Cara mencuci wajah juga ada tipsnya, bukan hanya sekedar dibasuh air atau menggunakan pencuci muka. Kebanyakan orang melakukan kesalahan ketikan melakukan aktifitas ini. Buak pria mungkin jarang karena hampir 90% dari mereka tidak melakukannya, tapi bagi wanita, mencuci muka adalah ibarat mandi, manakala tidak dilakukan dalam sehari saja terasa ada yang kurang dalam diri mereka.

Segala hal menyangkut perawatan kecantikan wajah sebenarnya ada ilmunya, dan yang paling layak dijadikan referensi adalah dari pakar yang memang ahli di bidangnya. Tapi, berhubung ada beberapa situs soal wanita yang sudah melakukan share sebelumnya, seperti Vemale dan Gadis.co.id, untuk itu Caraspot ingin mengambil peran sebagai penyambung lidah saja dalam hal ini. Dalam artian, inti materinya akan disampaikan dengan gaya bahasa sederhana, sembari menambahkan ulasan terkait yang masih soal kecantikan.

Cara Mencuci Wajah dan Pencuci Wajah Alami

Di bawah ini akan diungkapkan beberapa kesalahan yang sekaligus tips di dalamnya dalam merawat wajah agar tampak lebih cerah, bebas kusam dan tampak lebih putih dari sebelumnya.

tips cara mencuci wajah dengan benar

  1. Singkirkan rambut dari muka – Sebelumnya, usahakan agar rambut yang terurai di wajah ditaruh dan diikat ke belakang dulu. Fungsinya agar tak mengganggu aktifitas kita saat mencuci wajah.
  2. Bersihkan wajah dengan air hangat – Agar pori-pori di muka bisa terbuka dan wajah menjadi lembab maka sebaiknya dibasahi dulu menggunakan air hangat.
  3. Selanjutnya, basahi dan bersihkan juga tangan dari air bersih.
  4. Barulah mulai membersihkan wajah dengan terlebih dahulu mengambil sedikit cleanser yang kemudian digosok di tangan hingga terlihat berbusa. Lalu, secara perlahan bersihkan wajah dengan cara digosok dengan lembut sambil memutar dan dipijat-pijat agak perlahan. Tujuannya agar sisi kotoran mudah keluar dari pori-pori muka.
  5. Setelah bersih, diamkan beberapa detik lalu bilas dengan air dingin hingga tidak ada sisa sabun yang tersisa. Tujuan penggunaan air dingin tersebut agar pori-pori kembali tertutup setelah sebelumnya dicuci dnegan air hangat.
  6. Selanjutnya keringkan dengan menggunakan handuk yang lembut dan masih baru (belum digunakan sebelumnya) agar tidak terkontaminasi dengan kuman lagi dan kulit bisa betul-betul kering.
  7. Terakhir, tinggal gunakan pelembab muka khusus, bisa menggunakan produk Wardah, Pond’s dan sebagainya. Asalkan cocok dengan jenis kulitmu.

Tips Mencuci Muka yang Benar

Setelah tau prosesnya di atas, selanjutnya mengetahui bagaimana tips jitu membersihkan muka agar tak menimbulkan efek samping dan hasilnya bisa terlihat bersih dan bersinar.

1. Mencuci tangan sebelumnya

Banyak perempuan yang ketikan ingin cuci muka langsung saja dilakukan tanpa terlebih dahulu mencuci tangannya yang bisa jadi masih kotor karena habis memegang sesuatu. Tujuan dari tips ini agar jangan sampai kuman ikut bercampur dalam krim perbersih mukamu yang mana dapat menyebabkan kontaminasi dengan kuman. Untuk itu, pastikan setiap kali sebelum melakukan aktifitas ini agar memperhatikan kebersihan tangan dengan mencucinya tanpa harus tau habis pegang apa sebelumnya.

Pastikan pembersih mukanya diusah hingga agak berbusa agar cairan cleanse tidak langsung mengenai kulit.

Saat membersihkan wajah jangan hanya pada bagian tersebut tapi pada bagian leher juga karena biasanya saat berkeringat banyak kuman dan kotoran yang bersarang di situ.

2. Pilih facial wash yang cocok

Perlu diketahui bahwa setiap jenis kulit punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, terutama dalam penggunaan pemberish muka, sebaiknya pilih yang sesuai dengan jenis kulitmu, misalnya untuk yang berminyak gunakan facial wash yang bentuknya gel dan berbusa, sedang untuk wajah kering disarankan pakai pembersih yang bentuknya krim dan mengandung zat pelembab yang banyak. Adapun bagi yang memiliki kulit sensitive disarankan hindari yang hanya mengandalkan bau wanginya saja karena bisa jadi di dalamnya mengandung pengharum buatan yang dapat menyebabkan iritasi.

3. Bilas dengan bersih

Terkadang karena buru-buru jadinya kita tidak bisa membersihkan dengan tuntas sisa busa yang masih melekat. Padahal, keadaan sepele seperti ini bisa mengakibatkan kulit menjadi kering dan terkadang pula sisa busa tersebut dapat mengakibatkan penymbatan pada pori kulit sehingga berpotensi menyebabkan wajah berjerawat.

4. Jangan gunakan air terlalu hangat

Sekalipun disarankan menggunakan air hangat dalam cara mencuci wajah ini tapi air hangat yang digunakan jangan yang terlalu panas sebab bisa membuat kulit jadi kering, demikian juga pada air dingin untuk membilasnya karena jika terlalu dingin dapat mempengaruhi pembuluh darah yang ada di kulit.

5. Diamkan sejenak setelah dibersihkan

Beberapa menyarankan bahwa setelah facial wash digunakan dan digosokkan di wajah maka sebaiknya langsung dibilas, padahal cara tersebut kurang tepat. Sebaiknya, diamkan dulu barang 30 detik hingga 1 menit dan barulah dibilas. Tujuannya agar pembersih tersebut punya kesempatan bekerja mengangkat kotoran sebelum dibilas dengan air.

6. Langsung gunakan pelembab

Usahakan setelah selesai dibersihkan dan dikeringkan agar langsung menggunakan pelembab karena, jika tidak, kulit akan menjadi kering dan pelembab tidak bisa bekerja dengan baik. Jadi, begitu selesai membersihkan wajah langsung saja pakai pelembab tanpa harus menunggu hingga betul-betul kering.

7. Jangan takut minyak

Perlu diketahui bahwa minyak berlebihlah yang harus dihindari dan diberishkan dari wajah, tapi dalam kondisi normal minyak sebenarnya jadi nutrisi untuk kulit agar kulit tertap cerah dan kencang. Untuk itu, buat yang memiliki jenis kulit kering sebaiknya pilih facial wash yang mengandung minyak alami di dalamnya, seperti yang diekstrak dari biji kurma, almond dan sebagainya.

8. Jangan salah menggunakan handuk

Cara terbaik dalam mengeringkan wajah sebenarnya bukan dengan ‘digosok’ tapi dengan ditepuk-tepuk hingga kering. Caranya, buat lipatan lebar pada handuk lalu tepuk-tepuk dengan gerakan vertical pada bagian yang masih basah. Efek samping jika digosok adalah akan menyebabkan iritasi, terutama yang memiliki kulit sensitif.

Pembersih / Pencuci Wajah Alami

Tips ini Caraspot kutip langsung dari VivaNews yang mana ulasan intinya menganjurkan untuk tidak menggunakan sabun, tapi bahan alami.

Penggunaan sabun sebenarnya memang terasa bersih dan kesat, tapi jangan salah karena dari tindakan tersebut, menurut pemaparan Ellen Marmur, MD., seorang kepala divisi Dermatologis di sebuah medical center di New York, dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kurang kenyal disebabkan hilangnya lapisan pelindung  alami dari kulit.

Katanya, yang harus diwaspadai saat membersihkan muka dengan sabun adalah pada lapisan stratum corneum pada kulit yang tipis seperti kulit ari. Karena dengan penggunaan scrub maupun sabun yang keras akan mengikis dan menghilangkannya yang merupakan lapisan alami di wajah kita.

Oleh karena itu, disarankan menggunakan minyak Zaitun, karena kandungan dari minyak alami ini mampu mengembalikan kelembaban kulit yang kering dan juga untuk kulit yang terkena iritasi. Caranya, teteskan secukupnya minyak zaitun pada air hangat kemudian aduk lalu langsung basuh dan cuci muka menggunakna air tersebut. Menurut pakar di atas, bahwa tindakan seperti ini jauh lebih baik dari pada menggunakan sabun.

Artikel terkait soal kecantikan:

a. Cara Menghilangkan Jerawat  – Dari semua tips kecantikan yang Caraspot ulas, tema soal jerawat adalah yang paling banyak diminati. Tutorial yang disajikan di dalamnya menyangkut jenis obat yang baik digunakan dan bahan alami yang cocok untuk setiap jenis muka. Selain itu, dipaparkan juga soal tindakan medis kedokteran yang banyak dipilih kaum wanita di dunia dalam mengatasi soal acne.

b. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat – Setelah muka mengalami jerawat maka masalah yang timbul selanjutnya adalah bekas yang tak bisa hilang, seperti flek hitam, lubang atau bopeng yang tampak jelas. Nah untuk mengatasinya diperlukan beberapa alternative obat dank rim tertentu yang pas.

c. Cara Memutihkan Wajah secara Alami – Ini adalah artikel yang masih berkaitan dengan tema cara membersihkan kulit muka, namun dalam tataran penggunaan bahan herbal alami dan obat kimia yang baik. Dalam artikel di tautan ini anda akan belajar segala tips soal pembersih muka dan metode penanganannya.

Simak juga artikel: Obat Asam Urat

Oke, mungkin ada yang masih kurang jelas dari tutor kita hari ini soal cara membersihkan wajah dan pembersih wajah alami untuk segala jenis muka, baik itu yang berminyak, kering, mudah terkena iritasi dan sebagainya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *