi dari situs yang berkualitas, di antaranya yang ber-pagerank, memiliki author authoity yang tinggi, dipasang dalam artikel dan bukan cuma komentar dan lain sebagainya. Intinya…’slow but sure’ : pelan tapi santai, tapi terarah dan dilakukan terus menerus.

6.  Membangun backlink secara berkesinambungan

Sudah sedikit disinggung di atas bahwa jika ingin menghasilkan sebuah blog atau website yang betul-betul SEO friendly maka kita harus terus melakukan optimasi, bukan hanya beberapa hari dan setelah itu pindah ke artikel atau blog lainnya. Mengapa demikian? Karena yang namanya blogger kita bersaing dengan jutaan orang, jika yang lain terus melakukan optimasi sedang kita tinggal diam maka mau tidak mau akhirnya juga akan tersingkir atau mungkin tidak pernah juara sama sekali. Nah, membangun backlink secara terus menerus adalah salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas yang juga paling disarankan buat para blogger, bukan hanya pemula tapi semu master. Tipsnya adalah, jika misalnya kita sibuk menulis, maka bisa melakukannya bergantian, misalnya hari ini posting, besok cari backlink dan besoknya lagi nulis artikel dan demikian seterusnya, tapi paling baik jika halaman utama domainnya yang terus dioptimasi karena akan mengangkat SERP semua artikelnya.

7.  Menghindari teknik linkwheel yang berputar

Ini adalah salah satu teknik SEO para juara kontes yang paling joss dalam cara mencari backlink berkualitas…, tapi itu dulu….! sekarang ini, teknik ini tidak lagi disarankan untuk dilakukan karena Google sudah bisa membaca mana link yang dibangun secara natural dan mana yang memang untuk tujuan mendapatkan peringkat. Linkwheel sendiri adalah cara membangun backlink dengan cara saling menautkan antara satu backlink dengan backlink lainnya yang masing-masing pada halaman tersebut juga ditanam tautan menuju blog utama kita. Solusinya, kalau pun tetap ingin melakukan ini, maka jangan dibuat “berputar” yang mana dummy blog terakhir ditautkan kembali ke dummy blog pertama sehingga tak ada habisnya laba-laba google melompat (merayapi) tautan-tautan tersebut, karena bila ini terdeteksi maka secara otomatis akan langsung kena penalty dari mbah Google.

8.  Jangan semua dofollow

Kalau teknik SEO mencari backlink yang dulu memang akan lebih baik jika backlink yang kita dapatkan semua bentuknya dofollow, tapi sekarang, karena banyaknya tindakan nyepam dari berbagai blogger yang hanya mengejar status dofollow pada kolom komentar dan posisi backlink lainnya dalam blog sehingga akhirnya google pun membuat algoritma barunya dimana blog yang menunjukkan kalau semua backlinknya dofollow maka besar kemungkinan bahwa tautan balik ke websitenya tidak natural dan bukan atas rekomendasi langsung dari pemilik webnya, melainkan bisa jadi karena melakukan pertukaran link, membayar sejumlah uang untuk bisa mendapatkan backlink dan lain sebagainya yang sifatnya dipaksakan. Kalau yang saya lakukan sih, saat ini tidak lagi mau tau apakah itu dofollow atau nofollow yang penting bisa dapat credit , dan hasilnya ternyata bisa seimbang setelah dicek di ahrefs.com.

B.  Tempat Mencari Backlink

Kalau di atas kan sudah tau bagaimana tips menanam backlinknya, nah di bawah adalah tempat cari linknya yang bagus dan bisa meningkatkan ranking websitemu. Ini penting karena tidak semua situs bisa dipasangi link, apalagi yang sudah mendapat cap buruk dari Google sudah tentu harus dihindari dan jangan pernah memasang di sana, karena ini juga salah satu pengalaman penulis ketika melakukan hal semacam ini tiba-tiba ranking blog saya jatuh, padahal sudah berhasil ranking 1 dan optimasinya pun dilakukan selama 3 bulan lamanya, kan sayang kalau ini juga terjadi pada Anda.

#kurang direkomendasikan:

1.  Komentar pada blog dofollow

Penulis sendiri bisa dibilang sudah hampir meninggalkan cara ini, kecuali pada blog-blog yang halamannya memiliki pagerank yang tinggi. Dan saya kira bukan cuma saya, tapi hampir sebagian besar master SEO banyak yang menyarankan untuk menghindari teknik ini semenjak adanya pernyataan langsung dari Google bahwa banyak blog yang menyediakan halaman komentar dijadikan sebagai ladang ‘spam’ oleh banyak blogger sehingga efek backlink dari komentar blog tidak lagi menjadi prioritas, apalagi pada blog-blog yang tidak memiliki kualitas artikel. Saran kami, jika seandainya tetap ingin melakukan ini maka sebaiknya persentasenya dikurangi saja, ya kira-kira 10% saja dari total backlink yang kamu cari, dan itu pun sebaiknya tidak usah menggunakan anchor text (kata kunci untuk tautan) yang sesui dengan target keyword dari blogmu, tapi cukup dengan nama penulis yang kamu gunakan dalam blogmu karena cara ini baik untuk meningkatkan author authority kamu yang saat jadi perhartian Google dalam menentukan ranking suatu web.

2.  Tukaran link

Anda wajib tahu kalau yang namanya mencari backlink dari melakukan pertukaran link ‘dibenci’ oleh google sehingga bila ketahuan bisa menyebabkan ranking blog menurun. Dan efek buruk dari usaha mencari backlink seperti ini adalah dimana blog kita akan memiliki link keluar yang banyak sekali yang mana ini tidak baik untuk SEO suatu blog, apalagi jika itu dibuat dofollow. Solusinya, jika tetap ingin mendapatkan backlink dari blog lain yang memiliki pagerank tinggi adalah dengan cara menawarkan pembayaran untuk link yang terpasang di blog mereka, misalnya saja 50ribu untuk selamanya atau sesui kesepakatan. Dan yang paling baik lagi jika link kamu bisa terpasang dalam artikel karena ini akan jauh lebih mempengaruhi ranking suatu blog.

Sebelum lanjut saya juga ingin menyampaikan jika seandainya ada dari agan yang mau dibantu dicarikan backlink bisa menghubungi lewat kontak di atas atau baca jasa blog yang kami sediakan.

#Sangat direkomendasikan

1.  Menggunakan jasa review

Kalau kamu tidak mau repot menulis dan membangun backlink sendiri maka jasa review blog bisa jadi alternatif yang paling bagus karena ini adalah salah satu cara mencari backlink berkualitas yang hingga kini masih terus memiliki efek yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas SEO sebuah blog. Mengapa demikian? Karena dengan direview maka backlink dari blogmu akan diletakkan dalam artikel yang mana ini adalah salah satu cara terbaik dalam menanam link, apalagi anchor text dari link dalam artikel tersebut sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan, tentunya akan lebih powerful dan kuat sekali dalam mengangkat ranking blogmu. Belum lagi jika yang mereviw adalah orang yang jago teknik seo, sudah pasti artikel tersebut akan dioptimasi sehingga cepat atau lambat akan mengangkat ranking blogmu. Bayangkan kalau dalam sebulan kamu bisa menggunakan 3 kali jasa seperti ini dan dengan blog yang berbeda-beda, tidak diragukan lagi bagaimana kuatnya blogmu dalam bersaing dengan website para master seo. Untuk saat ini harga jasa review website atau blog antara 50ribu hingga 300ribu, tergantung kebijakan masing-masing pemilik web dan juga kualitas dari webnya. Dan kalau ada yang mau menggunakan jasa review Caraspot cukup bayar 300ribu saja sudah cukup.

2.  Menjadi Penulis Tamu

Penulis tamu atau Guest Post dalam bahasa inggrisnya, yaitu pengunjung blog yang ikut menyumbangkan tulisannya pada blog orang lain dengan imbalan diberi credit berupa backlink yang tertanam secara permanen pada tulisan yang ia buat tersebut. Efek dari backlink ini hampir sama kuatnya dengan jalan review di atas, hanya saja kalau yang di atas kita harus bayar, di sini tidak karena yang menulis artikelnya kita sendiri dan memang si pemilik blog membutuhkan tulisan kita. Hanya saja untuk bisa mendongkrak SEO-nya kita harus melakukan optimasi sendiri karena jika tidak, link yang kita pasang juga akan biasa-biasa saja.

3.  Membangun Dummy blog sendiri

Saya kira tak ada master SEO yang tak melakukan ini, dan bahkan semua jasa SEO yang menawarkan jasa optimasi ranking juga melakukan teknik ini. Dummy artinya bayangan, jadi kita buat blog yang bukan untuk tujuan seperti blog utama kita yang mana dibuat hanya untuk menanam backlink di dalamnya yang kemudian dioptimasi agar jika rankingnya semakin naik maka otomatis akan mengangkat ranking blog utama kita juga. Ya bentuknya kurang lebih sama dengan jasa review di atas hanya saja blognya kita buat sendiri dan jadi miliki kita juga untuk selamanya, jadi tidak perlu bayar. Hanya saja dalam metode ini anda harus tau betul bagaimana cara menulis artikel yang SEO Friendly, karena jika tidak tetap saja kurang berpengaruh pada ranking webAnda bisa menggunakan layanan blog gratis seperti blogger, wordpress, tumblr, dan mywapblog dan lain sebagainya.

Terus terang penulis tidak menemukan yang lainnya lagi soal Tips Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas atau Cara Membuat Backlink yang Aman untuk Meningkatkan Ranking Blog ini, karena selama ini penulis hanya melakukan ini dan bisa berhasil hingga sekarang. Intinya dalam SEO adalah ketekunan dan kerja keras yang dibarengi dengan konsistensi. Jangan menyerah jika gagal, lakukan terus hingga bisa dan semua lawan-lawanmu takluk. Good luck!

About The Author

Comments

  1. Mujaini

    membangun backlink berkualitas memang diperlukan untuk meningkatkan seo dan juga meningkatkan pengunjung blog kita… semakin bagus backlink yang kita bangun semakin bagus peringkat seo dan semakin meningkat pengunjung blog kita….

  2. Purbo Rahadianto

    Pagi pak,
    Terima kasih atas artikelnya dan mau koreksi blog bapak , alangkah baiknya menu seperti facebook, twitter, G+ dll sebaiknya dipindah , maaf agak mengganggu untuk membaca artikel bapak
    Terima kasih
    Purbo

  3. Gizi bayi

    Terima kasih,, artikel tentang backlink ini sangat bermanfaat terutama bagi newbie,,,,

  4. Mata Wong

    setelah searchig kesana sini, bikin blog dummy masih jadi favorit.
    gimanapun juga konten masih jadi raja, masih jadi penentu berkualitas atau tidaknya sebuah blog.

  5. Wonderful indonesia

    Artikel yang sangat membantu.. Jujur saja saya belum begitu memahami teknik backlink.. Atau seo dll.. Tapi sya coba berusaha untuk konsisten menulis dan fokus di satu tema saja. Mungkin itu cukup membantu dalam trafic blog kita. Dan yang paling penting kita bangun relasi di sos med .. Trima kasih

  6. Arya

    Memang backlink sangat dibutuhkan bagi blog, yang bisa kita bangun secara bertahap. Makasih informasinya, sangat membantu bagi blogger pemula seperti saya dalam meningkatkan SERP

  7. Agus maya

    wah super sekali artikelnya, cocok buat saya yang masih belajar sebenarnya membangun backlink itu seperti apa.

  8. andieshinigami

    tiap tahun, tiap bulan bahkan ada yang hanya beberapa pekan algoritma google terus berganti. intinya jangan pernah puas dengan satu teknik yang dinilai pada saat ini berhasil karena memang benar apa kata penulis, bahwa seo itu dinamis dan selalu berubah. intinya cari aman saja dan backlink natural.

  9. http://fajrinanakingusan.blogspot.co.id

    Semua master seo sependapat mengenai konten adalah raja. Mungkin google memberikan posisi yang baik d serp setelah melakukan penanam backlink tapi setelah beberapa waktu mesin google akan memperhatika seberapa lama pengunjung akan bertahan di blog Anda. Jika konten Anda berkualitas maka posisi blog Anda mungkin aman-aman saja, lain halnya jika kontennya kurang berkualitas maka pengunjung hanya berada di blog Anda beberapa detik yang bisa membuat blog Anda jatuh dari posisi serp yang sekarang.

    Itu sih pendapat saya. Betul gitu mastah??

    1. Caraspot Article Author

      Salut dengan komentarnya! Betul sekali, bounce rate sangat mempengaruhi penilaian mbah google pada halaman artikel atau blog kita secara keseluruhan, semakin lama pengunjung di blogmu maka akan semakin tinggi nilai kualitasnya di mata google.

  10. Desainavirss

    Untuk sekarang tampaknya bila tidak memiliki uang maka akan sulit.. apa lagi di zaman ini yang gratis dikebelangi.
    Namun tidak semuanya harus berbayar pastikan hanya pendukung saja

  11. fbs

    duh kenapa ya admin cara spot, saya belum juga mengerti cara mendapatkan backlink yang bagus, sementara ini masih selalu uji coba yang belum ada kepastian bagus atau tidaknya, saya pikir seo ini bagaikan misteri hehe.
    salam kenal mas dari kami jangan lupa singgah ke blog kami ya

    1. Caraspot Article Author

      Masalahnya cuma satu, ya… karna gak tau teknik SEO rahasianya (artikel ini pun kami tidak share semua ilmu intinya). Kalau masih terpaku dengan cara SEO lama pasti akan mengira kalau yang bagus itu yang ber-pr dan sebagainya, padahal sekarang tidak….! Jadi, kesimpulannya, belajar dan belajar…. kalau saya pribadi tidak akan pernah mempermasalahkan biaya karena ilmu seperti ini bisa diterapkan untuk semua blog dan jangka panjang… dari Caraspot sendiri biayanya cuma 1 juta, itu pun diskon sampai 40%. Just check it on the sidebar!!! oke!

  12. sofyanto

    Memang untuk mendapatkan backlink sangat susah, saya sudah pernah menggunakan cara abal-abal untuk mendapatkan backlink tapi berakhir masuk sandbox 6 bulan. Jadi lebih baik membangun backlink secara natural saja, pelan namun pasti pagerank blog akan naik gan

  13. Adam

    Saking penuh rahasianya terkait backlink ingin rasanya membuat puisi.. Hhuftt..
    Apalah apalah …

  14. aldy

    Sebelum nya trimakasi gan ternyata artikel anda sangat bermanfa’at sekali gan artikel ini sangat ampuh dan bisa di percayai, karna website kami langsung berubah drastis bisa muncul di google gak sia – sia kami mempelajari artikel ini di karenakan sangat membantu saran untuk memunculkan website di halaman pertama, makasi
    Atas saran nya gan bye…

  15. beken.id

    Membangun backlink memang sepertinya harus setahap demi setahap, mengikuti umur blog/website

  16. Tedi

    Pada Bagian ini :
    “Linkwheel sendiri adalah cara membangun backlink dengan cara saling menautkan antara satu backlink dengan backlink lainnya yang masing-masing pada halaman tersebut juga ditanam tautan menuju blog utama kita. Solusinya, kalau pun tetap ingin melakukan ini, maka jangan dibuat “berputar” yang mana dummy blog terakhir ditautkan kembali ke dummy blog pertama sehingga tak ada habisnya laba-laba google melompat (merayapi) tautan-tautan tersebut, karena bila ini terdeteksi maka secara otomatis akan langsung kena penalty dari mbah Google”

    Saya masih belum paham gan, mohon lebih spesifik, khawatir ini terjadi dengan saya krn saya orang baru, blogkopinet(.)web(.)id, silakan hapus jika menyalahi gan, saya perasaan pernah muter-muter backlink, Mohon bantuannya terima kasih!

    1. Caraspot Article Author

      Maksudnya, kalau buat blog dummy jangan buat backlinknya berputar, yaitu artikel dummy pertama di tautkan ke artikel yang kedua, lalu seterusnya….. dan yang terakhir ditaukan kembali ke artikel dummy pertama. Jangan lakukan ini karena mudah terdeteksi google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *